Ramen Halal dan Sehat dengan Toping yang Real? Ya Michiyo Ramen!



"Ibu... sekali-kali dung kita makan mie instan.
Sejak Ibu sama Ayah Food Combining kita gak pernah lagi makan mie instan "
Lalu Manyun :( 



"Ah Kakak lebay deh, bukan gak pernah, jarang banget sih emang. Tapi kan kadang-kadang Ibu buatin juga sekali-sekali buat kalian, pas Ibu juga mau cheating."
"Iyaa, tapi jarang bangeet."

"Emang gak ada gitu bu, mie instan yang sehat?"
"Hmm gimana ya kak, agak mustahil sih"

Sejak rutin mempraktikkan pola makan sehat, memang saya jarang sekali makan mie instan. Saat kangen berat dan pingin cheating plus anak-anak merengek, biasanya saya "terpaksa" memasak mie instan atau sejenisnya yang dari sisi kualitas lebih baik dan sehat dari yang biasanya. Hmm meski tetap tidak begitu yakin.

Sekalinya bikin, pasti tambahan sayurnya banyak banget untuk toping dan tambahannya biasanya juga saya tambahkan segala macam. Kalau mau yang fresh noodle, sekali-kali makan di resto.

Naah saat minggu lalu, saya mencoba Michiyo Ramen, saat itu pula wajah Krucils jadi sumringah.
"Yayyy ada mie sehat, jadi kita boleh ya bu sering-sering makan Michiyo. Kan jadi gak perlu makan di restoran atau ngemall lagi. Kalau ngemall, Dek Paksi suka ngambek bu, minta macem-macem. Udah bikin Michiyo aja di rumah."

Walaah pinter banget sih negosiasinya nak.




"Tapi ini #BukanMieInstan lho nak, ini fresh noodle, ramen segar beneran. Ini buktinya, beda kan sama mie instan atau mie ramen yang lainnya. Tuuh dia gak kering, masih fresh gini."

"Iya ya bu, beda."

"Ini yang udah Ibu masak juga rasanya beda sama yang biasa, lebih lembut dan kenyal."

Belum ditambahkan bumbu dan toping, Ka Al sudah gak sabar icip-icip mie ramennya.

"Nah iya, dari tadi Ibu agak bingung juga, biasanya klo mie instan kan pas selesai direbus jadi ngembang gitu kan, tadinya sedikit jadi buanyaak karena ngembang. Ramen ini enggak lhoo... gak ngembang".

Percakapan ini terjadi sekitar dua minggu lalu, saat saya mencoba Michiyo Ramen di rumah. Seluruh aktivitas di dapur didukung Trio Krucils dan Ayahnya. Para calon chef dan owner "Alza Resto". Aminin dung :).

Dukungan lebih nyata saat Michiyo Ramen tersaji cantik dan menggoda di depan mata. Hahaha... hap hap berebutan deh.

Padahal mah karena saya lagi males masak,  jadi sepakat makan siangnya saya masakin Michiyo Ramen hehehe. Lebih praktis tapi tetap sehat. Mumpung weekend, sekali-kali ya kita makan mie :). Tenang, ini #BukanMieInstan kok meskipun memasaknya hanya dalam hitungan beberapa menit.

Yuk kenalan lebih jauh sama fresh noodle ini. Michiyo Ramen ini ternyata resepnya berasal dari Jepang. Well, jadi Mie Jepang dengan gaya kekinian  sesuai selera keluarga masa kini. Kenapa Michiyo Ramen jadi istimewa?

Pertama, karena Michiyo Ramen dijamin halal. Ada logo sertifiaksi halal dari LPPOM MUI dan tentu saja lulus uji dan teregistrasi di Badan POM.

Makan Mie Ramen yang fresh di resto-resto sekalipun, macam di AEON Mall, kami sering dihinggapi rasa ragu. Kadang muter-muter milih resto buat memastikan mereka sudah memiliki sertifikasi halal. Anak-anak langsung mencari loho hijau bulat putih dari LPPOM MUI. Alhamdulillah malah sering diingatkan anak-anak.

"Bu, udah ada sertfikasi halalnya belum? Kok ga ada label halalnya?"

Mereka ternyata lebih aware soal isu halal ini lho. Makanya saat pingin menikmati ramen segar, kita memang kemudian jadi pemilih dan memperhatikan dengan seksama isu halal ini.




Makanya, bisa makan Ramen yang endang bardendang di rumah dan dijamin halal. Siapa yang bisa menolak coba. Apalagi kalau varian rasanya juga beragam. Kehalalan Michiyo Ramen juga bukan sekedar bebas dari kandungan babi, namun untuk daging ayam dan sapinyapun dijamin diproses secara syari' dan memenuhi kriteria halal dan tahyyib.

Apa bedanya dengan ramen lain selain soal jaminan halal?

Beda! Nah ini perbedaan yang bikin Michiyo jadi istimewa.

Kedua, karena Michiyo Ramen itu sehat. Bahan dasarnya adalah pati kentang. Nah inilah yang membuat ramen menjadi lebih kenyal dan nikmat.

"Pantesan Ka Alinga bilang enak bu, mienya terasa lebih kenyal. "

Selain berbahan dasar pati kentang proses membuatannya juga menggunakan teknologi tinggi tanpa melalui proses penggorengan sehingga dia bebas lemak jahat atau zero trans fat. Buat para pelaku diet atau healthy eating, lolos lah ya. Clean eating.

Inilah yang membuat Michiyo Ramen menjadi produk yang sehat. Michiyo ramen juga higienis karena diproses dengan teknologi sterilisasi yang menjamin bebas bakteri. Untuk menjaga kesegarannya, diproses dan dikemas dengan teknologi sterilisasi agar terhindar dari bakteri. Ramen aman dikonsumsi hingga expired date yang tertera di kemasan. Satu nilai plus lainnya proses ini juga membuat Michiyo bebas bahan pengawet. Jadi sehatnya beneran, bukan sehat ala ala.



Ketiga, karena toping Michiyo Ramen beneran asli daging. Baik daging ayam, maupun daging sapi.

Untuk varian toping dengan jamur juga jamurnya asli. Jadi topingnya real dan nendang. Bukan basa basi. Biasanya saat memasak mie lain, saya pasti sibuk menambahkan macam-macam tambahan agar mie terasa lebih enak dan sehat. Mulai dari sayuran, yang buat saya sih wajib ada dan jadi pelengkap plus tambahan daging, ayam, telur, seafood atau yang lainnya.

Nah untuk kasus Michiyo saya gak perlu memikirkan pelengkap tambahan karena topingnya selain real juga melimpah sekali. Paling saya tambahkan sayur segar dan sedikit hiasan garnish.



Saat ini ada 4 varian rasa untuk dry ramen atau ramen tanpa kuah. Ada rasa chicken mushroom, chicken teriyaki, beef teriyaki, dan beef bolognese.

Gimana rasanya? Kalau mie ramennya, saya sepakat sama Ka Alinga dan Ayahnya, mienya beda. Bahkan dibandingan dengan salah satu mie ramen favorit si Ayah sebelumnya. Satu-satunya brand mie ramen yang berani dia stock di rumah, in case pingin banget cheating hahaha.

"Jadi bakalan pindah hati ke Michiyo nih?" goda saya.
"Hmm kayaknya gitu, bisa beli di mana bu?"
"So far sih masih di toko online nih.."

Michiyo Ramen dikemas dalam packaging dengan berat bersih 185g dengan 26 x 17,5 x 4,5 cm dan saat ini bisa dibeli di toko-toko online, salah satunya https://tokopedia.com/michiyoramen. Untuk harga, Michiyo Ramen dibandrol di harga Rp.25.000.

Untuk Mie Ramen yang sehat, halal, dengan toping yang nendang dan rasa yang juga tidak kalah dengan ramen resto, rasanya worth it banget. Ngeramen enak, halal, dan sehat di rumah, iya cukup di rumah dan bisa membuat Ibu mendadak jadi super chef yang bisa menyajikan menu ala resto rasanya Michiyo bakal jadi ramen favorit kami nih.

Untuk cara memasaknya juga standar kok, ada petunjuk yang jelas di kemasan Michiyo Ramen bagaimana proses memasak. Hmm kurang lebih sama sih dengan cara memasak mie yang lain. Yang membedakan hanyalah untuk topingnya,  kita rendam di air panas terlebih dahulu selama kurang lebih 2 menit untuk kemudian disajikan dan di atas mie yang juga telah direbus. Untuk tambahan lain tentu juga boleh diberikan sesuai dengan selera.

Nah karena saya sudah mencoba semua varian rasanya. Waktunya kita review yuuk. Siapa tahu bisa jadi referensi dan pertimbangan saat mau mencoba.

Untuk mie-nya, saya jamin beda dari yang lain. Kami dan terutama saya dan suami, biasanya setelah cheating makan mie instan langsung merasa "begah" atau perut kembung dan tidak nyaman. Biasanya bisa gak lapar cukup lama karena perut terasa penuh. Mie dari Michiyo Ramen, tidak mengembang setelah direbus. Teksturnya kenyal dan lembut serta menyatu saat dicampurkan dengan bumbu dan topingnya.

Michiyo Ramen Chicken Mushroom




Penyuka ayam dan jamur wajib mencoba varian ini. Kami pertama kali mencoba Michiya Ramen dengan toping Chicken Mushroom. Kebetulan hampir semua suka mie ayam, Nah toping Michiyo Ramen gak kalah nendang dengan toping mie ayam langganan kami.

Malahan plusnya adalah potongan jamur segarnya yang cukup banyak. Bumbunya juga pas, tidak terasa nyenggak di mulut dan tidak ada rasa micin. Natural dan nikmat banget. Rasanya seperti makan ramen fresh dan bukan ramen kemasan. Supaya makin segar saya hanya tambahkan sawi dan potongan tomat. Yummyyy



Michiyo Ramen Chicken Teriyaki


Penyuka bumbu teriyaki bisa mencoba dengan toping ayam dan daging. Untuk Chicken Teriyaki, potongan daging ayamnya yang segar dan melimpah pasti bakalan bikin kamu ketagihan dan mau lagi.

Bumbu teriyakinyapun melimpah bahkan rasanya lebih banyak dari yang biasa saya pesan di resto. Bumbu dan topingnya gak pelit sama sekali. Rasanya juga seru dan lecker. Saya tambahkan irisan bawang bombay dan hias dengan telur rebus.


Michiyo Ramen Beef Teriyaki


Tidak berbeda dengan ayam teriyaki. Rasa Beef Teriyaki juga merupakan potongan daging segar yang juga melimpah. Well, saat saya menambahkan toping sendiri untuk mie bahkan biasanya tidak sebanyak ini untuk satu porsi. Bumbunya dijamin mantap dan daging sapi yang melimpah pasti memuaskan kita menikmatinya. Dagingnya beneran dan banyak pulak! Kamu gak bakalan nyesel deh. Tambahkan potongan sayur rebus untuk mempercantik dan bikin segar.

Michiyo Ramen Beef Bolognese



Denga saus Bolognese yang sangat melimpah, varian ini memang sedikit berbeda. Kalau kalian penyuka spaghetti dengn bumbu bolognese dijamin pangling dengan Michiyo Ramen yang satu ini. Sausnya sangat banyak, bahkan kalau kita punya mie tambahan masih cukup menggunakan toping dari satu kemasan Michiyo, saking banyaknya. Saus dengan irisan dagimg dan saus tomat yang khas dilengkapi dengan taburan keju. Hmm perfecto!



Hmm ternyata setelah mencoba semua varian, kami semua kompak kalau Michiyo Ramen, mantap! Naah untuk varian favorit kami terbelah menjadi 4 grup *halah. Saya dan Ka Alinga Tim Michiyo Ramen Chicken Mushroom, kesan pertama begitu menggoda, sulit untuk lupa.

Ka Zaha ternyata mantap memilih Michiyo Chicken Teriyaki sebagai favorit. Adek Paksi yang penyuka daging merupakan anggota Tim Beef Teriyaki. Kalau Ayah memang suka masakan ala Itali, jadi memilih Michiyo Ramen Beef Bolognese.

Waah pas ya, beli 1 paket dengan semua varian bisa memenuhi semua selera. Nah boleh dung yang sudah mencoba Michiyo Ramen cerita, favorit kamu varian yang mana? Buat yang belum mencoba, kira-kira kamu bakalan jadi tim yang mana nih? Jaid buruan deh coba, dan kamu ada di tim ya mana?

Yuuk Mamam!



82 comments

  1. anak2 saya jg manya kalo boleh tiap hari makan mie instan..tapi ya ga dibolehin ..syukurlah sekarang ada mi ramen Michiyo ya jadi ga khawatir kalo makan banyak karena lebih sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah ya mba ada ramen sehat gini

      Delete
  2. Senangnya ada ramen halal dengan bahan-bahan yang lebih sehat. Makan ramen bebas rasa bersalah, ya makan Michiyo Ramen dong!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya duung....ga perlu khawatir cheating

      Delete
  3. Kalau ditanya mana favian kesukaanku, ya agak binggung juga ya soalnya aku suka semuanya. Hehhee. Tapi memang yang beer teriyaki tuh enak. Pengen nambah siih mba. Dan emang nggak bikin ndut sih kalau makan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. emak2 galau yaa, enak semua emang mba tp aku paling suka chicken mushroom

      Delete
  4. Tim teriyakiii. Chicken atau beef kami suka. Duh, masih kebayang-bayang rasanya.

    ReplyDelete
  5. Dilihat dari gambarnya enak banget ya ...

    ReplyDelete
  6. Topingnya juga banyak ya:)

    ReplyDelete
  7. Pengen cobain yang Michiyo Ramen Chicken Teriyaki :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuuk cuss diorder, nanti ceritain yaa

      Delete
  8. aku paling suka yang bolognese mbak, soalnya bumbunya melimpah, biasanya aku tambahin spaghetti lagi biar nggak rugi wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iyaa...bahkan kita tambahin spaggheti lain tetep enyak saking banyaknya

      Delete
  9. Mbaaaa saking napsunya lihat foto Michiyo ini, asli deh aku langsung masak hahaha toppingnya juga mie nya bikin gak sabar aja pengin langsung masuk mulut. Nyammmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyammmm jangan lupa sama sekar ya teh hahaha

      Delete
  10. hihi salah fokus sama negosiasi anaknya yang jago tapi demi Michiyo yha khaaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha baiklah ibu mengalah, soalnya ibu juga sukaak

      Delete
  11. sumpah ini ramen, walau harganya lebih tinggi dari ramen instan lainnya sih tetap mau beli ya aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. tp dibandingn makan di resto atau mall ttp aja sih worth it banget

      Delete
  12. OMG bacanya langsung ngeces...pantesan baru ada di online, kemarenan cari di beberapa supermarket belum nemu :D


    Kalau ada Halal, Thayib dan Sehat...ku akan berpindah dari yang sebelumnya #eaa

    ReplyDelete
  13. Michiyo cocok ya mba untuk yang lagi mencari alternatif mie sehat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbaa..akhirnya nemu mie sehat

      Delete
  14. Aku ngebayangin keseruan di dapur saat bikin Michiyo dibantu Krucils, pasti rame ya Teh, haha.
    Foto2nya duuhhh langsung kabita pisaan, harus pesen lagi nih Michiyonyaaa :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sok gera diorder, bumil mah banyak2 makan juga gpp ada alesan hahaha

      Delete
  15. Krucils seneng dong yaaa ada mie sehat gini. Yang bocah aja seneng apalagi yang dewasa, makin hepi karena nemu rame halal yang sehat gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ga anak2 ga orang tuaa...demen semua

      Delete
  16. Akupun jadi dibolehin makan ramen ini sama suamiku, hihihi, soalnya kan fresh noodle :loove

    ReplyDelete
  17. 4 Varian yang dapat dipilih sesuai selera, saya paling suka Varian teriyaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyuka teriyaki ya ev...timnya mba haya berarti

      Delete
  18. iya bener. . michiyo ini ga ngembang saat direbus. . bener bener fresh noodle. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya akupun takjub dan awalnya agak bingung. ini mateng blom ya? kok gak ngembang hehe

      Delete
  19. Kalau cheating-nya sehat gini mah nggak perlu worry bakalan gagal dietnya 😂

    ReplyDelete
  20. Saya masih punya sebungkus Michiyo Ramen. Masih disayang-sayang. Gak rela habis hahaha

    ReplyDelete
  21. Kemarin kekeuh bilang bolognese yang paling enak. Kemarin nyobain yang mushroom eh enak jugak 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah mamak2 galau, dijamin semua enak, tp aku paling naksir chicken mushroomnya

      Delete
  22. Alhamdulillah ya nemu satu lagi makanan yang bisa dimasak dirumah dengan cara yang praktis, halal dan insyaallah sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa alhamdulillah, anak2 gak protes lagi

      Delete
  23. Semoga bentar lagi bisa nemu ini di al*a mart dekat kos an, hehehe. *menu baru anak kos*

    ReplyDelete
  24. Luar biasakkkk review nya sukses bikin aku kelaparannnn huhuhuhu..

    ReplyDelete
  25. Wahhh jadi pada senang ya nemu ramen halal, sehat pula. Aku juga suka banget sama topingnya yg gede-gede

    ReplyDelete
  26. Halal, sehat, trus bisa dimasak di rumah,...udah cinta deh sama Michiyo ramen

    ReplyDelete
    Replies
    1. emak bs bikin masakan ala resto di rumah kaan

      Delete
  27. Wah jadi main tim2an ya, Mba Ophy, haha... Kalau saya tetap dengan tim chicken bolognese. Karena ini bumbunya memang bener2 saus bolognese banget deh.

    ReplyDelete
  28. semuanya dagingnya gede banget, jadi puas makannya. jadi ramen favorit ini sekarang, mau makan nggak ragu lagi

    ReplyDelete
  29. Pengen order lagi di Tokopedia, agak gimanaaa gitu nyobain Michiyo, baru pertama mamam aja udah jatuh cinta. Mie kentang yg bikin jatuh cinta dan tergila2 wkwk

    ReplyDelete
  30. Iyaa aku kaget banget ternyata bumbu teriyakinya banyaak yaaa.

    ReplyDelete
  31. Aaaaah aku mau banget ramen ini. Porsinya gede dan pas buat anak kosan yang makannya banyak. Btw ngomongin pola hidup sehat,i try so hard. Tapiii yah cheatingnya banyak terus hahaha

    ReplyDelete
  32. makan ramen ala restoran di rumah bareng keluarga, siapa yang bisa nolak sih michiyo ramen ini ya mba.. :9

    ReplyDelete
  33. Hmm ini emak banget, bumbunya pass banget trus sama toppingnya bikin gak nahan banget pokoknya

    ReplyDelete
  34. Mba Ophiii.. pagi2 bikin laper aja siih.... ramennya enak ya ini

    ReplyDelete
  35. Duuuh, aku mendadak lapaar. Alhamdulillah masih ada stok satu Michiyo Ramen. Kayanya bakal aku masak nih biar nggak kebawa mimpi habis baca tulisan mbak Ophi.

    ReplyDelete
  36. Hahaha ini bisa dipastikan ibunya akan sering cheating kalau ada stock Michiyo ya xixixi. Abisnya mienya enak sih, udah gtu emang ada jaminan sehat zero trans fat pula :D

    ReplyDelete
  37. Yuhuuu...mau cheatingpun insha Allah nda merasa bersalah yaa kalau makan Michiyo Ramen hehe.

    Aku team Chicken Teriyaki dunk 🍝👍

    ReplyDelete
  38. aku pernah makan ini nih, porsinya ngenyangin bangett. Fav aku yang bolognese, yummm

    ReplyDelete
  39. Kelihatannyan enak sekali.
    Boleh lah dicoba, nyobain rasanya makan mie ala jepang.

    ReplyDelete
  40. Pengen bangeg nyoba ini. Dari kemarin, udah buka-buka tokonya.

    ReplyDelete
  41. suka sama yang ayam jamur. Ayam sama jamurnya geday dan nggak tipu2. Bumbunya juga pas banget! Porsinya bikin kenyang abadi~ ❤️

    ReplyDelete
  42. Malem - malem lihat postingan ini perut langsung kriuk kriuk minta diisi. Saus topping Michiyo Ramen emang melimpah ruah ya mba *_*

    ReplyDelete
  43. Kalo ramen sehat gini, berarti boleh dimakan setiap hari ga? 🤣

    ReplyDelete
  44. hihihi mamam ramen di rumah biar gak belanja banyak kalau ke mall ya mbak.. tapi ini praktis sih, Michiyo enak enak rasanyaaa

    ReplyDelete
  45. Iyaaa ramen michiyo ini kalau menurut saya mah uenaknya pas di lidah indonesia.. dagingnya melimpah...

    ReplyDelete
  46. topingnya gak pake boong-boongan ya

    ReplyDelete
  47. Anak2ku juga lahap banget niih makanin Michiyo Ramen..

    ReplyDelete
  48. Toppingnya daging asli dan melimpah, mie nya fresh dan kenyal.. pokoknya favorit deh Michiyo ini..

    ReplyDelete
  49. Oh bisa beli di toped ya, cobain ah...

    ReplyDelete
  50. Toppingnya emang gak bohong dagingnya super banyak dan juicy. Wajib stok di rumah hehe :D

    ReplyDelete
  51. anak-anak minga nambah lagi gak mba??? aku sekeluarga suka banget

    ReplyDelete
  52. Kemarin sempet liat fotonya di IG, mantap banget nih. aman buat ibu hamil juga kali ya Mba?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.