Friday, March 9, 2018

Sahabat Anak Sholeh: Belajar Sambil Bermain


Menyediakan sarana belajar yang menyenangkan dan fun buat anak-anak merupakan suatu kemestian. Kalau belajar secara formal di lembaga pendidikan saja sudah diarahkan agar dirancang dengan cara menyenangkan, apalagi belajar di rumah bersama orang tua. Kasihan kan anak-anak kalau di rumah juga harus belajar dengan metode yang kaku. "Duuh capek yaa," "aku bosan," "aah belajar terus," dan seterusnya.


Semakin menarik sarana dan media belajar semakin mudah anak-anak menyerap materi yang kita ingin sampaikan kepada mereka. Fun learning rasanya merupakan keharusan dalam hal ini. Alhamdulillah saat ini sudah hadir banyak pilihan media yang membantu kita para orang tua dalam menciptakan suasana belajar yang fun buat anak-anak. Beberapa bahkan dikemas dalam bentuk permainan berbasis teknologi yang kekinian. Salah satunya yang belum lama ini dicoba sama Trio Krucils: Ka Alinga (10 tahun), Ka Zaha (8 tahun), dan dek Paksi (6 tahun).

Saya termasuk orang tua yang agak "galak" dan ketat urusan gadget dan game buat anak-anak. Saya dan suami sepakat hanya memberikan kesempatan mereka memegang gadget dengan jaringan internet saat ada kami bersama mereka. Saat kami tak bisa mendampingi, kami matikan jaringan internet sehingga anak-anak hanya bisa memainkan game atau aplikasi lainnya yang sudah kami install sebelumnya dan tidak online. 

Bukan apa-apa, kami tak mau gambling dengan resiko yang terlalu besar akibat memberikan mereka kebebasan berselancar di dunia maya tanpa dampingan karena kami memang tidak selalu bisa mendampingi mereka sepanjang waktu. Karena itulah kami cukup selektif memilihkan permainan berbasis aplikasi atau game untuk anak-anak. Kehadiran game sahabat anak sholeh seperti memberi jawaban atas kekhawatiran kami. Sebelum akhirnya memberi lampu hijau untuk game ini tentu kami juga mereview terlebih dahulu. 


Sahabat anak sholeh. Sudah pernah dengar game yang satu ini? Yuuk cuss, Mom of Trio mau cerita keseruan Trio Krucils belajar sambil bermain dengan game sahabat anak sholeh ini. Game? Iya bentuknya memang permainan. Seru kan?

Kalau kata dek Paksi: "Game sahabat anak sholeh, SERU dan BERMANFAAT". "Selain permainannya seru, gamenya bikin kita pintar. Kita jadi pintar gerakan sholat, pintar gerakan wudhu, pintar pengetahuan Islam".

"Ahh pintarnya kamu dek!"

Sahabat Anak Sholeh merupakan aplikasi pendidikan Islam yang dapat dipasang melalui handphone atau gadget berbasis android. Konten yang disediakan memang khusus dirancang untuk anak-anak usia 5 - 12 tahun supaya belajar ilmu agama menjadi menyenangkan, fun, dan tidak terasa menggurui.

Game sahabat anak sholeh ini isinya sangat edukatif meski dirancang dengan game yang interaktif dan menarik. Lebih dari 100 permainan yang mengandung pendidikan dasar Islam mulai dari tata cara ibadah harian seperti tata cara sholat, wudhu, pengenalan huruf hijaiyah, doa-doa harian, surat-surat pendek dan seterusnya. 

Yang menarik selain ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan hafalan tentang nilai Islam, game ini dirancang dengan penekanan akhlak-akhlak Islami. Dasar akhlak yang kadang kita lupakan padahal sangat penting untuk ditanamkan dan menjadi benteng bagi kehidupan anak-anak kelak di masa depannya. Selain itu, ratusan game yang ada pada aplikasi ini juga mengajarkan hal yang penting untuk tumbuh kembang anak seperti pengambilan keputusan, pencarian jalan keluar dari suatu permasalahan dan masih banyak lagi. Mereka menjadi tertantang untuk mengembangkan kemampuan analisa mereka. 

Nah untuk orang tua disediakan juga aplikasi untuk bisa mendampingi dan mengawasi anak-anak saat memainkan game yakni aplikasi pendamping anak sholeh. Pada aplikasi ini tersedia jurnal sholeh yang merupakan tempat untuk menuangkan catatan lengkap perkembangan anak di dalam game sahabat anak sholeh. Untuk meningkatkan interaksi dengan si kecil ada fitur real life mission. Aplikasi ini juga dilengkapi news feed yang berisi notifikasi dari seluruh pemberitahuan termasuk tips parenting. 

Waah banyak yaa manfaat dan keunggulan game sahabat anak sholeh.

Nah sekarang bagaimana cara memainkannya? Hmm sok atuhlah install dulu aplikasinya di gadget :)

Cara menginstall aplikasi game anak sholeh mudah saja kok. Buka Google Play lalu search "Game Anak Sholeh", lalu intsall di perangkat dan buka aplikasinya. Jika belum memiliki akun pendamping anak sholeh, tap "download", kemudian install aplikasi "pendamping anak sholeh". Penjelasan cara register dapat dilihat juga di sana. Kalau sudah punya akun, tinggal login dengan memasukkan email dan password. Naah sudah bisa deh main gamenya.

Nah sesudah menginstall aplikasinya di smartphone berbasis android, kami kemarin mencoba paket Al Battani yang isinya:

-  Kartu member VIP. 

Warna goldnya terkesan mewah dan eksklusif. Pada bagian belakang kartu terdapat kode voucher yang bisa digosok untuk di-redeem pada aplikasi orang tuanya. Dengan kode ini kita bisa free berlangganan beberapa bulan untuk mengakses beberapa fitur di aplikasi game.



- Fitur Al Farabi 

Fitur al Farabi dalam aplikasi game memuat beberapa jenis permainan yang memuat nilai-nilai edukasi. Di dalam fitur ini kita mendapat akses ke fitur pendamping anak sholeh, akses ke semua episode petualangan, akses ke semua games, akses kisah Nabi, dan akses Ensiklopedia. 

Anak-anak diajak memasuki dunia petualangan dalam keseruan mencari kartu kebaikan. Anak-anak juga belajar suri tauladan di fitur kisah nabi yang disediakan secara lengkap dengan kalimat yang mudah dimengerti oleh anak. 

Ensiklopedia Islam dan pengetahuan umum. Ensiklopedia Islam berisikan surat dan hadits yang dapat membantu anak belajar mengenai pengetahuan Islam. Sedangkan ensiklopedia pengetahuan umum berisi pengetahuan umum tentang hewan-hewan, kuliner, dinosuarus, kembang api, dan lain-lain dengan gambar yang menarik. 

Fitur ini juga dilengkapi dengan kartu koleksi yang berisi 8 kartu AR (Augmented Reality) atau hologram dan 2 kartu kebaikan. Membuat petualangan anak-anak dengan sahabat anak sholeh makin seru dan menyenangkan.


- Board Game Anak Sholeh dan kelangkapannya. 

Nah setelah memainkan game edukatif dalam aplikasi kita bisa juga bermain dengan board game anak sholeh. Berdasarkan eksplorasi di aplikasi game anak sholeh, kita bisa semacam mengajak anak-anak berlatih kembali dan menguji pemahaman mereka dengan materi dalam fitur game pada aplikasi dengan bermain bersama melalui board game.

Ada petunjuk cara bermainnya juga melengkapi board game-nya. Cara bermainnya mirip seperti  monopoli namun kartu-kartu yang melengkapi permainan ini berisi berbagai soal yang membantu merangsang ingatan, hafalan, dan pemahaman anak-anak akan pengetahuan Islam. Kartu tersebut diberi nama kartu aksi sejumlah 50 kartu yang terdiri dari kartu soal (mudah, sedang, sulit) dan kartu waktu.

Semua pertanyaan dan soal-soal dalam board game ini bisa ditemukan jawabannya dalam aplikasi game yang sudah di install. Jadi semacam ujian yang tidak terasa seperti diuji karena dilakukan secara menarik dan menantang.



- Buku Aktifitas 

Demikian juga dengan buku aktifitas yang bisa menjadi semacam latihan akan pemahaman dan pengetahuan anak setelah bermain game. Buku ini berisi berbagai kegiatan dan aktivitas seru untuk si kecil, seperti mewarnai 3D, doa harian, surat pendek, matematika, dan banyak kegiatan lainnya yang membuat belajar terasa menyenangkan. Dilengkapi pula dengan stiker-stiker lucu yang bisa ditempel di buku. 

So far dek Paksi suka banget nih. Terlebih dia memang sedang mulai melancarkan belajar menulis dan membacanya. Menyusun kata dengan menemukan huruf yang dilakukan setelah melakukan perhitungan tidak hanya membuatnya belajar menulis dan membaca namun juga berlatih menghitung.

Untuk Ka Zaha dan Ka Alinga juga diingatkan kembali tentang rukun sholat dan wudhu misalnya dengan mengurutkan urutan gambar praktik sholat dan wudhu. Kegiatan menghafal surat pendek juga menjadi lebih menarik karena dibuat semacam soal dengan cara mencocokkan bacaan ayat dan susunan kalimatnya.

- Poster Islami

Poster gerakan wudhu dan sholat lengkap dengan gambar dan tulisan petunjuk dan bacaannya. Poster cukup ekslusif dan bakal tetap menarik jika dipasang di kamar belajar anak.

- Stiker lucu para tokoh sahabat anak sholeh.

Naah tidak ketinggalan ada sticker lucu para tokoh game sahabat anak sholeh yang bisa ditempel di buku, alat tulis, atau di tempat lain. Stickernya juga cantik lhoo. 
Kalau mau lihat keseruan Trio Krucils saat unboxing games Sahabat Anak Sholeh Al Battani kemarin bisa lihat di youtube kami berikut ini yaa:



Dari sahabat anak sholeh selain mendapatkan pendidikan dan pengetahuan Islami yang lengkap dan terpadu mulai dari dari kumpulan doa, surat pendek, pengenalan huruf hijaiyah, cara-cara shalat, serta ilmu pengetahuan Islam. 

Yang menarik semua itu dibungkus dalam sebuah game yang interaktif dan menarik sehingga proses belajar anak menjadi lebih menyenagkan. Kita sebagai orang tua juga bisa terlibat dalam permainan tersebut dan tentu saja meningkatkan bonding dengan anak-anak. Plus tidak ada iklan yang bakal mengganggu keasyikan anak-anak belajar sambil bermain.

Have Fun Learning, Kiddos! 

14 comments :

  1. Mbak, dulu sulungku (13 tahun) juga punya Sahabat Anak Soleh ini. Tapi beberapa tahun lalu masih dalam format CD Room. Senangnya sekarang sudah ada format aplikasi, jadi memudahkan anak untuk bermain sambil belajar.
    Keren ini!

    ReplyDelete
  2. Wah, bukan hanya permainan tapi juga edukatif dan ada follow-upnya ya Mba. Menarik, nih. Kapan-kapan coba, ah.

    ReplyDelete
  3. Aku belum paham Mbak, itu kan game diinstal, trus kartu dan paket2nya itu gimana cara dapetinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk bisa mengakses gamenya secara keseluruhan kita perlu membeli paket yg di dalamnya ada voucher utk berlangganan mba. bisa di cek di website mereka utk pemesanan.
      utk isi paket yang lain itu dimainkan terpisah tapi bisa bermain kalau sudah paham dan mengeksplor yang ada dalam aplikasi, kayak semacam latihan atau ujiannya tp dg cara yg fun

      Delete
  4. Wah, ada ya? Baru tahu..hehehe

    ReplyDelete
  5. Hihii sama dengan mba Via, apa hubungannya aplikasi dengan kartu2nya? Ini berbayar ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawabannya sama ya yg aku reply ke comment Uni , dan udah kutambahin penjelasan juga di postinganku

      Delete
  6. Wahh menarik yaa! Bagus nii buat anak, cara yg menarik buat belajar dgn menyenangkan. Tfs mbak opi

    ReplyDelete
  7. Harus praktek langsung nih biar paham cara penggunaannya

    ReplyDelete
  8. Saya juga termasuk yang ketat soal gadget, lbh suka anak main pasir, tanah dll.
    Game ini menarik jg ya mbak, tapi teteo kudu diawasin bersama ortu supaya ortu bisa menjelaskan jika anak bertanya TFS :D

    ReplyDelete
  9. Thanks infonya mbak. Seru sekali jika ada game semacam ini

    ReplyDelete
  10. wah, mainan yg seru nih buat anak2.

    ReplyDelete
  11. Wah sepertinya seru ya. Jazakillah khair mbak ulasannya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Back to Top