Melejitkan Potensi Diri: Life Mapping Strategy

Wiiih ngeri yaa judulnya. Emak yang satu ini mau belajar apa sih? Life Mapping Strategy. MasyaAllah keren kalii hehehe. Well, kenapa enggak. Jangan remehkan niat baik emak-emak yee... Kalau udah bulat tekadnya, kelar kalian. Ishh udah ah, sekarang agak serius ya karena materi yang bakal di sharing dalam postingan kali ini seru dan penting banget. Buat semua kalangan!

Jadi seperti yang Mom of Trio pernah sampaikan sebelumnya bahwa ternyata materi ajar Bengkel Diri tuh Balance antara keduniawian dan keukhrowian. Pertemuan sebelumnya belajar tentang Keutamaan dan Adab menuntut Ilmu ini masuk di topik Materi Dasar Islam. Naah di pertemuan (di jagat maya) yang kedua, belajar tentang Life Mapping Strategy. Materi ini ada dikelompok topik Life Skill Class

Baca: Bengkel Diri Sekolah Memperbaiki Diri

Istimewa sekali karena kali ini kami belajar dengan Ummu Balqis. Udah kenal pastinya ya. Ibu dari 3 anak, dengan gelar akademik di bidang kimia ini merupakan Founder dari Sekolah Online Bengkel Diri. Plus berbagai kesibukan antara lain:
🔷CCO smart eduplace
🔷CEO LRUB
🔷Creative Director byummubalqis
🔷Writer
🔷Co-Owner UB publishing
🔷Foodpreuneur
🔷Islamic Parenting/Marriage Influencer
🔷Wakil Ketua Syar'i Community Indonesia

MasyaAllah...  luar biasa kesibukan Ummu. Sehat selalu ya Umm. Buat yang belum kenal mangga diintip IG Ummu Balqis.

Yuk mari gelar tikernya, kita simak materi membangkitkan potensi diri dalam life mapping strategy.

Potensi Diri dan Tujuan Hidup

Potensi tuh apa sih? Ia adalah suatu kekuatan yang terpendam dan belum muncul. Macam cuaca Jakarta yang mendung berpotensi hujan. Mendungnya sudah kita lihat tapi hujannya belum tentu. Ada kemungkinan hujan tapi ada bisa gak jadi hujan juga. Kalau potensi diri berarti kelebihan atau kekuatan terpendam yang kita miliki sebagai karunia dari Allah SWT untuk dimanfaatkan dengan baik, untuk diri sendiri, orang terdekat, atau untuk umat.
Setiap individu adalah juara. 
Dalam proses penciptaa manusia sudah menunjukkan bahwa setiap insan itu adalah juara karena berhasil mengalahkan 1 milyar calon manusia lain. Hmm tahu dung gimana proses biologis pembentukan calon baby yang juga dahulu kita semua alami. Yes, since you are the choosen, the strongest, - from those one billion others.



Pun kita, manusia ini merupakan makhluk yang terbaik dari semua makhluk. Allah pastikan dalam QS. At Tiin: 4 bahwa Ia telah ciptakan manusia dalam sebaik-baik bentuk. Manusia adalah the best makhluq bahkan dibandingkan dengan malaikat sekalipun. Nah terkait dengan potensi, dalam QS Al-Isra: 70 Allah juga pastikan bahwa Allah telah muliakan anak Adam dan kita telah diberikan dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Ia ciptakan.

MasyaAllah...

Allah ciptakan potensi beragam dalam diri setiap individu. Dari sekian banyak potensi yang Allah berikan, memang tidak semuanya bisa dikembangkan. Namun potensi tersebut akan lebih mudah muncul dan bangkit saat mereka membutuhkan potensi tersebut untuk menjalani kehidupan.

Kita akan lebih mudah memunculkan potensi-potensi dalam diri kita jika hal ini terkait dengan tujuan hidup yang ingin dicapai. Jadi sangat penting untuk mengetahui dan memahami tujuan dan target hidup masing-masing. Tujuan atau target tersebut akan lebih mudah tercapai jika kita bisa memunculkan potensi-potensi terkait dengan tujuan tersebut.

Baca Juga: Hidup yang Tak Sempurna

Yang kemudian sangat penting adalah terus mengingat dalam diri apa tujuan hidup manusia. Tujuan besar kenapa kita ada dan ciptakan dinyatakan dalam QS Ad Dzariat: 56. "Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaKu." Tujuan inilah yang menjadi nyawa dari tujuan dan target khusus dan jangka pendek yang kita susun dalam menjalani kehidupan.




Tujuan atau target lain yang bisa disebut sebagi tujuan khusus ada yang berupa tujuan dan cita-cita jangka pendek yang akan kita gapai dalam hidup. Again tanpa melanggar dan menafikan tujuan besar pencipataan kita sebagai manusia. Semuanya harus bersinergi dengan tujuan utama atau tujuan besar tadi. Saya suka menyebutnya sebagai tujuan yang hakiki, yakni beribadah- menyembah Allah SWT.

Dalam suatu hadits shahih disebutkan bahwa Allah hakikatnya lebih mencintai orang yang sukses, kuat, berkualitas. So, bercita-citalah menjadi muslim yang hebat, yang sukses. Dunia dan Akhirat. Hmm Emak sholehah hebat sukses dunia akhirat #selfnote.  Hebat dan sukses duniawi yang mendatangkan manfaat bagi umat. Semua itu digapai harus dengan kesungguhan. Allah bilang selain bersungguh-sungguh, minta tolong jugalah sama Allah. MasyaAllah, Allah Maha Baik bangeet ya.

Salah satu cara untuk memudahkan kita mencapai tujuan hidup kita bisa gunakan suatu tool yakni "life mapping". Life mapping adalah teknik pemanfaatan seluruh otak kita melalui hasil perenungan penting yang mendalam yang kemudian dituangkan ke dalam gambar atau peta. Gambar/peta yang menggambarkan apa tujuan hidup kita, siapa diri kita, apa peran kita, bagaimana step-stepnya untuk mencapai tujuan tersebut dan lain sebagainya.

Manfaat Life Mapping


  • modal dasar melangkah: membuat kita lebih terarah dan tidak semrawut dalam menyusun langkah dalam menggapai tujuan atau cita-cita.
  • guide line: memiliki dasar dan tahu apa yang akan dituju dan bagaimana caranya.
  • analisis kegagalan: life mapping adalah analisis kegagalan yang dituliskan sehingga apa yang disusun haruslah sesuatu yang realistis dan dimungkinkan untuk diwujudkan dengan kemampuan yang kita miliki.
  • skala prioritas: dari sekian banyak tujuan, perlu memberi skala prioritas terhadap berbagai tujuan tersebut sehingga kita bisa menyusun rencana dan strategi yang tepat dan tersasar dalam menyusun life mapping.
  • pendayagunan potensi: dengan dibuat life mapping kita bisa mendayagunakan potensi diri untuk mencapai tujuan tersebut. Tidak ada yang sia-sia dalam diri mukmin yang sejati. Seperti kutipan dari Dr Aidh Al Qarni dalam salah satu bukunya, yang menyatakan:" Orang mukmin tidak terlepas dari akal yang senantiasa berfikir, pandangan yang memberi palajaran, lisan yang berdzikir, hati yang bersyukur, dan sungguh-sungguh bersabar dalam bekerja."
  • koreksi diri: dengan memiliki life mapping, saat ada terget atau tujuan yang kita rencanakan tidak tercapai, kita bisa menjadikannya sebagai bahan introspeksi diri atas kegagalan tersebut.

How to Make Life Mapping

  • list tujuan hidup khusus berdasarkan waktu (2 tahun, 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun dan seterusnya).
  • list tujuan hidup khusus berdasarkan genre (keluarga, karir, pendidikan, kesehatan, pleasure, dan seterusnya).
  • buat skala prioritas dari sekian banyak tujuan buat skala prioritas bisa dituliskan dengan huruf lebih besar atau lebih misalnya. 
  • catatan potensial yang harus dikembangkan di samping tujuan. Selain tujuan yang kita buat daftar kita sertakan catatan terkait potensi yang harus kita kembangkan; dan 
  • langkah-langkah konkrit yang akan kita upayakan untuk mencapai tujuan.
Teknik Life Mapping bisa diaplikasikan dalam membuat life mapping untuk tujuan-tujuan khusus yang lebih detail per subjek, per fokus. Misalnya di tujuan financial kita buat turunan detail dari apa yang kita akan capai di bidang keuangan, bagaimana cara mewujudkannya, langkah-langkah dan bahkan hal-hal yang harus kita hindari yang akan menghambat kita sampai ke tujuan. 

Untuk bentuk life mapping contohnya seperti ini ya.


Life Mapping dalam Islam

Life Mapping hakikatnya ada dalam Islam. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri,” (QS. Ar-Ra'd:11).  Di sini tampak bahwa upaya manusia untuk melakukan perubahan dan perbaikan dalam hidupnya merupakan tuntutan Allah agar kelak nasib mereka menjadi lebih baik. Allah menyukai perubahan ke arah yang lebih baik. 

Baca juga: Adab Menuntut Ilmu

Peta hidup juga dinyatakan dalam QS Al Qahshash: 77 yang menjadi petunjuk keharusan keseimbangan dunia dan akhirat. Yang jika kita jadikan sebagai pedoman dalam menyusun life mapping maka insyaAllah akan menyampaikan kepada tujuan kebahagiaan dunia dan akhirat. Rasulullah juga pernah melakukan metode pemetaan saat menjelaskan tentang ajal manusia.

Life mapping membantu kita memetakan diri dan berguna sebagai pengingat visual, peta untuk belajar, mengorganisasikan ide-ide kita, membangkitakan ide-ide orisinil, dan memicu ingatan dengan apapun yang berguna dan positif dalam hidup kita.

Next After Life Mapping

Kemudian apa yang kita lakukan untuk mulai ACTION setelah membuat life mapping. Ada beberapa tips dalam merealisasikannya: 


  • 🔷 perbaiki ibadah. Sabar dan Shalat sebagai penolong  (QS Al Baqarah: 153). Puasa juga akan mendorong kesuksesan karena usaha dan doa orang berpuasa maqbul.
  • 🔷 perbaiki relasi dengan orang tua. Sebagian besar kesuksesan seseorang terkadang bukan karena usahanya tapi karena do'a orang tuanya. Ridho Allah terletak pada ridho orang tua.
  • 🔷 bersahabat dengan orang-orang shalih yang sukses. Kenapa? supaya kita tertular sifat-sifat, sikap-sikap, dan energi positifnya.
  • 🔷 giat update ilmu. Hmm gak bisa kita santuy dan punya cita-cita tinggi tanpa upaya meng-upgrade ilmu.
  • 🔷 sedekah. Banyak sekali benefit dalam aktivitas sedekah yang memicu diri kita untuk terus semangat dan mau berbagi kebahagian. Pun insyaAllah doa-doa mereka yang kita bantu diijabah sama Allah. 

Intinya setelah membuat Life Mapping, ACTION! nothing gonna change, if you do nothing. Just do it then!

Beberapa hal yang juga harus dicamkan dalam menyusun Life Mapping adalah bahwa:

  • Luruskan niatnya. Lillahi Ta'ala... agar hidup lebih terarah karena life mapping ini hanya sebuah tools untuk membantu membuat kita semakin terarah menggapai tujuan dunia akhirat.
  • Rasional dalam menyusun target.
  • Tulis step-step detail dalam mencapai tujuan dan evaluasi secara berkala target yang kita buat.
  • Jika ada hambatan dari orang terdekat dalam upaya mewujudkan life mapping kita, komunikasi dan lobby agar mendapat ridho dari mereka. Bisa juga kita evaluasi misalnya apakah ada prasyarat yang tidak terpenuhi atau waktunya belum memungkinkan.
  • Life mapping hanyalah tools bukan kita hendak mendahului Qadha dan Qadar. Kalaupun kemudian qadarullah apa yang kita rencanakan tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan atau meleset maka yakinlah Qadar Allah yang terbaik. Tidak ada yang sia-sia atau merugikan dari upaya yang kita lakukan menyusun life mapping dan action mewujudkannya. Tidak perlu trauma karena keputusan Allah yang terbaik. Jangan berhenti, terus berusaha.
  • Manfaatkan potensi kita ke jalan dan tujuan yang sesuai dengan Syariah. Cari jalan karena pasti ada jalan untuk menyalurkan potensi tersebut yang kita tidak bisa salurkan di area yang menyalahi syar'i. Berpikir lebih luas.
  • Jika kita belum selesai dengan diri sendiri. List semua PR-PR urgen yang harus kita tuntaskan dalam satu box. dan saat menyusun life mapping kita mengaitkan dan memperhatikan PR-PR yang kita punya.
Alhamdulillah, semoga bisa diaplikasikan nih untuk memperbaiki arah dan tujuan hidup si Mamak ini. Gak ada kata terlambat kan yaa? Lhaa beberapa cita-cita masih terpendam meski sudah mendentam-dentam pingin diwujudkan.

Yuk deh bismillah..Lillahi Ta'ala.

2 comments

  1. Masya Allah

    Menginspirasi sekali
    Barokallahu fiik ya mbak ♥️

    ReplyDelete
  2. السلام عليكم
    Terimakasih resume nya mbak... Salam dari teman sekelas

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.