Tutorial Blogging dari Para Blogger Famous Untuk Blogger (Pemula)



Saat pertama kali saya mulai serius ngeblog sejak 2013 dan bergabung dalam beberapa komunitas blogger, yang paling terasa manfaatnya buat saya adalah kemudian saya mengenal banyak blogger senior yang tidak hanya jago teknis blogging tapi juga berbaik hati sharing tentang tutorial blogging di blog mereka.

Maka sebagai orang yang hanya suka menulis namun tidak punya latar belakang teknis blogging mengunjungi blog-blog yang sering membagi tutorial blog merupakan salah satu penyebab kemudian saya bertumbuh.



Saya merasa bersyukur sekali bahwa berjejaring di dunia blogging membantu saya mempelajari hal yang sebelumnya tak terbayangkan akan saya tekuni. Meski bukan orang yang cepat memahami soal-soal teknis, tapi saya type pembelajar dan mau mencoba. Sebagian besar kesulitan saya hanya soal waktu. Mengutak atik template, layout, memasang google analytic, dan pekerjaan sejenisnya membutuhkan waktu.

Naah tantangan saya lebih pada bagaimana menaklukkan waktu.

Soal kemampuan saya yang cetek banget - saya gak malu juga sih ngaku gagap teknologi, basically ya. Kalau sekarang mudah-mudahan sih sudah lebih baik lah ya, - sebetulnya bisa diatasi dengan tidak malu bertanya, mencari, menggali, dan mencoba. Kok gagal ya? Kok gak bisa ya? Coba lagi dan lagi. Saya alhamdulillah bisa tanya ke sana ke sini.

Blogger-blogger famous yang super bizy itu ternyata banyak lho yang berbaik hati berkenan kemudian menjawab pertanyan-pertanyaan remeh temeh saya. Asyiknya, saat mereka sudah pernah menuliskan di blog terkait permasalahan yang saya hadapi, saya langsung diberi link dan cuss saya bisa menjelajah. Umumnya kemudian saya tidak berhenti pada referensi yang diberi. Saat punya waktu lebih, saya menjelajah sendiri dan sering menemukan banyak hal. Jadi intinya, mau berusaha mencari dan saat tidak paham sama sekali, gak malu buat bertanya.

Saya juga membeli beberapa buku basic tentang blogging di toko buku. Salah satu yang paling favorit karena mudah buat saya mengikutinya adalah buku Mba Carra aka Carolina Ratri, "Blogging: Have Fun and Get The Money".  Buku yang sudah saya niatkan untuk menulis reviewnya tapi belum juga kelar. *sok syibuuk* Buku ini seperti blognya Mba Carra sangat membantu saya memahami dunia blogging. Saya akan rekomendasikan buku ini pada Ka Alinga yang tampakknya punya passion di dunia tulis menulis dan berniat ngeblog juga. Sudah saya buatkan blognya. Belum diisi dan saya keburu lupa password-nya :D.

Back to the topic

Naah buat teman-teman yang baru memulai ngeblog dan mungkin butuh banyak pengetahuan tentang teknis blogging. Saya bakal kasih referensi beberapa blog dari blogger yang memang jago di bidang ini yang sering menjadi rujukan saya sejak awal dulu saya mulai ngeblog. Jangan kaget kalau mostly mereka adalah blogger perempuan. Mungkin karena saya lebih mudah memahami bahasa para wanita sehingga saya lebih mudah mencerna apa yang mereka tuliskan meskipun teknis blogging buat saya merupakan hal yang "menantang" untuk ditaklukkan.

Ya meskipun kalau sudah pening kadang saya nyerah juga sih. Hmm menyerah untuk jeda biasanya karena rasa penasaran bakal menggedor-gedor andrenalin saya kembali. Tapi, saya selalu tahu limit saya sendiri. Jika memang terlalu rumit dan justru bakal kontraproduktif maka biasanya saya bakal crying for help atau meminta bantuan karena jasa untuk mengatasi masalah teknis blogging juga bisa kita cari. Jangan lupa sisihkan hasil dari sponsored post untuk keperluan ini juga yaa hehe.

Oke, jadi siapa saja blogger yang wajib kamu pantengin tutorial blognya?

Shinta Ries


Founder Blogger Perempuan ini sudah pada tahu lah yaa, siapa beliaunya. Kalau saya punya kenangan spesial tentang Shinta karena pertama kali saya dulu mengutak atik dan menghias template blog karena belajar dari tutorial di blog Shinta tentang tutorial membuat  " Desain Blogspot Simple- Hitam Putih".  Cukup lama saya memakai memakai desain (free) dari Shinta ini.

Baru sekitar dua tahun lalu saya kemudian memutuskan membeli template baru dan menggunakannya sekitar dua tahun dan terakhir menggantinya lagi beberapa waktu lalu. Sekalian pamer juga sih kalo template saya baru lagi gitcuu :D

Tutorial blog terutama tentang Blogpsot yang ditulis Shinta sekarang ada di blog wordpress Shinta yang ini: https://shintaries.wordpress.com/. Lebih spesifik lagi di category Blogspot. Jadi untuk pengguna platform Blogspot seperti saya, membantu sekali mengunjunginya. Bahasa yang digunakan Shinta juga mudah dipahami. Langkah-langkahnya juga jelas. Sok atuhlah dilihat dan diperdalam.

Hmm perasaan sih dulu saya belajarnya bukan di blog yang wordpress ini deh. Tapi entahlah, mungkin sudah dipindahkan atau gimana. Maklumlah blog Shinta banyak, jadi saya mungkin lupa yang mana. Yang pasti di blog utamanya sekalipun ada kategori khusus tentang blogging dan kita bisa belajar juga dari sana.  (klik aja nama Shinta di sub heading ya)

Nah meski super bizy, alhamdulillah dulu saya banyak banget terbantu dengan nanya-nanya ke Shinta bahkan via japri. Makasih ya Shin hehehe. Belakangan saya memang jauh mengurangi nanya-nanya ke Shinta karena sudah dibuatkan tempat buat diskusi dan bertanya soal blogging di WAG BPN (Blogger Perempuan Network). Di sana, selain ada Shinta, Alma, dan banyak yang lain yang juga jago blogging dan tentunya mau berbagi ilmu. Thanks gals *muach*


Carolina Ratri


Nah ini wajib banget deh diikuti. Blog Mba Carra tuh lengkap banget isinya. Niche-nya memang seputar blogging. Bukan cuma soal tutorial blog dalam hal teknis namun juga konten, teknik menulis, penggunaan bahasa, penggunaan media sosial, SEO, dan banyak lagi. Hmm bahkan semacam tulisan yang sifatnya memotivasi kita sebagai blogger atau penulis pada umumnya. Wajib di subscribe supaya bisa belajar terus nih.

Serunya di blog Mba Carra ini juga banyak blogger femes lain yang sering menulis dalam "guest post" dan semuanya terkait dengan blogging. Mba Carra juga selau updated terkait isu yang lagi hangat di blogsphere. Konten juga merupakan materi yang banyak diulas sama Mba Carra.

Hmm kalau saya lihat blog ini tampaknya baru dimulai dari 2016, tapi kok saya merasa belajar dari Mba Carra sejak dulu kala deh. Mungkin ada blog beliau yang lama dengan category blogging? Entahlah, tapi saya yakin sebelum 2016 saya banyak mencuri ilmu blogging dari Blog Mba Carra entah yang mana. Beliau juga sering mengisi di website Kumpulan Emak Blogger untuk topik blogging. Dulu saya mengenali Mba Carra dari KEB dan beliau kalau tidak salah juga masuk jajaran Makmin waktu itu.

Annisa Steviani aka Icha


Blog Icha memang lebih ke parenting, family life, dan beauty. Tapi jangan lupa Icha punya label khusus seputar urusan teknis termasuk blogging dan pernak perniknya. Ada label monday techno. Tulisan setiap hari senin yang membincangkan technology. Di sini juga, dulu saya banyak belajar tentang blogging yang biasanya dibawakan Icha dengan bahasa yang lebih kekinian, ala mamah muda. Saya juga dulu suka bolak balik nanya ke Icha soal yang receh-receh. Hapunten ya neng, maklum zaman jahiliah banget, buta soal blogging tapi pingin blognya cantik kayak punya Icha hehehe.

Iya, saya dulu memasang sendiri favicon blog belajarnya dari tutorial yang dibagi Icha.  Eh saya juga malah pernah dibikinin header sama Icha dan lama juga saya pakai lhoo. Monday Techno-nya Icha juga banyak membagi isu-isu yang lagi hangat dibincangkan. Untuk mengurangi kadar kekudetan saya, saya sering juga mampir ke sana hehehe.

Handdriati


Untuk pengguna blogspot ada blog yang asyik banget buat belajar utak atik blogspot kamu. Iya, blognya Handdirati, "doube d" ya. Handdriati punya label khusus tentang "Blogging Tips and Trick", Nah kita bisa banyak belajar juga di sana. Khusus blogger pemula bahkan ada tulisan yang bagus banget untuk menuntun kita memulai ngeblog. Kalau ada teman yang tanya, "Ophi kok bisa ngeblog, ajarin dung?", biasanya saya langsung ingat tulisan handdriati tentang cara mudah membuat blog, tips untuk blogger pemula, serta panduan lengkap ngeblog dengan blogger.com. Pas banget kan?

Naah karena saya juga susah menjelaskan "maklum" saya juga sambil belajar pan :D, biasanya saya langsung kasih referensi link dari blog Handdriati. Beberapa postingan tentang cara memasang widget dan sejenisnya saya juga intip dari blognya Handdriati lho. Cuss gih, tandain. Tips dan trick mempercantik blog dengan paltform blogger juga banyak di blognya Handdri. Gak rugi deh mantengin ke sana.

Langit Amaravati


Last but not least, pantengin deh blognya Uchan eh Langit Amaravati. Blog Uchan yang sering menang lomba dan selalu total kalau ikutan lomba terutama di tampilan dan infografis ini juga kaya akan info tentang blogging dan banyak tutorial blog yang bakal membantu banget.

Pada category "Tip-Tutorial", di sana ada sub-category blogging. Sukanya belajar di tutorial blog yang dibuat Uchan itu biasanya "kap lengkap". Gak setengah-setengah. Mungkin Uchan menyasar blogger yang pas-pasan kayak saya jadi selain lengkap dan detail, Uchan juga melengkapi dengan screenshot langkah-langkahnya. Jadi kan membantu banget untuk bisa langsung dipraktikkan.

Belakangan sejak saya punya nomo kontak Uchan, saya juga sering bolak balik tanya-tanya. Dapet kontak Uchan awalnya saat saya pernah ikutan privat mentoring tentang infografis sama Uchan - yang kemudian tidak saya follow up hehehe- jadi bisanya pas di tempat aja, pulang ke rumah nyoba sendiri trus ada yang susah, gak ngerti-ngerti ditinggal deh. Eh kok malah curhat.

Ini theme blog saya yang baru juga beli sama Uchan. Bukan endorse lhoo. Untuk merapihkan kelengkapannya kayak merapihkan label trus bikin kategori dropdown menu gitu, saya juga belajarnya dari blog Uchan. Beneran soal label ini, PR saya dari dulu banget, gatel banget pingin ngerapihin tapi karena gak tahu ilmunya saya lakukan manual satu-satu per-postingan. Nah bayangkan postingan saya udah 500 an. Blom sampai 100 postingan, saya udah lelah dan menyerah.

Konyol banget, ternyata pas nanya sama Uchan, "kan bisa bulk teh" terus dikasih lah linknya. Duuh Ophi, bodoh kok dipiara! Saya bintangin linknya. Saat saya punya waktu, alhamdulillah dikerjain seharian dan rapi deh urusan label trus udah disusun juga dalam dropdown category, seperti impian saya sejak lama. Halah!

Selain kelima blogger femez tadi ke siapa lagi saya biasanya tanya-tanya seputar blogging? banyak juga sih. Kalau yang cowok, the one and only sih saya biasa colek-colek ke Mas Ryan, Febriyan Lukito selain blog pribadinya, ada blog beliau khusus tentang blogging. Saya juga suka tanya-tanya dan belajar tutorial blog di blognya Echa.

Akhir-akhir ini saya juga sering merepotkan Mba Inne untuk soal remeh temeh teknik blogging, ada blog khusus tentang tekno juga lho milik mba Inne, namanya Ibu Tekno. Saat saya menuliskan postingan ini masih under maintenance sih blognya. Tapi mudah-mudahan saat kamu mampir sudah beres ya.

Hmm jadi gitu saja sharing saya kali ini tentang pengalaman saya belajar ngeblog dari tutorial blog. Semoga bermanfaat yaa.





24 comments

  1. Saya juga banyak belajar dari mbak Shintaries tentang dunia blog. Dan beliau tak sungkan untuk menjawab permasalahan yang saya ajukan...

    ReplyDelete
  2. Wah bermanfaat banget mba, beberapa nama saya baru tahu beberapa juga sudah sering memang saya intip-intip blognya untuk belajar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggi diintipin semua mba... biar makin pinter belajarnya

      Delete
  3. Waaah makasih banyak sudah dijadikan referensi sm mba ophi, seneng kalau ternyata tulisanku bermanfaat hihi...
    Makasih makasih 😊

    ReplyDelete
  4. Dengan kata lain, postingan tutorial aku panjang-panjang. Hahaha. Aku juga banyak belajar kok dari blogger-blogger lain yang disebutkan di atas. Kalau sudah paham, baru deh nulis tutorial biar ilmunya terus nular dan menyebar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. panjang2 tapi menuntaskan masalah kan itu yang dicari chan...
      keep sharing ya

      Delete
  5. Aku belajar coding sama mba Inne bebrapa waktu lalu. Doi sabar dan telaten banget ngajarin aku yang bener2 buta sama coding. Udah gitu dia mau pinjemin laptopnya buat aku belajar. Berkah deh hidup para blogger pemezzz ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Inne sabar banget, aku jg pingin diajarin coding niiih

      Delete
  6. Wah artikelnya keren ya dan mereka walau sibuk masih bersedia membalas eh menjawab pertanyaannya

    ReplyDelete
  7. Blog dengan tutorial blogging itu memang membantu banget ya, mbak buat yang baru belajar ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah lama kayak aku tpgagap teknologi juga membantu banget mba

      Delete
  8. Thanks infonya. Karena aku termaskt blogger pemalas, jadi sampai detik ini agak jarang memperhatikan soal pernak pernik nge blog.
    Mungkin next perlu bersih bersih dan membangun blog dengan segala pernak-pernik nya itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha selain konten, tampilan dan pernak-perniknya itu juga lumayan penting ternyata mba... sambil jalan aja aku mah ngerapihinnya

      Delete
  9. Waaa, Kak Alinga mau jadi blogger juga ya Mba Ophi.. Kereeen.. :D Inget2 password-nya mbaa.. hihihi.. Iya, aku juga suka baca tips blogging dari blogger2 kece ini.. :) Banyak banget ya mba yang bisa dikulik dari blog..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, doain ya ateu...
      siapa tahu next travel blogger hahaha

      Delete
  10. Soal label, aku juga masih ada PR nih, Mbak. Ntar deh coba aku cari di inet, mumpung masih libur, hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca di tutorialnya Langit deh mba, aku ngerapihin dari situ kok...
      lengkap banget panduannya

      Delete
  11. Asyik wajah baluuu ni mba ophi... Oyaz aku jg suka ngulik dr beberapa nama yg mba ophi sebutin, alhamdulillah jaadi bisa belajar dari turorial yg senior-senior buat

    ReplyDelete
  12. Blogger mastah semua dan hebatnya mereka itu gak pelit ilmu
    Luar biasa

    Aku nih termasuk blogger pemalas, gak ngerti ngutak ngatik blog jadi tampilan blog seadanya banget
    Pengen juga jadinya punya rumah maya yang cantik kayak punya teman-teman

    ReplyDelete
  13. Haha..iya nih aku mah apalagi atuh mbak Ophi ... Heu asa rieut mau ngutak-ngatiknya. Nungguin Mbak Langit ae laagh...xixixi.

    ReplyDelete
  14. Weh itu suhu semua yang ditulis 😱😱😱 Baru pernah ketemu sama mba Shinta doang, itupun rasanya masih pengen banyak belajar dari beliau.

    Pengen banget someday ikut kelasnya mba Langit hihihi

    ReplyDelete
  15. perlu belajar banyak dari blogger mastah

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.