Tuesday, April 10, 2018

Susu Murni Untuk Seluruh Keluarga: Investasi Masa Tua



Susu murni bukan hal dalam keluarga kami. Anak-anak sudah mulai mengonsumsi susu murni segar sejak mereka di usia sekitar satu tahun lebih. Ka Zaha dan Dek Paksi juga sudah saya kenalkan dengan susu murni segar sebagai tambahan ASI mereka di usia 1 tahunan. Kalau Ka Alinga memang saya gagal memberikan ASI eksluisf, untungnya kemudian Ka Al pun akhirnya saya biasakan minum susu segar ketimbang susu formula. Ka Zaha dan Dek Paksi malah tidak saya perkenalkan dengan susu formula dan sejenisnya. Jadi selain minum ASI, mereka mengasup susu murni atau susu segar.


Mungkin saya termasuk yang agak fanatik soal konsumsi susu. Buat saya semakin pendek proses rantai makanan semakin baik bagi tubuh. Hal ini berlaku juga dengan susu. Semakin segar susu, semakin baik kandungan gizinya. Maka "susu" yang sudah melalui proses yang panjang bahkan kemudian berubah dari bentuk aslinya apalagi diberi beragam zat tambahan buat saya pribadi bukan asupan yang ideal untuk membangun tumbuh kembang tubuh kita lagi. Jadi intinya pilih yang alami dan less-processed. Semakin dekat dengan alam, semakin baik.

Well, sekali-kali mungkin  tidak bisa dihindari menggunakan susu yang sudah melalui proses panjang sebagai tambahan untuk membuat kue, cake atau sejenisnya. Tapi susu yang baik dan konsumsi susu yang benar buat saya ya konsumsi susu yang segar baik secara langsung diminum maupun dibuat variasi asupan lain dengan bahan susu segar tadi.

Nah karena prinisp tersebut, hampir dipastikan selalu ada susu murni segar di kullas. Alhamdulillah karena pembiasaan sejak dini tersebut, mereka sudah terbisa meminum susu segar. Mereka bahkan kurang selera dengan susu segar yang diberi flavour tertentu. Susu segar yang plain (tanpa tambahan rasa) selalu menjadi pilihan anak-anak.

Ka Alinga dan Dek Paksi peminum susu terbanyak di rumah. Ka Zaha agak pemilih. Kalau gak dalam kondisi dingin, ogah. Naah untuk kasus Ka Zaha biasanya saya coba membuat olahan dari susu murni segar, baik olahan yang simpel maupu  dengan sekedar mencampur susu dengan sereal dan sejenisnya. Minum susu buat mereka adalah tabungan atau investasi untuk kesehatan tulang dan gigi mereka di masa depan. Hal sama berlaku untuk kita semua. 

Mungkin kita belum melihat langsung efek mengonsumsi susu murni dan segar saat ini selain kita merasakan nikmat dan segarnya. Hakikatnya kita tengah menabung dan berinvestasi untuk kesehatan (terutama tulang kita) di masa tua. Jadi kalaupun harganya lebih mahal ketimbang produk yang tidak segar dan murni, maka sesungguhnya kita justru sedang menyimpan uang kita yang kelak membuat kita berhemat di masa depan. Iya setidaknya kita bakal berhemat untuk membeli obat-obatan ya kaan. InsyaAllah ya, semua yang kita asup hanya yang baik-baik dan manfaatnya tentu tidak sekedar jangka pendek namun juga jangka panjang.



Well, saya juga menyadari arti penting dan manfaat susu murni yang segar terutama untuk kesehatan tulang. Pengaalaman saya dan suami yang memang masa kecil kami tidak kami terpenuhi oleh kebutuhan ini membuat kami juga mau tidak mau mengonsumsi susu murni segar untuk kebutuhan tulang. Hmm apalagi saya, well tentu semua tahu bahwa kebutuhan wanita apalagi yang sudah hamil, melahirkan dan menyusui akan kalsium lebih tinggi dari pada pria. Hmm tentu saja semua wanita harus waspada dengan beragam gangguan tulang karena kekurangan kalsium seperti osteoporosis.

Belakangan anak-anak saya perkenalkan dengan susu murni Hometown Dairy. Susu Hometown merupakan susu segar pasteurisasi 100% alami dan murni. Proses pasteurisasi yang alami dan murni ini mengembalikan susu asli dan segala kebaikannya. Jadi memang hometown dairy ini terbuat dari 100 % susu murni asli. Saya sih langsung sreg nih karena prinsip saya tadi bahwa semakin pendek rantai prosesnya semakin baik zat gizinya.

Susu HomeTown Dairy ini merupakan fresh milk yang diporduksi oleh PT. Great Giant Livestock. Susu segar yang dihasilkan dari sapi-sapi di Peternakan Hometown yang dirawat baik dengan hati dan menggunakan mesin proses produksi modern untuk menghasilkan susu yang enak. Well, dari sapi yang happy dihasilkan susu yang sehat.

Susu murni segar ini memang hanya dapat dikonsumsi dalam jangka waktu pendek. Tentu ini sebanding dengan kemurnian, kesegaran, dan kandungan gizinya. Kesegaran dan kelembutan susu pasteurisasi memiliki jangka waktunya hanya 12 hari sejak tanggal produksi dengan suhu tetap terjaga 0-4 derajat. Kemudian setelah seal dibuka, susu baik dikonsumsi maksimal 3 hari karena susu Hometown tidak ada tambahan gula, air, perisa, stabilizer, dan pengawet, dan tambahan lainnya. Saya sih langsung cocok, Hmm Mas Anang juga kayaknya bakalan says O.K. Hahahaha.

Dari sisi kualitas dan gizi buat saya proses produksi, pengemasan, hingga delivery ke konsumen meyakinkan saya akan kebaikan kandungan susu murni Hometown Dairy. Bagaimana dengan rasanya? Well rasa juga punya kontribusi yang besar agar kami sekeluarga terutama anak-anak bisa menyukai produk ini. Kabar baiknya, susu murni hometown dairy ini creamy banget dan asik rasanya.

Susu Hometown masih menjaga 'cream on top' alaminya. Itu lhoo krim yang biasa digunakan untuk jadi butter, pantesan rasanya creamy banget. Rasanya yang khas sangat enak. Selain itu juga kondisi ini dapat mempertahankan kebaikan susu dengan rasa susu sealami mungkin, yang berisi bakteri baik dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Banyak yang bilang rasa susu Hometown seperti rasa susu segar di negara-negara lain seperti Jepang, Australia, New Zealand, Amerika, atau Eropa. Well I agree!

Susu Hometown tersedia dalam satu varian aja yakni susu segar alami. Hanya saja tersedia dalam beberapa packaging yakni 1 Liter, 2 Liter, dan 3 Liter. Nah karena keterbatasan kesegarannya yang hanya maksimal 12 hari saya prefer dengan memilih package yang 1 liter saja. Jadi tidak khawatir tidak terminum.

Untuk penyajiannya, bisa disajikan langsung dalam keadaan dingin bisa juga disajikan bersama minuman atau makanan lain seperti sereal, kopi, atau bahkan sebagai bahan untuk membuat penganan, kue, atau makanan. Minum langsung dalam kondisi dingin makin joss sih hehehe, rasanya creamy namun tetap light dan tidak eneg.

Nah kali ini saya mau share resep simpel penganan yang selain sehat, praktis, enak juga bisa jadi alternatif bekal untuk anak-anak nih. Again dapur Mom of Trio cuma bisa share resep yang praktis yaa, maklum masaknya sambil dikejar-kejar jadwal commuter line dan absen pagi hahaha. Semangat!!!

Anak-anak lagi pada batuk, seminggu ini mencoba mengurangi membawakan bekal yg digoreng. Masih menu praktis dan simpel ala #MomofTrio #workingmom seperti biasanya nih. Geser gambarnya ya buat liat prosesnya 😉 . . . Pasta -creamy- Schotel Bahan: 200 gram pasta (berat matang) rebus dan sisihkan 200 ml susu segar @hometowndairy.id 5 buah sosis sapi potong sesuai selera 2 btr telur 1/2 bh bawang bombay iris tipis 2 batang daun bawang iris tipis 2 siung bawang putih rajang halus 50 gr keju Garam Lada bubuk . . . Cara membuat: Campurkan semua bahan Masukkan dalam cetakan Langsung dipanggang atau dikukus. Sy td panggang pake teflon gt (ga punya oven) dan sebagian dikukus. . . Nambahin info, manggang di teflon yg cembung/agak dalem gt, api kecil trus ditutup rapat yaa. . . Baru icip2 krucils udah berebutan. Enaaak buu, creammy dan lembut banget. . . Tunggu share resep berikutnya di www.ophiziadah.com yaaa. . . Mommies nyiapin bekal apa pagi ini buat anak2. @mombloggercommunity, #homeTownDairy #SusuMurniHomeTown #MBCXHomeTown #bekalsehat #workingmomstory
A post shared by OPhi Ziadah (@ophiziadah) on

Jangan lupa geser ya buat liat gambar yang bakal bikin kamu tempting hehehe, bukan ding. Buat liat proses dan bahan nya laah.

Jadi resep ini judulnya:

Pasta -creamy- Schotel ala Mom of Trio
Bahan:

 
200 gram pasta (berat matang) rebus dan sisihkan
200 ml susu segar Hometown Dairy
5 buah sosis sapi potong sesuai selera
2 btr telur
1/2 bh bawang bombay iris tipis
2 batang daun bawang iris tipis
2 siung bawang putih rajang halus
50 gr keju
Garam
Lada bubuk
 

Cara membuat:
 

Campurkan semua bahan
Masukkan dalam cetakan
Langsung dipanggang atau dikukus.

 
Saya panggang pake teflon yang berbentu wajan lengkung gitu secara saya gak punya oven dan sebagian dikukus. Untuk memanggang cukup dengan api yang kecil sekali lalu ditutup rapat yaa.


Praktis, simpel, tapi dijamin dikerubutin krucils deh...buat bekal ke sekolah juga tuuh.

Yook boleh banget dicoba di dapur Moms, jangan lupa pakai susu murni segarnya Hometown Dairy yaa.  Untuk info lengkapnya bisa dicek di media sosial dan website-nya yaa.

Instagram: @hometowndairy.id
Facebook: fb.me/hometowndairy.id
Website: http://www.hometowndairy.co.id/



10 comments :

  1. Ahh mau schootelnya nih ala Moms Trio, lapeeer jam segini liat cemilan..
    Btw susu nya fresh banget kayanya tuuh..

    ReplyDelete
  2. Bener juga, ya, Mbak. Rutin mengkonsumsi susu sama dengan investasi untuk kesehatan. Dan yang langsung keingetan ma saya kalau susu kaya akan kalsium. Bagus banget buat tulang.

    ReplyDelete
  3. Susu emang penting banget untuk memenuhi gizi sehari-hari. Tiap hari pas pagi harus banget minum susu. :D

    ReplyDelete
  4. rasanya emang creamy bgt bikin nagih...

    ReplyDelete
  5. susu memang ngebantu banget untuk memenuhi nutrisi

    ReplyDelete
  6. Akhirnyaaa dapat resepnya, gampang banget gitu doang, nanti aku mau coba aaahhh. Makasih ya mbak ophi.

    ReplyDelete
  7. Hmmm yummy banget macaroni schotel-nya. Btw, aku juga suka banget susu Hometown Dairy. Segar dan nggak eneg

    ReplyDelete
  8. Anakku dua2nya ga doyan sufor mbak jd ya aku pun nyetok susu murni gini. Memang lebih enak dan creamy sih rasanya

    ReplyDelete
  9. susu murni emang penting buat anak tp aku sendri lebih suka susu dr kedele sih mbak

    ReplyDelete
  10. Aku galfok ke botol susunya lucu hehehe, pengen punya jg buat properti foto :D :P
    Susu emang bagus buat petumbuhan anak2 ya, terutama buat tulang dan gigi mereka TFS

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top