Olahan Tempe dan Tahu Untuk Menu Berbuka dan Sahur



Siapa di antara sahabat Mom of Trio pecinta tempe dan temannya tahu kayak saya? Hmm gimana ya, bahan pangan yang kaya protein nabati ini menurut lidah kampungku emang gak akan tergantikan sih. Biar kata pernah tinggal di luar negeri, ya selama di sana juga tetep aja kalau mau masak ingetnya tempe dan tahu. Trus kalau traveling ke luar negeri aku juga suka ngebekel snack tempe gitu hahaha. Selain buat snack bisa buat lauk juga.

Oh iya, aku menyebutnya tempe dulu baru tahu, karena to be honest kalau harus dibandingkan antar keduanya aku lebih suka tempe baru kemudian tahu. Halaah aposeeh..

Baca Juga: Menyiapkan Menu Bancakan Sendiri

Diapain aja mesti suka, mau digoreng gitu aja, ditepungin, dibikin oreg kering, oreg basah, dibumbu kuning, bumbu merah, bahkan dibuat botok ya suka aja sih. Nah cuma kalau untuk anak-anak, wajib dibuat variatif sih menu tempe dan tahu ini. Nah yang paling terbaru olahan tahu dan tempe ini bisa banget jadi menu berbuka atau sahur di ramadan kali ini. As usual, menu di dapur Mom of Trio selalu yang praktis, simpel, dan gampil aja.

Tempe Goreng Cabe Bawang


Entahlah namanya apa. Mungkin cocok diberi nama semacam itu hehehe. Pokoknya tempe dipotong dadu lalu digoreng, sisihkan.

Baca juga: Puasa Sehat ala Food Combining

Untuk bumbunya dan cara mengolahnya segamil ini:

Tumis bumbu iris dengan margarin.
Bumbu irisnya: bawang putih, peprek lalu cincang, bawang merah, cabe keriting potong kecil, daun jeruk yg sudah dibuang tulangnya iris harus.
Tumis hingga harum. .
Tambahkan garam, gula, lada, dan penyedap rasa kalau suka.
Masukkan tempe yang sudah digoreng, aduk.
Pastikan jangan sampai bumbu kering atau gosong ya. Boleh juga apinya dikecilkan.
Tambahkan irisan daun bawang kecil.
Aduk angkat jika bumbu sudah rata dan harum sudah menyeruak.
Sajikan dan nikmati dengan nasi hangat.



Sambal Goreng Tahu



Nah ini awalnya mau bikin sambal goreng kentang sih. Karena kentang habis, jadi saya substitusi pake tahu dan rasanya tetap cocok dan enak. Untuk bahan, bumbu, dan cara mengolahnya sebagai berikut:

Baca Juga: Kreasi Takjil Buka Puasa Simpel

Bahan:
5 potong tahu dipotong dadu kecil. Goreng dan sisihkan.
1/4 udang bersihkan sisihkan
2 papan petai bersihkan sisihkan.
Bumbu:
4 siung bawang putih
2 siung bawang merah
4 butir kemiri
3 buah cabai merah (sesuai selera)
Haluskan lalu sisihkan
2 batang sereh, peperek
1 ruas lengkuas, peprek
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
garam
gula
minyak untuk menumis.
bumbu penyedap sesuai selera
Cara mengolah:
Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk, gula, dan garam. Tambahkan sedikit air. Biarkan bumbu matang dan harum. Masukkan udang, masak hingga berubah wana, masukkan tahu dan terakhir petai. Aduk hingga bumbu meresap. Lalu angkat.
Sajikan dan nikmati dengan nasi hangat.


No comments

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.