Tidak Sekedar Anti Mainstream: Memilih Nama Unik dan Penuh Makna Untuk Anak

Apa kabar Sahabat Mom of Trio. Semoga sehat-sehat kita semua ya. Tahun 2020 penuh dengan peristiwa yang mendewasakan kita. Semoga tahun depan, kita dalam kondisi sehat dan bahagia. Amiin. Menutup tahun ini, Blog ini akan ditutup dengan postingan tentang memberi nama pada anak.  Ini cerita tentang memberi nama anak versi Mom of Trio. Saya yakin, semua Parents memiliki versi masing-masing.

Memberi Nama Anak

Saya sempat diprotes si sulung karena penulisan namanya berbeda dengan penyebutannya sehingga hampir semua orang yang pertama kali mengenalnya"salah" sebut namanya. Well sebetulnya memang demikianlah penulisan namanya. Namun penyebutannya harusnya memang tidak seperti yang tertulis. Hmm bingung kan? Jangan, nanti saya jelasin ya. 

Tak beda dengan si tengah yang namanya sering salah disebut orang karena beda dengan nama yang mirip dan sejenis. Si bungsu tidak berbeda. Saat pertama kali mendengarkan namanya, biasanya orang akan mengulang dua tiga kali untuk memastikan namanya.

Memang kenapa dengan nama anak-anaku?  Ada apa dengan nama mereka? Hmm mungkin karena nama mereka gak pasaran. Lebih tepatnya unik dan anti mainstream. Bukan juga suatu kesengajaan kalau ternyata kemudian ketiga nama mereka menjadi khas, setidaknya menurut saya. Nama mereka so far jarang digunakan orang lain. 

Proses memberi nama anak, tentu merupakan bagian tersendiri dalam perjalanan menjadi orang tua. Setiap orang tua memiliki kisah dan cerita masing-masing di balik nama yang diberikan kepada anaknya. Memberi nama anak terutama untuk pertama kali melakukannya, selalu jadi peristiwa seru dalam kehidupan orang tua. 

Sambil mensyukuri nikmat Tuhan yang sudah memberikan saya kesempatan menjadi Ibu bagi mereka bertiga saya mau cerita tentang nama-nama mereka nih.

Beragam cara memilih nama mulai dari mencari referensi hingga membuatkan sendiri nama ala "orang tua".  Saya dan suami juga tidak punya "template" khusus untuk memberi nama anak-anak. Bersama proses berjalan menjadi orang tua, kami menyepakati beberapa hal meskipun lagi-lagi tidak ada template baku. 

Satu-satunya hal yang kemudian kami sepakati adalah nama akhir anak kami merupakan gabungan dari nama saya dan suami. Kata itu yang kami pilih adalah "Ziayudi". Zia potongan dari Nama saya dan Yudi dari suami. Jadi ketiga anak kami semuanya punya nama akhir "Ziayudi". Kemudian ternyata semua nama anak kami terdiri dari 3 suku kata. Saat memilih anak pertama kami juga masing-masing menyiapkan nama pilihan masing-masing. Well ujung-ujungnya berkompromi sih.  

Alinga Nasywa Ziayudi


Kata pertama dari si sulung ini memang sering salah disebut. Well, benar penulisan namanya adalah A-L-I-N-G-A. Orang mungkin akan langsung membacanya Alinga. Iyes, seperti kita membaca kata Singa atau  Telinga. Tapi kata Alinga ini seharusnya dibaca "Elinja". Iya meski spellingnya A-L-I-N-G-A, namun pronouncenya -Elingga - atau Elinja dengan double G, Just like you pronounce Kanguru, Kongo, Tango, Mango.

nama-anak-unik



Kata Alinga merupakan bahasa aborigin. Kata ini berarti matahari. Hmm Alinga, sulung saya lahir di Melbourne pada tahun 2007 pada akhir masa kuliah, saat saya menyelesaikan master di Melbourne University. 

Sebagaimana diketahui,  Australia banyak menggunakan aboriginal name untuk menamai tempat di Benua ini. Yang paling terkenal misalnya kota Canberra. Yang diakui secara resmi sebagai " the use of Indigenous words" in the naming of Canberra. Meskipun arti kata Canberra sendiri tidak dapat dipastikan. 

Dalam sebuah Report of The Parliament of Commonwealth Australia yang dirilis Maret 1928 tentang penamaan nama jalan dan suburb di Canberra yang menggunakan kata-kata dari bahasa indigenous Aborigin dijelaskan tentang mengapa dan nama apa saja dalam bahasa indogenous yang digunakan serta arti kata tersebut.

Nama-nama yang berasal dari bahasa indigenous tersebut sebagian besar merupakan nama flora dan fauna native Australia atau "descriptive word" seperti Alinga yang berarti sun atau aboriginal star. 

Bintang di tata surya yang diasosiasikan sebagai matahari. Sesuatu yang memberi cahaya; sumber cahaya. 

Dari sekian banyak kata aborigin yang kemudian mencuri hati saya untuk memilihnya sebagai nama calon bayi saya waktu itu, ada dua nama mengerucut yakni Yarra dan Alinga. Entah kenapa tapi hati saya lebih condong memilih Alinga. Mungkin karena nama Yarra yang merupakan nama sungai yang sangat iconic membelah kota Melbourne sudah banyak juga digunakan. 

Saya suka hal-hal yang tidak mainstream, unik, khas dan tidak banyak digunakan orang. Bisa jadi seperti itu alasannya. Namun makna kata dari Alinga yang lebih mencuri hati saya. Pun suami juga sepakat memilih nama ini.

Nasywa sendiri merupakan kata dari bahasa arab yang artinya kebahagiaan. Alinga Nasywa paduan nama ini adalah doa dan harapan kami agar si sulung yang manis ini menjadi matahari kebahagiaan baik bagi kami orang tuanya, keluarga, bahkan masyarakat banyak dan lingkungan di mana Ia kelak berada. Amiin ya rabb. 

Menjadilah matahari yang menghangatkan, menghidupkan, dan menghadirkan bahagia di hati semua makhluk di muka bumi nak. Menjadilah matahari kami.

Zaha Tantra Ziayudi

Gadis kedua saya ini lahir saat Kakak sulungnya berusia 1,5 tahun. Tiga kata, dengan nama akhir Ziayudi. Kami masih bersepakat tentang dua hal ini. Untuk nama Zaha, sejujurnya ini juga pilihan saya yang kemudian diamini suami. Orang sering menyebut namanya Zahra atau Zahwa, nama yang banyak digunakan untuk anak perempuan. Kata Zaha dianggap typo, kurang huruf r atau w. 😀


nama-anak-unik


Saya terinpsirasi oleh sosok arsitek perempuan yang telah menghasilkan banyak gedung-gedung dengan desain arsitektur yang unik, futuristik, khas, dan mendunia. Iyes, Zaha Hadid. British Iraqi-  dengan karya karena arsitekturnya yang sangat futuristik yang ditandai dengan fasad yang melengkung, sudut lancip, dan material yang berat seperti beton dan baja. 

Saya bukan penggemar atau orang yang sangat faham dengan aristektur. Namun Qadarullah, saya banyak membaca tentang karya arsitektur yang futuristik dan menemukan sosok arsitek perempuan ini. Puluhan bangunan iconic dengan gaya futuristik yang dihasilkan Zaha Hadid. Salah satu yang kemudian Qadarullah sekian tahun setelah Zaha putri saya tumbuh, bisa saya lihat dan kunjungi langsung adalah Heydar Aliyev Center di Kota Baku Azerbaijan. 

nama-anak-unik


Senangnya luar biasa saya bisa melihat langsung dan berphoto di depan karya Arsitek yang menjadi inspirasi nama kedua anak saya. MasyaAllah, gak menyangka. Bahkan bisik hati ketika melihat karya-karya Zaha itu kemudian suatu hari atas izin Allah mewujud. Bisik hati serupa do'a semoga suatu hari bisa melihat langsung karya Zaha Hadid. Nah atas kasih sayangNya tanpa sengaja atau saya niatkan kemudian Allah bentangkan jalan saya bisa ke Azerbaijan, ke Kota Baku dan melompat di depan bangunan cantik dan unik hasil karya Zaha Hadid.

Nama tengah, si tengah diambil dari Bahasa Sanskerta. Bahasa Sanskerta adalah bahasa kuno Asia Selatan yang merupakan cabang Indo-Arya dari rumpun bahasa Indo-Eropa yang berkembang di Asia Selatan setelah moyangnya mengalami difusi trans-budaya di wilayah barat laut Asia Selatan pada Zaman Perunggu. Bahasa Sanskerta adalah bahasa suci umat Hindu, Buddha, dan Jain. Demikian sumber Wikipedia menyebutkan. 

Sebagaimana diketahui bahasa Sanskerta juga banyak diserap oleh Bahasa Indonesia dan ternyata oleh Bahasa India. Kata "Tantra" memiliki banyak makna baik makna literal maupun etimologi. Tantra dapat diartikan ilmu, intisari, esensi, asal, kesinambungan, kerangka, sistem, bahkan pemerintahan. Sebetulnya banyak lagi terlebih Tantra jika kaitkan dengan ajaran Hindu dan Budha. Meski sering digunakan sebagai nama laki-laki namun sebetulnya kata ini dapat juga digunakan untuk nama perempuan.

Saat saya tengah hamil besar Zaha, Ayahnya mendapat tugas training sekitar 1,5 bulan di India. Kata "Tantra" menjadi pilihan nama tengah Zaha memang lekat dengan India. Kami sendiri lebih prefer pada "pemerintahan" sebagai arti/makna dari Tantra. 
Iya jika tidak menjadi seorang aristek yang merancang bangun suatu bangunan fisik, mungkin Zaha akan menjadi perancang bangun pemerintahan? Seorang ahli tata pemerintahan bisa jadi kan? 
Karena nama serupa do'a. Semoga do'a baik saja yang Ia kabulkan.

Paksi Akhtar Ziayudi

Kata Paksi dapat berasal dari bahasa Jawa Kuno dan Sanskerta. Paksi lazim diartikan sebagai burung, sayap, laki-laki, kesatria, prajurit.  Kami sepakat memaknainya sebagai Kesatria. Makna di balik nama ini adalah, sosok yang berani, penuh tanggung jawab, loyal dan disipilin. Itulah kemudian kami memasangkannya dengan kata Akhtar untuk nama tengahnya.

Akhtar berasal dari bahasa arab yang artinya yang terpilih. Kata ini, sejatinya usulan dari saya. Tidak lain karena kisah pada awal kehadirannya di dunia yang sungguh luar biasa. Menjadi pengalaman yang amat sangat berharga bagi kami sebagai orang tua. Kejadian dan perjuangan di awal-awal masa hidup Paksi membuat kami seperti tengah merasakan titik terendah dalam hidup namun kemudian sekaligus menjadi momen kami bangkit. 


nama-anak-unik


Seorang bayi tampan Paksi Akhtar yang kemudian seperti mengajari kami arti menjadi oarng tua. Mengajari kami bahwa di atas semua upaya manusia, Allah-lah pada akhirnya penulis skenario. Allahlah pemegang kendali semua peristiwa. Dan saat Allah berkehendak, jadilah maka jadi. Tidak ada yang tidak mungkin bagiNya. Bahkan atas apa yang tak mungkin bagi logika manusia. Pun Allah sang Maha Baik, yang tak ada peristiwa terjadi tanpa ada hikmah di dalamnya.

Saya percaya Paksi Akhtar insyaAllah adalah Kesatria Terpilih bagi kami hingga Allah memberikan kesempatan kami bisa membesarkannya hingga hari ini. Dalam kondisi sehat dan pintar. Anugrah yang nyata-nyata Allah sempurnakan bagi kami. Atas bayi laki-laki yang divonis mengalami subependymal haemorrhage grade 3 pada usia 12 jam setelah ia lahir. Pendarahan di otaknya yang diawali oleh gangguan kekentalan darah yang entah disebabkan oleh apa. Entah! karena dokterpun tak bisa memastikan penyebab pastinya. 

Ah, semoga Ia kelak menjadi Ksatria Terpilih yang sebenarnya. Terpilih untuk mencintai Allah dan RasulNya. Terpilih untuk mendapatkan ridho penciptanya. Terpilih untuk menjadi pendamai antar sesama. Jadilah engkau Kstaria Terpilih yang jujur dan tangguh di jalan kebenaran Nak! Amiin ya Rabb.

Pada setiap nama ada makna, doa, dan harap. Apa kisah di balik nama buah hatimu? Yuk sharing di kolom komentar.


50 comments

  1. Mengamini doa2 orang tuanya, semoga kelak anak2 tumbuh sesuai harapan dengan arti dibalik nama2 yang keren. Aku baru ngeh kalo si kecil namanya Paksi. Apa kabar si Trio semoga sehat selalu yaaa

    ReplyDelete
  2. nama kakakku diambil dari singkatan nama bokap nyokap, nah kalo nama aku sendiri diambil dari nama mantannya bokap hahaha sangat unik dan menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedangkan pemilihan nama buat anakku sendiri, seserius itu melalui proses research yang panjang banget.

      Delete
  3. Unik ya nama anaknya Mbak. Aku juga kepikiran kalau punya anak tuh namanya jangan yang pasaran. Terus gak susah juga kalau ditulis atau eja

    ReplyDelete
  4. Mbak, keren2 semua nama anaknya dan penuh makna :) Kalau nama anak saya dirangkai sendiri oleh suami, saya nggak kebagian jatah pilih nama hahahha

    ReplyDelete
  5. Namanya cakeppp... Semoga doanya terkabul ya... Aminn.... Anak-anakku yang ngasih nama aku semua..hehe Cari di buku daftar nama sama di internet juga..

    ReplyDelete
  6. Sama, Mbak. Saya juga suka nama yang unik. Tetapi, menghindari huruf F, V, dan Z. Orang Sunda suka susah mengucapkannya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kejadian lah ini mak chi, aku kan aslinya pake f tapi bahkan di ijazah pake p jadi keterusan pake p. trus anakku Zaha tuh sering banget dipanggil jaha wkwkwk...trus diprotes z pak bukan j, zaha bukan jaha

      Delete
  7. Aku juga bacanya alinga loh, Mba. Ternyata elinja, ya. Sama kaya nama Irene yang dibacanya airin. Hehe....
    Anakku Jasmine, tapi orang-orang banyak yang sebut Yasmin, padahal tetap Jasmine disebutnya. Hehe

    ReplyDelete
  8. Semoga tercapai apa yang diharapkan oleh para ortu dari doa yang mereka panjatkan melalui nama anak-anak mereka. Masya Allah.

    ReplyDelete
  9. Bagus sekali nama nama anaknya mba. Unik dan semua nama punya arti dan makna yang bagus. Semoga terkabul doa baik dalam setiap nama ya mba :)

    ReplyDelete
  10. Nama anak-anak bagus dan unik mbak..kalau anakku sering salah sebut karena nama tengahnya Aieola mestinya dibaca Ayola hehe

    ReplyDelete
  11. Masya Allah nama putra-putrinya indah sekali maknanya, Mbak..Pasti anak-anak senang jika membaca tulisan Ibunya ini. Saya jadi nambah juga kosakata dari Aborigin dan bahasa lainnya. Semoga anak-anak jadi anak soleh/solehah dan baik sesuai doa dan harapan yang tersemat pada namanya, Aamiin

    ReplyDelete
  12. Nama anak-anaknya unik dan penuh makna nih mbaaak
    Memang kerasa banget dulu susaaaah cari nama untuk anak, karena takut artinya kurang sesuai hehehe

    Karena nama kan juga doa yah mbaaak

    ReplyDelete
  13. Nama anak-anak Mbak Ophi unik .... seperti itulah pertama kali menginginkan atau punya harapan yang terbaik untuk anak ya Mbak. Semoga ketiganya jadi pribadi yang membanggakan ya Mbak Ophi.

    ReplyDelete
  14. Uwaa nama anaknya mbk Ophi bagus bagus sekali mbk. Cari nama anak memang gampang gampang susah ya, tapi sekarang banyak media buat cari referensi nama anak

    ReplyDelete
  15. Ketiga nama anak-anak Mba Ophi bagus-bagus banget. Memiliki makna yang sangat bagus.

    Kadang ketika orang yang gak tahu memang suka begitu ya. Ada yang salah eja, ada yang dikira kita typo dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  16. Anak pertama emang diluar dugaan spellingnya, Mbak. Hihihi. Btw, ada gabungan kata dari kedua orang tua tuh kreatif, Mbak. Aku ngga sampai situ malah.

    ReplyDelete
  17. Nama anak saya juga terbilang butuh waktu untuk menentukannya
    Yang pertama Salfa
    Yang kedua Shanum

    Semoga arti dari nama-nama anak Mbak selalu memberikan manfaat ya

    ReplyDelete
  18. Nama anak kami diambil dari nama sahabat Nabi jadi tinggal buka buku sirah nabi hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maunya begitu juga nanti
      Eh kok seolah mau nambah 3 ya saya wkwkwkw
      Kabuuuuurrr

      Delete
  19. Hihi aku selalu bahagia mamah papahku ngasih nama Grandys. Kadang orang yg dengar bisa sampe ngulang 2x untuk make sure, mungkin karena unik ya hehe. Nama adikku juga mengandung unsur seputar tumbuh-tumbuhan hehe

    ReplyDelete
  20. pilih nama anak nggak bisa sembarangan ya mbak..
    karena nama adalah doa
    nggak hanya unik saja, tapi harus bermakna

    ReplyDelete
  21. Nama yang unik pastinya memiliki kelebihan sendiri, seperti mudah diingat dan pastinya lain daripada yang lain. Orang tua pasti memiliki alasan tersendiri memberikan nama unik untuk anaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar ya mbak, biar nggak ada yg ngembarin juga..
      tapi tak hanya unik, juga harus sarat makna
      karena nama adalah doa

      Delete
  22. Elinja, nama yang cantik, mbaaa.
    trus Zaha, baru tahu loh aku itu nama arsitek perempuan.
    nah yang ku kenal si Paksi ternyata bahasa Jawa, ya. Eh ga nyangka Paksi divonis penyakit seperti itu waktu newborn. Alhamdulillah sekarang tumbuh sehat.

    ReplyDelete
  23. Nama² yang indah dan penuh makna Teeh Masya Allah. Mengingatkan perjalananku dalam merangkai nama kedua Putraku yang nama pendeknya adalah Alfath Fastabiq dan Arthanabil Shaquille (nama lengkapnya panjang², haha), yang Insya Allah merupakan do'a abadi dariku dan Suami untuk mereka, yang semoga dapat diaplikasikan di kehidupan mereka masing-masing kelak, Amiin Ya Rabb.

    ReplyDelete
  24. Aamiin. Aku dulu sempet2in beli buku nama2 anak muslim/muslimah loh untuk anak2ku :) Biar kita juga tau artinya sehingga nama itu menjadi doa yang dikabulkan Allah. Betul, ga sembarangan kasih nama, semoga senantiasa barokah yaaaa :D

    ReplyDelete
  25. Suka sama cara kompromi Mbak Ophi sama suami dalam memilih mama. Menunjukkan kalian tim yang solid dan asyik,.juga punya komitmen bersama yang jelas. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. kompak ini kolaborasi bapak & ibu dalam memberi nama. artinya memang penting ya kerja sama dalam keluarga alias menjadi tim yang kompak.

      Delete
  26. Nama adalah doa ya Mbak, pemberian orang tuanya. Pasti orang tuanya memiliki harapan bagi si pemilik nama. Seru ngikutin orang orang cerita tentang sejarah pemberian nama untuk anak-anaknya. Akupun terlahir dari bapak dan ibu yang memberikan nama sejarah mereka atau peristiwa yang terjadi saat si anak akan atau saat lahir. Kakak dan adikku diberi nama yang khas tapi aku enggak.

    Jadi aku nanya ke bapak, kenapa namaku biasa-biasa saja. Teeernyata bapak menjelaskan kepadaku, mungkin supaya aku ndak iri kali ya. Jadi aku dijelasin arti dan harapannya.

    Iya, aku suka terkecoh dengan Zaha. Ini teh ophie gak ketinggalan satu huruf? atau pas penyebutan juga kedengerannya Zahwa Atau Zahra, tapi aku enggak denger. Eh ternyata Zaha to namanya.

    Semoga semua doa dan harapan yang diberikan kepada Kak Alinga, Zaha dan dek Paksi semuanya didekatkan oleh Allah, aamiin

    ReplyDelete
  27. Relate banget postingannya tadi lewat beranda FB ada yang cari bantuan ide nama anak...terus komennya "copas ini ajaaa...". Duh, padahal ada doa dan harapan orangtua di balik nama anak-anak mereka ya..kenapa juga copas yaaa...Kayak Mbak Ophi dan suami yang kompak saat memberi nama putra-putri...

    ReplyDelete
  28. Benar banget nama adalah doa dan harapan orang tua ya jadi jangan sampai salah pilih nama yang artinya ternyata kurang bagus

    ReplyDelete
  29. Senangnya kalau nama yang dipilih tak sekedar nama tapi ada rangkaian doa di dalam sebuah nama :)

    ReplyDelete
  30. Nama anaknya unik dan keren semua. Walaupun memang banyak membuat banyak orang terkadang jadi salah baca tetapi hal itulah yang membuat nama tersebut semakin spesial. Apalagi filosofi nama yang dipikirkan matang-matang jadi semakin terinspirasi untuk tidak main - main dalam memberikan nama kepada buah hati. Semoga keluarga Kakak harmonis selalu ya, dan buah hatinya senantiasa tumbuh menjadi anak yang hebat dan bisa membanggakan orang tuanya. Aamiin...

    ReplyDelete
  31. Toss nih pilihan nama untuk anak lelaki kita mba. Kita sama-sama memilih nama dengan arti kesatria, hanya saja pilihan vocabnya beda. Di keluargamu ada Paksi, di keluargaku ada Faris. :)

    Kedua anakku punya susunan nama yang cukup panjang, minimal 4 kata. Menyusunnya pake konsultasi dengan ahli bahasa agar tepat susunannya sesuai di negara aslinya sana. Sok-sokan pake Bahasa Arab mba suamiku. :))

    ReplyDelete
  32. Aku harus banyak belajar sih untuk memberikan nama kepada anak. Cara kerjasama untuk memilih nama anak dan memberikan nama yg terbaik jg penting yaa

    ReplyDelete
  33. Nama Anak Pertama memang bikin orang salah ngucap ya, Mbak. Apalagi orang desa seperti tempat tinggal saya. Pasti susah deh. Sering diplesetin dengan 'telinga'. Padahal bukan.

    Nama ketiga anak-anak Mbak bagus-bagus dan memiliki makna yang dalam. Keren.

    ReplyDelete
  34. Aku yang belum punya anak tapi udah ada stok nama buat anak dan nama yang bakal diberi gabungan namaku dan suami juga haha..

    ReplyDelete
  35. memilih nama anak memang ga boleh ssmbarangan ya kak opi. nama adalah doa. aku baru tahu lho ternyata paksi diambil dari bahasa sansekerta. keren artinyaa

    ReplyDelete
  36. Mbk, nama anak anaknya bagus banget. Unik dan sarat akan maknanya. Bikin nama anak ini harus banyak referensi ya, nggak bisa asal bikin. Karena harus tau artinya

    ReplyDelete
  37. Jadi ingat dulu waktu kasi nama anak saya pun sampe beli buku dan nyari nama tebaik yang akan menemani anak, nama itu doa yah

    ReplyDelete
  38. Cantik dan indah nama-nama putra dan putrinya, kak Ophi.
    Yakin semua nama yang diberikan akan membawa nasib sang anak ke masa depan yang diimpikan selama ini.

    Terselip doa dalam setiap makna nama anak yang diberikan oleh orangtua.
    Sukses selalu sayang Alinga, Zaha dan Paksi.

    ReplyDelete
  39. Ziayudi kids... Heei.. Namanya keren2. Dan artinya bagus semua. Salit sama yg ngasih nama. Inspirasinya kemana2. Keren. Smg jd anak yg inspiring n bahagia di masa depan ya nak.

    ReplyDelete
  40. milih nama anak tuh emang ngga mudah ya maaaak, banyaaaaaakkkk pertimbangannyaaa.. hihi. tapi nama anak anaknya mak ophi cakep cakep banget siiihhh, artinya juga bagus baguuus

    ReplyDelete
  41. Oh begitu, jadi tahu deh arti nama-nama putra Mak Ophi. Aku sejak lama lho penasaran. Namanya iya, unik dan anti mainstream. Ternyata artinya bagus-bagus. 😍

    ReplyDelete
  42. Alinga, tapi pengucapannya elingga. Hihi emang jauh ya mbak, patesan si sulung juga sering protes. Saya kalau nggak baca ini juga pasti akan mengucapkan alinga. Jadi tahu juga asal mula kata itu dan artinya. Semoga anak-anak tumbuh sesuai harapan yang tersemat dalam nama mereka

    ReplyDelete
  43. Namanya keren-keren kak... Pilih nama emang harus teliti dan hati-hati ...selain harus bermakna baik..juga mudah diingat ya...

    ReplyDelete
  44. nama anak itu emang kudu penuh makna dan doa ya. aku juga anak-anak semua cerita namain itu ada ceritanya <3

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.