Hidangan Lezat Makin Sehat dengan Minyak Goreng Sehat Rice Bran Oil



Minyak goreng sehat tuh sebetulnya wajib banget buat yang mau "hijrah"ke pola makan sehat tapi susah ninggalin makanan yang digoreng. Makan sehat identik dengan gak nikmat karena gak bisa digoreng-goreng. Ya enggak juga sih, ganti aja minyak gorengnya dengan minyak goreng yang sehat. Well, selama ini sih Mom of Trio kadang menggantinya dengan olive oil dan sempat juga pake canola oil. Makan enak dan tetap sehat. Eh tapi kantongnya yang jadi kurang sehat. To be honest, mihil surihil cyiin kedua jenis minyak tersebut. Jadilah Mom of Trio pilih-pilih aja nih. Kalau mau bikin dressing salad atau mau panggang ikan, daging, atau ayam baru deh pake. Nanggung ya?

Naah alhamdulillah belum lama kenalan sama minyak goreng sehat lain nih. Rice bran oil atau minyak bekatul atau minyak dedak. Nah yang ini alhamdulillah harganya tidak se-emejing olive oil atau canola oil. Gak caya? cek aja di supermarket. Merk-nya Oryza Grace, cantik yaa. Kayak nama temenku nih. Jadi sesehat apa sih minyak dedak/bekatul Oryza Grace ini? Sini aku kenalin dulu ya.

Apa itu Rice Bran Oil? 

Rice Bran Oil adalah minyak dari serbuk halus yang melapisi bulir beras dalam biji padi. Di Indonesia lazim disebut sebagai minyak bekatul. Rice Bran atau bekatul, kaya akan nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Sejarahnya, Dokter senior di Bandung, Letkol (Pur) dr. Liem Tiong Tjing, sejak tahun 1979 menggunakan Rice Bran Oil sebagai suplemen untuk mengobati banyak penyakit seperti Diabetes Mellitus, tekanan darah tinggi, pengapuran pembuluh darah, kolesterol tinggi, Asthma Bronchiale, cirrhosis hati dan lain-lain karena diketahui bahwa bekatul padi mengandung banyak nutrisi, antara lain:
Omega 3 Fatty Acids,
Omega 6 Fatty Acids,
Oleic Acid
Vitamin E complex (Gamma Oryzanol, Tocopherol & Tocotrienol),
Vitamin B complex (B1, B2, B3, B5, B6, B15), dan
Vit B15 (Pangamic Acid)
Vitamin E complex merupakan merupakan anti-oksidan kuat, anti penuaan dini dan penangkal radikal bebas. Sedangkan Vit B complex dan B15 berkhasiat menaikkan daya metabolisme tubuh.
Gamma Oryzanol merupakan zat yang berasal dari minyak rice bran atau bekatul yang termasuk dalam kelompok vitamin E dengan manfaat yang beragam untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.Gamma Oryzanol bisa menjadi sumber tenaga, zat anti-kanker, dan mengandung antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas. Zat ini juga berguna mengurangi penyerapan kolesterol jahat dari makanan sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


Gamma Oryzanol mampu melindungi kerusakan DNA sel kulit, meningkatkan regenerasi sel kulit, serta mencegah kerusakan serat kolagen dan elastin yang menjadi pemicu terjadinya pengeriputan pada kulit. Bahkan, secara tradisional di Jepang, bekatul murni digunakan sebagai masker karena kandungan Gamma Oryzanol-nya dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit. Beberapa pemerhati kecantikan dan beauty enthusiast menggunakan rice bran oil untuk ritual kecantikan kulit mereka juga lho.

Rice bran atau bekatul juga merupakan sumber serat yang dapat mengurangi risiko serangan jantung, penyakit yang berkaitan dengan usus, serta beberapa macam kanker. Serat memegang peranan penting bagi mereka yang ingin mengurangi atau mengontrol berat badan karena dapat menjaga agar perut kenyang lebih lama. Yang pingin menurunkan berat badan dan healthy diet bisa banget menjadikan bekatul ini sebagai pilihan ya.

 ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil merupakan healthy oil yang memiliki kadar lemak jenuh yang rendah karena memiliki konfigurasi lemak yang paling mendekati rekomendasi American Heart Association (AHA) yang menyebutkan bahwa lemak yang seimbang berkisar antara 37% Lemak Tak Jenuh Tunggal, 33% Lemak Tak Jenuh Ganda dan 30% Lemak Jenuh.

‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil juga memiliki titik asap  (smoke point) yang tinggi sehingga Lemak Tak Jenuh tidak rusak saat proses penggorengan. Titik asap adalah titik ketahanan minyak goreng terhadap panas.  Titik asap ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil adalah 254°C, tertinggi di antara semua jenis minyak goreng, menjadikannya aman pada suhu wajan saat penggorengan berlangsung, yang panasnya bisa mencapai 220°C.

Bila titik asap suatu minyak goreng lebih rendah dari suhu wajan, maka minyak goreng itu akan berasap, menandakan bahwa kandungan lemak baik di dalam minyak tersebut rusak total menjadi lemak jahat (saturated fat) yang bila masuk ke dalam tubuh kita akan berubah menjadi kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Berasapnya minyak goreng pada saat penggorengan berlangsung juga menandakan bahwa saat itu terbentuk suatu zat bernama Akrolein yang banyak merugikan kesehatan antara lain menimbulkan batuk ketika gorengan dikonsumsi.



Rice bran oil dapat dipergunakan untuk menggoreng (deep frying),  membuat tumisan, salad dressing, memanggang dan berbagai keperluan memasak lainnya. Nah trus gimana ya soal rasanya? Kalau yang sudah pernah atau suka pakai olive oil dan canola oil mungkin bisa membandingkan ya rasa makanan yang dimasak menggunakan bahan-bahn tersebut. Kalau menurutku rasanya tetap seru kok layaknya masakan yang digoreng. Jadi jangan membayangkan bekatul atau dedaknya karena saat diolah justru makannya menjadi lebih renyah dan gurih.

Nah sudah ada gambaran kan apa itu Rice Bran Oil, terutama Oryza Grace.

Sekarang kita cobain yuuk rasa masakan yang diolah dengan Oryza Grace. Hmm kita masak yang simpel tapi insyaAllah sehat dan pastinya lezat aja yuuk. Ini ada dua menu favorit dari dapur Mom of Trio nih.


Yuuk kita icip-icip *Eh


Udang Saus Tiram

Bahan:
1/2 Kg Udang, bersihkan, belah punggungnya, sisihkan
Minyak Goreng Rice Bran Oil Oryza Graze
Daun bawang potong sesuai selera, bersihkan, sisihkan.

Bumbu:
3 siung bawang putih, iris halus sisihkan
4 siung bawang merah, iris halu sisihkan
1/2 siung bawang bombay, iris kasar, sisihkan
2 potong cabai merah besar, iris kasar, sisihkan
saus tiram secukupnya
garam
gula
seruas jahe bersihkan, peprek sisihkan
daun salam
daun jeruk
dan
tepung maizena secukupnya

Cara Membuat:

Panaskan minyak goreng Rice Bran Oil "Öryza Grace" di atas wajan lalu masukan bumbu-bumbu.
Tumis bumbu-bumbu hingga harum. Masukkan udang aduk hingga udang matang merata. Tambahkan sedikit air, rebus hingga udang matang. Masukkan tepung maizena yang telah dicampurkan air agar bumbu menjadi lebih kental. Terakhir masukkan potonga daun bawang.

Angkat Udang yang telat matang, koreksi rasanya.

Sajikan hangat, Hmmm mantap!



Supaya lebih lengkap menu berikutnya adalah Bakwan Sayur. Favorit nih di rumah, anti gagal juga hehehe.

Bahan:

400 gr Tepung terigu
Potongan sayur segar seperti wortel, kol, seledri, dan daun bawang, bersihkan potong-potong sesuai selera, lalu sisihkan.
Air secukupnya
Minyak Goreng Rice Bran Oil Oryza Graze

Bumbu:
4 Bawang merah haluskan
4 Bawang putih haluskan
Garam secukupnya
1 sendok teh ketumbar bubuk
1 sendok teh lada bubuk atau bisa diganti cabe (sesuai selera)

Cara membuat:
Campur tepung terigu, air, irisan sayur segar, dan bumbu yang telah dihaluskan.
Goreng dalam minyak panas Oryza Grace hingga kuning kecoklatan.
Angkat dan sajikan hangat!




Naah setelah diicip rasanya gurih dan lezat, as usual hahahaha. Jadi jangan dibayangkan kalau bakal mengganggu rasa nih. Ternyata rasanya makin lezat, gak caya? sini icip haahaha. Satu lagi yang bikin saya surprise karena minyak sisa menggorengnya tetap bersih dan bening lhoo.


Kalau pingin tahu lebih lanjut tentang Rice Bran Oil Oryza Grace ini, yuuk cuss mampir ke website & social medianya. Explore lebih jauh deh, kamu juga bisa mendapat banyak contekan resep menu makanan sehat di Instagramnya. Kapan-kapan aku mau cobain juga nih.

Website: www.oryzagrace.com
FB: www.facebook.com/ricebranoil
IG: www.instagram.com/oryzagrace

30 comments

  1. Saya baru tahu ada minyak dari bekatul. Hihi..awalnya juga membayangkan dedak, kan biasanya dipake makanan bebek. Terima kasih ya mbak infonya, saya mau kepoin web dan medsosnya. Jadi pengen pindah minyak goreng agar lebih sehat

    ReplyDelete
  2. Pernah baca sekilas soal rice bran oil tapi saat itu mikirnya pasti harganya wow juga seperti minyak-minyak lain yang lebih sehat dan jarang ada di pertokoan umum. Ternyata lebih terjangkau, ya, Mba....

    ReplyDelete
  3. Baru tahu ada minyak goreng dari dedak Mba. Terima kasih sharingnya ya Mba? Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. Whaa tertarik nih nyobain, soalnya bener pake olive oil gak tahan di kantong.

    ReplyDelete
  5. aki baru tahu banget ih... patut dicoba niih

    ReplyDelete
  6. Mbak, resolusi di rumah tahun ini, aku pengin masak yang lebih sehat lagi. Dan Rice Bran Oil Oryza Grace ini kayaknya pilihan pas.Dan bayangin terbuat dari bekatul benèran bikin penasaran.
    Kepoin dulu ah

    ReplyDelete
  7. Wah baru tau minyak goreng dari bekatul...setau saya itu buat mknan ayam , makin inovasi saja ya .kalau untuk kesehatan kenapa nggak ??? Boleh ni d coba

    ReplyDelete
  8. Aku pernah pake olive oil buat goreng. Tp ujung2nya nyesek. Mihil bingitz! Pengen coba minyak yg ini ah. Btw, itu udangnya menggoda syekali

    ReplyDelete
  9. Lengkap ya vitamin dari rice bran oil nya 😊

    ReplyDelete
  10. Yashh akhirnya bisa nemuij jugaa nih minyak super sehat, kadang akuu kalau mau masak suka bingung pilih minyak, tp skrng kyknya ga bakal deh

    ReplyDelete
  11. Banyak yang ngaku ingin sehat, tapi pola hidup jauh dari pola hidup sehat, hehehe. Gorengan ini yang salah satunya sulit saya tinggalkan. Kalau minyak gorengnya aman sih, tenang dong ya...

    ReplyDelete
  12. Belinya dimana minyak sehat ini? Btw, tetap renyah dan enak kan ya kalau masak pakai minyak jenis ini? Aku mau cobaa ah, supaya lebih sehat

    ReplyDelete
  13. Baru tahu loh saya kalau ada minyak goreng dari bekatul. Hihi. Daripada beli olive oil ya kaaaan...mending ini deh lebih murce dan sama2 sehat

    ReplyDelete
  14. Bakwan sayur itu hidangan sepanjang masa kalau di rumah saya. Bisa buat cemilan dan bisa juga untuk makan nasi. Digoreng dengan minyak sehat tentunya lebih baik ya Mbak

    ReplyDelete
  15. Minyak bekatul? Wow ada ya kitain cmn neras aja, tp beras bekatul jrg yg mau beli, bagus juga dijadiin minyak gini

    ReplyDelete
  16. saya langsung tergoda untuk mencoba resep udang saus tiramnya

    ReplyDelete
  17. wah ini udang saus tiram n bala-bala eh bakwan sayur paporitku banget! minta ahh

    ReplyDelete
  18. Mbak Ophi, kunaksir sama rice bran oil ini. Tapi harganya mayan ya? Hm, sebanding sih dengan manfaat kesehatan yang ditawarkannya, secara umur juga sudah harus hati-hati banget mengonsumsi makanan berminyak.

    ReplyDelete
  19. Sekarang, jadi salah satu minyak goreng favorit saya, Mbak. Mengurangi rasa khawatir karena masih belum bisa sepenuhnya berhenti makan gorengan

    ReplyDelete
  20. Udangnya, Mbak Ophiiii bikin ngiler banget,hihihi. Aku juga suka masakan tumisan. Selain gorengan memang itu tantangan terbesar pola makan sehat. Next aku mau cobain minyak yang Mbak rekomendasiin ini deh. Hijrah hidup sehat memang harus segera dimulai.

    ReplyDelete
  21. Kemasannya gemes yaa, cantik. Btw mba, ini hasil gorengannya tetep kriuk2 gitu juga gak sih? Aku penasaran

    ReplyDelete
  22. Manfaat dari bekatul ini ternyata banyak ya Mba. Buat yg mau menjalankan pola hidup sehat, bisa dimulai masak dengan menggunakan minyak goreng ini niyy! Apalagi harganya juga terjangkau, baiklah nanti cari di supermarket terdekat dech..

    ReplyDelete
  23. Ada minyak sehat seperti ini mah jadi rajin makan dan masak di rumah

    ReplyDelete
  24. Aku pengen nyobain minyak ini, sudah ada dimana saja teh belinya?

    ReplyDelete
  25. Mbak Ophi, itu udangnya menggoda banget sih. Makan pakai nasi putih pasti enak tuh. Lebih tenang juga karena minyak yang dipakai minyak sehat yaa

    ReplyDelete
  26. Bwtul mba. Hijrah itu juga mukai dari makannnya yaa. Termasuk pemilihan minyak ini. Ga bisa bener2 ditinggalkan to bs diganti dg opsi lain yaa.

    ReplyDelete
  27. kepingin coba resepnya nih, kelihatanya enak banget deh

    ReplyDelete
  28. Oh ya..ya.. dulu klo ga salah bekatul itu dijadikan bubur ya CMIIW.. dulu suka nyoba karna kata ibu bnyk khasiatnya, owalah skrg jd minyak, mantab lah

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.