Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing

Minyak ikan memang sudah dikenal luas sebagai bahan makanan dan suplemen yang terbukti manjur untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang ada didalmnya membuat tubuh sehat dan kuat. Nah sahabat Mom of Trio terutama Cat Lovers sudah tahu belum kalau selain untuk dikonsumsi manusia, ternyata minyak ikan juga bisa diberikan kepada hewan peliharaan kucing. 




Memberi minyak ikan untuk kucing bisa dibilang sangatlah bermanfaat. Kucing bisa menerima manfaat kesehatan apabila diberikan minyak ikan yang sarat nutrisi. Walau sarat manfaat, kita sebagai pemilik kucing harus paham juga kandungan dan faktor lain sebelum diberikan. Lalu manfaat apa saja yang terkandung di dalamnya? Yuk cuss baca ulasan lengkap pada beberapa poin di bawah ini.

Selain minyak ikan, kuning telur juga merupakan makanan tambahan yang bagus untuk kucing. Sebagai makanan pelengkap, manfaat kuning telur untuk kucing bermacam-macam, sehingga banyak yang memberikan telur sebagai makanan pelengkap untuk kucing peliharaannya.

Jadi, selain memberikan makanan kucing bernutrisi lengkap yang bisa didapatkan di pet shop, mungkin pemilik kucing juga bisa mengkonsultasikan dengan dokter hewan untuk memberikan makanan-makanan pelengkap yang baik untuk kucing.

Apa Saja Kandungan Minyak Ikan?

Secara umum minyak ikan memiliki beberapa kandungan berikut sebagai nutrisi utamanya :

1. Asam amino baik, biasanya berupa asam amino Omega 3

2. Asam lemak jenis EPA (Eicosapentoaenoic) dan DHA (Docosahexaenoic

Walau asam amino omega 3 dan EPA/DHA Dua sebenarnya sama, namun beberapa minyak ikan memiliki kandungan yang berbeda. Ada juga minyak ikan yang sudah dicampur dengan vitamin lain untuk  memperkuat nutrisiya. Namun semua itu baik  kok untuk peliharaan kita, apalagi bila diberikan secara tepat untuk kucing kita.

Menurut Journal of Veterinary Internal Medicine, kandungan asam amino tersebut baik omega-3 , DHA dan EPA dapat digunakan untuk terapi pengobatan penyakit. Untuk kucing tentu hal ini sangatlah bermanfaat.



Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing

Berdasarkan kandungan nutrisi yang dimiliki minyak ikan, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan apabila diberikan pada kucing. Semua manfaat tersebut ada pada poin – poin di bawah berikut ini:

1. Manfaat Bagi Jantung dan Darah

Dengan kandungan omega-3 minyak ikan bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung kucing. Adanya kandungan tersebut bisa membuat detak jantung normal dan mencegah fibrilasi atrium (Detak jantung tidak teratur). Selain itu kandungan minyak ikan dapat mencegah penggumpalan darah untuk mengurangi dampak penyakit jantung kucing.

2. Mengurangi Rasa Alergi Kucing

Kandungan minyak ikan dapat membuatt kucing yang memiliki alergi berkurang sakitnya. Minyak ikan dapat mengurangi gatal – gatal alergi yang diidap kucing. Hal ini karena minyak ikan dapat menstimulasi sitokin untuk penyembuhan alergi. 

3. Memperbaiki Ginjal dan Tekanan Darah

Minyak ikan untuk kucing bermanfaat apabila kucing menderita gagal ginjal dan darah tinggi. Hal ini karena minyak ikan bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi kandungan protein dalam urin. Bagi ginjal minyak ikan dapat mengurangi zat penyebab inflamasi yang bisa memperburuk penyakit ginjal.

4. Mengurangi Kadar Trigliserida Darah

Bagi kucing tertentu Trigliserida di dalam darah dapat berbahaya apabila kandungannya terlalu tinggi. Dengan memberikan minyak ikan bisa menurunkan kandungan zat tersebut sehingga kucing akan lebih sehat. Hal ini terutama bagi hewan peliharaan yang mengalami masalah pada jantung, pankreas, atau usus.

5. Penyembuhan Penyakit Rematik

Minyak ikan dapat menurunkan peradangan sendi karena zat prostaglandin dapat diturunkan dengan minyak ini. Prostaglandin sendiri merupakan lemak yang berpengaruh terhadap penyakit rematik terutama respons inflamasi. Kucing yang kena rematik dapat lebih bebas bergerak bila diberi minyak ikan atau suplemen sejenis.

6. Manfaat Bagi Fungsi Neuro dan Kognitif

Berdasarkan jurnal studi A Hill's Pet Nutrition (2012), memberi asam amino DHA pada anak anjing dan kucing bisa meningkatkan kemampuan belajar dan keterampilan tertentu si hewan. Hal ini jelas berbeda dengan yang tidak diberikan DHA tambahan dimana fungsi neurologis tidak mengalami peningkatan.

Oleh sebab itu untuk menaikkan fungsi kognitif atau menormalkan fungsi yang menurun bisa diberikan suplemen minyak ikan. Pemilik bisa memberikannya bersamaan dengan makanan yang ada.



Tips Memilih Minyak Ikan untuk Kucing Dengan Tepat

Walau minyak ikan sangat bermanfaat perlu diperhatikan bahwa pemilik harus bijak membeli minyak ikan mana yang tepat untuk kucingnya.  Oleh sebab itu ikuti tips berikut:

1. Beli yang Mengandung Trigliserida

Biasanya minyak ikan memiliki formulasi yakni formulasi alami dan formulasi trigliserida. Trigliserida memungkinkan asam lemak diikat dalam tiga formulasi. Bentuk ini dapat dipilih untuk meningkatkan kesehatan. 

Hal ini karena ada minyak ikan jenis etil ester yang tidak terlalu enak dimakan namun khasiatnya lebih rendah bahkan sampai menghasilkan gas buang.

2. Pilih Merk Yang Tepat

Walau sama – sama minyak ikan tidak semua merk memiliki kandungan yang sama. Kadang ada merk abal – abal yang tidak masuk kualifikasi kesehatan atau tidak lulus uji di BPOM / FDA. Pastikan merk minyak ikan yang terverifikasi dan benar – benar memiliki kandungan nutrisi yang sesuai.

3. Tidak Disarankan Menggunakan Minyak Hati Ikan Cod 

Walau sehat untuk anak manusia, minyak hati ikan cod yang mengandung vitamin A dan D terlalu tinggi dosisnya bagi kucing. Hal ini karena minyak hati ikan cod bukanlah suplemen untuk memenuhi dosis EPA dan DHA terbaik.

4. Konsultasikan Ke Dokter Hewan

Ada baiknya mengkonsultasikan ke dokter hewan sebelum membeli minyak ikan. Hal ini karena dokter hewan lebih paham dosis miyak ikan yang tepat untuk kucing anda. Walau dosis umumnya adala 40mg/Kg berat untuk EPA dan 25mg/Kg untuk DHA. 

Jadi gimana Cat Lovers, tertarik untuk melengkapi nutrisi kucing kesayanganmu dengan minyak ikan?





23 comments

  1. Buat pecinta kucing harus tahu ini, aku sendiri jarang makan minyak ikan, hehe. Tapi, kalau memang perlu buat kucing apalagi bermanfaat buat kesehatannya boleh, nih, sekalian buat menuhin kebutuhan diri.

    ReplyDelete
  2. Emang ya kucing itu binatang istimewa
    kebayang gasih .. dia udah tau duluan kalau ikan itu makanan protein terbaik yang bisa dikonsumsi!
    Dah gitu dia sendiri butuhnya minyak ikan, pula...

    Aku seringnya konsumsi salmon omega 3 dan minyak ikan jadoel yang Scott Emultion Ophiiieeee

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata minyak ikan tak hanya bagus untuk kita, manusia ya. Di rumah saya rajin konsumsi minyak ikan agar terhindar dari jantung coroner. Ternyata untuk kucing pun manfaat minyak ikan juga gak kalah banyak seperti untuk manusia

    ReplyDelete
  4. Naaah minyak ikan pun jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai ketentuan, ternyata sangat baik dikonsumsi oleh kucing, bukan hanya untuk manusia. Khasiatnya banyak buat kesehatan. Baru tahu aku tuuuh.

    Kucingnya pasti seneng banget itu punya ibu manusia kayak mbak Ophi, udah dirawat dengan baik, dikasih nutrisi yang bagus pula.

    Harus aku share nih mbak tulisanmu, berguna banget. Tfs.

    ReplyDelete
  5. Wah iya sih pernah denger tapi aku belum pernah kasi ke kucing :D
    Setuju sih emang kudu dikonsultasikan ke dokter soal pemberiannya ya mbak supaya tahu kucing butuh asupan berapa banyak minyak ikannya
    TFS infonya

    ReplyDelete
  6. Rasanya minyak ikan rada-rada amis gitu kan yaa, kak Ophi?
    Kucing gak susah pasti, karena baunya uda familiar.
    Kucingku juga kudu dibeliin minyak ikan yang mengandung Trigliserida.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu khasiat minyak ikan untuk kucing. Di rumah,saya pelihara juga seekor kucing. Memang makanannya perlu Kita perhatiin. Boleh juga nih rekomendasi minyak ikannya. Ntar mau coba kasih deh ke kucing saya di rumah

    ReplyDelete
  8. Wah aku baru tahu ternyata minyak ikan juga bermanfaat buat kucing ya mbak. Pencinta kucing pastinya udah gak asing lagi ya nutrisi2 bagi kucingnya.
    Milih merk yang tepat juga perlu dilakukan ya termasuk lulus uji supaya kucing juga sehat

    ReplyDelete
  9. Boleh dicoba nih buat kucing -kucing di rumah , makasih mba infonya

    ReplyDelete
  10. Dulu aku merawat kucing tapi yang biasa aja kak. Kalo kucing yang hargai mahal ya perlu banget nih diperhatikan asupan makanannya kayak begini.

    ReplyDelete
  11. ya salam udah punya kucing 5 tahunan tapi baru tahu ada minyk ikan dan manfaatnya banyak buat kucing hahha mau konsul dulu ah ke dokter hewannya

    ReplyDelete
  12. Aku baru tahu ada minyak ikan untuk kucing. Tahunya yang untuk manusia aja dan biasanya memang dari ikan cod. Kuforward ah artikel ini ke suamiku dulu. Di rumah ada 5 kucing soalnya. Hehe

    ReplyDelete
  13. wah ternyata minyak ikan juga penting buat kucing yaa. Kirain cuma buat manusia aja hihihi Saya makan minyak ikan saat hamil anak ke-4, karena tandem nursing, sambil nyusui anak ketiga. Alhamdulillah memang minyak ikan bermanfaat banget yaa memberikan nutrisi, nanti cobain deh ke si meong.

    ReplyDelete
  14. Para pecinta dan pemilik piaraan kucing wajib tahu nih soal pemberian minyak ikan untuk kucing. Ternyata minyak ikan Kod yang baik untuk anak-anak, malah nggak cocok buat kucing ya

    ReplyDelete
  15. info menarik nih aku bisa sampaikan buat anakku yang suka banget ama kucing, ntar belikan deh, semoga pas di kantong ya harganya

    ReplyDelete
  16. Oh kucing pun butuh minyak ikan juga ya. Dan minyak ikan hati cod justru nggak disarankan untuk kucing

    ReplyDelete
  17. Aku amazing sama cara orang-orang pelihara kucing..Merawatnya ngalah-ngalahin perawatan manusianya ..hehe..Dan ternyata bisa dikasi minyak ikan juga ya..

    ReplyDelete
  18. Minyak ikan tak hanya bagus buat anak manusia tapi juga buat kucing ya biar lebih sehat, tapi nggak bisa diberikan merek sembarangan karena harus konsultasi dokter hewan dulu ya..

    ReplyDelete
  19. hihi trenyata walau sudah dikasih makan ikan tiap hari kucing juga perlu minyak ikan yaa. mantap memang nih kucing ini sebagai piaraan

    ReplyDelete
  20. Eh, baru tahu ada minyak ikan khusus kucingnya. Ternyata pemilihannya minyak ikan gak sembarangan ya, mba. Dan, kalau bisa konsultasi ke dokter hewan dulu biar tahu minyak ikan yang tepat untuk kucing.

    ReplyDelete
  21. aku juga kasih minyak ikan ke kucing - kucingku mba.. tapi so far sama dengan minyak ikan yang aku konsumsi sih hehehe

    ReplyDelete
  22. Wah, info bermanfaat nih. Aku belom pernah ngasih minyak ikan ke kucingku. Nanti aku kasih ah, biar makin sehat.

    ReplyDelete
  23. Oalah kucing juga bisa dikasih minyak ikan yah, baru tau saya hehehe. Tp buat pecinta kucing info menarik nih

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.