Es Teler Cupcakes: Cooking Class With Barbie and Chef Stella Lowis



[Flashback]
Sekitar satu bulan lalu Saya ikut sebuah quiz yang diadakan di FB page Barbie Indonesia. Suatu lomba photo kegiatan si kecil di dapur. Well Ka Zaha yang selama ini biasanya rajin nemenin Ibu di dapur pai hari saat Ibu masak menyiapkan menu harian dan bekal sebelum berangkat ke kantor. Jadilah pagi itu Ibu meminta tolong Ka Alinga untuk mengambilkan photo. Well, Ka Al juga suka membantu Ibu atau bahkan mencoba berkreasi di dapur. Hanya saja yang lebih suka Barbie ka Zaha, jadilah yang jadi talent di photo Ka Zaha. Deal, ga ada masalah, photo sudah di post di FB Page Barbie.


Beberapa minggu kemudian ada pesan dari Barbie bahwa kami menjadi salah satu pemenang quiz yang hadiahnya mengikuti cooking class dengan Barbie. Ka Al sempat ngambek karena jealous dan pingin ikut cooking class tersebut. Hmm sayangnya hanya boleh satu anak saja yang ikut. Semoga ada kesempatanmu lain kali ya nak.





Hari Minggu yang super hectic. Ternyata selain harus hadir di cara #MemasakBersamaBarbie di sesi ke II (siang hari), saya juga harus menghadiri acara yang tidak kalah penting di daerah Kalimalang Bekasi. Demi apa, pagi-pagi kami sudah berangkat dan sampai ke Kalimalang. Alhamdulillah kami bisa pulang lebih awal karena harus segera ke Prapanca, tepatnya ke Almond Zucchini Cooking Studio dari Jalan Brawijaya.

Kami datang sebelum sesi II dimulai. Peserta sesi I sedang berphoto grup dalam cooking studio. Hmm karena lapar dan pas waktu Zhuhur. Setelah registrasi kami keluar makan dan sholat dulu. Saya takut terlambat karena jadwal sesi II dimulai jam 1. Agak terburu-buru kami kembali dari Masjid terdekat. Ternyata tetap harus menunggu lama karena rupanya ada peserta yang belum datang.

Setalah menunggu dan ngobrol ngalor ngidul dengan peserta lain, akhirnya acara dimulai yayy...!



Selain disiapkan semua peralatan memask kami juga dilengkapi dengan apron dan topi chef barbie. Sepasang untuk Mom dan sepasang untuk putrinya. Selain itu sudah disiapkan juga buku resep.  Kami tidak perlu khawatir lupa akan step by step cara membuatnya.

Chef Stella Lowis dan La Maison Patisserie Team akhirnya datang.

Waah anak-anak makin antusias. Sebelum dimulai anak-anak memperkenalkan diri satu persatu.

Chef menjelaskan untuk membuat kreasi cupcakes ini dibutuhkan beberapa peralatan yakni:

  • hand/stand mixer
  • scale
  • paddle
  • bowl
  • spatula
  • sifter
  • cupcake liners
  • whisk
  • scissor
  • piping bag and piping nozzles
  • cupcakes pans

Nah yang menarik cupcake yang akan kami buat adalah cupcakes dengan cita rasa khas Indonesia yakni Es Teler Cupcakes dengan dekorasi tema Barbie dan nuansa warna pink. Terbayang cantik dan menariknya...Kalau rasanya seperti apa ya? penasaran!

🎂  ES TELER CUPCAKES RECIPE 🍪


Cake Ingredients:

Cake flour 109g
Self raising flour 131g
Caster sugar 110g
Unsalted butter (room temperature) 109g
Free-range whole egg 3pcs
Fresh milk 59ml
Coconut milk 59ml
Pandan extract 3/4 teaspoon
Fresh jackfruit (cube) 65g 

Cara Pembuatan


Panaskan oven dengan suhu 175 C
Susun kertas cupcakes di loyang cupcakes
Ayak cake flour dan self raising flour di mixer bwol, kemudian masukkan caster sugar
Jalankan mixer dengan kecepatan rendah menggunakan paddle sampai tercampur
Masukkan butter secara bertahap sebanyak 3 x sampai tekstur adonan seperti pasir
Kocok lepas telur, lalu tuang 1/2 ke dalam mixer
Campur fresh milk, coconut milk, pandan extract, dan sisa telur. Aduk lalu tuangkan secara bertahap ke dalam mixer sebanyak 3 x. Aduk dengan kecepatan rendah sampai adonan tercampur rata dan mengkilap
Isi 1/3 adonan loyang cupcakes dengan donan, lalu tambahkan beberapa potong nangka/jackfruit (pilihan, jika tidak suka maka penuhi  dengan adonan)
Isi kembali adonan 2/3 loyang penuh (usahakan potongan jackfruit tertutup adonan)
Panggang di oven 175 C selama 22 menit
Jika sudah 22 menit, tusuk cupcake. Apabila tusukan terlihat kering, maka cupcakes sudah matang
Diamkan hingga dingin, cupcakes siap dihias.


Frosting Ingredients

Unsalted butter (room temperature)  221g
Icing sugar  112g
Raspberry syrup 42ml
Colouring

Cara Pembuatan


Ayak icing sugar di mixer, kemudian masukkan butter. Aduk menggunakan whisk dengan kecepatan tinggi sampai pucat sekitar 5-10 menit. Awali dengan kecepatan rendah dahulu setelah tercampur baru dimulai dengan kecepatan tinggi
Tambahkan raspberry syrup
Tambahkan pewarna sesuai selera, dan aduk hingga rata
Masukkan ke dalam piping bag yang telah digunting dan diberi piping nozzle pada bagian ujungnya.

Jadi Chef Stella Lowis mempraktikkan cara membuat cupcakes. Kami, semua peserta cooking class menyimak dan tentu saja boleh bertanya jika ada yang belum paham. Setelah selesai. Giliran kami kemudian mencoba membuat sendiri.

Waah Ka Zaha antusias banget. Saya yang memang jarang membuat cake atau cookies tak kalah excited. Apalagi semua peralatan sudah disiapkan. Untuk bahan-bahan juga sudah ditimbang dan disiapkan. Hmm ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan terlebih urusan timbang menimbang yang biasanya bikin lama proses membuat cakes juga tidak perlu kami lakukan karena bahan yang kami gunakan sudah ditimbang.

Alhamdulillah kami bisa bekerja sama dengan baik. Cupcakes siap dipanggang. Sambil menunggu cupcakes matang. Kami kembali menyimak proses membuat frosting yang diperagakan Chef Stella.

Wuiiih makin excited dengan frosting yang colorful dan cantik. Setelah Chef Stella usai memeragakannya, kami kembali ke meja kami masing-masing dan melakukan proses yang sama.

Setelah cupcakes kami matang, kami langsung menghiasnya dengan bentuk yang secantik mungkin.

Tadaaaa..... akhirnya Cupcake yang colorful sesuai temanya "es teler",  selesai sudah dan siap diicip-icip :).






Selesai acara memasak tak lupa photo group. Kami juga berkesempatan berphoto dengan Chef Stella dan tiga kreasi terbaik diserahkan pada panitia untuk dinilai. Pemenang utama akan mendapat kesempatan pergi ke Kuala Lumpur untuk bertemu dengan peserta acara #MasakBersamaBarbie dari negara lain.

Semua peserta boleh membawa pula cupcakes kreasi masing-masing, apron dan topi chef serta buku resepnya. Semua peserta juga mendapatkan certificate dan satu buat Barbie play set. Asyiiiik !!!




8 comments

  1. Wah terimakasih resepnya hehehe

    ReplyDelete
  2. Kuenya cantik banget, gak tega kalau makan kue secantik ini hehehe

    ReplyDelete
  3. Wah keren ada kelas memasak sama anak

    ReplyDelete
  4. Bagus banget ada acara kayak gini, pasti buat anak seneng.

    ReplyDelete
  5. Gambarnya aja udah bikin ngiler ya hehe

    ReplyDelete
  6. Aku sukaaa liat barbienyaaaa hahahaha... Daridulu aku juga udh seneng ama boneka barbie sih mba :). Kalo acara masak2nya, huahahahah itu menyerah. Cakeep deh tapi cupcakesnya.. Itu rasanya beneran kayak es teler? Tapi ada pake nagka sih yaaa.. Udh kebayang enak kayaknya :)

    ReplyDelete
  7. saya beneran baca sampe akhir nih Mak, menantikan resepnya, ada nangka, alpukat dan kelapanya nggak ...... kebayang kalo makannya dingin lebih enak kali ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.