Ibu-Ibu Bisa Investasi, Cepat, Mudah, Ora Susah!



Sore itu, kurang dari 1 jam sudah ada 300 Chat di WA Group Blogger Tangsel Plus. Wew ngobrolin aposeh? Ini memang satu di antara WA Group yang super hectic. Meski isinya semua blogger dan kebetulan perempuan namun obrolan dalam group ini gak cuma bicara seputar blogging. Rupanya para mamak blogger ini lagi ngobrolin soal investasi. 

Mulai dari investasi dengan emas perhiasan, logam mulia, asuransi pendidikan, reksa dana, saham, sampai pegadaian. Seru ya. Nah yang menarik, salah satu teman ada yang cerita kalau dia mulai belajar main reksa dana. Semua hampir bilang "gak paham dan bingung", "susah gak sih?". Salah satu teman kami kemudian menyebutkan Ia melakukan investasi melalui reksa dana di IPOTPAY dari Indopremier. 

"Gampang kok, coba aja instal aplikasinya."

Ibu-Ibu berinvestasi. Gaya ya? Eits kita kan belajar dari mana aja. Ternyata banyak juga teman-teman yang paham tentang pengelolaan keuangan dan perencanaan keuangan. Sharing dari pengalaman pribadi justru biasanya lebih mengena nih. Percakapan bernas yang kemudian menjadi inspirasi buat saya. 

As working mom, ada juga keinginan untuk mengalokasikan pendapatan untuk investasi. Tapi kok kayaknya udah rempong duluan ya? pusing. Hahaha ampyun deh Ibu yang satu ini.

Bukan tidak ada, ada juga beberapa teman wanita di kantor yang sudah berani berinvestasi salah satunya melalui reksa dana. Reksa dana itu apa sih? kalau menurut kamus besar bahasa Indonesisa, reksa dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan. Intinya reksa dana merupakan salah satu cara melakukan investasi yang paling gampang.

Nah dengan info sekilas dari teman di WAG itulah kemudian saya mencoba mengunduh aplikasi IPOTPAY dan aplikasi IPOTGO dan melakukan registrasi. Untuk mengunduh dari Playstore klik aja ya, aku sudah tautkan link playstorenya. Kalau saya sih install dari Appstore di Iphone. Gampang kok tinggal search di Appstore.


IPOTPAY merupakan ultimate fintech platform dari IndoPremier yang memaksimalkan hasil saldo nasabah dengan fleksibilitas tanpa batas dan dapat digunakan untuk bayar, beli, hingga transfer dana tanpa limit di hari yang sama. 

Sementara itu,  IPOTGO merupakan platform investasi online terintegrasi yang memberi kemudahan bertransaksi Reksa dana, Saham, dan ETF sekaligus didalam satu platform, satu akun, satu bank pembayaran, dan satu reporting. Cukup sekali Login, bisa langsung bertransaksi tanpa perlu repot.

Oh iya, enaknya lagi, semua cukup dengan satu akun nih karena semua produk dari Indopremier sudah terintegrasi, dari proses registrasi, rekening pembayaran, hingga laporan dari manajer investasi, hanya membutuhkan satu akun tanpa ribet.

Financial Technology sudah menjadi kebutuhan zaman now yang secara tak sadar sudah kita praktikkan dalam kehidupan keseharian kita. Apalagi Ibu bekerja macam saya, mulai dari bayar SPP anak, belanja kebutuhan sehari-hari, bayar listrik dan PLN, belanja di e-commerce, bayar tagihan lain kalau bisa cukup di satu tempat, di depan gadget hehehe. Kalau kemudian bisa sekalian investasi dan aman, kenapa tidak?

Kenapa saya tertarik mencoba di IPOTPAY, karena proses registrasinya kabarnya cepat, kurang dari 1 jam. Beneran? Iya bener! Trus yang pasti aman. Penting banget nih. 

Kenapa IPOTPAY aman?


Karena IPOTPAY menggunakan system SSL 256 bit encryption dan 3 Factor Authentication (Password, Secure PIN, OTP), RDN dibuat atas nama kita sendiri, last but not least sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Yang terakhir ini penting banget supaya kita terhindar dari investasi bodong.




Alhamdulillah memang prosesnya terhitung cepat, simpel. Waah saya baru mengalami nih cara buka rekening efek cepat kayak gini. Rasanya ini memang pertama dan satu-satunya di Indonesia proses registrasi buka rekening efek  yang mudah dan full digital. Kita bahkan tidak perlu mengirimkan dokumen apapun, Iya tanpa kirim dokumen, tanpa tanda tangan basah. Semua dilakukan secara digital. Zaman now gitu lhoo.

Gimana cara registrasinya? Alhamdulillah sih pengalaman saya cepat, mudah, ora susah sama sekali. Semua bisa dilakukan di rumah, di tempat kerja, atau di manapun kita berada yang penting ada jaringan internet. Jadi pastikan kuota internetmu cukup ya, atau ada wifi yang cukup kuat. 

Yang bisa juga kita persiapkan sebelum proses registrasi adalah KTP. Hmm jangan lupa mandi dulu, nanti kita diminta photo selfie soalnya hahaha. Yang penting kelihatan rapi deh. Oh iya kita juga perlu kertas dengan tanda tangan dan nama kita yang nanti akan kita upload.

Nah kalau sudah kita instal aplikasi IPOTPAY kita bisa langsung buka aplikasinya.








Nah karena saya tertarik untuk melakukan investasi Syariah, jadi saya pilih IPOT Syariah ya. Tapi overall cara registrasinya sama aja kok. Ikuti saja langkah-langkahnya.
  • Pilih dan klik bagian“REGISTRASI” untuk membuat akun IndoPremier. Saya centrang buka IPOT Syariah karena saya berniat investasi dengan sistem syariah.





  • Kita akan diminta memasukkan email dan no. handphone. Setelah itu, pilih lanjut.
  • Lanjut dengan memasukkan kode OTP yang telah dikirim ke no handphone yang kita daftarkan. Jadi siap-siap pantau handphonenya ya. OTP itu singkatan dari One Time Password. Kode OTP merupakan salah satu cara transaksi dalam dunia digital sekarang yang difungsikan sebagai pin untuk keamanan. Ini salah satu bukti kalau IPOTPAY mengedepankan keamanan nih.
  • Kemudian kita akan diminta memasukkan data-data berupa:
  1. Nomor e-KTP dan NPWP. Jika KTP kita sudah terdaftar maka akan muncul pop up confirmation. Setelah itu, klik OK
  2. Pekerjaan yang sesuai. Saya isi dengan pekerjaan sebagai PNS, ngeblog kan hobby yang menghasilkan hehe.
  3. Lalu kita akan diminta memilih sumber dana investasi yang sesuai dengan kita. Saya pilih dari gaji sih. Silahkan dipilih sesuai dengan data diri kita.
  4. Kemudian kita pilih jabatan pekerjaan yang sesuai. Masukkan nama, bidang usaha, dan no telepon kantor perusahaan. lalu masukkan Alamat dan kodepos kantor.
  5. Selanjutkan kita akan diminta memasukkan tujuan investasi yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan kita.
  6. Lanjut dengan memasukkan jumlah penghasilan kita dalam setahun.
  7. Lalu pilih data korespondensi antara sesuai identitas, alamat kantor, atau lainnya
  8. Kita kemudian akan di minta memasukkan data tambahan berupa nama ibu kandung, rekening bank pribadi, dan nomor rekening bank pribadi
  • Selanjutnya kita diminta mengunggah foto selfie yang menunjukkan wajah sambil memegang KTP dengan memilih dan klik bagian “TAKE OR UPLOAD PICTURE”.
  • Setelah terupload kita lanjut dengan mengunggah foto tanda tangan kita di kertas menggunakan pulpen dengan memilih dan klik bagian “TAKE OR UPLOAD PICTURE”
  • Kita juga akan diminta melakukan video call sambil mengucapkan kalimat: " Nama saya .... tanggal lahir .... saya setuju membuka Rekening RDN dan Rekening Efek IndoPremier beserta syarat dan ketentuannya."

  • Selanjutnya kita diminta membuat Username dan Password. Masukkan Username dengan ketentuan huruf besar + angka minimal 6 karakter. lanjut dengan memasukkan Password dengan ketentuan huruf besar atau kecil + angka minimal 8 angka. Tulis ulang Password yang telah ditulis. Kalau kamu pelupa seperti saya jangan lupa ya, langsung catat di tempat lain username dan passwordnya.
  • Nah setelah itu kita akan diminta membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Bila sudah paham dan yakin, pilih dan klik dua kotak kosong hingga muncul tanda“checklist”. Jangan lupa periksa kembali data diri yang telah diisi. Bila sudah sesuai. Pilih dan klik “FINISH”.
Di layar akan muncul : Terima kasih registrasi Anda telah selesai, SELAMAT BERINVESTASI!.

Yayyy selamat kamu sudah jadi Investor dengan cepat, mudah dan ora susah.

Bener-bener tanpa tanda tangan basah, tanpa harus repot kirim dokumen, #Orasusah genk!

Sesuai dengan ketentuan OJK, pihak Indopremier kemudian akan melakukan validasi terhadap akun kita, membuat SID (Single Investor Identification) di KSEI (PT Kustodian Sentral Efek Indonesia), SRE (Rekening Efek), dan Rekening Dana Nasabah.

Nah nanti kita akan menerima beberapa email pemberitahuan dari Indopremier nih. Pengalaman saya kemarin, saya terima email yang berisi link verifikasi email dan persetujuan pembukaan Rekening Efek IndoPremier. Klik aja nanti link verifikasinya. Kemudian akan ada email pemberitahuan bahwa verifikasi data telah selesai. Mereka tengah memproses investor ID (SID) dan RDN kita. Setelah selesai akan ada email yang memberikan informasi tentang SID dan SRE kita. Disusul dengan email notifikasi SID dan RDN kita.

Hmm saya juga awalnya agak bingung dengan istilah-istilah tersebut. Nah coba saya kasih contekan sedikit ya, mudah-mudahan memberi pencerahan.
SID merupakan kode tunggal dan khusus yang diterbitkan KSEI yang digunakan Nasabah, Pemodal, dan/atau pihaklain berdasarkan peraturan yang berlaku untuk melakukan kegiatan terkait transaksi efek dan /atau menggunakan layanan jasa lainnya baik yang disediakan oleh KSEI maupun oleh pihak lain berdasarkan persetujuan KSEI atau peraturan yang berlaku. 
SRE adalah Rekening Efek atas nama nasabah yang tercatat dalam rekening efek atas nama partisipan di KSEI. 
KSEI adalah PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia adalah perseroan yang telah memperoleh izin usaha dari otoritas jasa keuangan untuk menyelenggarakan kegiatan usaha sebagai lembaga penyimpanan dan penyelesaian.

Nah setelah selesai semua urusan administrasi dan kita sudah mendapatkan notifikasi SID dan RDN, kita sudah bisa mulai memanfaatkan IPOTPAY sesuai kebutuhan kita. Kita sudah bisa mulai berinvestasi dan menggunakan fasilitas lainnya.

IPOTPAY bisa digunakan untuk pembayaran kartu kredit, pembayaran BPJS Kesehatan, pembayaran listrik/PLN, membeli voucher pulsa, beli token PLN, dan top up e-wallet. Selain itu, IPOTPAY bisa digunakan untuk transfer dana. Kedepannya layanan IPOTPAY akan terus bertambah.











Selain itu keunggulan IPOTPAY yang bisa kita dapatkan, antara lain: memaksimalkan saldo melalui layanan penempatan dana secara otomatis di reksadana pasar uang dengan imbal hasil di kisaran 7% per tahun dan tentu saja kita bisa  bayar, beli, dan transfer secara online di manapun dan kapanpun (lewat website dan smartphone ).

Ada beberapa alasan mengapa kita bisa mempercayai IPOTPAY sebagai platform keuangan yang akan memfasilitasi kegiatan pembayaran pihak ketiga dengan mengintegrasikan point-point pembayaran, memfasilitasi nominal transaksi yang tidak terbatas dan MURAH serta return yang jauh lebih tinggi daripada tabungan. Sebagai fintech yang menyediakan solusi keuangan secara transparan dan bermanfaat. Saya coba ringkas dalam 8 hal, cek deh infografis berikut:


To sum up, saya sih mau bilang kalau buka rekening efek saham dan reksa dana di IndoPremier kurang dari satu jam langsung investasi, tanpa tanda tangan basah, tanpa kirim dokumen fisik, dan aman itu bukan halu hehehe... ini beneran bisa kok.

Satu lagi, bahkan saya bisa memilih untuk melakukannya dengan sistem Syariah.

Penasaran? Cuss install aplikasinya IPOTPAYatau IPOTGO yang tersedia di Playstore dan Appstore dan mulai registrasi sekarang juga. Ibu-ibu berinvestasi? Bisa kok, cepat, mudah dan #OraSusah. :)

44 comments

  1. Wahhhh mau investasi sekarang sudah semudah menjentikkan jari ya dan makin banyak aplikasi yang memudahkan seperti ini. Lihat fitur2nya sepertinya user friendly. Menarik!Di bawah pengawasan OJK pula.

    ReplyDelete
  2. Wah menarik nih. Investasi bisa dilakukan dari rumah, cukup modal jempol dan smartphone. Ini baru namanya menggunakan smartphone dengan smart
    Langsung ngajuin proposal ah ke pak suami

    ReplyDelete
  3. ya ampun ada lagi ini bikin ibu2 ora susah buat investasi xixixi mantap ya mba tinggal install beres deh :) dan beneran dibawah pengawasan OJK

    ReplyDelete
  4. Investasi zaman now terasa penting banget, saya pelajari dulu ya mbak, kalo sekiranya bisa diakomodir, tidak menutup kemungkinan untuk join.

    ReplyDelete
  5. Wahh...gampang ya investasi zaman now bisa secara online

    ReplyDelete
  6. Keren ya ibu-ibu zaman now. Mau investasi sekarang mudah dan aman pula

    ReplyDelete
  7. Menarik Mba..sekarang segalanya bs online sampai investasi jg ..jd ga ribet..

    ReplyDelete
  8. Menarik nih. Reksadana skrng emang lg bagus ketimbang deposito ya mbak. Cuma aku msh bingung mulainya. Mau coba ah aplikasi ini. Udah diawasin OjK ya berarti aman insyaAllah ya

    ReplyDelete
  9. Wah, dulu kebayangnya kalo mau investasi tuh kayak yang ribet karena harus ngisi form ini-itu ternyata sekarang udah ada yang praktis dan simple yah. Harus nyobak nih :))

    ReplyDelete
  10. Wah kalau investasi di IPOTPAY dan IPOTGO mudah, ora susah, ...mau juga sayaaah
    Selama ini mikirnya investasi itu ribet bin mbulet.
    Ternyata sekarang gampang bingist. Cuss..saya kepoin apps nya saja dah..

    ReplyDelete
  11. Aku harus coba investasi disini, buat masa depan anak-anak nih.

    ReplyDelete
  12. Saya lagi cari referensi buat investasi. Selagi masih muda. Investasi itu aman dan mudah. Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  13. Waw berinvestasi jadi gampang banget ya pakao aplikasi.

    ReplyDelete
  14. Tapi di reksadana mesti siap juga kalau investasi kita turun. Apalagi kalau RD saham. Saya sdh pakai ipot dan portfolio saat ini masih warna merah, mbak ophi.hihihi

    ReplyDelete
  15. Berinvestasi di zaman sekarang lebih mudah dan simple ya. Perlu banget nih.. biar saya enggak jajan mulu. Perlu belajar investasi nih.

    ReplyDelete
  16. Lucu nama apps nya.
    Dan sekarang tinggal mempelajari mana skema investasi yang cocok untuk masing-masing keluarga.

    Yeeay~
    Semudah ini yaa...

    ReplyDelete
  17. Sekarang,semua dipermudah ya Mbk,termasuk investasi reksadana menggunakan app ipotpay

    ReplyDelete
  18. Sekarang makin mudah ya mau berinvestasi. Pengen nyoba juga ah investasi pakai aplikasi gini..

    ReplyDelete
  19. baru tau ada aplikasi ini. biasanya suami saya yg seneng investasi. makasih sharingnya mba Ophi

    ReplyDelete
  20. Wah, emak zaman now ya investasinya udah pake aplikasi keren. Gak musim lg ya nyetok emas. Hihi. Keren mba informasinya..

    ReplyDelete
  21. Masya Allah, aku br tau loh mba. Sekaranh investasi mudah banget ya. Nice share mba 👍

    ReplyDelete
  22. Wah registrasi nya cepet banget, nggak ada sejam. Coba deh aku install dulu aplikasi IpotPay

    ReplyDelete
  23. Mba Ophi aku jadi penasaran pengen coba download, karena baru tahu aplikasi investasi ini lho hehehe

    ReplyDelete
  24. Mbak, aku jadi tertarik nih. Lumayan buat nabung sambil investasi ya. Nanti aku pelajari dulu deh semoga berjodoh dengan Ipotpay.

    ReplyDelete
  25. Wah, cincai ya mba. Dengan apps satu ini, mau berinvestasi lebih gampang, gapake ribet. Emang nih zaman sekarang ini penting banget melek investasi, biar uangnya ga habis buat dipake memenuhi kebutuhan sehari-hari aja yg seolah gaada habisnya :')

    ReplyDelete
  26. Ya ampun lewat ponsel pun bisa berinvestasi, luar biasa ya zaman now

    ReplyDelete
  27. Belum pernah ikut investasi reksa dana dan lainnya. Jadi penasaran aku mba.

    ReplyDelete
  28. Skarang mah kalo nggak kenal fintech sayang banget ya. Soalnya kan dimana mana dalam kebutuhan kita butuh fintech. Dan ini memudahkan banget

    ReplyDelete
  29. Makin marak aja bermunculan aplikasi yang memudahkan pembayaran ini itu..., Aku juga download tapi bukan ini...berasa lebih murah aja ..sih.., dari pada beli pulsa di warung atau token listrik..

    Bersaing banget mereka..

    ReplyDelete
  30. Enak ya praktis kalau investasi pake aplikasi langsung gini, enggak pusing harus ndaftar kesana kemari.
    Itu nanti ngisi saldonya bagaimana caranya ya mba? Saya penasaran lhooo.. hihiii maaf kalau tadi bacanya terlewat.

    ReplyDelete
  31. Aku masih terbata-bata memahami reksadana. Tempo hari daftar sih dilayanan yg lain tp bl kuapa-apain.

    ReplyDelete
  32. yang ipotpay itu seperti gopay gitu kah untuk bayar belanjaan? kerja sama dengan merchant apa saja?

    ReplyDelete
  33. Wowww ibu ibu bisa juga investasi. Caranya jg ga ribet yaa cuma lewat smartphone..
    Boleh nih dicoba

    ReplyDelete
  34. Content yang keren. Di era digital ino masyarakat semakin dimanja ya dengan segala kemudahan-kemudahan digital

    ReplyDelete
  35. Wah, kalau sudah terdaftar dan di awasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK)saya percaya banget dengan jasa layanan untuk investasi. perlu dicoba ini...

    ReplyDelete
  36. wah mau berinvestasi sekarang gampang banget yah, inovasinya keren jadi kepingin coba juga deh.

    ReplyDelete
  37. Indeed. Zaman skrg investasi makin banyak. Kudu pintar memilih yaa mom. Aku bbru tau lho soal IPOT ini

    ReplyDelete
  38. Saat ini kian banyak yang bahas dan mulai berpikir soal investasi, cukup baik untuk perencanaan di masa mendatang. Bahkan saat ini lebih mudah karena ada yg berbasis aplikasi jadi kian mempermudahkan

    ReplyDelete
  39. Jenis Investasi jaman now ya mbk...

    ReplyDelete
  40. Kebetulan aku beberapa hari lalu juga habis bahas Fintech, nah yang paling aman kayak si Ipotpay nih sudah terdaftar di OJK dan yang pasti kita juga jadi gak was-was ya mbak.

    ReplyDelete
  41. Informasinya lengkap banget Mbak. Memudahkan juga rupanya. Bisa bayar-bayar juga. Noted

    ReplyDelete
  42. Oh terdaftar di OJK juga ya mba, bisa dipercaya nih kalau sudah ada legalisasi dari OJK. Apalagi masalah investasi penting banget karena jangka panjang soalnya

    ReplyDelete
  43. Itu yang investasi harus memiliki pekerjaan ya Mbak? Kalo yang hanya IRT gak bisa?

    ReplyDelete
  44. Fintech banyak macemnya yaa.. Semua kebutuhan finansial ada di dalam genggaman.
    Saldo awal ikut IPOTPAY minimal berapa ya mba ?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.