Hijrah Menuju Kesehatan Gigi dan Mulut Sesuai Sunnah


(تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ صَدَقَةٌ (رواه الترمذى
“Senyum manismu di hadapan saudaramu adalah shadaqah” (HR. Tirmidzi)

Hadits keutamaan tersenyum ini sering sekali diulang-ulang oleh anak-anak kita di usia TK atau awal sekolah dasar. Seperti kembali mengingatkan kita untuk berusaha menyiapkan wajah ramah dan senyum manis pada sesama.  Hadits ini memang salah satu hadits pendek yang wajib dihafal mereka.


Hadits pendek yang dalam sekali maknanya. Ternyata shadaqah itu tidak seberat yang kita pikirkan. Bahkan tersenyum pada saudara kita juga bernilai shadaqah. Ya Rabb, lalu saya terkenang muka jutek saya saat tengah lelah. Pliss deh, mau berbenah diri ah. Muka juteknya dicopot dulu kalau lagi ketemu orang. Pasang muka manis agar sepanjang hari terasa manis. Hahayyy.

Bener juga sih, pasti beda banget rasanya ya kalau ketemu orang yang mukanya jutek dengan orang yang selalu memasang senyum manis dengan gigi yang bersih dan rapih, plus wangi pula saat menyapa. Jadi merasa happy yang disapa dan dikasih senyum. Nagih deh untuk dilempar senyum lagi. Apalagi sama gebetan *eh. Happiness is in the air. Jadi pingin nanya, pake pasta giginya apa sis? Kok fresh banget senyum dan tawanya?. Naah kok jadi lanjut ya naluri keponya.

Well, kalau ngobrolin kesehatan mulut dan gigi memang jadi penting sih buat keseharian kita. Mulut dan gigi yang sehat, kuat, dan bersih pastinya akan menjadi penunjang kenyamanan kita berinteraksi dalam keseharian. Lebih dari itu kebersihan merupakan bagian dari tanda iman kita, termasuk kebersihan mulut dan gigi.

Makanya Rasulullah SAW sangat memperhatikan arti penting kebersihan mulut dan gigi. Betapa komprehensifnya ajaran Rasul  SAW ya, persoalan kebersihan mulut dan gigipun bahkan jadi bahan perhatian.

Ada sebuah hadits Rasul SAW yang diriwayatkan Imam Ahmad yang menjelaskan tentang keutamaan bersiwak atau menyikat gigi:

(السِّوَاكَ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِّ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ (رواه أحمد

“Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhaan bagi Rabb”. [Hadits shahih riwayat Ahmad, Irwaul Ghalil no 66). [Syarhul Mumti’ 1/120 dan Taisir ‘Alam 1/62]
Bersiwak disini bisa diartikan sebagai kegiatan membersihkan area mulut termasuk gigi dan gusi. Dahulu yang digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut adalah batang kayu Siwak. Siwak atau Miswak berasal dari batang pohon salvadora persica. Tidak semua pohon dapat digunakan untuk bersiwak, sebab tidak semua pohon memiliki tekstur yang halus untuk digunakan membersihkan bagian mulut sehingga aman dan tidak melukai gigi.

Selain ada hadits Rasul SAW yang menerangkan keutamaan bersiwak, memang secara ilmiah Siwak atau akar atau bagian dari batang pohon Salvadora Persica ini mengandung zat yang baik bagi kesehatan mulut. Siwak mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plak mencegah gigi berlubang serta memelihara gusi.

Sebuah penelitian ilmiah bahkan menemukan bahwa mineral alami antibacterial acids dalam Siwak seperti abrasive dan astingents berfungsi membunuh bakteri di dalam mulut, mencegah gigi berlubang dan memelihara kesehatan gusi. Selain anti bakteri kandungan kimia seperti odium bicarbonate, sulfur, vitamin C, trimethyl amine, salvadorine dan fluoride mampu mencerahkan gigi.



Ada pula kandungan anti decay agent di dalam siwak yang mampu merangsang produksi air liur sehingga mulut akan lebih bersih dan terhindar dari proses pembusukan sisa-sisa makanan. Last but not least, minyak aroma alami di dalam Siwak juga ampuh untuk menjadi antiseptik dan pencegah gusi dari serangan plak yang dapat menyebabkan peradangan gusi.

MasyaAllah banyak sekali ya manfaat Siwak. Pantaslah direkomendasikan Rasul untuk bersiwak guna menjaga kesehatan mulut kita. Mungkin jika dilakukan penelitian ilmiah lebih lanjut bisa semakin banyak manfaat Siwak yang bisa ditemukan Allahu a'lam.

Dulu waktu saya kecil dan almarhum Bapanda saya masih hidup beliau senang menggunakan batang Siwak ini sebagai pembersih gigi dan mulut selain menyikat gigi dengan pasta gigi biasa. Batangnya berwana kuning kecoklatan dengan aroma yang harum dan khas. Saya sendiri belum begitu paham waktu itu. Biasanya beliau mendapatkan Siwak dari mereka yang baru saja pulang berhaji atau umrah. Saat saya menjalani ibadah umrah akhir tahun lalu, di sekitar Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi banyak dijual kayu Siwak ini bahkan di kaki lima. Tampaknya sangat praktis ya menggunakan batang Siwak ini sebagai cara membersihkan gigi dan mulut.


Nah alhamdulillah di zaman now, jikapun kita kesulitan mendapatkan Siwak untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi kita bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari kandungan Siwak dalam Sasha Toothpaste. Manfaat Siwak bisa kita dapatkan dengan menggunakan Sasha Toothpaste. Sasha Toothpaste dengan bahan-bahan alami selain Siwak, juga dilengkapi dengan kandungan sirih untuk Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial  dan siwak yang dikombinasikan dengan garam serta lemon pada varian Sasha Toothpaste Whitening.




Dengan Siwak asli dan ekstrak daun sirih yang terkandung dalam Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial, kita bisa mendapatkan khasiat daun sirih untuk membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut, nafas segar tahan lama. Untuk Sasha Toothpaste Whitening, selain Siwak asli, ada kandungan lemon dan garam. Memberikan perlindungan ganda dengan membuat gigi tampak putih. Untuk manfaat yang demikian lengkap kita mendapatkannya dengan harga pasta gigi yang kompetitif dan reasonable dari Sasha Toothpaste.

Sasha Toothpaste tampaknya bisa menjadi pilihan yang sangat praktis dan efektif sebagai cara mengatasi bau mulut, cara menghilangkan bau mulut tak sedap, dan cara membersihkan gigi yang kuning. Gigi bersih, sehat, dan kuat sekaligus menjalankan sunnah Nabi mengingat “Bersiwak” merupakan sunnah yang disenangi dan sangat dianjurkan oleh Nabi untuk membersihkan mulut dan gigi.


Salah satu nilai lebih dari Sasha adalah adanya jaminan bahwa semua kandungan dalam pasta gigi ini sudah melewati uji kehalalan dari lembaga yang berwenang. Kita bisa cek daftar produk halal MUI untuk memastikan Sasha sebagai salah satu produk dengan sertifikasi halal MUI. Logo halal bisa kita lihat dalam kemasan produk Sasha. Sasha Halal Toothpaste tidak mengandung alkohol dan bahan lainnya yang berasal dari hewan. InsyaAllah terjaga juga niat kita menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Sejujurnya sayapun belum lama berkenalan dengan Sasha. Sasha memang pasta gigi pertama di Indonesia dengan serpihan Siwak asli, bahan alami yang dianjurkan Syaria. Selain itu sertifikasi halal dari produk ini juga menghadirkan rasa nyaman dan aman dalam menggunakannya.  Pasta gigi halal yang pertama saya kenal ini memang bikin saya jatuh hati dan pindah hati untuk menggunakannya.

Well, tidak ada kata terlambat untuk hijrah. Jadi bisa dibilang ini waktunya hijrah untuk lebih concern menggunakan produk halal dalam berbagai aspek kebutuhan kita. Hijrah sebagai sebuah proses memperbaiki diri menuju segala sesuatu yang lebih baik juga sangat relevan dengan mulai memperhatikan penggunaan berbagai produk atau kebutuhan keseharian kita yang dipastikan atau dijamin kehalalannya. InsyaAllah selain tujuan dan fungsi bisa tercapai, rasa tenang, dan nyaman menggunakannya juga secara psikologis akan menghadirkan ketenangan dan kebahagiaan secara tidak langsung.

Warna kemasan produk Sasha juga tidak kalah menarik dan membuat saya tertarik mencoba. Untuk Sasha Herbal Antibacterial kita bisa merasakan langsung kandungan ekstrak daun sirih tentu saja selain serpihan Siwaknya. Yang tidak kalah unik, rasa kesat bisa kita rasakan saat selesai menggunakan Sasha Toothpaste Whitening. Kandungan lemon dan garam yang khas merupakan cara praktis sebagai pemutih gigi alami. 



Nah kalau penasaran pingin kenal lebih jauh dengan Sasha bisa dicek di media sosialnya ya. Ada di Instagram dan Facebooknya. Tak kenal maka tak sayang. Jadi yuuk kenali lebih lanjut dan siap-siap hijrah menggunakan pasta gigi yang halal sekaligus mengandung Siwak yang sesuai dengan Syariah.

Instagram Sasha

https://www.instagram.com/sashaindonesia/
Facebook Sasha

https://www.facebook.com/Sasha-Pancaran- Aura-Islami-1413446215427311/



52 comments

  1. Dulu saya suka sekali sikat gigi dengan batang siwak dan sempat jualan juga. kalau ini bentuknya pasta gitu ya?

    ReplyDelete
  2. Lemon dan garam memang terkenal bisa memutihkan gigi. Apalagi ini diracik dengan bahan2 yang kesemuanya teruji halal. Semoga semakin banyak yang menggunakannya ya

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah mencoba sikat gigi pakai siwak. Jarang ketemu juga sikat gigi siwak

    ReplyDelete
  4. wah benar sekali gigi harus bersih dan kalau bisa nggak bau mulut ya, kak! penting terlebih dakuw juga orangnya sering banget ketemu meeting sama para designer dan photografer dan suka di foto di depan kamera jadi gigi kudu kinclong, eh baru tau juga ada pastagigi yang keren kayak ini, serasa balik di zaman dulu heheh zaman nabi maksdnya heuheu heu

    ReplyDelete
  5. Aku malah ketinggalan banget, belum pernah bersiwak, cuma sikat gigi doang. Akupun sekarang pake Sasha mbak, yang ada siwaknya

    ReplyDelete
  6. Lihat dari kemasan pasta giginya, udah kerasa seger <3

    ReplyDelete
  7. aku biasa bersihin gigi pakai pasta gigi + sikat, kadang pakai obat kumur.. udah dua itu aja hehehe.. baru tau nih ada sasha, mau coba liat IG nya deh

    ReplyDelete
  8. Kayaknya seger nih pasta giginya
    Kalau mau beli, sudah tersedia di supermarketkah?

    ReplyDelete
  9. Semakin banyak produk yang mendukung kita untuk beribadah ya, apalagi kalo bisa sesuai sunah Rasul yaitu dengan siwak.

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah tau apa itu siwak 🙈
    Tapi enak dan tenang ya klo sdh ada pasta gigi yg Halal 😊

    ReplyDelete
  11. Jadi praktis sekarang ada Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial yang mengadung siwak, kesehatan mulut pun terjaga

    ReplyDelete
  12. Harus beli secara online, Mbak? Atau nanti saya lihat akun sosmed pasta gigi ini, ya

    ReplyDelete
  13. Udah tersedia dimana aja sih sasha toothpaste?

    ReplyDelete
  14. Kalau sepulang kerja, anak saya suka memperhatikan mimik wajah saya yang menurutnya jutek, cemberut, dan tidak bahagia. Jadi kadang sampai maksa-maksa narik pipi dan bibir saya ke pinggir supaya saya tersenyum. Ah ya mungkin kadang dalam kondisi capek kita sering lupa untuk tersenyum padahal itu sederhana dan akan membahagiakan orang-orang di sekitarnya.

    ReplyDelete
  15. Memang penting yaa menjaga kebersihan mulut bahkan Rasulullah juga menganjurkan ya mom. Aku belakangan baca artikel tentang keberskhan mulut dan pentingnha mouthwash jd nyadar sendiri.

    ReplyDelete
  16. Kalau batang siwaknya memang susah didapatkan di Indonesia ..Jadi kalau ada Sasha pasta gigi yang mengandung siwak ini tentu akan praktis sekali.
    Apalagi kandungannya alami, halal dan sesuai syariah...Pasti pakainya bakal manfaat dan Insya Allah berkah

    ReplyDelete
  17. Wahhh sekarang ada pasta gigi dengan siwak. Seperti apa ya rasanya saat dipakai.

    ReplyDelete
  18. Yang pasti selain herbal adalah halal ya mba. Pilihan yang perlu dicoba nih selain pasta gigi yang itu-itu aja...

    ReplyDelete
  19. Aku suka sikat gigi karena ada mint didalam pasta gigi. Kalau Sasha ini ada kandungan mint nya ga mba? Tapi aku penasaran sih dengan rasanya setelah dicampur daun sirih, biasanya ku pakai siwak kayu itu soalnya.

    ReplyDelete
  20. bagus yah manfaat produknya, pasta gigi herbal seperti ini buat saya penasaran mau coba deh.

    ReplyDelete
  21. Aku suka pasta gigi Sasha ini dengan Siwak asli

    ReplyDelete
  22. Dulu, siwak cuma ada bentuk kayu gitu kan. Sekarang ada yang lebih praktis berupa pasta gigi.

    ReplyDelete
  23. Saya pun jadi ingin kenalan dengan sasha :)

    ReplyDelete
  24. Siwak banyak manfaatnya ternyata ya. Jadi pengin nyobain pasta gigi Sasha ini juga, melipir dulu deh, intip2 sosmed Sasha. Penasaran hehe :D

    ReplyDelete
  25. Makasih sudah sharing tentang pasta gigi Sasha. Boleh juga nih dicoba Hijrah ke yang pakai kandungan siwak.

    ReplyDelete
  26. Zaman makin modern, untuk bersiwak pun makin mudah dan praktis. Bisa dicoba nih..

    ReplyDelete
  27. Aku kalo lihat orang Arab pakai siwak, dikunyah2 dan buat mainan gitu jadi gimanaaa gituu, hihii

    Beda ya kalo udah dibikin pasta kayak Sasha gini aku mauuu

    ReplyDelete
  28. baru tau Sasha ada yg kemasan putih ya mba, dulu kayanya yg gold aja

    ReplyDelete
  29. Iya, @Hidayah Sulistyowati, bunda juga waktu ke Mekkah liat tuh orang yang ngunyah-nguyah, mungkin gitu caranya mereka siwak, ya. Mudah-mudahan gak susah ya nyari pasta model baru kayak Sasha ini. In Shaa Allah sehabis stock di rumah akan mulai cari stock baru bermerek SASHA.

    ReplyDelete
  30. Selain halal terbuat dari bahan yang memiliki zat bermanfaat ya mba. Jadi pengin pakai Pasta Gigi Sasha

    ReplyDelete
  31. aku jadi mau coba ini banyak yang review Shasa penasaran karena sempat kepikiran mau beli siwaknya :)

    ReplyDelete
  32. Sudah tentu halal ya mbak Ophi ini tuh, jadi senyum ibadahnya makin lebar deh.

    ReplyDelete
  33. Masya Allah.. sekarang dipermudah jalan hijrah disegala sisi ya mba. Btw saya blm pernah coba, cuma harganya lumayan juga ya, hehe. Tapi ada harga ada kualitad pastinya ya. Thanks infonya mba 👍

    ReplyDelete
  34. kandungan siwak di pasta gigi bikin bersihnya keset. Aku penasaran sasha whitening nih, pingin ngerasain sikat gigi pakai kandungan lemon :)

    ReplyDelete
  35. Nama pasta giginya bagus banget ya, sasha. Bisa memberikan senyum terindah untuk saudaramu ya Mbak dengan merekah.

    ReplyDelete
  36. Kayaknya segar ya dipakai mba, jadi pengen coba..

    ReplyDelete
  37. Wah langsung ketampar, mukaku memang jutek selalu...harus beli pasta gigi ini biar rajin senyum

    ReplyDelete
  38. Suka sama pasta gigi sasha ini segar, dan dimulut juga wangi. Pokoknya love banget.

    ReplyDelete
  39. Alhamdulillah, saya dan keluarga juga udah hijrah dengan pasta gigi Sasha ini. Seger di mulut. Saya paling suka yang herbalnya. :)

    ReplyDelete
  40. Udah nyobain yang gold, wangi, segar, kayak ada mintnya gitu ya. Kalo yang putih belum nyoba.

    ReplyDelete
  41. pasta gigi Sasha injli berasa balik di zaman dulu tapi dengan formulasi dan desain yang kekinian, kesukaan zaman now ini.

    Pernah dibawain batang siwak dr oleh-oleh haji, bingung pakainya gimana. Kalau sudah bentuk pasta gigi jadinya lbh friendly ya mbak.

    ReplyDelete
  42. Alhamdulillah dengan menggunakan Sasha toothpaste ini, kesehatan gigi dan mulut semakin terjaga ya mba. Aku juga gunakan Sasha toothpaste ini mba :)

    ReplyDelete
  43. Produk Sasha ini apakah sudah ada di modern market mbak? Melihat reviewnya ini bagus banget ya, apalagi produknya sudah halal pula. Sebagai perempuan muslim saya juga harus memperhatikan produk yang saya gunakan setiap harinya.

    ReplyDelete
  44. Setuju Mba Ophi, memang kebersihan mulut dan gigi harus banget dijaga. Aku soalnya sendiri merasakan, tiap kali sakit gigi bukan main rasanya.Sasya membantu banget ini buat menjaga kesehatan mulut kita.

    ReplyDelete
  45. belum pernah cobain yang ada siwaknya jadi pengen cobain Shasa deh biar jaga kebutuhan gigi

    ReplyDelete
  46. Bisa menghilangkan plak juga ya.
    cocok nih utk pecinta kopi biar warna gigi ga berubah

    ReplyDelete
  47. Ini cocok nih buat yang sering bermasalah dengan giginya. Apalagi bikin gigi kuat dan bisa mencerahkan juga. Plus bikin nafas jadi lebih enak baunya. Pengen coba Sasha ah, TFS

    ReplyDelete
  48. Mba Ophi, aku jadi pengin nyobain Sasha juga nih. Dulu banget pernah nyobain pasta gigi lain yang mengandung siwak, hanya saja sekarang sulit didapat.

    ReplyDelete
  49. Setuju nih, hijarah dengan menggunakan produk" seperti ini memang penting. Penasaran banget deh sama produk ini. Baru tahu banget dari teman" blogger nih kalo adaa produk ini.

    ReplyDelete
  50. Gambar pasta sasha-nya sudah jelas banget di sini ya mbak. Jadiga penasaran. Tapi malah jd penasaran sama kayu siwaknya hehehe. Maklum belum pernah lihat gmn orang pake siwak aslinya.

    ReplyDelete
  51. Jadi penasaran untuk nyobain sasha nih, kalah siwak sebenarnya aku pernah lihat beberapa jamaah yang di mesjid kampungku. Mereka bersiwak dengan kayu gitu

    ReplyDelete
  52. Baru denger soal Sasha nih Mbak, jadi pengen nyobain. :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.