3 Minuman Sehat Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Hadapi COVID 19: Anak-anak Suka



Beredar beragam resep minuman herbal yang dipercaya bisa menjaga daya tahan tubuh menghadapi virus terutama Covid 19. Empon-empon yang paling sering disebut-sebut. Viral dung. Bahan bahan baku pembuatannya sempat langka di pasar tradisional, diborong sama yang panic buying, plus jadi mahal deh harganya.

Nah kalau 3 jenis minuman herbal yang mau saya share ini sebetulnya bukan pertama kali saya buat keluarga. Udah sering juga saya buatkan bahkan kayak honey lomen itu mah udah hampir tiap hari sih untuk bantu jaga daya tahan tubuh. Nah semenjak musim wabah Covid 19 memang saya makin rajin bikin. Alhamdulillah bantu banget sih buat kesehatan kami sekeluarga.

Ketika pertama kali gerakan social distancing dilaunching dan kemudian kami para pekerja terutama PNS diarahkan untuk #WorkFromHome saya baru saja pulang dinas dari Lombok. Selama di hotel masih banyak bule-bule yang menginap di sana. Bahkan di hari terakhir, saat breakfast saya lihat ada rombongan turis Chinese juga baru datang.

Well, memang saya gak ada kontak langsung dengan mereka tapi kan di restaurant kami makan di tempat yang sama dengan mereka. Yang bikin saya makin parno, penerbangan pulang ke Jakarta kami harus transit di Bandara Ngurah Rai Bali dan waktu itu kalau tidak salah ada satu kasus positif Covid-19 di Bali.

Selama di Lombok memang saya agak kurang sehat. Kondisi Lombok luar biasa panas. Bikin saya sakit kepala. Belum lagi jadwal kegiatan yang padat sementara keinginan untuk bisa menikmati Lombok di sela tugas juga cukup menggoda. Pulang ke Hotel kadang sudah malam hanya sekedar sebentar memejam mata. Beberapa kali sakit kepala menyerang dan tenggorokan saya mulai nyeri dan batuk-batuk kecil.

Alhamdulillah akhirnya bisa pulang ke rumah dengan harapan bisa istirahat.

Sampai ke rumah saya masih batuk pilek. Batuknya berdahak karena pilek dan badan sakit semua. Well, saya masih mencoba positif thinking. Pasti karena kecapekan. Ketika memasuki hari ke 4 dan ke 5 bahkan ada diare saya masih mencoba bertahan bahwa bukan apa-apa. Terlebih ternyata kemudian jadwal menstruasi saya datang. Memang menjelang dan di awal menstruasi biasanya saya diserang sakit kepala, sakit otot, kadang radang tenggorokan atau sariawan selain tumbuh jerawat di wajah. 

Selama itu kemudian hampir setiap hari saya membuat minuman herbal yang menurut saya simpel dan gampang. Beneran deh, buat orang malas ke dapur sekalipun minuman ini gampang banget. Bahannya juga gak aneh-aneh.

Selain bahwa sekarang harganya makin mahal. Tapi saya sih sebetulnya emang biasa stock bahan ini untuk sekitar seminggu. Nah karena mulai langka kami stock untuk 2 mingguan. Selain buat saya tentu saja minuman ini saya buat sekalian buat anak-anak yang juga ada batuk-batuk pilek kecil. Alhamdulillah mereka suka.




HONEY LEMON

Bahan:

  • Air panas/hangat
  • Madu
  • Lemon/jeruk nipis

Cara membuat:

Siapkan dulu air hangatnya lalu masukkan madu dan peras lemon  di atasnya. Biarkan bulir-bulir kecilnya juga masuk ke dalam gelas.  Hmm segar masam dan sehat. Saya suka minum hangat. Kalau mau dibuat versi dingin juga bisa kok. Tapi karena lagi batuk jadi saya buat yang versi hangat.

Anak-anak yang susah minum madu atau gak mau minum jeniper/jeruk nipis peras kalau dikasih honye lemon ini semangat deh minumnya. Apalagi sekarang bikin lega tenggorokan plus tingkatin stamina. Alhamdulillah semua suka.

JAHE SEREH HANGAT

Bahan:


  • Jahe dibersihkan kulitnya kemudia dipotong-potong tipis,  lalu peprek untuk mengeluarkan sari-sarinya.
  • Sereh dibersihkan dipotong lalu dipeprek untuk mengeluarkan sarinya.
  • Gula batu secukupnya.
  • Air panas/hangat


Cara membuat:

Masukan jahe dan sereh yang sudah dipeprek ke dalam gelas, tambahkan gula batu  lalu tuang air panas (lebih bagus kalau baru mendidih) lalu aduk-aduk. Nikmati hangat. Sumpah ini rasanya eksotis banget enak banget, hangat di tenggorokan dan di badan. Bikinnya juga simpel banget.

JAHE HANGAT

Bahan:

  • Jahe dibersihkan kulitnya kemudia dipotong-potong tipis,  lalu peprek untuk mengeluarkan sari-sarinya.
  • Gula batu secukupnya.
  • Air panas/hangat



Cara membuat:

Masukan jahe yang sudah dipeprek ke dalam gelas, tambahkan gula batu  lalu tuang air panas (lebih bagus kalau baru mendidih) lalu aduk-aduk. Nikmati hangat.

Selain Honey Lemon dan Jahe Sereh Hangat. Kalau lagi males banget tapi tenggorokan gatel atau badan agak kurang enak. Paling gampil minum jahe hangat ini aja. Super duper simpel. Efek ke badan juga gak kalah sama yang saya sebutkan sebelumnya.

Oh iya kenapa saya selalu pakai gula batu selain madu? gula batu gak bikin batuk kayak gula pasir. Karena memang sengaja dibuat untuk mengurangi batuk dan tenggorokan yang gak nyaman makanya saya pakai gula batu. Rasanya juga jadi tetap enak dan anak-anak suka jadi gak susah buat asup minuman yang bantu stamina ini.

Kalau gak mau pake gula batu sebetulnya bisa semua diganti pakai madu. Hanya saja anak-anak mungkin gak terlalu suka kalau madu dengan rasa yang kurang segar. Madu dipadu lemon membuat rasanya masam segar dan menggoda mereka untuk minum lagi dan lagi.

Selamat mencoba dan salam sehat semua :)



23 comments

  1. minuman yang sangat berkhasiat. Sekarang pun saya hampir tiap hari bikin minuman jahe. Bahkan kalau minum teh atau kopi, suka saya tambahin jahe juga :)

    ReplyDelete
  2. Oalaah iya ya ... tadi lihat jahe di tukang sayur keliling, kenapa saya gak beli ya. Bisa dijadiin minuman kayak gini. #tepukjidat

    ReplyDelete
  3. Jadi inget udah lama ga nyeduh lemon nih. Selain teh lemon aku juga pernah bikin jus timun pake lemon dan madu. segeeer. Inget Teh Ophie ingetnya food combining dengan lemonnya ini hihihi... Cobain ah lemon pake jahe sangat sama jahe serainya

    ReplyDelete
  4. ini minuman yang tinggi vitamin C nya nih, cocok buaT jaga stamina saat pandemic gini...

    ReplyDelete
  5. Paling suka honey lemon. Syegerrrrr. Kalo yang rempah-rempah masih ada aroma "jamu" nya. Wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Wah, aku juga lagi suka minum jahe nih mbak, soalnya sekarang lemon lagi langka banget di kotaku, susah dapatnya hehe jadi beralih deh ke jahe dan herbal lainnya

    ReplyDelete
  7. Bener mba, saya juga minum ini jauh sebelum wabah. Minuman herbal, madu, empon-empon, memang rutin saya minum. Terasa kok khasiatnya

    ReplyDelete
  8. Saya juga suka buat minuman pakai gula batu.
    Dari ketiga minuman itu, saya paking sering bikin honey lemon. Jahe serai bikinin buat suami aja, saya nggak minum

    ReplyDelete
  9. Mba Ophi sama kayak aku andalan banhet skarang kondisi minuman herbal. Tapi emang ya batuk pas kondisi gini bikin pikiran melalangbuana. Ijin nyontek resepnya ya mba

    ReplyDelete
  10. Semuanya enak dan berkhasiat ya... Sejak pandemi ini, saya juga tiap hari bikin minuman herbal, alhamdulillah anak-anak suka...

    ReplyDelete
  11. Sebelum ada pandemi ini, saya tiap hari juga bikin minuman air hangat dikasih jeruk nipis atau lemon. Mana yang ada stoknya karena ada tanaman di rumah. Tapi kalo pas kosong di tanaman, kudu beli juga di tukang jualan sayur. Kalo wedang jahe saya bikin nggak tiap hari, dan gulanya juga tergantung yang ada di rumah. Karena gula batu kadang mesti ke pasar kalo pas habis persediaannya. Wedang jahe memang bagus untuk tenggorokan radang, bikin lega

    ReplyDelete
  12. aku belom pernah cobain jahe sereh deh. penasaran tp takut gagal kalo bikin sendiri.

    aku sama anak2 sih doyan jahe anget, syukur2 dikasih isi juga jadi ronde. hahhaha

    ReplyDelete
  13. Rimpang indonesia emang ajaib ya makkkk. Aku juga suka bikin. Skrg ada wake wake jamu aja biar pas di masa begini

    ReplyDelete
  14. Aku juga tiap pagi minum honey lemon, mbak. Tapi kalau menjelang menstruasi, kurang mempan. Biasanya saya tambah juga siang dan malamnya minum godhokan kunir, kayu manis, sarang semut dan madu

    ReplyDelete
  15. Aku sukanya madu hangat tanpa lemon krn perutku ga bisa terima lemon mba pasti lgsg mules dan untuk jahe aku ga pernah pake sereh cukup jahe saja hehehehh

    ReplyDelete
  16. Minuman yang menyegarkan pastinya membantu banget menjaga daya tahan tubuh ya, kalau aku juga stok minuman wdang jahe dan lemon. Senang anak-anak juga suka.

    ReplyDelete
  17. Minuman herbal nih kalo di rumah yang rajin bikin suamiku, Mbak. Hehe. Wedang jahe, honey lemon, kami lumayan sering bikin. kalau jahe sereh belum, nih. Kepengen juga nanti coba bikin. TFS, Mbak Ophi :)

    ReplyDelete
  18. Ini minuman kesukaan saya, Mba. Malah saya lebih suka ga pakai madu. Enak segeer. Emang skrg ya. Berasa tenggorrokan ga enak dikit dah parno duluan.. xixixi

    ReplyDelete
  19. Jadi ingat Babe rahimahullah.
    Beliau setiap pagi minumnya jahe merah hangat digeprek dan gulanya juga pakai gula batu.
    Kalau aku sedang di Surabaya, aku juga rutin bikinkan Babe wedhang begini.
    Huhuu~
    Kangen Babe...

    ReplyDelete
  20. Di musim corona gini, sakit dikit aja langsung parno loh mba. Beneran. Semoga saja kita semua diberikan kesehatan terus oleh Allah agar bisa tenang menjaga anak-anak dan keluarga di rumah ya.

    Yang paling sering dibuat di rumah tuh yang jahe dan serai. Kebetulan tanaman jahenya punya sendiri mba. Kadang-kadang ditambahkan cengkeh, sedep banget rasanya.

    ReplyDelete
  21. Kalau saya semenjak pandemi corona minum jahe dan juga sere sudah jadi rutinitas keluarga. Nanti dicoba deh yang jeruk nipis sama madunya. Sepertinya seger juga...

    ReplyDelete
  22. Lemon dan jahe mulai rutin juga sy konsusmsi d rmh mba pagi2. Resep tradisional memang menyehatkan ya

    ReplyDelete
  23. aku paling suka lemon, bisa dikreasikan dengan bahan apa saja dan dengan jahe sangat menyehatkan sekali :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.