Mengintip Sukses Monetasi Blog dari Andy Hardiyanti (Blogger Lombok)



Blogger Lombok atau Blogger Mataram? Hmm yang jelas teman blogger yang mau saya kupas (kayak bawang) kali ini adalah seorang Blogger Perempuan yang saat ini menetap di Kota Mataram, Lombok. Naah karena saya suka sama Lombok, maka saya juga suka sama Mba Andy. Hahaha... gak Mba Andy, aku padamu tulus kok. Aposeh.

Mba Andy ini blogger yang sudah lama berkibar di dunia blogging, walaupun terhitung masih jauh lebih muda dari saya tapi kalau pengalaman ngeblog mah jangan ditanya. Emang udah tahu rumah maya Mba Andy? Yuuk saya ajak jalan-jalan ke sana. Kalau jalan-jalan ke Lombok dan ketemu Mba Andi, saya mau sih ngajakin tapi ongkos ditanggung sendiri ya. 😃😃

Mba Andy, Ibu muda dari dua orang putri ini, blogger dan freelancer Lombok yang tercatat di ingatan saya. Pas banget waktu itu kami jadi lebih intens berkomunikasi karena tergabung di whatsapp group salah satu komunitas blogger perempuan. Kalau aku ini blogger ala-ala, maka Mba Andy terhitung blogger yang pro. Professional maksudnya. Selain menjaga tampilan dan performa blog secara teknis, SEO, dan sejenisnya, Mba Andy juga kuat di konten.


Rumah maya nya di AndyHardiyanti.com . Langsung klik aja ya kalau mau mampir. Mba Andy bisa disebut sebagai lifestyle blogger karena memang tidak fokus hanya mengulas satu niche di Blognya. Topik kesehatan, parenting, traveling, beauty, dan bahkan finance pernah diulas Mba Andy. Tapi saya lihat ada 3 kategori utama yakni kuliner,  traveling dan review.

Soal performa blog, jangan tanya deh. DA/PA blog mba Andy udah kece lho ada di 21/45. Jumlah view juga pasti sudah banyak. Karena Mba Andy ternyata sudah menulis blog sejak 2007. Wuiiiih... Senior nih. Kocak juga saat baca cerita awal mula Mba Andy mulai ngeblog. Saat itu Mba Andy masih duduk di bangku kelas 2 SMA dan kegiatan blogging ini gara-gara "terpaksa" mengikuti dengan serius sebuah seminar atau talk show tentang dunia blogging di tahun 2007 tersebut yang diadakan oleh Komunitas Blogger Makassar. AngingMammiri.org. (Mba Andy memang perantau nih, suka pindah-pindah domisili hehe)
Saking fokusnya, kelar acara, saya udah punya blog dong! Bikinnya pas materinya siapa gitu, ada dijelasin step by step bikin blog sederhana. Jadi kenapa menulis blog? Yaa biar dikata fokus nyimak seminar/talkshow yang diikuti.
Hahaha... Kece banget lah itu. Gak pake nunggu kelar seminarnya langsung jadi Blognya. Eh kalau penasaran ada di postingan mana cerita tentang mengapa akhirnya Mba Andy menekuni bidang ini, cuss aja ke blognya mba Andy ya. Setidaknya 10 alasan kenapa Mba Andy ngeblog. Hmmm salah satunya yang bakal saya ulas berikut ini nih. 

Kalau ngobrol soal blog sama Mba Andy, bakal seru kalau bicara soal monetize blog. Saya juga diam-diam banyak belajar soal ini sama Mba Andy. Mba Andy tahu gak yaa? Hehehe...kasih tahu gak ya? Mba Andy termasuk blogger yang memang secara profesional menjadikan blognya sebagai sumber pundi. Mba Andy termasuk yang banyak mendapat job dari blog ini dan tampaknya ratenya juga relatif tinggi (dibandingin saya apalagi hahahah). 

Keaktifan Mba Andy berjejaring di banyak komunitas juga tentu menambah peluang yang jauh lebih luas untuk monetize blognya.  Mba Andy kerap menghadiri event-event yang khusus mengundang Blogger dan influencer di daerahnya. Sukses terus ya Mba Andy. Keren banget karena blog Mba Andy sudah menjadi salah satu sumber penghasilannya. Yayyy.... Plus penghasilan dari sosial medianya juga sih.

Sesama teman satu grup WA, Saya dan Mba Andy termasuk beruntung karena sudah pernah meet up. Well, group kami kan bhineka tunggal ika. Kami berasal dari banyak daerah di Nusantara. Dari Barat hingga ke Timur Indonesia. Ada blogger Aceh, Medan, Kepulauan Riau/Batam, Jawa dan Jakarta, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat.  Seru ya...

Kalau lagi tugas ke daerah tuh saya suka sempetin  silaturahmi sama temen-temen blogger di daerah. Naah beberapa kali ke Lombok, saya akhirnya bisa ketemuan sama Mba Andy di akhir tahun 2016. Kalau gak salah bulan November. Waktu itu Mba Andy baru punya satu putri. Kami ketemuan di tempat makan, makanan khas Lombok. Sate Rembiga. 



Mba Andy juga membawa serta suami dan Rani anak sulungnya. Sekarang sih sudah jadi Kakak nih. Ka Rani, Nah sayangnya Maret lalu saya juga ke Lombok tapi gak bisa ketemuan sama Mba Andy. Yaah batal deh mau ketemu Dek Tita. Padahal pingin photo juga sama Dek Tita dan Ka Rani.

Maret kemarin jadwal saya cukup padat di Lombok, sementara hotel-hotel waktu itu banyak yang full booked di Kota Mataram. Akhirnya saya mendapat hotel di daerah Senggigi. Iya daerah wisata. Jadi seusai kegiatan hingga sore bahkan menjelang maghrib kami baru kembali ke hotel. Nah, sinyal provider saya saat itu juga sedang ada gangguan di Lombok jadilah makin sulit berkomunikasi sama Mba Andy. 

Hotel kami yang jauh dari kediaman Mba Andy membuat kami batal bisa meet up-an. Next time semoga kita bisa ketemu lagi ya mba Andy. Aku gak bosen kok ke Lombok, pingin lagi. Bawa anak-anak main pasir di pantai-pantai Lombok kayaknya seru banget dan pingin ke Rinjani juga. Doakan corona segera berlalu dan ada tabungan buat ajak anak-anak ke sana ya. Beneran saya udah kepikiran buat bikin 3 days trip gitu bareng krucils dan ayahnya di Lombok.




Meski belum tentu bisa ketemu, tapi biasanya saya selalu berkabar kalau mau ke sana. Nah kemarin saya malah minta dicarikan driver dan mobil untuk keperluan selama di sana sama Mba Andy. Gitu deh enaknya ada teman di berbagai daerah di Indonesia. Saat bertugas bisa sekalian meet up hahaha.

Oh iya, penasaran sama Mba Andy?  Yuk cuss kenalan lebih dekat lewat media sosialnya. 

facebook: fb.com/andyhardiyanti.com
twitter/instagram: @andyhardiyanti

No comments

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.