6 Manfaat Smartwatch Untuk Tujuan Kesehatan


Pengguna smartwatch pasti sudah merasakan banyak manfaat dari gadget yang satu ini. Selain fungsinya sebagai penunjang penampilan atau style, smartwatch punya fungsi kesehatan. Galaxy Watch merupakan smartwatch keluaran Samsung yang menjadi generasi penerus dari Samsung Gear S Series. Sebagai generasi terbaru dari smartwatch Samsung, perangkat ini tentunya memiliki nilai lebih daripada series sebelumnya.

Begitu pula pada fitur yang digunakan untuk tujuan kesehatan. Setidaknya ada 39 aktivitas kebugaran yang dimanfaatkan dengan menggunakan smartwatch Samsung terbaru ini, mulai dari aktivitas biasa, olahraga, hingga ketika kita tidur. Dibekali baterai yang memiliki daya tahan lama, tentu akan semakin memanjakan kita sebagai penggunanya.

Nah, bagi yang ingin tahu apa saja sih kegunaan smartwatch untuk tujuan kesehatan, berikut ulasannya.

1. Mengatur pola tidur


Smartwatch dilengkapi dengan fitur sleep monitor. Fitur ini memungkinkan smartwatch memantau pola tidur kita. Apabila kita memiliki pola tidur yang tidak teratur, fitur ini juga akan memberikan saran untuk memperbaiki pola tidur sehingga kita bisa terbebas dari masalah akibat pola tidur yang buruk.

Pada beberapa smartwatch, salah satunya Galaxy Watch, terdapat fitur Advanced Sleep Analysis. Fitur ini tidak hanya memantau pola tidur tapi juga bisa mengetahui bagaimana kualitas tidur kita.

2. Mengendalikan asupan kalori


Fitur kesehatan lainnya adalah fitur yang menghitung besaran kalori yang masuk ke tubuh kita. Jika kita sedang dalam program diet, fitur ini tentu akan sangat berguna. kita seperti memiliki asisten yang akan selalu mengingatkan soal menjaga asupan kalori ke tubuh sehingga tubuh kita akan tetap sehat dan diet berjalan lancar. Asik yaa, ada yang bisa membantu menjaga diet kita.

Baca  juga: 3 Pilar Wujudkan Gaya Hidup Sehat

3. Menghitung jumlah langkah


Smartwatch dilengkapi dengan teknologi pedometer. Teknologi ini berfungsi untuk menghitung langkah kaki ketika kita berjalan. Fitur ini bisa menjadi pengingat sudah seberapa jauh langkah yang kita ambil. Juga, bisa digunakan sebagai patokan untuk meningkatkan aktivitas berjalan kaki di hari-hari selanjutnya.

4. Mencatat rute yang dilalui


Tidak hanya menghitung langkah, smartwatch juga mampu mencatat rute yang sudah kita lalui. Jika kita suka olahraga lari, jogging, atau bersepeda, fitur ini akan sangat berguna. Kita bisa mengetahui jarak yang sudah kita tempuh dan rute mana saja yang kita ambil.

Selain mencatat rute yang dilalui, fitur ini juga bisa memberikan saran untuk pemilihan rute alternatif. Tentunya hal ini akan sangat berguna jika kita merasa bosan karena melewati rute yang itu-itu saja.

5. Memantau tekanan darah 


Fitur lain yang mampu dilakukan smartwatch, termasuk Galaxy Watch, adalah memantau tekanan darah. Kita tidak perlu pergi ke klinik atau rumah sakit hanya untuk memeriksa tekanan darah. Tugas ini sudah bisa dilakukan dengan menggunakan smartwatch. Tentunya lebih praktis, kan?


6. Memantau stress level

Yang cukup menarik dari smartwatch ini adalah fitur untuk memantau tingkat stress. Untuk menentukan tingkat stress yang kita alami, smartwatch menggunakan tolak ukur berupa denyut jantung, pernapasan, dan tanda-tanda vital lainnya. Salah satu smartwatch yang dilengkapi dengan fitur ini adalah Galaxy Watch dari Samsung.

Fitur ini akan sangat berguna bagi kita yang punya banyak kegiatan yang bisa memicu timbulnya stress. Dengan fitur ini, bisa menjadi pengingat agar kita mengambil jeda sejenak agar tidak mengalami stress berlebihan.


Baca Juga: Body Alarm dan Cheating

Nah, itulah 6 hal yang bisa dilakukan dengan smartwatch untuk tujuan kesehatan. Masih banyak orang yang kurang peduli dengan kesehatan diri mereka. Dengan menggunakan smartwatch ini, kita seperti memiliki dokter pribadi yang bisa mengecek tingkat kesehatan.  Well selain stylish dengan smartwatch kita bisa tetap bugar dan terbantu menjaga kesehatan kita.

Nah dari sekian banyak manfaat smartwatch, pasti bikin mupeng untuk memilikinya kan? Bisa banget kamu segera dapatkan smartwatch melalui aplikasi dan laman Bukalapak. Ada Samsung Galaxy Watch juga lho di Bukalapak. Segera dapatkan Galaxy Watch di Bukalapak karena toko online ini selalu memberikan promo-promo terbaik untuk para penggunanya. Cuss yok!

No comments

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.