Tak Perlu Obat Pelangsing, Begini Cara Mudah Turunkan Berat Badan



Siapa yang tak menginginkan punya berat badan ideal? Banyak orang yang berlomba-lomba melakukan apapun agar berat badan impian mereka tercapai. Dimulai dari minum obat pelangsing, mengurangi porsi makan, hingga diet ekstrim, semua dilakukan agar bisa menurunkan berat badan. 

Tapi, tahukah Kamu? Tidak semuanya aman dilakukan karena akan berdampak langsung pada kesehatan tubuh. Buang pikiran dari kepala kita tentang bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat terlebih sampai mengonsumsi obat-obatan. Sebenarnya cara sederhana seperti berikut ini bisa dicoba. Mungkin hasilnya memang tidak instan, tapi konsistensi bisa membuktikannya.

Selain mudah, tentunya juga aman. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Rutin Mengonsumsi Buah dan Sayuran Segar




Cara ini paling sederhana dilakukan. Kita hanya perlu merubah pola makan Kita. Kurangi kebiasaan asal mengonsumsi makanan. Ganti dengan makanan rendah kalori. Misalnya sayur-sayuran hijau yang meliputi bayam, kangkung, dan sawi, cukup 2-3 menit direbus supaya kandungan nutrisinya tidak hilang. 

Ganti cemilan Kita dengan buah-buahan segar yang tidak banyak mengandung kalori, tapi kaya akan vitamin dan antioksidan, seperti apel, anggur, jeruk, dan lain-lain. 

2. Pilih Produk Yang Mengandung Lemak Baik

Lemak merupakan zat yang berperan sebagai sumber utama pembakaran di dalam tubuh, membantu vitamin A, D, E, K, dan karoten menyerap lebih cepat, dan bisa menekan nafsu makan sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. 

Kesalahan yang sering terjadi adalah mindset bahwa orang diet artinya tidak boleh mengonsumsi makanan berlemak. Faktanya, Tubuh Anda tetap membutuhkan asupan lemak yang berasal dari makanan alami, seperti kacang almond dan minyak zaitun yang merupakan sumber lemak sehat dan bergizi. 

Namun, hindari makanan berlemak tinggi yang sudah diolah, misalnya gorengan, es krim, coklat batang, atau kacang tanah yang digoreng. Selain obesitas, akibat lainnya yaitu bisa memicu penyakit berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. 

3. Pertahankan Keseimbangan Kalori 

Mayoritas orang berpendapat bahwa makanan dengan kalori tinggi bisa menaikkan berat badan. Jadi, mau tidak mau harus dikurangi. Faktanya, tubuh juga perlu mempertahankan kalori yang cukup untuk mencapai berat badan ideal. 

Agar terhindar dari penyakit berbahaya, salah satunya adalah memilih asupan kalori baik dan sehat, diantaranya makanan yang mengandung vitamin, mineral, serat, protein, dan lemak sehat. 

4. Lakukan Olahraga Praktis Di Rumah 

Selain makan makanan bergizi, tentunya juga harus diimbangi dengan olahraga. Kita bisa melakukan olahraga praktis yang tidak memerlukan banyak effort di rumah. Misalnya sit up, jumping jacks, squat, naik turun kursi, atau naik turun tangga jika rumah Kita memiliki lantai bertingkat. 

5. Tidak Mengunyah Makanan Cepat-cepat

Nah ini yang jarang menjadi perhatian kita. Sangat disarankan bagi Kita untuk mengunyah makanan pelan-pelan karena dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, mengunyah makanan dengan baik akan mempermudah tubuh dalam mencernanya. 

Sebagai tips, pastikan Kita merasakan benar-benar sedang makan, lalu menelannya dengan perasaan nikmat. Hindari stress atau memikirkan hal-hal yang membuat otak menjadi mengunyah makanan lebih cepat.

6. Minum Air Putih Sebelum Makan

Pastikan Kita tidak lupa untuk minum air putih sekitar setengah liter sebelum makan. Hal ini dapat membuat Kita sedikit lebih kenyang dan tentunya mencegah dehidrasi. Karena perlu diketahui bahwa dehidrasi bisa meningkatkan rasa lapar. 



Itu dia beberapa cara mudah yang bisa dilakukan agar bisa menurunkan berat badan secara alami tanpa harus minum obat pelangsing. Sekali lagi, memiliki berat badan ideal juga harus didasari oleh niat dan konsisten untuk melakukannya. Semoga tips ini bermanfaat bagi Kamu yang sedang menjalani program diet. 

Selamat mencoba. Sehat-sehat kita semua.



No comments

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.