Jualan Online? Ini Dia Fitur Instagram untuk Membantu Jualanmu



Seiring dengan maraknya online shop di Indonesia, sekarang hampir semua brand, baik itu skala UKM atau brand besar, memiliki akun media sosial untuk menjadi marketing channel dan penjualan mereka. Tentu saja, Instagram sebagai salah satu media sosial paling populer di Indonesia, menjadi pilihan utama bagi penjual untuk memasarkan produk dan pembeli untuk mencari produk-produk yang menarik. Umumnya, akun brand di Instagram digunakan untuk membagikan foto atau video produk, repost testimoni dari pelanggan, atau mengumumkan informasi tentang promo, jadwal libur toko, dan lain-lain.

Ternyata, berjualan di Instagram tidak terbatas dengan aktivitas yang disebutkan di atas saja. Melihat peluang banyaknya aktivitas belanja online, Instagram menyediakan fitur-fitur yang memudahkan proses belanja bagi penggunanya. Berbagai fitur Instagram ini wajib banget diketahui oleh pelaku jualan online untuk meningkatkan performa bisnisnya. Apa saja fiturnya?

1. Instagram Business


Jika kamu punya akun khusus untuk berjualan, kamu bisa mengubah tipe akun itu menjadi akun bisnis. Keuntungan dari akun bisnis adalah:
  • mendapatkan insightdari aktivitas akun Instagram-mu. Kamu bisa mengetahui performa dari setiap postdan stories-mu dan bagaimana para follower berinteraksi di akunmu. 
  • mengiklankan post-mu ke segmen tertentu di Instagram. Kamu bisa mengatur berapa budget yang kamu keluarkan dan target segmen yang kamu incar untuk mendapatkan iklanmu.
  • menambahkan informasi lebih detail tentang brand-mu, seperti jam kerja, lokasi, dan nomor telepon.
Mempunyai akun bisnis di Instagram adalah keharusan yang paling mendasar untuk jualan online. Selain bisa mendapatkan keuntungan yang tadi disebutkan, kamu juga bisa membuat post atau konten stories yang khusus untuk jualan. Untuk mengubah akun biasa menjadi akun bisnis, cukup masuk ke bagian pengaturan akun.

Well, as a blogger, akun instagramku sudah pakai yang bisnis lho. Iya fungsinya juga kurang lebih sama untuk mendapatkan insight dari promosi atau endorse dari produk yang aku review di blog dan di instagram juga. Sekarang hampir semua brand dan klien yang meminta bantuan blogger juga meminta insight impression dari media sosial termasuk dari Instagram.

2. Visual shopfront


Setelah kamu mempunyai akun bisnis di Instagram, kamu bisa membuat halaman profil Instagram-mu layaknya sebuat toko virtual. Kamu bisa mengunggah foto-foto produkmu ke konten Instagram, kemudian tag produk jualan kamu yang ada di foto tersebut. Dengan tag produk, kamu bisa menghubungkan konten tersebut dengan produk yang ada di website brand kamu.



Sumber: Instagram Business


Follower atau pengguna Instagram cukup tap gambar yang kamu unggah, dan mereka sudah bisa melihat informasi produk seperti nama produk dan harga, sehingga memudahkan mereka untuk berbelanja di halaman Instagram kamu. 

3. Berjualan di Instagram stories


Fitur keren di atas tidak hanya berlaku untuk konten Instagram post. Saat ini, Instagram juga membuat fitur yang sama untuk Instagram stories. Penjual bisa membuat stories dan memberikan informasi produk secara mudah dengan menghubungkan ke brand website. Dengan adanya fitur ini, brand-brand bisa memasarkan produk mereka secara kreatif dengan tetap memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengakses produk mereka.



Sumber: Instagram Business


4. Shopping di bagian Explore


Kalau kamu pergi ke menu Explore (berbentuk icon kaca pembesar), kamu bisa melihat topik-topik dari konten yang relevan dengan minatmu. Instagram juga memanfaatkan menu Explore ini untuk aktivitas belanja. Saat ini, Instragam sedang menguji coba fitur Explore untuk belanja dengan memunculkan topik “Shopping” untuk pengguna yang tertarik belanja online. Di dalam channeltopik Shopping tersebut, pengguna bisa melihat konten shopping dari online brands yang belum dia ikuti.

Oleh karena itu, sebagai brand atau penjual di Instagram, kamu wajib mempromosikan produkmu dengan konten tipe shopping, agar kontenmu bisa muncul di halaman explore calon pembelimu.

Dari review fitur belanja di atas, bisa dibilang bahwa Instagram cukup responsif melihat kebutuhan dari penggunanya untuk belanja. Bisa dibilang, media sosial saat ini bukan sekadar platform untuk berbagi dan menjalin hubungan dengan orang lain, tapi juga sebagai platform untuk berbelanja. Tentunya, sebagai penjual yang memasarkan brand-nya di media sosial, kamu juga harus tahu dengan perilaku konsumen online saat ini. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah tersedia.

Sayangnya, Instagram belum menyediakan fitur bagi brand untuk membagikan testimoni atau review produk dari pelanggannya. Untuk tahu cara bagaimana kamu bisa repost postingan dari pelangganmu, silahkan cek caranya di https://review.bukalapak.com/techno/cara-repost-foto-di-instagram-19846.


Gimana siap kan melebarkan sayap dan memperkuat senjata untuk bisnis onlinemu? Jangan lupa manfaatkan fitur-fitur instagram tadi ya. 

Good luck!

32 comments

  1. Insight di IG ini masih tanda tanya besar mbak buat aku, makin besar nilainya makin bagus ya? tapi angka yg bagus itu kisaran berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semakin besar semakin bagus sih mba,
      trus kan banyak indikatornya tuh gak cuma like atau comment ada juga impression, reach dst...

      Delete
  2. Wah, ternyata banyak sekali ya keuntungan yang di berikan instagram pada akun bisnis.

    ReplyDelete
  3. Saya beru tahu loh mbk banyak fitur instagram untuk jualan online. hee
    Thank infonya mbk

    ReplyDelete
  4. Ini berguna sekali bagi yang memiliki onlineshop jadi bisa mempraktekan hal diatas ya mbak. Kalau aku sekarang ini masih terus belajar konsisten bikin konten yang menarik dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...banyak fitur yg bisa dimaksimalkan

      Delete
  5. Make yang business systemnya gimana Mbak? Bayar tahunan atau bulanan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bayar kok mba... klo aku dulu ganti settingan IGnya ke settinga busnnis tp memang harus punya facebook page dulu, krn nanti connectnya ke FB page, tremasuk klo mau pasang ads..

      Delete
  6. Bunda pernah mau coba IG bisniss, ktnya hrs punya Fans Page Facebook dulu. Karena bljr sendiri bingung yg ada, hehe... Hrs diajarin sama guru ug konkrit bukan pnline. Maklun ksn, Ophie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bund aharus punya facebook page dulu klo mau ganti ke IG bisnis, krn nanti ngelinknya ke sana termasuk klo mau pasang ads

      Delete
  7. Instagram sekarang makin asyik ya mainnya. Berguna sekali buat pemilik bisnis dengan fitur barunya itu 👍

    ReplyDelete
  8. Jarang ngulik ig baru tahu ada fitur ini.
    Thanks sharingnya ya, mba.

    ReplyDelete
  9. Pengen mengaplikasikan setiap ilmu baru utk toko jualan di IG tapi ku blm konsisten nih, masih males2an 😫

    ReplyDelete
  10. Shopfront udah bisa ya? Terakhir dpt kabar waktu itu katanya blm bisa di indonesia

    ReplyDelete
  11. baru-baru ini saya juga rubah IG jualan jadi akun bisnis mba, belum khatam ngulik semuanya, paling sering pake aplikasi repost, klo shopfront ini belum nyoba saya ..trims mba sharingnya nanti saya mau coba, mau pasang iklan juga biar maksimal usahanya amiin..:)

    ReplyDelete
  12. Aku sempet kepikiran bikin akun olshop di ig juga. Eh tapi bingung mau jualan apa, terus performa akun pribadi pun masih punya banyak pr hihihi. Untuk akun pribadi, aku baru jalanin poin satu aja. 3 poin berikutnya mau diulik ah

    ReplyDelete
  13. IG personal saya juga udah jd bisnis, buat ngecek impression hehe. Tapi belum manfaatin benar sih, masih buat main2 saja.

    ReplyDelete
  14. Untuk bisa naruh visual shopfront itu ada minimal followers-nya nggak ya, Mbak? Penasaran banget sama olshop yang pakai cara ini. Keren sih, jadi gampang kalau mau order. Tapi belum familiar banget kayaknya ya, karena belum banyak yang pakai.

    ReplyDelete
  15. Dulu sempat kepikiran pengen bikin ig jualan. Tp ga bakat nyari followernya. Haha. Akhirnya ignya dibikin bisnis jg tp buat personal branding. Keren2 fitur ignya. Thanks infonya bun.

    ReplyDelete
  16. Aku juga udah pindah ke Instagram bisnis. Tapi belum pernah nyoba fitur untuk jualan online

    ReplyDelete
  17. Waah baru tahu yang ini, Mbak:

    konten tipe shopping itu digunakan supaya konten bisa muncul di halaman explore calon pembeli kita

    Terima kasih Mbak, saya save yaa

    ReplyDelete
  18. Pengen bisa jualan di instagram, tapi akun berbeda kali ya, biar nggak campur sama yang personal.
    Nambah deh infonya, makasih ya :)

    ReplyDelete
  19. Makin lengkap ya fitur buat bisnis di medsos. Terutama di Instagram. dari hari ke hari selalu ada aja yang baru. Memudahkan dan bermanfaat banget untuk bisnis.

    ReplyDelete
  20. Aku masih belajar nih membaca insight instagram. Karenakan banyak fiturnya ya

    ReplyDelete
  21. Wah makin canggih aja instagram skrng, aku juga udah pake ig business

    ReplyDelete
  22. Canggih banget nih, menunjang sekali buat para pebisnis kayak saya, eh maksudnya tukang jualan kayak saya hehe.

    ReplyDelete
  23. Cocok nih buat OS, aku dah lama gak ngeOS dulu punya akun khusus jualan, wah kyknya kudu diaktifin lagi kalau mau praktek hehe. Kalau yg skrng krn pengen ngeboost postingan kempen aja makanya pakai IG bisnis :D

    ReplyDelete
  24. Wah, ternyata bisa dimaksimalkan ya pemanfaatan IG bisnis ini. Aku taunya cuma liat insight aja hehehe

    ReplyDelete
  25. Fitur Visual shopfront belum pernah nyoba aku Mom, malah baru tahu...he3h3

    ReplyDelete
  26. oalah... shopfront namanya ternyata..... kemarin aku juga nemu yang seperti itu tapi nggak tau namanya... eh ternyata ada disini. salam kenal mbak #jejakbiru

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.