Terampil Berbahasa Inggris untuk Masa Depan yang Lebih Baik



Kenapa Bahasa Inggris Penting

Saya termasuk orang yang sangat percaya bahwa kemampuan komunikasi seseorang sangat menentukan dalam keberhasilan dan kesuksesannya dalam bidang yang digeluti. Kemampuan komunikasi tidak lepas dari kemahiran berbahasa. Mahir berbahasa asing terutama Bahasa Inggris akan sangat membantu esksitensi seseorang di bidang apapun yang ditekuni.

Bukan, ini bukan sok-sokan, gaya-gayaan. Please deh ke laut aja orang yang masih berpikiran seperti itu. Kemampuan berbahasa Inggris bukan lagi suatu prestasi namun sudah menjadi tuntutan terlebih di era global dan digital seperti saat ini. Apapun bidang yang kita tekuni dipastikan kita butuh kemampuan berbahasa Inggris untuk memperluas cakrawala dan jaringan, meningkatkan kapasitas dan kemampuan, dan memudahkan apapun tujuanmu.

"One language sets you in a corridor for life. Two languages open every door along the way."
Frank Smith

Saya pribadi, merasakan sendiri bagaimana kemampuan bahasa Inggris kemudian membawa saya pada karir hari ini. Mungkin bukan sesuatu yang terlalu wah bagi banyak orang. Namun bagi saya pribadi anak desa yang bersekolah di sekolah lokal hingga SMA. Memiliki kepercayaan diri menggunakan bahasa ini dalam berkomunikasi adalah impian yang mungkin agak muluk.

Tidak pernah mengenyam kursus khusus Bahasa Inggris hingga SMA. Hanya berbekal Kamus John Echols, mendengarkan lagu-lagu barat di radio, dan sekedarnya mendapatkan pengetahuan bahasa Inggris dari bangku sekolah. Iyes, masa SMA saya masih di akhir masa orde baru ya gais. Di kampung saya, yang punya TV bisa dihitung jari. Saya pergi merantau pertama kalinya ke Jakarta untuk kuliah. 

Di masa kuliah inilah saya yang kuliah dengan support dana seadanya dari orang tua mulai gemar berburu beasiswa. Sejak tahun 90-an semua beasiswa sudah mensyaratkan kemampuan berbahasa Inggris. Saya dalam kesempitan ekonomi sebagai mahasiswa, menabung untuk bisa kursus Bahasa Inggris dengan biaya yang terjangkau. Karena saya yakin, saya butuh kemampuan ini untuk hidup saya selanjutnya.

Menjadi seorang PNS mungkin bukan cita-cita yang kece bagi anak zaman now di tahun 2002 saja, Institusi tempat saya bekerja sudah mensyaratkan TOEFL Score dan sesi wawancara dengan bahasa Inggris.  Mungkin kemampuan ini yang menjadi nilai tambah sehingga saya kemudian bisa bekerja di sana. Dua puluh tahun lalu ya gengs. Jadi kalau hari ini, kemampuan berbahasa Inggris menjadi standar minimal kita masuk ke dunia profesional, ya wajar banget.

Jika dunia professional saat ini mensyaratkan kemampuan berbahasa Inggris rasanya bukan hal yang berlebihan.  Bidang apapun yang kita geluti, saat kita butuh berkembang dan mengembangkan diri, maka Bahasa Inggris menjadi syarat yang mendasar. Terlebih di bidang akademik, karena mostly referensi berbagai bidang ilmu saat ini menggunakan bahasa yang satu ini. 


Again saya memastikan ini bukan sekedar trend. Kemampuan berbahasa Inggris sudah menjadi tuntutan. Tidak heran jika kemampuan berbahasa Inggris sudah dikenalkan sejak dini. Sejak pendidikan anak usia dini, anak-anak sudah mulai diajarkan dan dibiasakan berbahasa Inggris. Rasanya semua orang tua mensupport agar anak-anaknya terpapar bahasa Inggris sedini mungkin.

Language is Habit

Namun satu hal yang sangat mendasar, bahasa adalah kebiasaan. Bahasa bukan hanya pelajaran di atas kertas. Bahasa harus digunakan, dipraktikkan, dibiasakan sehingga bisa menjadi bagian dari sesuatu kita biasa lafalkan. Bukankah ala bisa karena biasa? 

Berlatih di Lingkungan yang Tepat

Salah satu yang mendukung kebiasaan berbahasa Inggris adalah lingkungan yang tepat.  Mendapatkan transfer knowledge dari penutur aslinya sejujurnya berbeda dengan saat kita mendapatkannya bukan dari native-nya. Sebelum akhirnya saya bisa berangkat ke Melbourne dan menjalani academic journey saya di sana. Saya sudah belajar selama 6 bulan untuk mendapatkan IELTS Score sebagai salah satu syarat masuk universitas di sana. 

Teacher saya tentunya penutur asli.  Jujur belajar dengan native speaker itu terasa sekali meningkatkan kemampuan bahasa Inggris terutama untuk aspek speaking dan listening. Alhamdulillah minimal IELTS Score bisa terlampaui dan atas izin Allah bisa membawa saya masuk ke salah satu universitas terbaik di Australia. 

Saya merasa karena jarang practice kemampuan ini bisa mengalami penurunan. Jadi wajib hukumnya untuk keep practicing. Setidaknya dengan anak-anak di rumah kita bisa menggunakannya sekalian melatih mereka. Kemudian mengikuti international webinar dan sejenisnya. Yang menyenangkan adalah menonton film tanpa subtitles.

Well, karena saya merasa mastering English is a Must. Sebisa mungkin kepada anak-anak saya juga mencoba mentransfer pemahaman akan pentingnya menguasai bahasa Inggris. Agar mereka kemudian mau belajar dan menggunakannya, saya juga menciptakan atmosphere yang membuat mereka menyukai bahasa Inggris. 

Jika sekolah formal yang berstandar internasional dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (bi-lingual) merupakan sekolah yang pastinya sangat mahal, maka memberikan mereka tambahan kursus bahasa Inggris bisa menjadi pilihan yang tepat.  Setidaknya buat saya yang belum mampu membayar biaya berkelas sekolah internasional.

Sebuah  lembaga pendidikan Bahasa Inggris merilis laporan tingkat kemahiran bahasa Inggris orang dewasa (18-40 tahun). Berdasarkan data di tahun 2020, Indonesia menduduki peringkat ke 74 dari 100 negara. Peringkat ini memperlihatkan bahwa kemampuan bahasa Inggris di Indonesia masih sangat rendah. So sad ya! Hmm tetap semangat yuk, karena tidak ada kata terlambat untuk memulai. 

English Academy by Ruangguru

Nah salah satu program atau produk Ruangguru yang paling baru adalah English Academy. Tentu saja ini sejalan dengan misi Ruangguru untuk menyediakan dan memperluas akses terhadap pendidikan berkualitas melalui teknologi untuk semua siswa, kapan saja dan di mana saja. Ruangguru percaya pendidikan adalah tiket untuk masa depan yang lebih baik. Salah satu tiket tersebut adalah kemampuan berbahasa Inggris.



Sebagai tempat les Bahasa Inggris online yang interaktif dengan pengajar dan kurikulum berstandar internasional. English Academy sebagai sebuah terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar khususnya belajar Bahasa Inggris.

Kelebihan Belajar Bahasa Inggris di English Academy

  • Kurikulum Cambridge

Pembelajaran bahasa Inggris di English Academy berstandar internasional yang didukung Kurikulum Cambridge. Kurikulum Cambridge merupakan kurikulum yang paling banyak digunakan oleh lembaga kursus Bahasa Inggris di seluruh dunia. English Academy akan menuntun siswa dalam menguasai beragam aspek keterampilan bahasa Inggris untuk bersaing secara global.

Kurikulum Cambridge memberikan mata pelajaran yang diminati oleh anak. Konten pendidikan dalam kurikulum Cambridge lebih menarik sehingga membuat para siswa menjadi lebih mudah dalam proses pembelajaran. Selain itu Kurikulum Cambridge lebih memperlihatkan cara pandang internasional. Hal ini membuat siswa mengetahui perbedaan di tiap negara.

Kurikulum Cambridge bisa digunakan untuk membantu anak yang mempersiapkan diri untuk mengikuti pelajaran atau sekolah di luar negeri. Sistem pendidikan yang menerapkan kurikulum Cambridge lebih modern dan selalu up to date. Hal ini penting untuk mempersiapkan siswa menjadi future leader terlebih Kurikulum Cambridge sangat baik untuk melatih kefasihan bahasa Inggris anak.

  • Pengajar Berstandar Internasional

Kursus Bahasa Inggris English Academy juga menyediakan pengajar professional berstandar internasional. Para Master Teacher berpengalaman dan tersertifikasi membimbing pelajar Indonesia. Selain itu, pengalaman mengajar di Indonesia juga dilengkapi dengan pengalaman mengajar di luar negeri untuk beberapa Master Teacher Native.

Beberapa native teacher misalnya  Mr. Ricky dari Inggris yang sudah sepuluh tahun pengalaman mengajar di Inggris dan Indonesia dengan metode belajar yang interaktif. Ada juga Mr. Daniel dari Skotlandia dengan tujuh tahun pengalaman mengajar berbagai kalangan usia di Inggris, Belanda, Thailand dan Indonesia. Belajar dan berinteraksi langsung dari native menjadi nilai lebih tersendiri untuk menguasai suatu bahasa asing.


  • Metode Interaktif Berbasis Teknologi

Dengan metode belajar secara interakif  berbasis teknologi, seperti Live Teaching dan rekaman video pembelajaran English Academy bisa diakses kapan pun dan di mana pun. English Academy menyajikan metode belajar yang mengoptimalkan teknologi. Dengan live teaching oleh pengajar internasional,  siswa diberikan kemudahan dalam mengakses dan menyerap pembelajaran, sehingga dapat mencapai tujuan belajar.

Siswa English Academy belajar dengan metode pembelajaran yang komunikatif. Pembahasan berfokus pada situasi praktis sehari-hari dengan menekankan empat keterampilan bahasa utama: membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Kegiatan kelas disusun dengan metode kombinasi demonstrasi dan praktik.

  • Best Quality, Best Value

Kursus Bahasa Inggris English Academy dengan kualitas dan mutu yang tinggi, tetap menawarkan biaya yang cukup terjangkau. Setidaknya berikut ini alasan mengapa harus memilih Englisah Academy dari Ruangguru:


Level/Program English Academy

English Academy by Ruangguru menyediakan beberapa level program belajar yang bisa disesuaikan  umur dan tingkat kemampuan bahasa Inggris yang kita miliki. Pastinya akan ada placement test di awal agar kita bisa memilih level atau program yang sesuai.



  • Program Runner

Kursus Bahasa Inggris untuk usia 7 - 10 tahun ini memang mengoptimalkan kegiatan belajar Bahasa Inggris dasar untuk anak. Dalam kelas ini, anak akan diajak untuk mengenal dan memahami berbagai macam tata Bahasa Inggris secara interaktif. Dengan metode dan materi pembelajaran yang mudah dipahami, program belajar Bahasa Inggris untuk anak ini cocok bagi pelajar dengan rentang usia 7-10 tahun.

Siswa akan dikenalkan dengan kosakata baru melalui flash cards, peragaan benda-benda nyata, juga media audio dan visual — sehingga materi belajar dapat dipahami dengan lebih mudah. Selain itu, siswa juga turut diajak aktif untuk berkomunikasi dengan kosakata yang telah dipelajari, baik dengan Master Teacher maupun pelajar lainnya di dalam sesi tersebut.

  • Program Sprinter

Program Sprinter ditujukan guna mengasah keterampilan lanjutan Bahasa Inggris. Dengan metode belajar yang menyenangkan, Program Sprinter disusun agar relevan bagi pelajar berusia 11–14 tahun. Didukung oleh Master Teacher berpengalaman dan kurikulum berstandar internasional, pembelajaran pada Program Sprinter tidak hanya menyenangkan, tetapi juga efektif dan tepat sasaran.

Pelajar akan memiliki perbendaharaan kata yang luas, memahami kaidah penggunaan tata bahasa dengan baik, serta dapat mengaplikasikan keduanya saat berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Pembelajaran pada Program Sprinter dikemas dan disajikan secara komunikatif. Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, pelajar diajak berpartisipasi dalam permainan dan kegiatan kelompok.

  • Program Ranger

Program Ranger didesain untuk meningkatkan keterampilan lanjutan Bahasa Inggris pelajar SMA. Kelas Ranger disusun agar relevan bagi pelajar berusia 15–18 tahun. Pembelajaran pada Program Ranger dirancang secara khusus untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Siswa  diajak berpartisipasi dalam permainan dan kegiatan kelompok.

Siswa akan dikenalkan dengan kosakata baru melalui flash cards, peragaan benda-benda nyata, juga media audio dan visual — sehingga materi belajar dapat dipahami dengan lebih mudah. Selain itu, mereka juga turut diajak aktif untuk berkomunikasi dengan kosakata yang telah dipelajari; dengan aktivitas diskusi kelompok, role-play, dan simulasi menarik lainnya.

Target pada level ini adalah para siswa memiliki perbendaharaan kata yang luas, memahami kaidah penggunaan tata bahasa dengan baik, serta lebih percaya diri dalam mengaplikasikan keduanya; terutama dalam konteks dan lingkungan akademis.

  • Program Explorer

Program Explorer dirancang untuk mempertajam kefasihan Bahasa Inggris bagi tingkat dewasa dan umum. Program Explorer dikemas dengan metode belajar yang komunikatif, juga menyenangkan dan didesain sebagai kursus Bahasa Inggris untuk karyawan dan umum.

Siswa diharapkan memiliki perbendaharaan kata yang luas, memahami kaidah penggunaan tata bahasa dengan baik, serta lebih percaya diri dalam mengaplikasikan keduanya; dalam konteks akademis dan profesional. Pada program ini akan diajarkan keterampilan kunci untuk membantu siswa fasih berbahasa Inggris, sehingga mereka dapat bersaing di dunia kerja baik pada tingkat nasional maupun internasional.

  • TOEFL iBT preparation

Nah khusus untuk mendapatkan skor TOEFL iBT maksimal dalam menghadapi tes TOEFL, di English Academy juga disediakan program TOEFL iBT Complete Preparation dengan kelas intensif dan interaktif. Pengajar yang memberikan materi merupakan pengajar TOEFL iBT yang professional serta tersedia simulasi tes TOEFL iBT.


Program online TOEFL iBT Complete Preparation membahas materi berkualitas secara intensif dengan 26 pertemuan dalam 9 minggu  dengan evaluasi berkala. Pada program ini, kita  juga bisa berdiskusi langsung dengan guru terkait materi TOEFL iBT.

Selain itu beberapa keunggulannya adalah:

  • Self - paced learning
  • dapat mengakses ke MyEnglish Lab Pearson
  • Ada 5000 lebih materi peningkatan skill
  • 250 lebih latihan soal TOEFL iBT dan penjelasannya.
Oh iya untuk program TOEFL iBT Preparation ini sedang ada diskon 20% lho untuk kamu yang sudah terdaftar diaplikasi. Jadi dari harga paket Rp.2.700.000,- kamu cukup membayar Rp.2.100.000,-

Nah setelah membaca review tadi, semakin jelas kan gambaran dari English Academy by Ruangguru. Semangat yuk, anak-anak harus benar-benar kita siapkan agar terampil berbahasa Inggris untuk bekal mereka di masa depan. Kalau kita sebagai orang tua dan professional di bidang tertentu juga merasa butuh untuk upgrade atau maintenance pastinya juga bisa bergabung di program yang sesuai. 


23 comments

  1. Bener, bahasa inggris sudah seperti bahasa Internasional yang membuka jendela kita untuk dunia. Butuh banget belajar bahasa Inggris apalagi sekarang.

    ReplyDelete
  2. Hahhaaa, iyaa mak jaman kek kita orde baru keknya les2an bahasa inggris jarang banget ya, aku pun belajar dari radio, ngapalin lagu2 barat lalau dituliskan, benerann otodidak. Meski sampe saat ini ga pandai banget aktif, tapi setidaknya pahaam.

    Huhu, jaman now mah makin banyak pilihan buat kursus bahasa inggris termasuk onlen dan salah satunya english academy by Ruangguru bisa menjadi solusi akan kebutuhhan berbahasa inggris yang udah menjadi tuntutan dan kewajiiban bagi beberapa sekeolah.
    Lengkaaap pokonyaa nih.

    ReplyDelete
  3. wah di ruang guru juga ada english course juga ya? Membantu banget ya mau kursus bhs inggris tapi belum bisa kemana-mana

    ReplyDelete
  4. Semangaaatt!
    Belajar bahasa Inggris mutlak dilakukan ya
    Semogaaa, generasi muda Indonesia bisa menguasai bahasa Inggris, apalagi kalo ikutan English Academy makin mantab jiwa.
    Kurikulumnya dan para pengajarnya keren keren!

    ReplyDelete
  5. Aku juga lagi mempertimbangkan anakku untuk belajar bahasa inggris di English Academy nih. Soalnya kemampuan bahasa inggris kan bakal sangat membantu dia untuk bergaul dan mencapai cita-cita.

    ReplyDelete
  6. Baru tahu, ruang guru juga punya kursus bahasa Inggris. Gak habis-habisnya kerennya ruang guru. Semoga kedepannya ruang guru selalu berinovasi dalam memenuhi kebutuhan belajar masyarakat.

    ReplyDelete
  7. Sekarang udah semakin wajib ya menguasai bahasa Inggris. Persaingan semakin global. Paling gak bisa kuasai bahasa Inggris dulu, deh

    ReplyDelete
  8. sepakat mbak, keterampilan bahasa inggris ini memang perlu banget
    sekarang klo ingin terampil bahasa inggris bisa belajar di English Academy ini ya mbak

    ReplyDelete
  9. Zaman dulu, di SD kan belum banyak pelajaran bahasa Inggris. Pas masuk SMP, jadi agak minder deh sama ini bahasa. Bisa, tapi gak begitu mendalami. Sekarang agak nyesel karena gak serius. Alhamdulillah sudah ada English Academy ya. Jadi bantu banget buat belajar

    ReplyDelete
  10. Ini sih lengkap banget yaaa program dan layanan dari ruang guru.
    Setuju mba bahasa inggris udah jadi bahasa wajib yang dibisa semua orang. Bahkan sekarang klo bisa jangan cuma menguasai 1 bahasa asing aja kan.

    ReplyDelete
  11. Sepakat Mbak Ophi, bahasa Inggris perlu dikuasai apalagi di abad 21 yang sudah global seperti ini. Bimbel online English Academy bisa jadi pilihan di saat pandemi. Mumpung promo trus itu dapat sepatu yah

    ReplyDelete
  12. Senang sekali jika ada kemampuan belajar bahasa inggris yang pas dengan kondisi skarang. Bener sekali sekarang jadi wajib banget buat ada kemampuan belajar bahasa Inggirs. Mantap kalau English Academy terbaik

    ReplyDelete
  13. Setauku hingga saat ini Bahasa Inggris masih menjadi bahasa internasional yang dominan. Berikutnya adalah Bahasa Mandarin. Jadi untuk menguasai Bahasa Inggris memang gak mesti harus di sekolah aja, bisa ambil kursus yg native speaker. Dan sebaiknya bisa menguasai secara aktif & pasif.

    ReplyDelete
  14. Ngomongin bahasa inggris aku jadi ingat kata kata guruku dulu pas mau pilih jurusan kuliah, salah satu yg dianjurkan itu jurusan bahasa inggris. Karena sampai kapanpun bahasa inggris ini akan digunakan.

    Jadi pingin ikutin Aqla English Academy

    ReplyDelete
  15. Iya aku pengen banget anak-anak bisa lancar berbahasa Inggris karena bisa memudahkan mereka mencapai impiannya, ternyata di Ruang Guru ada kelas bahasa Inggris online ya mau cari info lebih lanjut ah

    ReplyDelete
  16. OOt ya Ophi,
    jadi inget alm bapak yang hobiii banget beli dictionary, aku ada Oxford, ada Macmillan, Cambridge
    dan hobi bangeeet main scrabble

    Jadi kalo berhubungan dengan bahasa aku inget beliau!

    ReplyDelete
  17. Setuju banget, praktek langsung ngomong dengan bahasa Inggris penting dilakukan setiap hari. Aku nyesel karena tidak rajin menggunakannya jadi sekarang udah lupa. Anakku yang bungsu alhamdulilah rutin nonton film atau tayangan produksi reality show dan ngobrol dengan teman luar negeri. Lancar gitu jadinya kalo ngomong bahasa Inggris Sementara kakaknya masih harus rutin latihan. Beruntung sekarang ada English Academy dari Ruang Guru untuk belajar dengan intensif

    ReplyDelete
  18. Bahasa inggris adlh bahasa duniaa. Emang penting banget belajar ya. Bahkan anak skrg aj sdh dr tk belajar. Apa kabar emak yg baru bljr pas smp. Maluuu.. Hihi. Untung skrg dimudahkan dg english academy ya

    ReplyDelete
  19. Anakku selama pjj ini ta suruh fokus meningkatkan skill bahasa Inggris nya. Apalagi kalo ada bimbel online khusus bahasa Inggris yang interaktif kayak gini

    ReplyDelete
  20. Menurutku juga belajar bahasa asing tu bukan gaya2an, aku malah pengen anakku jg bisa menguasai bahasa lain, bahasa inggris tentu saja salah satunya yang wajib.
    Krn mungkin bbrp tahun lagi dunia ini bisa melebur, batasan negara bisa tipis, apalagi dah mulai perdagangan2 antar negara gtu kan.
    Wah bagus nih kyknya pakai kurikulum cambridge. Buat anak2 yg sekolahnya ambil pelajaran cambridge pun bisa lbh terlatih baca2 materi sekolahannya hehe

    ReplyDelete
  21. Duuh bisa masuk English Academy ini malah impian banget. Belajar intensif bahasa inggris dengan baik dan benar.

    ReplyDelete
  22. Kelebihan dari English Academy ini banyak banget yaa..
    ...dan anakku uda ikutan placement testnya doonk, kak Ophi. Kabarnya hasilnya akan keluar dalam 4-5 hari ke depan. Rada deg-degan juga..
    Tapi so happy. Karena bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran kesukaan anak-anak.

    ReplyDelete
  23. ga bingung ya mau belajart bahasa inggris dimana sekarang apalagi lagi pandemi
    kupikir ini buat pelajaran pokok saja ternyata les lain juga ada ya bisa ngasah skill walau di rumah

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.