Pengertian Komunikasi



Di dunia ini setiap orang harus hidup berdampingan. Walaupun berbeda satu sama lain, namun tetap dapat bersama-sama dan saling menguntungkan. Seorang pedagang misalnya, setiap hari Ia menyiapkan dagangannya untuk para pembeli yang membutuhkan. Dengan berbagai sarana prasarana, para pedagang berusaha agar para pembeli dapat mengetahui lokasi tempat dagangan dan membeli barang yang dibutuhkan di tempatnya.

Contoh lain, seorang dengan jasa potong rambut. Dia setiap hari buka dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap orang yang datang, sehingga pelanggan yang merasa puas memberitahukan kepada orang lain. Akhirnya tempat potong rambut itu menjadi ramai dikunjungi.  Dalam suatu urusan kekeluargaan, Pak RT mendamaikan dua warganya yang bertikai karena suatu alasan. Dengan mengetahui duduk masalahnya, akhirnya pak RT dapat menyelesaikan masalah mereka berdua. 

Contoh-contoh tersebut menunjukkan adanya interaksi antara satu orang dengan orang lain atau suatu masyarakat dengan masyarakat lain yang dikenal dengan istilah komunikasi. 

Untuk dapat lebih memahami apa yang dimaksud dengan komunikasi dan apa manfaatnya, Yuk cuss silahkan membaca sedikit ulasan tentang pengertian komunikasi berikut. 

Secara pengertian, komunikasi itu sendiri merupakan interaksi antara minimal dua orang atau lebih guna menyampaikan dan menerima pesan sehingga terjadi saling mengerti serta saling memahami antara keduanya atau lebih. 

Ketika seseorang melakukan suatu pembicaraan dengan orang lain, namun yang diajak bicara kurang atau tidak paham dengan apa yang disampaikan, maka itu belum termasuk dalam komunikasi. Suatu komunikasi dapat terbentuk ketika sudah terjadi saling mengerti antara orang yang berbicara dengan yang diajak bicara, antara kelompok dengan kelompok yang lain, antara suatu masyarakat dengan masyarakat yang lain.

Menurut Ruben Brent dan Lea P Stewart (2006):

Komunikasi merupakan suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, atau masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar saling terhubung dengan lingkungan atau orang lain atau kelompok lain. 

Menurut Prof. Drs. H. A. W. Widjaya:

Komunikasi adalah hubungan kontak antar individu atau kelompok.

Sebagai misal dari kedua pendapat di atas, ketika kamu akan melakukan kerja bakti, kamu atau masyarakat tidak akan bisa melaksanakannya ketika belum melakukan rapat terlebih dahulu, sehingga perlu dilakukan pembicaraan untuk melakukan kegiatan kerja bakti bersama. Disini antara individu masyarakat satu dengan yang lain bekerja sama untuk memiliki tujuan yang sama yakni bekerja bakti.

Sedangkan menurut Anderson:

Komunikasi adalah rangkaian langkah serah terima maksud, yang terjadi dengan dinamis sesuai dengan kondisi yang berlaku. 


komunikasi
sumber: Freepik

Berdasarkan pengertian ini bahwa komunikasi tidak akan terwujud jika tidak timbul saling mengerti antara pihak yang saling berkomunikasi, termasuk diantaranya jika tingkat pengetahuan antara yang mengajak komunikasi dan yang diajak komunikasi tidak sama akan menjadikan miskomunikasi. 

Jika satu pihak membicarakan sesuatu yang tidak tergambarkan sedikitpun di benak pihak yang diajak bicara, maka tidak akan bisa terbentuk komunikasi. Sebut saja misalnya, dua orang teman ketika dulu mungkin keduanya akrab. 

Namun ketika tingkat pengetahuan antara keduanya, entah karena jarak yang jauh atau tempat tinggal yang sudah berbeda jauh atau jenis pekerjaan yang ditekuni juga jauh berbeda, maka kesepahaman antara keduanya juga akan sulit terwujud. Maka dari itu antara maksud orang yang mengajak bicara kepada orang yang diajak bicara harus saling sesuai sehingga bisa timbul suatu timbal balik yang bisa dipahami.

Di jaman yang serba canggih ini, kita dihadapkan pada tantangan perkembangan yang sangat kompleks. Banyak hal yang dulu dirasa mustahil dan sulit, tapi kini menjadi mudah dan biasa. Dulu kendaraan sangat sulit diperoleh dan tidak banyak orang memilikinya, kalau bukan orang yang mampu tidak mungkin punya kendaraan. Namun sekarang dapat kamu jumpai hampir setiap rumah memiliki kendaraan.

Perkembangan jaman dan teknologi sekarang menuntut kita untuk dapat berkomunikasi dengan baik, saling melakukan koordinasi guna dapat memenuhi kebutuhan masing-masing. Adanya sarana teknologi terutama komunikasi, sangat berperan penting untuk terjadinya hubungan interaksi tersebut. 

Baca juga : Hosting termurah yang gratis Domain

Dengan komunikasi yang baik kita dapat memenuhi kebutuhan, dapat menyampaikan aspirasi, dapat menuangkan karya, dan dapat mempengaruhi orang lain agar bisa bekerja sama dalam suatu kebutuhan tertentu yang baik yang saling menguntungkan. Hal-hal tersebut di atas menunjukkan sedikit banyak tentang gambaran pengertian komunikasi.


pengertian komunikasi


Secara singkat kamu dapat membaca manfaat memahami pengertian komunikasi diantaranya :

📞 Meningkatkan pengertian dan saling memahami


Ketika seseorang baru pertama bertemu mungkin tidak akan langsung menemukan hal yang dipahami dari orang tersebut. Butuh waktu untuk bisa menemukan pembicaraan dan pola komunikasi yang sesuai. Seseorang akan bisa paham dan mengerti kondisi orang lain dengan selalu mengajak berkomunikasi. 

Hal ini terlihat ketika kita berada di lingkungan kerja yang baru misalnya. Kita tidak akan bisa bekerja dengan nyaman jika kita belum begitu paham dengan rekan kerja kita. Namun seiring dengan bertambahnya waktu, sering kita berjumpa dan berkomunikasi maka akan timbul kesepahaman terhadap rekan kerja ditempat kerja tersebut. 

Pada awalnya belum begitu kenal, (sesuai dengan batasan kerja kita) dengan komunikasi akan menjadi paham pola kerja rekan kita. Dengan sering berkomunikasi maka kita juga akan bisa memberikan alasan kenapa rekan kita berbuat sesuatu yang mungkin membuat orang lain tidak paham. Hal tersebut dapat terjadi karena kita sudah paham dengan rekan kerja melalui adanya komunikasi.

📞📞 Menambah kerjasama

Dalam dunia kerja contohnya, komunikasi antar teman kerja penting dilakukan. Kita tidak akan bekerja dengan nyaman jika teman kerja kita tidak cocok dengan kita atau sebaliknya. Bisa terjadi salah paham dan hal yang tidak diinginkan akan terjadi. Melalui adanya komunikasi hal-hal yang awalnya kita belum paham dari orang lain, membuat kita menjadi memaklumi kondisi mereka. Mengetahui latar belakang, kondisi perasaan, hati dengan adanya komunikasi, membuat kita dapat menjalin kekompakan dan menambah kerja bersama dalam bekerja.


📞📞📞 Memecahkan masalah

Setiap kita tidak akan lepas dari masalah. Selalu saja ada hambatan yang kompleks, membuat kita semua berhenti melakukan aktivitas karena masalah tersebut. Ketika hal ini terjadi, jangan sampai kita diam tidak melakukan apa-apa. Kita harus bisa menyampaikan kepada orang lain sehingga masalah dapat terselesaikan. 

Orang lain akan tahu tingkat pekerjaan kita. Seberapa sulit kondisi dan situasi yang kita hadapi. Dengan begitu orang lain akan bisa memberikan masukan yang tepat untuk membantu menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Sering seseorang tidak bisa melakukan apa-apa ketika menghadapi masalah, namun menjadi terbantu ketika berkomunikasi dengan orang lain. 

Sebaliknya seseorang akan sulit melanjutkan pekerjaannya ketika menghadapi masalah jika ia tidak berkomunikasi dengan orang lain. Itulah pentingnya memahami pengertian komunikasi



Well, itu ya sedikit gambaran mengenai pengertian komunikasi. Mudah-mudahan dengan mengetahui dan memahami pengertian komunikasi kita dapat menjadi lebih baik dalam menghargai orang lain, bersemangat dalam bekerja, dan bisa kembali melanjutkan pekerjaan karena kita sudah berkomunikasi dengan orang lain.

Semangat ya Sahabat Mom of Trio

1 comment

  1. pas baca kalimat ;meningkatkan pengertian dan saling memahami; aku jadi auto galau hehehehehehe memang penting untuk menjaga komunikasi kepada siapapun agar tidak terjadi kesalahpahaman

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.