3 Games Seru Favorit di Solitaire.org, Cocok Untuk Me Time Working Moms

Kenapa Working Moms harus Punya Me Time?

Simply jawabannya karena kita butuh dan kita berhak Moms? Klo ada yang dengan penuh bunga-bunga men-declare: "Well, I am a happy working mom!" Wow alhamdulillah. Semoga selalu demikian ya Moms. Tapi sangat manusiawi kok Moms kalau di antara sekian banyak kewajiban yang harus kita tunaikan buat keluarga di satu sisi dan totalitas yang dituntut oleh tempat kita bekerja di sisi lain, kita kemudian menemukan diri kita letih. Kadang bukan cuma fisik tapi juga hati dan pikiran. 


Sehebat apakah sehingga tidak pernah ada rasa letih menyapa? Tak perlu sehebat itu juga bukan? Mengakui bahwa ada saatnya kita lelah, lalu ambil waktu sedikit untuk menjadi diri kita sendiri tanpa embel-embel sebagai ibu atau karyawan, atau apapun. Nikmati waktumu sendiri, luangkan Moms! Kenapa "Me Time" menjadi penting untuk mu Moms?

Karena me time membantumu mengenali diri sendiri, membantumu mengelola emosi dengan lebih baik, membantumu meringankan stress, memberikanmu perasaan lebih bahagia. Yes! Me time pada akhirnya  sangat bermanfaat agar kita menjadi lebih produktif, lebih kreatif, lebih fokus, dan pastinya tubuh dan jiwa yang lebih sehat. Jadi selalulah punya waktu untuk dirimu sendiri. Gunakan waktu ini untuk merecharge semangat diri dan akhirnya meningkatkan kualitas hidup dan diri kita. You deserve it Moms.

Me time-nya ngapain? Bebas lah ya sesuai dengan minat, passion, dan hobby masing-masing. Sempatin nonton drama K, sempatin ke salon untuk creambath dan lainnya, sempatin ke toko buku, beli buku, dan membacanya di sela waktu kita yang lain. ada juga yang suka belanja, hmm asal jangan sampai menimbulkan stress baru, gak masalah kok. Ngopi cantik di cafe kesayangan, atau sekedar makan bakso favoritmu di pinggir jalan? 

Intinya kita harus punya alokasi waktu untuk me time, sepakat ya Moms. Kalau tidak, kita akan mudah merasa lelah berkepanjangan, burn out, dan terus menerus merasa di bawah tekanan yang akhirnya memicu stress. Stress pastinya akan mengganggu kesesehatan mental dan fisik kita. Toh me time yang bisa kita lakukan sebagai ibu bekerja tidak harus mahal. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengisi me time di sela kesibukan adalah main game. Hmm bisa gratisan ini sih, cukup ada jaringan internet atau kuota hehehe.

Main Game Yuk, Refreshing!

Main game bisa jadi pilihan me time yang paling praktis, sederhana, dan tidak berpotensi menimbulkan stress baru lho Moms! Beneran deh! ga usah fancy-fancy banget, main game bisa di rumah, di cubicle, di commuter line hehehe tapi cukup buat recharging semangat dan fokus. Seseruan tapi juga gak harus bikin dahi mengkerut apalagi mulut cemberut. 

Yup, beberapa menit kita main game yang sederhana tapi cukup merefresh semangat dan membantu kita kembali ke kondisi yang prima untuk berkegiatan. Kayak semacam short gateaway dari tumpukan kerjaan atau bahkan dari tumpukan baju yang harus dirapikan atau cucian piring yang harus dibersihkan. Sesingkat itu sampai gak harus ke mana-mana kok! cukup buka gadget aja!


Selain bermanfaat meredakan stress, memberikan rasa rileks, main game itu juga punya manfaat lebih lho. Berdasarkan sebuah riset, games bermanfaat meningkatkan daya ingat kita Moms. Suka lupa naro kunci? Lupa matikan lampu? Lupa kacamata malahan! Coba deh mulai main game! Nah bahkan main game juga dapat meningkatkan kecerdasan lho!

Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Molecular Psychiatry menemukan bahwa otak mereka yang bermain game mengalami peningkatan pada jumlah grey matter. Grey matter merupakan komponen utama di pusat saraf pada bagian otak yang berhubungan dengan memori, perencanaan strategis, dan juga kemampuan motorik tangan. Nah studi tersebut menunjukkan adanya peningkatan grey matter pada mereka yang bermain game dibandingkan yang tidak bermain game. 

3 Games Seru Favoritku di Solitaire.org 

Kalau aku memang prefer games yang sederhana dan tidak rumit. Tujuan utamanya kan memang untuk relaxing. Jadi berbagai permainan atau games di Solitaire.org bisa banget nih jadi pilihan untuk para working moms yang ingin sejenak merefresh diri di sela kesibukan. Ada banyak sekali pilihan games yang bisa menghibur kita, tapi ada beberapa games yang jadi favorit aku, kira-kira Moms punya favorit yang sama gak nih?

Solitaire Spider Card

Mommies Gen X dan Gen Y pasti tahu deh sama Solitaire Card Game. Hmm atau Gen Z kayaknya ya yang lebih familiar dengan game card ini? mengingat Solitaire menjadi salah satu game bawaan Windows yang populer pada zamannya.  Yes, Solitaire adalah permainan kartu di komputer yang dimainkan seorang diri secara online. Pemain harus menyusun 52 kartu remi secara berurutan untuk memenangkan permainannya. 


Nah di Solitaire.org ada beberapa jenis permainan kartu Solitaire ini, mulai dari yang classic, pyramid, free cell dan yang lainnya. Yang paling favorit buat aku adalah yang spider. kenapa Solitaire Spider Card? Simply karena pertama kali kenal game ini, aku suka memaikan yang spider. Jadi sudah lebih famliar, karena ini solo game, kita juga bisa menyesuaikan dengan ritme dan waktu kita. Tenang aja ada 3 level permainan di Solitaire, mulai dari yang easy (mudah), medium (sedang), dan hard (sulit). Untuk pemula kita bisa mulai dari yang mudah dulu pastinya.

Merujuk pada wikipedia, Solitaire Spider merupakan salah satu permainan solitaire dua dek yang lebih populer. Permainan ini dimulai pada tahun 1949, dan namanya berasal dari delapan kaki laba-laba, mengacu pada delapan tiang pondasi yang harus diisi untuk memenangkan permainan. Nah Solitaire spider ini memang membutuhkan konsentrasi dan kesabaran. Namun karena kita main sendiri, tantangan kita adalah menundukkan diri sendiri. Jadi lebih santai dan kalem aja gitu. 

Hidden Object

Nah game favorit aku berikutnya adalah Hidden Object. Seperti judulnya, tugas kita adalah menemukan benda yang ditata sedemikian rupa dalam suatu frame gambar. Tampak sederhana namun juga cukup challenging. Menuntut konsentrasi dan kejelian kita. Kita bisa menggeser gambar atau memperbesar (zoom) untuk menemukan benda atau objek yang kita cari. 

Lumayan tricky sih, jadi memang harus teliti. Game ini juga menuntut kesabaran ya menurutku, apalagi kalau gak bisa fokus hehehe! Seru deh! Misalnya di seri "Circus" itu kita diminta mencari angka di dalam gambar. Hadeuh, kalau gak jeli, aku penah gagal naik level, gara-gara cari satu angka lagi. Dan seperti misteri, entah kenapa di sisa waktu yang masih lumayan kok gak ketemu juga itu angka! Apa  aku harus tambah angka pada kaca mata plus ya? hahaha.

Tapi memang saat akhirnya kita bisa menemukan semua benda atau objek yang kita cari, rasanya plong banget. Nah kita akan mendapatkan skor dari hasil pencarian dan juga sisa waktu bisa menjadi nilai tambah. Kemudian gambar dan objek yang harus kita cari pada setiap level bisa berganti. Semudah itu memainkan game ini, tapi buat aku refreshing banget. 

Hampir semua latar di Hidden object game ini aku suka, terutama yang "Kitchen".  Serasa melanglang buana ke berbagai negeri melihat beragam jenis dapur dan pelaratannya, dari masa ke masa. Seru gak sih? Latar Circus yang juga gak kalah menarik dan butuh kejelian. Latar hotel, China Temple, Palace, atau Garden semua punya kekhasan dan tetap membutuhkan kejelian mata detektif kita. Bayangkan mencari burung warna hijau, serangga warna hijau, dan kupu-kupu warna hijau pada latar taman yang hijau.Yuhuu, Have fun Moms!

Match 3

Nah ini yang gak kalah seru dan butuh kejelian juga. Memasangkan tiga objcet dengan bentuk dan warna yang sama. Dari jenis games match 3 ini aku paling suka Candy House, Candy Fiesta, dan Treasure of Atlantis. Ketiganya lebih sederhana dan mudah dimainkan. warna warni candy dan bola yang menyergap mata lalu musik yang mengiringi ketika kita bisa menyusun 3 warna yang sama, lalu mereke meledak dan membuat yang lain bergerak mencari posisi baru serasa memicu adrenalin untuk segera menemukan 3 warna match yang lain. 

Kalau Zuma Ball butuh ketepatan menembakkan bola, dan ini butuh kecepatan dan kecermatan serta fokus yang lebih tinggi karena kita berkejaran dengan waktu dan bola-bola yang bergulir. Hmm aku kan mau yang santai tapi seru aja. Gitu juga dengan Same Game, juga butuh pemikiran yang sedikit lebih strategis. Kalau Moms suka tantangan boleh deh pilih kedua permainan terakhir ini.


Nah itu dia beberapa games favoritku di Solitaire.org yang sering kumainkan untuk mengurangi kepenatan di sela bekerja di kantor atau kapanpun aku butuh sedikit ruang untk refresh. Moms punya kesukaan yang samakah? Hmm atau ada rekomendasi games yang lain yang menurut Moms wajib aku coba? Infoin ya di kolom komentar. Jangan lupa yang simple, relaxing tapi tetap seru ya. By the way, have fun ya Moms, takes your time to enjoy gaming for a while. You deserve it! 


27 comments

  1. Replies
    1. Awalnya pilih yg simpel aja biar gak beban pikiran, kan maunya refreshing. Tapi lama kelamaan ternyata milih level susah karena dirasa menantang dan bikin gemes sendiri pas kalah. Jadi malah nyediain waktu sendiri buat selesaikan tantangannya dan itu apa jam tidurnya anak2 biar gak rebutan HP jadi bisa fokus kelarinnya

      Delete
  2. Saya belum pernah menggunakan Solitaire sih, Kak untuk bermain game. Tapi saya jadi penasaran nih ingin mencoba hihi

    ReplyDelete
  3. Nah, aku paling suka Hidden Object selain kartu2 dalam game Solitaire ini. Memang ya ibu-ibu kayak kita yang super rempong tentu butuh me time untuk relaksasi. Kehadiran free online game ini tentu seperti oase di padang pasir hehehe. Mudah dimainkan bisa di hp maupun pakai laptop dan gadget lain. Kalau Match 3 butuh kejelian khusus biar menang terus skornya gede hahaha :D

    ReplyDelete
  4. Sekali main Hidden object, ketagihan karena detail banget wwkwkwkw.. Seru emang, dan emang harus disempatin main sih sekali-kali, biar kita juga bahagiaa ^^

    ReplyDelete
  5. me time tuh penting banget demi menjaga kewarasan kita di tengah rutinitas yah mbaaak. Aku selain ngedrakor juga suka main game sih, solitaire salah satu game favorite aku bangeeet hehe

    ReplyDelete
  6. Kalo udh buka solitaire, aku biasanya main mahjong yg cocokin gambar itu atau yg kartu Mbaaa 😄👍. Itu kayaknya games legend banget deh. Dari zaman aku sekolah udah ada kan yaa. 😄. Sering mainin dulu

    Makanya seneng pas Solitaire ini masuk lagi dlm bentuk website, JD ga usah install. Bisa puas maininnya.

    Di hp ku sendiri ada bbrp games yg aku install. Tapi kdg kalo udh bosen, aku beralih bentar ke Solitaire lagi 😄

    ReplyDelete
  7. inget main solitaire itu pas kuliah, di PC, hehe. dulu sih ya belom zaman game online ya, paling game2 model ragnarok di warnet, tapi skrg game klasik juga ada onlinenya ya, jadi bisa nostalgia sambil refreshing tipis2

    ReplyDelete
  8. Suka banget dengan motto-nya "Happy working, Happy Gaming, Refreshing!'
    Yes game di Solitaire memang banyak pilihan dan pas buat segarkan pikiran!

    ReplyDelete
  9. Ngegames yg ringan2 nggak nunggu sampai burnout ya mba Ophii.. working mom jg butuh me time. Banyak tugas kantor dan tugas ngurus anak, suami. Refresh sebentar dengan games kayaknya seru hidden2 itu akoh sukaaaa

    ReplyDelete
  10. sama dong mainnya di Solitaire. Kalau aku suka hidden object karena gemesss cari benda-benda yang warnanya mirip dengan background. Berasa di rumah sendiri, hahah... trus aku suka crosswords dan game yang huruf-huruf gitu.

    ReplyDelete
  11. Selalu salut buat para working moms! Yah bener juga pasti ada saatnya Lelah dan pengen me time. Biar ngga burn out juga, bisa memicu stress. Aku sendiri juga selalu meluangkan me time minimal ngedrakor atau nge games. Kalau main Solitaire gini jadi inget jaman sekolah dulu, pas jam kosong seneng banget main ginian.

    ReplyDelete
  12. Mantap nian nih game solitare, game jaman dulu yang tetap hits sampai sekarang bahkan peminatnya terus bertambah

    ReplyDelete
  13. Me time ku malah saaat bekerja mba, wkkka. Kalau di rumah main sama anak. Di luar selama kerja bisa ngobrol sama temen udah me time. Tapi bolehlah ngegame juga. Kepo dengan hidden object

    ReplyDelete
  14. Ngegame di solitaire ini mengasyikkan banget. Selain banyak pilihan gamenya, yg penting gratis gak perlu install

    ReplyDelete
  15. Aku juga refresingnya dengan main game. Eh tapi ngegamenya yang sederhana. Gak perlu mikir susah atau harus fokus banget. Andalan banget ini solitaire. Game dari jaman baheula tapi tetap seru buat dimainkan. aku sering main game candy macam ini juga. Warna-warni bikin seger di mata.

    ReplyDelete
  16. Game di Solataire ini mengasyikkan banget ya, Mbak. Selain itu banyak pilihan, gak perlu download aplikasi, dan yang penting gratis.

    ReplyDelete
  17. Waktu masih kerja zaman dulu, me time favorit saya jalan-jalan sendiri cuci mata keliling factory outlet, hihihi...

    ReplyDelete
  18. Aku juga kadang main di game di Solitaire org. Nyari objek tuh sampai mata merem melek karena kadang gak nemu. Padahal di depan mata. Jadi gemes sendiri deh

    ReplyDelete
  19. Salah satu me time saya juga dengan main game. Asyik ya, bisa main game di Solitaire, gak perlu download aplikasi dulu.

    ReplyDelete
  20. Samaan nih gamenya Mba, kadang saya juga kalau jenuh refresing dengan main game. Hidden object dan match 3 ini seru ya dimainkan bisa buat ngisi waktu senggang

    ReplyDelete
  21. Solitare nih mainan saya sejak tau soal game di komputer. Dulu mah masih standar banget. Ternyata skrg banyak ya ragamnya.

    ReplyDelete
  22. Solitaire ini game klasik zaman masih sekolah dulu yaa ternyata masih ada sampai sekarang dengan variasi permainan yang jauh lebih banyak dan seru buat refreshing

    ReplyDelete
  23. Masya Allah memang yaa kita tidak boleh menghardik makanan, harus menghargai makanan ternyata memang didalamnya banyak perjuangan

    ReplyDelete
  24. Cocok banget pokoknya main games ini, anak-anakpun kuajak jadi happy. Apalagi kalau lagi bosan, buka laptop cari deh games di solitaire

    ReplyDelete
  25. Aku udah cobain juga nih Mak dan cuma cocok sama jenis Match 3. Emang biasa main game sejenis di HP juga jadi kayak mainnya ga pake mikir.

    ReplyDelete
  26. game nya seru nih mak. Meskipun aku hampir ga pernah lagi main game tapi ikutan selektif milih2 game untuk anak2.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.