Keunikan Tas Ransel



Backpak alias tas ransel seringkali menjadi salah satu aksesori yang digambarkan menemani tokoh utama dalam suatu cerita. Dalam kisah-kisah petualangan dan perjalanan pecinta alam atau serial remaja Balada Si Roy, backpack tidak bisa lepas dari tas punggung memang menjadi model tas yang disukai khalayak luas baik tua maupun muda. Ya gak perlu sampai ke si Roy sih, emak-emak yang mobile kayak saya juga lebih identik dengan backpack ketimbang tas wanita branded.

Backpack tuh bagian dari gaya hidup saya sehar-hari. As commuter, backpack merupakan tas paling aman dan nyaman untuk dibawa kemana-mana dengan public transpot, terutama sehari-hari ke kantor. Backpack juga teman setia traveling saya kemana-mana. Banyak alasan mengapa saya merasa cocok dan nyaman dengan model tas ransel.

Tas Ransel Yang Unik dan Fleksibel


Tas ransel sifatnya fleksibel dan unisex. Backpack bisa dipakai, digendong siapa saja untuk membantunya membawa barang-barang. Dikenakan cewek boleh, dipakai cowok bisa banget. Berbeda dengan tas jinjing yang mewakili karakter pria atau wanita, backpack bisa dipakai wanita dan pria tanpa ribet memikirkan apakah wanita cocok dengan model ransel yang begini, atau si pria lebih pantas mengenakan backpack yang seperti itu. To some extent kadang saya dan suami suka bergantian menggunakan backpack yang modelnya unisex.

Keunikan tas punggung tidak hanya pada sifatnya yang unisex alias bisa dikenakan pria maupun wanita tanpa khawatir terlihat aneh. Tas punggung adalah jenis tas yang unik dan menarik karena tidak pernah ketinggalan zaman dan selalu menampilkan aneka mode sesuai dengan bahan dan kegunaannya. Betul apa benar? benar banget kalau menurut pengalaman saya selama ini sih.

Berikut ini adalah keunikan bahan tas ransel dan kegunannya:


Bahan polyester

Bahan polyester umumnya tebal dan tahan air. Sehingga tas punggung yang terbuat dari bahan polyester biasa dipilih untuk keperluan tas sekolah, travelling dan kegiatan pecinta alam yang membutuhkan waktu berhari-hari di alam terbuka. Nah saya juga punya backpack dengan bahan ini, aman digunakan diberbagai kondisi. Saat harus traveling di musim hujan atau winter misalnya gak pusing dan khawatir kebasahan dan sejenisnya.


Bahan kanvas

Kanvas adalah bahan dasar tas yang kuat. Bahan ini terbuat dari kombinasi polyester dan katun dan bersifat anti air serta mudah kering. Selain tas bahan polyester, tas punggung bahan kanvas biasanya dipakai para pecinta alam untuk mendaki gunung. Tapi saya juga punya koleksi backpack feminim dengan bahan kanvas dan saya gunakan saat tertentu saja. Memang terlihat kuat sih tas dengan bahan kanvas ini.

Bahan denier

Bahan denier atau dinir adalah bahan tas yang paling populer dalam penggunaannya. Tas ini berciri khas memiliki tekstur bahan nilon lembut dan fleksibel. Tas punggung bahan dinir ini biasanya dipakai untuk anak-anak sekolah dasar atau tas aksesori untuk anak balita.


Bahan denim

Bahan denim dahulu dikenal untuk bahan celana atau jaket. Namun kini bahan yang mirip dengan jeans ini juga dipakai sebagai bahan tas punggung dan tas selempang  yang fashionable dan elegan. 

Bahan satin

Tas ransel bahan satin biasanya dikenakan oleh para wanita. bahan ini biasa dikenakan sebagai bahan clutch yang divariasikan dengan manik-manik. Bagi wanita yang ingin tampil beda, tas punggung bahan satin adalah pilihan tepat. Selain tampak fashionable, tas punggung berbahan satin juga lebih ringan.


Memilih Tas Ransel Berdasar Kegunaannya


Tas ransel bisa dikenakan dalam berbagai kesempatan. Namun perlu mempertimbangkan beberapa hal agar fungsinya bisa berjalan sesuai yang diinginkan. Pertimbangan penting memilih tas punggung sesuai kegunaannya adalah:


1. Memilih backpack untuk bekerja


Tas punggung untuk bekerja biasanya berfungsi untuk menyimpan laptop. Maka pilih ukuran tas yang sesuai dengan lebar dan panjang laptop. Memiliki padding atau bantalan berupa busa tebal pada bagian dalam tas, ada ruang terpisah untuk menyimpan benda selain laptop di dalam ruang, retlsetingnya kuat.  Nah tas punggung saya hampir semua memiliki ruang khusus untuk laptop, well meskipun traveling saya sering dan hampir selalu membawa laptop. Gimana yaa, deadline kerjaan dan blogpost kadang tak kenal waktu. *uhuk!


2. Memilih backpack untuk sekolah


Pilih bahan yang ringan dan anti air. Untuk anak usia sekolah dasar pilihkan tas punggung bermotif yang bertema sesuatu yang menjadi kegemarannya.


Karena sifatnya yang fleksibel dan unisex, maka sesama anggota keluarga bisa mengenakan tas ransel yang sama asal bepergiannya tidak dalam satu kesempatan bersamaan. Tapi jangan lupa, beli tasnya di Bukalapak saja karena sering ada potongan harga.  Cuss yuuk, biasanya akhir tahun gini banyak potongan harga lhoo.


1 comment

  1. toss dulu mba, saya juga ke kantor pakai ransel apalagi kalau pas lagi dalam keadaan hujan lebih milih ransel daripada tas ala cewe kekinian.. hehehe.. Bahkan berangkat buat traveling juga pakai tas ransel, selain lebih ringkas bisa masuk dalam kabin.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.