7 Destinasi Keren Ini Sajikan Pemandangan Seperti di Planet Lain

picture modified with Canva by ophi ziadah

Perjalanan antar planet saat ini masih mustahil dilakukan oleh pesawat berawak. Biaya yang sangat besar dengan risiko yang juga sangat besar membuat perjalanan menjelajahi planet lain masih sebatas kisah fiksi ilmiah saja.

Saat menikmati film-film science fiction yang dengan setting planet-planet di luar angkasa, kita serasa dibawa ke alam khayal. Bisa jadi bentuk dan pemandangan yang dijadikan latar belakang film-film tersebut memang diadaptasi dari hasil penelitian dan pengamatan ilmliah yang dilakukan. Tidak heran jika kemudian kita merasa seperti tengah benar-benar melihat kondisi yang nyata.

Meskipun NASA berhasil mengirimkan robot Curiosity ke Mars, namun mengirim manusia untuk tinggal di planet lain adalah perkara yang berbeda sama sekali. Tidak sedikit dari kita yang merasa penasaran bagaimana rasanya hidup di planet asing. Nah mungkin beberapa referensi ini bisa memuaskan rasa penasaran kita karena di Bumi pun terdapat berbagai tempat yang memberikan sensasi serasa berada di planet lain bagi mereka yang mengunjunginya.

Setidaknya ada 7 tempat di bumi kita, yang wajib dikunjungi oleh mereka yang tertarik untuk merasakan bagaimana mengunjungi planet lain. Tidak ada salahnya menuntaskan rasa penasaran bukan?

Gua Reed Flutes


Terletak di Guilin, Guangxi, China, gua ini merupakan salah satu gua tertua di Tiongkok dengan usia lebih dari 180 juta tahun. Pilar-pilar, stalagmit, dan stalagtit yang menghiasi gua sepanjang 240 meter ini terbentuk akibat erosi air. Berbeda dengan gua pada umumnya, gua ini diterangi oleh lampu-lampu dengan aneka warna sehingga membuat pemandangan terasa unik ditambah dengan refleksi di kolam air yang jernih membuat siapapun merasa berada di perut planet lain.

Gua Es Skaftafell


Berbeda dengan Gua Red Flutes yang warna-warni, Gua Es Skaftafell yang terletak di Islandia ini berwarna biru terang. Gua ini terbentuk akibat aliran air yang melelehkan lubang di bawah sebuah gletser yang besar dan kokoh. Gletser Islandia memiliki kandungan air dan gelembung yang cukup tinggi sehingga membuatnya cukup transparan untuk ditembus cahaya matahari. Pemandangan yang Anda lihat dijamin tidak akan ditemukan di tempat lain selain di Islandia.

Photo by Rob Bye on Unsplash


Pulau Vaadhoo


Pulau Vaadhoo di Maladewa adalah rumah bagi pantai dengan ombak yang menyala biru terang di kegelapan. Anda dapat melihat lautan bintang secara harafiah di pesisir pantai pulau ini. Keunikan ini sangat jarang ditemukan di tempat lain, sampai-sampai wisatawan dunia pun berbondong-bondong mengunjungi Maladewa.

Cahaya biru yang menyapu pantai ini dihasilkan oleh plankton-plankton dengan reaksi kimia khusus yang disebut sebagai bioluminescence. Bersantai di pantai Pulau Vaadhoo sembari menikmati lautan bintang akan membuat Anda merasa berada di Pandora, planet di film Avatar.


Deadvlei


Terletak di Namibia, Deadvlei adalah salah satu tempat di planet bumi yang tidak terkesan nyata. Bahkan lanskap yang dapat Anda tangkap justru terasa seperti lukisan beraliran surealis. Pohon-pohon yang telah mati berdiri di atas tanah liat berwarna keputihan, dan dikelilingi oleh bukit-bukit pasir tertinggi di dunia membuat kawasan yang dulunya merupakan hutan ini terasa seperti bagian sebuah planet yang telah lama mati.

Photo by Michal Průcha on Unsplash


Pulau Socotra



Berbeda dengan Deadvlei, Pulau Socotra dipenuhi kehidupan flora dan formasi alam yang unik dan tidak bisa ditemukan di belahan bumi lain. Pulau Socotra adalah rumah bagi Pohon Darah Naga dan Pohon Baobab yang sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu. Terpisah dari daratan utama Yaman dan Somalia membuat flora dan fauna di Pulau Socotra berevolusi menjadi kekayaan alam tidak bisa ditemukan tempat lain. Menikmati senja di pegunungan di Pulau ini dapat memberikan Anda sedikit gambaran bagaimana rasanya berada di planet Mars.

Gua Glowworm


Satu lagi lokasi yang tampak tidak nyata, Gua Glowworm yang berlokasi di Waitomo, Selandia Baru ini adalah rumah bagi ribuan cacing-cacing berpendar yang menjuntai dari atap gua. Cahaya yang dihasilkan oleh cacing-cacing ini berasal dari reaksi kimia yang disebut sebagai bioluminescence. Anda dapat menyusuri gua ini dengan menggunakan perahu kecil yang akan membawa Anda ke gua di planet lain.

Utah

Utah merupakan rumah bagi gurun dan tebing berwarna kemerahan. Meskipun gurun di Utah ditumbuhi oleh sedikit rerumputan, tetapi formasi tebing-tebing dan kondisi geografis wilayah ini cukup mampu menggambarkan keindahan Planet Mars. Di kawasan ini Anda juga dapat mengunjungi Monumen Nasional Rainbow Bridge, yaitu jembatan batu alami yang terbentuk akibat pengikisan selama jutaan tahun. Wajar saja apabila kawasan ini digunakan sebagai Mars Desert Research Station yang mensimulasikan hidup di Planet Mars.

Nah siapa yang tertarik untuk mengunjungi “planet lain” di bumi? Mengunjungi kawasan ini pun cukup mudah karena tidak perlu menggunakan roket jutaan dolar *lol,  cukup dengan pesawat terbang saja. Terlebih lagi, memesan penerbangan semakin praktis dengan adanya tiket online yang bebas repot. Jadi tunggu apa lagi? Ayo yang penasaran, segera kunjungi tempat-tempat unik tersebut!

Jangan lupa ajak saya, Eh!

12 comments

  1. Dari semuanya aku cuma tau Utah doang.. Hehe.. Penasaran sama Islandia juga.. Pernah nonton videonya Nash Daily itu yang bahas soal Iceland yang disebut planet sendiri bukan kayak di Bumi.. 😀

    ReplyDelete
  2. Gambarnya bagus banget, tapi kurang banyak hehe

    ReplyDelete
  3. Gambarnya keren dan instagramable banget hehe

    ReplyDelete
  4. Gambarnya bagus banget, sayang jauh hehe

    ReplyDelete
  5. unik unik banget tempatnya, memang kayak di film luar angkasa hehe

    ReplyDelete
  6. Bener2 asing ya seperti di planet lain pemandangan alamnya

    ReplyDelete
  7. Bagus-bagus banget ya mba tempatnya ,mudah-mudahan suatu saat bisa kesana ��

    ReplyDelete
  8. wah kasih infonya, jadi membayangkan banyak hal

    ReplyDelete
  9. Gambarnya kurang byk hihi tapi kalo aku bisa kesana pasti tak akan pernah lepas dari camera

    ReplyDelete
  10. Waduh pas baca gua yang ada cacingnya langsung berasa geli. Heu

    ReplyDelete
  11. Ada lagi danau garam yang di sungai Murray kalo ga salah mbak. Yg dipakai utk lokasi masaknya masterchef australia 2017.

    ReplyDelete
  12. Gua Es Skaftafell bagus banget pemandanganya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.