Iodium dan Zat Gizi Mikro: Sedikit Tapi Penting

Pentingnya Zat Gizi Mikro

Berdasarkan berapa banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, nutrisi dibagi menjadi dua kelas. Makronutrien (zat gizi makro) dan mikronutrien (zat gizi mikro). Zat gizi makro adalah zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang lebih besar. Karbohidrat, protein, lemak termasuk ke dalam makronutrien.

Sebaliknya, zat gizi mikro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit di dalam tubuh. Yang termasuk mikronutrien adalah vitamin dan mineral seperti kolin, zat besi, vitamin A, C, D dan E. Zat gizi mikro atau biasa disebut mikronutrien ini, meski merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon,  aktivitas enzim serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi. 

Pemahaman tentang pentingnya zat gizi mikro termasuk di antaranya Iodium ini juga saya dapatkan dari kegiatan Virtual Launch Royco Baru dengan kandungan Garam Iodium pada Tanggal 25 Januari 2021 lalu. Dalam virtual meeting tersebut berbagai narasumber menyoroti pentingnya peran zat gizi mikro bagi kualitas sumber daya manusia dalam jangka panjang dan bagaimana kita semua terutama orang tua memastikan kebutuhan zat gizi mikro pada anak-anak terpenuhi sebagaimana mestinya.



Acara webinar tersebut digawangi oleh MC Cisca Baker dengan berbagai narasumber yang berkompeten. Mba Cisca nih salah satu MC favorit saya. Hadir secara virtual dan memberikan keynote speech Ibu Hera Nurlita dari Kementerian Kesehatan. Kemudian dalam "pleno discussion" hadir Ibu Herni Raharja: Directoor of Food and Refreshment PT Unilever Indonesia;  Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN: Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University; dr Diana F Suganda, Sp.GK, M.Kes. Dokter Spesialis Gizi Klinis; dan  Tantri Syalindri Ichlasari, Penyanyi dan Ibu 2 orang anak.



Prof Dodik menyampaikan bahwa Hidden Hunger atau kelaparan tersembunyi lebih berbahaya secara jangka panjang karena bisa jadi tidak kentara dan tidak mudah kita deteksi secara dini. Anak-anak mungkin tampak gemuk, doyan makan, dan terlihat normal seperti biasa. Namun ketika zat gizi mikro yang fungsinya sangat penting terutama untuk jangka panjang anak-anak tidak terpenuhi, maka efek buruknya baru terasa di kemudian hari. Karenanya kita benar-benar harus hati-hati dan memastikan terpenuhinya kebutuhan mikronutrien tersebut.

Menurut Prof Dodik, berdasarkan Global Hunger Index, Indonesia berada di urutan 70 dari 120 negara. Jadi masih belum menggembirakan dan PR besar untuk kita. Defisiensi iodium  pada anak balita ada di angka 50-59% sedangkan defisiensi iodium pada ibu hamil sekitar 40%. Secara general 20-40% populasi kita mengalami defisiensi zat gizi mikro termasuk iodium. Angka yang cukup memprihatinkan.

Di sinilah pentingnya, kita mencari tahu ciri anak terindikasi hidden hunger. Meskipun makannya banyak misalnya tapi mungkin sang anak mudah sakit, tidak konsentrasi belajar,  dan bisa jadi perkembangan fungsi fisik maupun mentalnya terganggu. 

Iodium sebagai salah satu unsur mineral umumnya terkandung dalam air laut atau tanah di sekitar lautan. Iodium berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi hormon tiroid. Hormon tiroid berperan dalam mengatur proses metabolisme tubuh dan berbagai fungsi organ di dalam tubuh. 

Sebagai nutrisi yang penting bagi tubuh, iodium berperan menjaga fungsi tiroid tetap stabil; mendukung pertumbuhan otak janin, bayi, dan anak-anak; mencegah penyakit tiroid, seperti penyakit gondok dan hipotiroidisme; dan mengurangi risiko kanker tiroid. Penyakit hipotiroid yang dapat menyebabkan sulit konsentrasi, kenaikan berat badan tanpa sebab dan gangguan fisik lainnya

Tidak hanya itu, iodium ternyata juga bermanfaat  untuk meningkatkan metabolisme, perkembangan saraf janin, memelihara kesehatan tulang, meningkatkan respon imun, dan mencegah hidden hunger. Jadi iodium merupakan salah satu zat gizi mikro yang juga harus kita penuhi kebutuhannya. Sedikit tapi penting untuk memenuhinya.


Menu dengan Gizi Seimbang: Sederhana (Tidak Harus Mahal) dan Full Nutrisi

Dr. Diana mengatakan bahwa orang tua perlu memperkaya pengetahuan dan kreativitas dalam memenuhi nutrisi seluruh keluarga dengan menyertakan bahan-bahan bergizi di tiap masakan, termasuk garam beriodium. Garam beriodium merupakan garam yang sudah difortifikasi atau ditambahkan mineral iodium. 

Nah memang pengetahuan sebagian besar masyarakat mengenai manfaat dari iodium masih terbatas pada upaya pencegahan penyakit gondok. Padahal, dampak dari kekurangan iodium jauh lebih luas dan dapat terjadi pada semua usia terutama masa golden period anak.

Dr Diana menegaskan mikronutrien sangat penting meskipun kebutuhannya hanya sedikit. Untuk memenuhi kebutuhan zat gizi mikro, kita harus bisa memvariasikan menu makanan sesuai dengan prinsip isi piringku agar terpenuhi gizi sekaligus bergizi seimbang termasuk mikronutrien di dalamnya

Apa yang harus dilakukan orang tua untuk menghindari hidden hunger? Orang tua harus tahu dulu apa itu hidden hunger dan penyebab serta akibatnya. Lalu harus paham  tentang bagaimana gizi yang baik dan seimbang. Selanjutnya tentu saja diimplementasikan dalam menyiapkan menu makanan di rumah. 

Misalnya dengan menyusun menu yang variatif, mengingat tidak ada satu bahan makanan yang lengkap. Variasi menu sangat penting sepanjang  mengacu pada panduan isi piringku. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut tidak harus bahan pangan yang mahal, banyak pangan lokal yang kandungan gizinya bagus.

Kebutuhan iodium berbeda antar kelompok usia. Setiap kelompok usia membutuhkan iodium harian yang berbeda yang dihitung per mili gram/mgr. Untuk bayi hingga anak usia 1 tahun  butuh 90 mgr/hari, anak usia 1-12 tahun 120 mgr/hari, remaja hingga dewasa 150 mgr/hari, Ibu hamil butuh iodium 200 mgr/hari, sedangkan Ibu menyusui 250 mgr/hari. Terhitung kecil namun memiliki manfaat dan dampak yang sangat signifikan bagi masing-masing kelompok usia tersebut.



Royco Baru dengan Garam Beriodium dan Program Nutrimenu

Nah bertepatan dengan peringatan Hari Gizi Nasional, dalam Virtual Meeting tersebut dilakukan juga Virtual Launch Royco dengan Garam Beriodium. Produk ini menjawab kebutuhan para orang tua untuk menyajikan aneka hidangan lezat bernutrisi guna #BantuTumbuhSesuai perkembangan anak, sekaligus mencegah terjadinya hidden hunger. 

Menurut Ibu Hernie Raharja,  Unilever secara global memiliki komitmen untuk membantu masyarakat melakukan transisi menuju pola makan yang lebih sehat sembari mengurangi dampak lingkungan dari rantai makanan. Sejalan dengan komitmen tersebut, Royco memiliki tujuan mulia atau purpose yaitu Gerakan Pangan untuk Masa Depan guna menginspirasi keluarga Indonesia dalam mengonsumsi hidangan yang baik untuk tubuh maupun untuk bumi; yaitu yang beragam, bergizi seimbang, serta berasal dari sumber yang berkelanjutan. Waw kece ya purpose-nya. Atuhlah saya dukung sekali ini sebagai Mom dengan 3 calon pemimpin masa depan. Amiiin

Selain itu, Royco juga ingin membantu mengatasi berbagai masalah nutrisi, baik melalui inovasi produk maupun program edukasi yang dilakukan secara konsisten.” Nah salah satu permasalahan gizi yang masih dihadapi oleh masyarakat Indonesia, yakni hidden hunger ini juga menjadi perhatian Royco. 

Karenanya selain melakukan upgrade terhadap produk di antaranya dengan menambah Garam Beriodium yang dapat membantu memenuhi 15% kebutuhan iodium harian seluruh anggota keluarga, Royco juga melanjutkan  program “Royco NutriMenu” yang melibatkan kolaborasi dengan lebih banyak pihak untuk dampak yang lebih optimal. 



Moms, boleh angkat tangan yang setiap hari pening mikirin menu apa yang mau disiapkan untuk besok? Alhamdulillah ini permasalahan semua Ibu sih kayaknya yaks hehehe. Saya banget ini mah. Nah kabar gembiranya buat yang belum tahu "Royco Nutrimenu" saya kasih tahu kalau di sana ada banyak inspirasi menu sehat, yang simpel, memenuhi isi piringku, lengkap dengan panduan bahan dan cara memasaknya, bahkan kandungan gizinya. Bisa banget buat jadi bahan contekan saat menyusun menu mingguan di rumah.

Yang bikin Mom of Trio girang, menu-menu di Royco Nutrimenu itu sesuai dengan prinsip #DapurMomofTrio: Simpel, Enak, dan Sehat. Jadi bahan-bahan yang diperlukan juga bukan bahan yang harus mahal dan susah dicari. Terus karena acuannya panduan isi piringku, jadi gak khawatir kalau sampai gak terpenuhi salah satu unsur gizinya karena semua dibuat seimbang. Sayur-sayuran selalu ada dan divariasikan dengan baik jadi gak bikin bosen atau kaku.




Kalaupun gak persis seperti menu di sana, biasanya saya jadikan acuan dengan bahan yang ada di kulkas aja. Kalaupun gak plek ketiplek, tetap bisa jadi inspirasi banget Moms. Biar gak pusing mikirin menu makanan anak-anak selama sepekan plus khawatir akan terpenuhinya kebutuhan gizi mereka secara seimbang baik zat gizi makro maupun mikronya. 

Untuk menambah kelezatan masakan, selalu tambahkan Royco Kaldu Sapi atau Kaldu Ayam. Jadi makin yakin bisa memenuhi kebutuhan iodium seluruh anggota keluarga dari menu harian yang kita sajikan.

Semangat Moms...menu masakan rumahan is the best lah! Apalagi kalau masaknya dengan penuh cinta. Eaa...Gak cuma aku yang terbantu nih. Penyanyi dan Ibu dua anak Tantri Syalindri aja merasakan manfaat Royco Nutrimenu lhoo...

“Sebagai seorang ibu, aku ingin selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga, termasuk saat menyiapkan menu hidangan sehari-hari. Royco telah memberikan begitu banyak inspirasi sehingga aku bisa memasak menggunakan berbagai variasi bahan nabati yang bergizi sambil ikut berkontribusi terhadap lingkungan. Apalagi kini Royco telah menggunakan garam beriodium, sangat membantu aku dalam memastikan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara lebih optimal.”

Nah yang gak kalah seru dari Virtual Launch dengan Royco adalah saat Chef Norman Ismail yang langsung mempraktikan olahan dua menu sehat yang bisa banget jadi inspirasi. Nasi kacang hijau dengan ubi merah dan Steam ikan kembung dengan daun kelor. Kedua menu ini menggunakan bahan yang tidak sulit didapatkan namun dengan kandungan gizi super, seperti daun kelor atau moringa yang merupakan super food. 



Kandungan gizinya juga seimbang tidak hanya memenuhi kebutuhan zat gizi makro tapi juga zat gizi mikro. Tambahan Royco dengan Garam Beriodum yang #BantuTumbuhSesuai membuat masakan makin lezat. 

Wajib recook di Dapur Mom of Trio sih. Olahan Nasi kacang hijau ubi merah bisa banget buat alternatif saat anak-anak ogah-ogahan makan nasi. Kebutuhan karbohidratnya tetap terpenuhi dengan variasi ubi dan jagung plus kebutuhan seratnya juga terjaga dengan kacang hijau. Nah kalau ikan kembung sudah sering diolah di Dapur Mom of Trio. Tapi, memadukannya dengan daun kelor itu ide cemerlang banget sih.

Menu Sehat ala Dapur Mom of Trio

Nah terinspirasi dari beragam menu sehat di Royco Nutrimenu, Mom of Trio mencoba mengolah bahan yang sudah ada di kulkas nih. Iya, sejak pandemi belanjanya juga gak tiap hari kan. Jadi stock sekitar seminggu gitu. Enaknya ngintip Royco Nutrimenu tuh bukan hanya kita bisa recook dan meniru seperti yang ada di sana, tapi bisa mendapat inspirasi olahan menu dari bahan yang kita punya di rumah. Jadi tetap bisa kontrol kandungan gizinya nih.

Saya coba sharing 3 menu sehat yang jika dijadikan menu makan bisa saling melengkapi sesuai panduan isi piringku. Menu ini mewakili bahan utamanya dari protein hewani, protein nabati, dan sayuran. Nah untuk menu camilan juga saya juga tetap mengacu pada panduan isi piringku. Ada masakan rumah apa aja nih dari Dapur Mom of Trio?

Ikan Kembung Kukus Bumbu Kuning

Nah kebetulan ada ikan kembung, kita kukus aja yuk! Kalau Chef Norman ikan kembungnya di steam. Mirip-mirip, saya kukus nih ikan kembungnya. Bumbu kuningnya standar ya. Gabungan dari bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai, kemiri, lengkuas, jahe, serai yang dihaluskan. Trus saya tambahkan daun salam, serai yang dipeprek, dan irisan daun jeruk. 




Gak lupa bumbu halus tadi saya tambahkan Royco baru dengan kandungan ioidum dan sedikit garam. Kukus sampai matang deh. Praktis kan? kandungan gizinya? Hm jangan tanya ikan laut dan rempah segar plus bumbu yang beriodium.  Monggo kalau mau dicoba.

Tahu Kuning Sambal

Nah kebetulan ada tahu kuning atau tahu bandung juga nih di kulkas. Ini mah digoreng biasa juga enak banget kok. Cuma kali ini, mau dimasak sambal ah. Tahunya dipotong-potong kotak kemudian digoreng dan sisihkan. Untuk sambalnya tergantung selera untuk tingkat kepedasannya. 




Karena Trio-ku ga suka terlalu pedas jadi aku hanya pakai bawang putih, bawang merah, sedikit cabai merah dan kutambahkan tomat juga nih. Bumbu dihaluskan. Tumis bumbu sambalnya dan tambahkan Royco baru, garam dan gula deh. Tambahkan air sedikit terus masukan tahu gorengnya. Jadi deh! enak, simpel, kaya gizi juga lho tahu bandung ini.

Cah Sayur Jamur Tiram

Untuk asupan sayurnya, aku bikin cah. Bahannya dari jamur tiram, wortel, daun bawang, seledri, dan tauge. Untuk bumbunya, cukup potong kasar bawang putih, bawang merah, tomat. Bumbu ditumis dan tidak lupa tambahkan gula dan sedikit garam serta Royco baru. Masukan jamur tiram dan sayuran. tambahkan sedikit air. Masak hingga matang. sajikan deh. 


Siomay Rumahan

Untuk camilannya, bisa sediakan siomay rumahan aja. Kalau mau bikin sendiri siomaynya juga bisa sih. Malah lebih bebas mau pakai daging ayam giling, daging ikan, atau udang untuk campuran siomaynya. Tapi kalau mau beli yang sudah jadi, semacam frozen food gak papa juga kok. Nanti tinggal dikukus kan. Nah tapi supaya seimbang gizinya tambahkan protein dengan telor rebus, serat dengan kol kukus, dan karbo dengan kentang kukus. 




Kalau suka bisa juga tambahkan pare kukus. Aku suka pare tapi anak-anak dan suami enggak hehe. Nah untuk bumbu siomaynya, cukup haluskan kacang tanah goreng, cabai, gula, garam, sedikit terasi kalau suka, jangan lupa tambahkan Royco Baru. Jadi deh camilan sehat. Selain bumbu kacang, bisa tambahkan kecap dan saus sambal kan. 

Gimana Moms? setuju kan kalau masakan rumahan itu bisa banget tetap enak meski kita bikinnya simpel. Jangan lupa untuk mempertimbangkan keseimbangan gizinya. Manfaatkan juga inspirasi menu-menu dari Royco Nutrimenu.

Semangat selalu ya Moms. Yok kita lawan hidden hunger dari dapur masing-masing. Untuk generasi bangsa masa depan yang sehat. Salam sayang dan sehat-sehat semua.

71 comments

  1. Mantuul banget Royco ini, selalu menghadirkan inovasi yg bikin emak2 bahagiaa.
    Royco hadir dengan Garam Beriodium.
    Ini terobosan baguus banget, karena makanan tetap bahkan semakin lezat, juga sekaligus wujud nyata kepedulian Royco mengatasi salah satu masalah gizi di Indonesia yaitu Hidden Hunger yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes mak, lezatnya pasti kandungan gizinya juga oke

      Delete
  2. kadang memang suka terlupakan memberikan nutrisi mikro pada keluarga terkhusus anak kita, nah lewat campaign dari royco dengan garam beriodium ini membantu memberikan pemaparan yang tepat terkait nutrisi anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena sedikit jadi suka terlupakan ya, pdhal tetep penting. jd dingetin lagi ya sm Royco

      Delete
  3. Baca tetang iodium terus lihat masakannya yang pakai Royco dengan garam beriodium langsung ngences gini. Sekarang para ibu gak perlu khawatir lagi ya mbak, karena sekarang untuk memenuhi kebutuhan garamnya sudah ada di Royco.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih alhamdulillah udah terbantu kebutuhan harian iodium seluruh keluarga dg royco

      Delete
    2. Ternyata penting banget ya Iodium bagi kesehatan, berperan menjaga fungsi tiroid tetap stabil, mendukung pertumbuhan otak janin, bayi, dan anak-anak,
      Huhuuu untungnya Royco inovasi baru ini semoga bisa mengurangi penyakit2 di atas.

      Delete
  4. Mikro bukan berarti diabaikan, ya. Karena kalau dibiarkan terus-menerus efek jangka panjangnya gak main-main. Masakan kalau udah pakai Royco memang berasa jadi lebih lezat, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu efeknya jangka panjang, jd waji hati2 bgt

      Delete
    2. iya ya, aku pun masak pakai Royco yang ada garam iodiumnya ini jadi nagih pengen masak terus. Ternyata emang enak masakan kalau ditambahkan ROyco.

      Delete
  5. Setuju banget, asalkan ada kemauan masak di rumah dengan bahan yang simple ga harus mahal tapi bernutrisi full ya Mak. Apalagi ditambah Royco baru yang beriodium, makin nambah kelezatan dan menyehatkan.
    Truss aku lavaar lihat postingan makanan jam segini, eta somaay menggoda atulaah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaah siomay bs bikin di rumah tambahin sayuran dan telor trus bumbunya kasih royco jg

      Delete
  6. Bener banget ya mbak, makanan sehat itu nggak harus mahal bahkan lebih baik kita masak sendiri menu makanan supaya bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan gizi seluruh anggota keluarga. Duh, kalau ngomongin Royco sih andalanku banget di dapur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehat tidak sama dengan mahal ternyata klo soal makanan mba

      Delete
  7. ngiler banget liat Ikan Kembung Kukus Bumbu Kuning :D jadi pengen masak juga nih

    ReplyDelete
  8. Duh aku jadi laper... Sama ya dengan zat penting lainnya..sedikit tapi penting. Apalagi iodium..kalo kekurangan bisa gawat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kekurangan iodium bukan hanya gondokan lhoo banyak efek yg hrs kt waspadai

      Delete
  9. Nah ini tantangannya ya. Anaknya beratbadannya naik, tapi harus diketahui juga apakah hidden hungger enggak ya.

    makasih banyak Mbak Ophi sharingnya, aku jadi paham bahwa iodium itu penting juga, dan jangan sampai kekurangan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba...iyes kita saling ngingetin mba

      Delete
  10. Banyak orang mengabaikan mikrogizi ya, Mba.. royco nih sepertinya melihat peluang itu. Alhamdulillah deh jadi terbantukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pdahal sedikit tapi penting

      Delete
    2. iya, Mba.. sedikit tapi penting. diabaikan bisa berefek ke penyakit tiroid ya.. ngeri

      Delete
  11. Banyaaak.. enak2 smua itu makanannya. Ah mau. Sedikit tapi penting. Bener banget ya mba. Nggak kliatan tp jangka panjang berefek. Hidden hunger harus dilawan nih dgn cukup iodium

    ReplyDelete
  12. Ternyata banyak sekali manfaat iodium ini ya, walau tergolong mikronutrien dan kebutuhannya kecil saja bagi tubuh, tapi kalau nggak terpenuhi, bahaya juga bagi tubuh.

    Saya ingatnya iodium itu buat pencegah penyakit gondongan aja, pelajaran sejak jaman SD dulu hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mba edukasinya dulu blom selengkap sekarang sy jg dulu tahunya gt...gondokan

      Delete
  13. Waduh resep makanan sehatnya banyak ya mbak Ophi. Nanti mau nyoba pepes kembungnya deh. Keliatan yummy apalagi bumbunya udah ditambah dengan royco dengan garam beriodium tentunya nambah maknyoss.

    ReplyDelete
  14. Khawatir juga baca tentang hidden hunger ya karena penampilan anak terlihat sehat tapi ternyata mengalami kurang zat penting tanpa disadari padahal kekurangan yodium,zat besi dan zat penting lain itu bahaya. Efeknya juga berpengaruh pada kecerdasan dan tumbuh kembang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya efeknya jangka panjang mba, jd ya harus hati2

      Delete
  15. kita harus perhatikan banget ya mba.. walaupun sedikit tapi jadi elemen penting

    ReplyDelete
  16. Setuju banget, bikin menu seimbang yang kaya akan nutrisi tidak selalu mahal. Aku seting banget belanja di pasar, banyak macam sayur dan murah. Seneng banget ada Royco Nutrimenu, nggak bingung lagi mau masak apa.. Tinggal buka web Royco, recook deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi ide contekan banget nih royco nutrimenu

      Delete
  17. Nah iya ya, ternyata mikro nutrisi ini sangat penting ternyata buat tubuh. Kaya yodium. Kalo gak ada di makanan, bisa bahaya ke tubuh. Keren deh Royco, peduli dengan ini. Jadi tenang deh pake Royco.

    ReplyDelete
  18. Iyesss.. Zat gizi mikro itu sedikit tapi penting banget ya... Sayang kalau selama ini orang menganggap garam beriodium itu hanya perlu untuk mencegah gondok, padahal manfaatnya banyak ya mba, bisa buat membantu kecerdasan juga...

    Aniwei mba ophi rajin sekali bikin menu macam-macam buat trionya... mama idola memang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ku masak tiap hari mba buat makan di rumah, menunya biasanya memang 3 macam gt. makanya suka pusing mikir besok masak apa ya?hahaha

      Delete
  19. aku suka baca baca resep nya Royco mbak, buat inspirasi masak di rumah
    aku pun juga selalu pakai Royco saat masak..
    senang dengar klo Royco skrg ada kandungan garam iodiumnya, pasti bikin masakan lebih sehat dan enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi lebih tenang aja klo kebutuhan iodium kt udah include di penyedap ya

      Delete
  20. Kalau melihat fakta hidden hunger ini sedih sekali yaa..
    Dan pemenuhan kebutuhan nutrisi zat mikro juga kudu banget diperhatikan.
    Senangnya kehadiran Royco baru yang mengandung iodium.
    Pasti menjadi pilihan para Ibu cerdas saat memasak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidden hunger tuh kayak sesuatu yg kita duga gt sih makanya kudu ati2

      Delete
  21. justru yang sedikit ini penting banget dicukupi ya mbak nutrisinya. Ternyata kekurangan zat mikronutrien bisa mengakibatkan hidden hunger ya. Padahal garam beriodium itu mudah didapatkan ya salah satunya mellaui Royco Kaldu ayam dan sapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, sedikit tp jangan smp terlewat

      Delete
    2. Terlewat malah berpengaruh besar buat tumbuh kembang anak ya mbak. Pakai royco kaldu udah terpenuhi garam iodiumnya

      Delete
  22. Meskipun rumahan tapi tetap enak dimakan Mbak
    Itu yang penting buat suami dan anak anak jadi ga ada drama kelaperan atau bingung dengan lauk/camilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba meski ga mewah makan makanan rumahan kita dha yakini kualitas dan kebersihannya kan

      Delete
  23. Sedao banget pepesnya ikan Mba Ophi, pengen coba juga bikin recook. royko memang andalan bikin makanan jadi lezat ya.

    ReplyDelete
  24. Baca artikel ini langsung lapar dengan sukses Mak haha. Selama ini ikan kembung biasanya aku goreng garing atau direbus pakai bumbu asem-asem. Belum pernah kalau dikukus. Bisa dicoba nih resepnya. Plus royco beriodium tentunya ya Mbak hehe.

    ReplyDelete
  25. Mantuul banget Royco ini, selalu menghadirkan inovasi yg bikin emak2 bahagiaa.
    Royco hadir dengan Garam Beriodium.
    Ini terobosan baguus banget, karena makanan tetap bahkan semakin lezat, juga sekaligus wujud nyata kepedulian Royco mengatasi salah satu masalah gizi di Indonesia yaitu Hidden Hunger yaaa

    Btw, Buibu terwajib untuk pelajari seputar pemenuhan gizi. Jangan sampe kita "merasa" udah masak, udah siapin makanan ....eh, ternyata nutrisinya nol yhaaa

    ReplyDelete
  26. Jadi ingat mamahku nih kalau masak sop dan tumisan sering pakai Royco yang rasa sapi atau ayam :) Memang deh masakan menjadi makin lezat rasanya. Sekarang kemasan baru yang beriodium nih aku belum coba. Besok2 beli ah. Btw hidden hunger masih menimpa2 anak2 di Indonesia ya...Ternyata badan gemuk pun ga menjamin mereka benar2 sehat.

    ReplyDelete
  27. Wah Royco baru ternyata beryodium ya? Mantap kalo gitu. Secara orang Indonesia butuh yodium buat tubuhnya. Apalagi makanan menjadi tambah enak pakai Royco. Yummy

    ReplyDelete
  28. Iodium ini penting ya untuk tubuh anak, jangan sampai kurang karena ya bisa ga baik juga untuk perkembangan tubuh fisik si anak...

    Baru tahu nih istilah hidden hunger, jadi memang harus perhatikan benar-benar perkembangan fisik anak

    ReplyDelete
  29. Wah liat ada royco dengan garam beryodium aku jadi semangat pengen masak terus buat keluargaku, karena kandungannya baik untuk anak2 ya

    ReplyDelete
  30. wah keren banget inovasi dari Royco ini ya mbak...
    dengan kandungan garam beriodium ini, Royco nggak hanya membuat masakan lebih lezat, tapi juga sehat
    pas emang buat teman masak ibu di rumah

    ReplyDelete
  31. Kalau anak gampang sakit dan lesu sulit konsentrasi bisa juga mereka kekurangan zat penting dalam tubuh ya seperti yodium dan zat besi

    ReplyDelete
  32. Ternyata banyak sekali ya manfaat iodium, selama ini kenalnya cuma buat mencengah penyakit gondong, pelajaran yang diperoleh sejak jaman masih SD.

    Beruntung kini royco juga dilengkapi garam beriodium, masakan bukan hanya lezat tapi juga dilengkapi salah satu zat mikronutrien yang dibutuhkan tubuh

    ReplyDelete
  33. Iodium walau cuma butuh sedikit tapi ternyata berperan penting buat nutrisi bahan2 panganan yg kita konsumsi ya mbaj.
    Bagus juga nih program Royco untuk Gerakan Pangan Masa Depan-nya. Ini program utk masyarakat dr komunitas tertentu atau semua boleh ikutan mbak? Kalau iya gmn cara gabungnya?

    ReplyDelete
  34. kekurangan iodium ini juga bisa mengganggu konsentrasi dalam belajar ya, Mam. Aku klau masak malah aku kurangi garamnya. Karena kami gak suka yang asin. Tapi sekarang sudah ada Royco ya, penambah Iodium bagi masakan yang dibuat di dapur untuk anggota keluarga

    ReplyDelete
  35. Kekurangan iodium ternyata berdampak besar buat kesehatan dan pertumbuhan anak ya. Sayangnya pemahamanku nggak nyampe kesana si. Biasanya masak ya masak aja. Syukur deh kalau Royco jg sudah ada kandungan gara iodium, jadi bs menyajikan masakan yang lebih sehat buat keluarga

    ReplyDelete
  36. Selama ini banyak yang kurang perhatian dengan kecukupan iodium. Padahal iodium itu zat gizi mikro yang penting bagi tubuh. Untunglah sekarang Royco mengandung garam beriodium, jadi bisa menyehatkan.

    ReplyDelete
  37. Mbak lihat foto siomay saya kok jadi pengen belajar buat sendiri di rumah ya. Biasanya waktu masak dan coba-coba itu pas weekend. Semoga nggak lupa ah.

    ReplyDelete
  38. Apa saja makanannya kalau sudah ketemu sama Royco, pasti enak banget dan bikin sampai tambah nasi terus
    Ya nggak? Hehehe

    ReplyDelete
  39. Masak jadi lebih praktis yaa..kak, karena Royco kini sudah mengandung Garam Beriodum.
    Walau mikro nutrisi, tapi tetap sangat dibutuhkan oleh tubuh.

    ReplyDelete
  40. Baru tau ada istilah hidden hunger. Dan aku kira masalah kekurangan iodium itu cuma penyakit gondong, eh ternyata cukup besar juga manfaatnya buat kesehatan. Untung di rumah lama pake Royco, jadi nggak kekurangan iodium deh. Hehe.

    ReplyDelete
  41. Royco emang andalan juga di rumah mba sellaunstock aku btw aku salfok resep siomaynyabjadi pengen deh

    ReplyDelete
  42. Akhir-akhir ini aku juga mulai paham tentang hidden hunger ini. Bisa jadi sebenarnya tubuh kita dehidrasi bukannya lapar.

    ReplyDelete
  43. Jadi kalau pakai Royco beriodiom ini tidak perlu lagi tambahan garam kan yah...
    bedewi basweiii, makasih dengan resepnya ya, akan saya praktikkan nanti.

    ReplyDelete
  44. Aku udah kepoin resep-resep di Royco nutrimenu. Mayan banget bisa jadi referensi lauk sehari-hari. Biasanya kan galau mulu besok mau masak apa. Bahan-bahannya sederhana tapi nutrisinya lengkap. Dan soal rasa, emang Royco jagonya. Keluarga saya sudah pakai sejak jaman saya masih anak-anak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.