Tips Memilih Cemilan Baik Untuk Trioku



Kenapa Cemilan Penting?

Kadang sebagai orang tua, fokus kita dalam memberikan nutrisi pada anak dan keluarga tertuju hanya pada makanan pokok sebagai menu utama. Betul apa betul? Nah padahal dalam konsep kombinasi makanan secara keseluruhan, keseimbangan antara makanan pokok dengan cemilan sebagai tambahan tetap harus memperhatikan keseimbangan gizi lho. 

Akhir bulan lalu saya mengikuti Virtual Prescon yang diadakan oleh Paddle Pop mengulas tentang pentingnya memilih cemilan yang baik. Hadir secara virtual Ibu Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes., Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM. Untuk Diskusi panel yang dipandu oleh MC Kemal dengan beberapa pemateri yakni  Ibu Memoria Dwi Pratisa, Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia, Ibu Hernie Raharja, Foods & Refreshment Director Unilever Indonesia, , dokter spesialis anak, Ibu dr Attila Dewanti Sp.A(K),  dan Sophie Navita, presenter & ibu dari dua anak.



Kalau bicara cemilan, mostly kita mikirnya ya udah yang penting anak suka, mudah didapat, trus kita kadang abai sama kandungan gizinya. Duuh jangan lagi deh. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Kita dipaksa berada lebih banyak di dalam rumah. Aktivitas dengan motorik kasar juga jauh berkurang. Anak-anak "PJJ" dan orang tua "WFH".  Kondisi ini menyebabkan cemilan menjadi primadona dan naik daun di rumah. Dikit-dikit cemilan, wajib banget ada cemilan kan ya di rumah. 

Di sini kondisi pandemi yang juga mengharuskan kita bersiaga menjaga imunitas dan kesehatan telah meningkatkan awareness masyarakat secara kesleuruhan tentang pentingnya pola makan yang sehat dan baik, termasuk di dalamnya cemilan.  Cemilan yang baik dan mendukung asupan nutrisi untuk tubuh sehat menjadi perhatian lebih akhir-akhir ini. 

Faktanya selain membantu melengkapi kebutuhan asupan gizi anak,  cemilan baik juga bermanfaat untuk:

🍦 memenuhi kebutuhan energi harian anak,

🍦 meningkatkan konsentrasi anak, 

🍦 merupakan sumber nutrisi tambahan yang bisa melengkapi nutrisi dari makanan pokok. 

Jadi, meski bukan yang utama atau pokok, cemilan tetap penting.

Pentingnya Smart Snacking

Seperti dijelaskan oleh dr Attila Dewanti Sp.A(K) dalam Virtual Zoom tersebut bahwa:

Kesadaran tentang pentingnya memilih cemilan yang baik sangat krusial, sebab jika salah pilih cemilan bisa memiliki berbagai akibat jangka panjang, seperti obesitas dan terganggunya daya tahan tubuh anak, terutama di masa pandemi sekarang ini. Diperkirakan juga bahwa 15-25% penyakit anak-anak disebabkan karena pola makan yang kurang tepat, termasuk cemilan. Selain itu, ketika anak-anak lebih banyak beraktivitas di rumah akibat pandemi, orang tua pun memiliki kesempatan emas untuk menumbuhkan kebiasaan baru, yakni memilih cemilan yang lebih baik.

Cemilan merupakan bagian dari kebiasaan pola makan yang tidak bisa kita abaikan. Karenanya, orangtua sebaiknya paham bagaimana memilih cemilan yang baik dan seberapa sering kita bisa menyiapkannya untuk anak-anak. Menurut dr Atilla, pola konsumsi ideal anak  per hari adalah 3 x makanan utama dan  2 x makanan cemilan. Sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan, balita dan anak usia sekolah setidaknya mengkonsumsi cemilan 2-3 porsi setiap hari.


Di usia anak-anakku yang mulai masuk pra remaja dan remaja. Masalah susah makan masih suka muncul nih. Bahkan Kakak Al, sulung saya yang mulai masuk remaja kadang lebih suka ngemil ketimbang makan, terutama makan nasi. Jadi selain fokus pada kualitas gizi makanan pokok juga penting memperhatikan kandungan gizi pada cemilan.

Ini juga menjadi catatan bagi kita akan pentingnya mengajarkan jadwal snacking yang benar sama anak-anak sejak dini. Setidaknya kedua adiknya sudah bisa diajarkan kebiasaan pola makan yang baik dan sehat baik dari sisi kualitas (kandungan gizi) maupun dari sisi kuantitas (berapa kali dalam sehari). Terlebih pola makan atau ngemil di masa anak-anak akan membentuk kebiasaan dan terbawa hingga dewasa.

Sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity tahun 2017 menunjukkan bahwa orang tua yang sejak dini memberikan contoh positif dalam memilih makanan dan cemilan sehat, pada akhirnya akan mewariskan kebiasaan baik pada si kecil, dimana anak terbiasa mengkonsumsi makanan dan cemilan sehat.

Anak  yang dibebaskan mengkonsumsi cemilan kapan saja dapat memicu kebiasaan snacking yang buruk. Seperti dijelaskan dr Attila sebelumnya, kondisi ini dapat berujung pada kelebihan nutrisi atau nutrisi yang tidak seimbang.  Obesitas serta beberapa penyakit akibat pola makan yang buruk. 

Waktu pemberian cemilan juga perlu diperhatikan. Jika jeda waktu antara snacking dengan waktu makan terlalu dekat, anak juga menjadi kurang berselera untuk mengkonsumsi makanan berat. Ini yang banyak terjadi di kondisi saat ini. Karena minta cemilan terus dan kita tidak punya jadwal snacking akhirnya anak-anak malas makan makanan utama. 

Virtual Meet ini juga memberikan insight tentang pentingnya memperhatikan cemilan sebagai asupan yang tidak terpisahkan dari keseluruhan kombinasi makanan guna mendukung keseimbangan gizi anak-anak kita yang tengah bertumbuh dan berkembang. Cemilan luar biasa banyak ragamnya di luar sana. Tapi sebagai orang tua kita ternyata perlu lebih cermat memilih cemilan yang baik memperhatikan kandungan gizi dan manfaatnya.

Gak heran kalau kemudian akhirnya saat hendak memilih cemilan anak, orangtua terutama para Ibu yang concern dengan cemilan yang baik sibuk memperhatikan label kemasan. Mengamati kandungan gizi satu-satu, komposisi zat gizi, izin edar BPOM, sertfikasi halal, dan seterusnya. 

Nah kabar gembiranya menyambut Hari Gizi Nasional pada tanggal 25 Januari lalu, Paddle Pop memperkenalkan logo atau sticker yang akan mempermudah para Ibu dan orangtua pada umumnya (hmm termasuk anak-anak sendiri sih) untuk mengenali mana cemilan yang baik untuk dikonsumsi. Yes, tinggal diingat-ingat logonya, jadi pas cari cemilan di supermarket, toko, atau online shop pastikan aja logo ini. Helpful banget gak sih? menghemat waktu kita juga kan Moms?


Logo #CemilanBaikUntukmu merupakan wujud komitmen Paddle Pop dalam menerapkan standar cemilan yang baik sesuai kebutuhan gizi seimbang anak serta mengedukasi orang tua dan para caretaker pentingnya memilih cemilan yang baik. Komitmen ini juga merupakan bagian dari brand purpose #PaddlePopMainYuk yang telah diluncurkan sejak bulan November 2020. 

Paddle Pop menyadari bahwa tumbuh kembang anak yang optimal harus didukung dengan kreativitas dan keceriaan bermain, dan disempurnakan dengan pemilihan cemilan yang baik. Dengan cemilan yang mendukung pemenuhan gizi seimbang anak, anak mampu beraktivitas dan bermain dengan baik. Paddle Pop mengajak semua orang tua bersama-sama menciptakan momen bermain dan ngemil yang seru dan menyenangkan bagi anak-anak. 


Nah senangnya momen bermain dan ngemil seru ini makin lengkap dengan hampers ceria dari Paddle Pop. Kami mendapat satu colorfull box  yang tidak hanya menyenangkan karena berisi beragam ice cream Paddle Pop kesuakaan anak-anak (dan Ibunya hehehe) namun juga dilengkapi dengan time table atau calendar cemilan yang berbentuk tempelan kulkas. Jadi bisa terpantau nih jadwal ngemil anak-anak.



Selain itu ada bantal berbentuk bungkus ice cream yang juga eye catching. Oh iya, box yang eye catching ini ternyata bisa dibuka. Tadaaa, ternyata ada mainan ular tangga. teka teki silang, tarik garis dan warnai, serta temukan kata yang langsung dimainkan anak-anak sambil menikmati Paddle Pop selepas makan siang kemarin. Setelah rutinitas PJJ dengan ulangan, Quizes, dan Virtual Meet rasanya merka layak mendapat reward cemilan baik yang enak dan waktu bermain melepas penat.



Nah selanjutnya, saya juga mau share materi virtual conpress kemarin yang juga penting beanget nih. Dr Atilla, Ibu Memo, Ibu Hernie, dan Ibu Shopie berbincang seru tentang bagaimana cara mengetahui cemilan yang baik terutama untuk asupan bagi tumbuh kembang putra putri kita. 

Tips Memilih Cemilan yang Baik

🍦Pilih cemilan yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak.

Kita perlu perhatikan AKG bagi anak terutama terkait dengan kadar gula, kalori, dan lemak.  Berdasarkan rekomendasi dari WHO, dalam satu hari sebaiknya anak-anak dan orang dewasa membatasi konsumsi gula agar tidak lebih dari 50-gram dan lemak jenuh tidak lebih dari 10% total energi (misalkan, sekitar 18gram untuk anak usia 7-9 tahun). Cemilan untuk anak juga disarankan mengandung tidak lebih dari 20% kebutuhan energi harian atau sekitar 330 kalori untuk anak usia 7-9 tahun.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2019, mayoritas anak Indonesia mengkonsumsi lebih banyak cemilan dibandingkan sayuran dan buah-buahan. Bahkan tren menunjukkan bahwa mereka cenderung mengkonsumsi cemilan dengan kandungan gula, lemak jenuh, dan kalori berlebih dari AKG harian anak. Tentu ini kondisi yang harus kita perbaiki mengingat efek jangka panjang pada kualitas kesehatan generasi masa depan bangsa ini.



🍦🍦 Mengandung kebaikan susu. 

Susu memiliki beragam manfaat bagi anak-anak, karena memiliki kandungan kalori dan kalsium yang dapat menunjang pertumbuhan tulang anak secara optimal. Dr Atilla menegaskan dalam Virtual Zoom lalu bahwa:

Cemilan yang memiliki kandungan susu ataupun buah sangat baik untuk anak. “Susu memiliki beragam manfaat bagi anak-anak, karena memiliki kandungan protein & kalsium yang menunjang pertumbuhan tulang anak secara optimal. Buah juga mengandung berbagai jenis vitamin yang dapat membantu tumbuh kembang anak. 

🍦🍦🍦Mengandung serat tinggi.

Makanan dengan serat tinggi seperti buah-buahan yang mudah dicerna anak. Selain itu tidak diragukan lagi berbagai zat gizi yang terdapat dala buah dan sayur selain kandungan seratnya. Kementerian Kesehatan RI menganjurkan balita dan anak usia sekolah untuk mengkonsumsi setidaknya 2-3 porsi buah per hari. Buah juga mengandung berbagai jenis vitamin yang dapat membantu tumbuh kembang anak.

🍦🍦🍦🍦Telah memiliki izin edar dari BPOM.

Izin edar BPOM pada cemilan kemasan yang beredar di pasaran menjadi hal yang penting diperhatikan dalam memilih cemilan yang sangat banyak dan beragam di pasaran. Setidaknya hal ini untuk memastikan bahwa cemilan tersebut tidak mengandung Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang berbahaya dan dilarang.

Beberapa BTP yang berbayaha misalnya asam borat, asam salisilat, dietilpirokarbonat, dulsin, kalium klorat, kloramfenikol, minyak nabati yang dibrominasi, nitrofurazon, formalin, hingga pewarna tekstil Rhodamin B. Mungkin di dalam label kemasan tidak tertulis zat tersebut, namun dengan adanya uji di laboratorium BPOM saat pengajuan izin edar tentu saja kita bisa merasa lebih nyaman dan yakin bahwa kandungannya aman dari zat berbahaya.


Paddle Pop Cemilan Baik Semua Suka

Kenapa paddle pop merupakan cemilan baik? 

 🍧 dirancang khusus dengan nutrisi tinggi dengan memperhatikan AKG harian anak.

🍧 Standar komposisi dalam produk Paddle Pop mengacu standar internasional dari WHO

🍧 kurang dari 12 gr gula

🍧 kurang dari 110 kilo kalori

🍧 kurang dari 3 gr lemak jenuh

🍧 mengandung kebaikan susu dan buah

🍧 memiliki izin edar dari BPOM

 🍧memiliki sertifikasi halal dari MUI

🍧 rasanya enak

To sum up, it is nutritious and good taste. Wajarlah kalau anak-anak suka banget. Lhaa Ibunya juga doyan pake banget kok hehehe. Kalau Mom of Trio lagi suka varian Minion Banana Vanilla nih. Kalau kalian suka varian yang mana?


50 comments

  1. jadi kangen paddle pop, ini legend waktu aku SD, udah lama banget
    kayaknya boleh juga nih beli buat keponakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya es krim dari zaman kita2 kecil dulu yaaks hahaha

      Delete
  2. Cemilan baik untukmu, jadi sekarang tinggal lihat logo itu di kemasan ya. Nggak perlu repot baca informasi kandungan gizi, belanjanya jadi lebih cepat jadinya.

    Saya masih belum bisa bikin jadwal yang teratur antara waktu ngemil dengan waktu makan besar. Jadinya ya, bisa ngemil aja sepanjang hari, apalagi kalau saya pas malas masak. Ini kebiasaan yang nggak baik dan saya terus berusaha untuk mengubahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelan2 diubahnya mba, akupun ya gak bisa langsung jg krn klo dah kebiasaan butuh waktu utk mengubahnya jd kebiasaan baru

      Delete
  3. Asik, asiiikk! Ternyata es krim merupakan cemilan sehat ya. Hepi banget aku baca kabar yg bikin sumringah ini! Soale, aku penggemar Es krim! Apalagi kalo ke minimarket, dijamin kami sekeluarga pasti ubek2 freezer-nya Walls :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ga cuma nak kanak, emak2 kayak kita jg doyan ya mba

      Delete
  4. paddle pop yang rainbow selalu jadi inceran aku sejak SD, pasti deh selalu jajan ini di warung deket sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang legend yaa...selalu direbutin nih sm krucils jg

      Delete
  5. Di bagian foto keluarga aku cari Mbak Ophi mana yaa? Eh ... wajahnya awet muda masih ABG, hihi ... asik banget ya kumpul bareng anak-anak sambil ngemil Paddle Pop. Memilih cemilan yang baik untuk anak perlu perhatikan komposisinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha amiiin...mksh lho menghibur bgt #glek...soale masih mau rebutan es krim nih jadi kudu berjiwa muda

      Delete
  6. Saya senang Paddle Pop mengangkat tema tentang cemilan baik. Karena cemilan ini saling terkait dengan makan utama

    Ketika orang tua terlihat mengeluh anaknya susah makan, biasanya lebih ke makan utama. Padahal bisa jadi anak menjadi susah makan karena cemilannya gak tepat. Porsi ngemilnya kebanyakan atau nutrisinya gak seimbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget krn itu kejadian banget di sulung aku mak

      Delete
  7. Anak2 umumnya suka nih. ABG ku kalau dikasih kesempatan milih jajan apa, pasti es krim di urutan teratas pilihannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak2ku jg semua gt ish, pilih es grim yg pertama

      Delete
  8. Nah iya, sering kali ibu-ibu memberikan cemilan sesuai dengan yang anak suka, padahal harus dipertimbangkan ya apakah baik, juga sehat untuk anak.

    ReplyDelete
  9. Waah, inovasi Paddle Pop perlu diacungkan jempol. Dengan logo Cemilan Baik Untukmu konsumen jadi mengetahui standar cemilan yang baik sesuai kebutuhan gizi seimbang untuk anak. Memilih cemilan untuk anak jadi lebih mudah, deh!

    ReplyDelete
  10. Seneng banget ini anak anak dengernya, udah emang hobinya pada makan es krim!
    Paddle Pop ni emang ajaib, warna warni dan susu pula, tapi kok ga enek ya pas dimakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ga enak, krn pas mungkin ya ukuran gizinya

      Delete
  11. Cemilan itu tetep perhatiannya sama ya, Mba dengan makanan utama. Karena kan semua masuk ke dlm tubuh. Ga bs disepelein ya. Kalau dah ada logo cemilan baik untukmu dr paddle pop jadi ga pusing liatin komposisi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, plus in take nya klo kebanyakan anak jd ogah makan makanan utama

      Delete
  12. Paddle pop emang legend banget yah masih tetap eksis sekali sampai sekarang ya mba :) di rumah juga stock nih cemilan sehat

    ReplyDelete
  13. Udahjadi pilihan banget deh cemilannya enak dan sehat ya Paddle POp ini. Anaka anak suka, kita orangtua ya suka

    ReplyDelete
  14. Ngemil Paddle Pop jadi tenang ya, cemilan baik soalnya, enggak berlebih kandungan kalori, gula dan lemanya..Nyetok semua varian kalau saya habis di rumah doyan semua hahaha

    ReplyDelete
  15. Sudah ada logo camilan yang sehat ya Mbak jadi lebih mudah pilih camilan tanpa lama-lama berpikir..Paddle Pop enak banget aku dan anak-anak suka...

    ReplyDelete
  16. Paddle pop rainbow jadi favorite sampai sekarang, bahkan anakku juga sukanya yang rainbow, enak rasanya.

    ReplyDelete
  17. Sepakat Maak, ga hanya makanan poko aja yang bernutrisi, tapi cemilan pun harus bernutrisi dan menyehatkan. Keren nih Paddle Pop, sampe ada logo Cemilan NBaik Untukmu, makin tambah percaya para orang tua untuk memilih es krim sebagai cemilannya.

    ReplyDelete
  18. Iya mbak selama ini kita eh aku deh mikirnya menu utama aja yang harus diperhatikan, ternyata camilan juga sama pentingnya harus memperhatian nutrisinya.
    Anak-anak suka juga Paddle Pop, cocok sebagai kriteria camilan baik yang mengandung buah dan susu ya

    ReplyDelete
  19. Setuju banget kalau smart snacking itu penting ya mbak?
    Soalnya masih banyak ortu dgn anak kecil yang kasi anak2 cemilan sembarangan dan gak nyadar bahwa itu ngaruh banget ke kesehatan anak2nya.
    Senengnya Paddle Pop ternyata snack yg baik buat anak2, jd ngrasa gak salah pili deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bahkan standar gizinya udah terukur dan sesuai standar WHO kan

      Delete
  20. memilih cemilan baik untuk anak tuh emang susah susah gampang ya mak ophiii, kadang ada yang anak anak doyaaaan banget, tapi kandungannya ngga oke.Huhu. Untungnya ada es krim paddle pop yang kandungannya oke dan anak-anakpun suka yaaa

    ReplyDelete
  21. Horeee...Snacking time memang hal yang sangat dinantikan anak-anak ketika pelajaran jarak jauh.
    Pokoknya kalau uda stok Paddle Pop, udah deeh...hobi banget buka-tutup kulkas.

    ReplyDelete
  22. Wah...auto pada minta beli walls aja nih... secara udah ada logo camilan baik..jadi gak khawatir tentang nutrisi dan gizinya..

    ReplyDelete
  23. Betul mbk, orangtua harus bijak memilih snack buat anak. Ini esgrim lwgend ya, favoritku dari dulu sampe sekarang, Paddlepop

    ReplyDelete
  24. Anak-anak ku kalau ditawarin es krim pasti ngambilnya ya paddle pop. Udah legend banget es krim ini

    ReplyDelete
  25. anak-anak di rumah walau sudah selesai makan ya tetap minta cemilan dan pilihan ya es krim, pas banget mereka suka es krim paddle pop rainbow

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha inih banyak bgt yg ngefans sm rainbow emang

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.