Mengenal Seputar Rambu Lalu Lintas Perintah dan Petunjuk



Mengenal arti rambu lalu lintas memang sangatlah penting bagi seluruh pengguna jalan. Hal ini sangat penting karena rambu lalu lintas berisi informasi untuk penggunaan jalan, seperti larangan saat berkendara dan perintah yang harus dipatuhi saat berkendara, hingga petunjuk tertentu. 

Pengenalan arti rambu lalu lintas bahkan sudah disosialisasikan sejak dini. Saya ingat sekali semua anak-anak saya saat di TK mendapat pelajaran tentang rambu lalu lintas sederhana dan diedukasi dengan cara menyenangkan. Bahkan saat si bungsu di kelas 2 SD tahun lalu, masih ada materi seputar pengenalan rambu lalu lintas dan doi mempresentasikan hasil projectnya terkait rambu lalu lintas sebagai tugas salah satu mata pelajaran. Bagi emak-emak yang juga turun ke jalan,- bukan demo ya gais,- tapi membawa kendaraan penting banget juga nih mengenali rambu lalu lintas. 

Sebenarnya konsep rambu lalu lintas secara garis besar itu apa sih?

Rambu Lalu Lintas adalah bagian perlengkapan Jalan yang berupa lambang, huruf, angka, kalimat, dan/atau perpaduan yang berfungsi sebagai peringatan, larangan, perintah, atau petunjuk bagi Pengguna Jalan.  (Pasal 17 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan)

 

Nah pada kesempatan kali ini kita bakal bicarakan soal rambu lalu lintas jenis perintah dan petunjuk nih. Rambu lalu lintas perintah dan rambu lalu lintas petunjuk, keduanya memiliki ciri-ciri dan arti yang berbeda. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Rincian Rambu Lalu Lintas Perintah dan Artinya

Setiap tanda rambu lalu lintas perintah memiliki ciri dan arti masing-masing. Namun, ciri umum dari rambu lalu lintas perintah adalah berbentuk bundar dan berwarna biru serta lambang berwarna putih di bagian tengah. Nah, berikut ini adalah sejumlah rambu lalu lintas perintah beserta artinya. 

1. Tanda panah kanan

Tanda rambu lalu lintas perintah yang pertama yaitu tanda panah kanan. Arti dari tanda panah kanan ini yaitu seluruh pengguna jalan diharuskan untuk mengikuti lajur jalan yang ke arah kanan. 

2. Tanda panah kiri

Arti tanda panah kiri hampir sama dengan tanda panah kanan. Hanya saja tanda panah kiri berarti pengguna jalan harus mengikuti lajur jalan yang ke arah kiri. 

3. Tanda panah belok kanan

Tanda yang selanjutnya yaitu tanda panah belok kanan. Arti dari tanda ini yakni pengguna jalan diperintahkan untuk berbelok ke arah kanan.  

4. Tanda panah belok kiri

Kebalikan dari tanda panah belok kanan, tanda panah belok kiri berarti perintah bagi seluruh pengguna jalan untuk berbelok ke arah kiri.  

5. Tanda panah bawah serong kiri

Tanda rambu lalu lintas perintah yang selanjutnya yaitu tanda panah bawah serong kiri. Arti dari tanda ini yaitu pengguna jalan diperintahkan agar masuk ke jalur yang telah ditunjuk oleh tanda tersebut. 

6. Tanda panah bawah serong kanan

Begitu pula dengan tanda panah bawah serong kanan, artinya yaitu pengendara diperintahkan untuk masuk ke lajur yang ditunjuk yakni jalur kanan. 

Setelah mengetahui rincian dari rambu lalu lintas perintah di atas, maka mulai sekarang patuhilah selalu rambu-rambu tersebut ketika Anda sedang berkendara. 

Rambu Lalu Lintas Petunjuk dan Artinya

Jenis rambu lalu lintas lainnya yakni rambu lalu lintas petunjuk. Sebagaimana namanya, rambu lalu lintas ini berisi petunjuk kepada para pengguna jalan. Rambu lalu lintas petunjuk memiliki ciri khas berbentuk persegi panjang dan berwarna hijau. 

Namun, ada juga rambu lalu lintas petunjuk yang memiliki warna biru muda dan lambang putih di tengahnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

1. Tanda jalan tol

Seperti namanya, tanda jalan tol menandakan kepada para pengguna jalan bahwa akan ada jalan tol atau Anda akan memasuki jalan tol dalam jarak dekat.  

2. Tanda POM bensin

Jenis tanda yang selanjutnya yaitu tanda POM bensin. Adanya tanda ini menunjukkan bahwa akan ada POM bensin. 

3. Tanda tempat tidur

Tanda yang selanjutnya yaitu tanda rambu lalu lintas petunjuk berupa tempat tidur. Ciri dari tanda ini yakni berwarna biru dan berbentuk persegi panjang, serta lambang ranjang atau tempat tidur di tengahnya. 

Arti dari tanda tempat tidur ini yaitu menunjukkan bahwa akan ada penginapan, seperti hotel, di dekat daerah tersebut. 

4. Tanda orang jalan kaki

Tanda yang selanjutnya yaitu tanda orang jalan kaki. Tanda ini memiliki lambang atau gambar dua orang yang sedang berjalan yang berwarna hitam. Arti dari tanda ini yakni untuk menunjukkan bahwa ada tempat untuk para pejalan kaki. 

5. Tanda bus

Tanda yang selanjutnya yaitu tanda bus. Ciri tanda ini memiliki gambar bus berwarna hitam di tengahnya. Arti tanda ini yaitu sebagai petunjuk bahwa ada tempat pemberhentian bus. 

Rambu Papan Tambahan

Nah selain rambu lalu lintas, ada rambu papan tambahan. Rambu papan tambahan berbeda dengan rambu lalu lintas. Rambu papan tambahan berfungsi untuk memberikan informasi tambahan kepada pengguna jalan yang tidak ada di rambu-rambu lalu lintas di atas. 

Nah, demikian ya penjelasan tentang rincian rambu lalu lintas petunjuk dan perintah yang perlu Kita ketahui. Rambu perintah di atas tentu harus Kita patuhi setiap perintahnya. Sedangkan pada rambu petunjuk, Kita bisa menggunakan informasinya sebaik mungkin dalam perjalanan.



No comments

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.