Sinotif: Bimbingan Belajar Interaktif Spesialis Matematika, Fisika, dan Kimia Untuk Berbagai Kurikulum

Secara teori, model pembelajaran interaktif adalah teknik pembelajaran yang dilakukan dengan metode komunikasi dua arah. Pada pembelajaran ini, guru adalah sosok utama yang harus mampu membangun situasi interaktif yang edukatif. Model interaktif ditandai dengan terbentuknya interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran.

Belajar Mengajar adalah Proses Komunikasi

Dulu saya cukup percaya diri bisa mendampingi anak-anak belajar di rumah di luar aktivitas mereka di sekolah. Selain membantu mereka belajar, saya percaya mendampingi anak-anak belajar di rumah juga menjadi sarana bonding bagi kami. Terlebih saya ibu bekerja yang tidak bisa selalu mendampingi mereka dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Semua masih aman sampai saatnya Ka Al, anak sulung saya memasuki kelas VIII dan IX.  Hmm kok syulit ya memahami soal IPA dan matematikanya? Perasaan dulu zaman aku SMP, kedua mata pelajaran ini gak se-advance ini deh.

Saat itu masa pandemi, buat saya justru makin berat mendampinginya menghadapi materi IPA dan Matematika. Akhirnya saya menawarkan padanya untuk mengambil les bimbingan belajar. Karena masa pandemi maka kami memilih bimbingan belajar online pastinya. Ka Al anak yang rajin dan pembelajar yang relatif cepat namun dia selalu membandingkan bahwa Ia lebih suka dan nyaman belajar secara offline. Terlebih untuk pelajaran IPA dan Matematika yang butuh banyak latihan soal dan butuh banyak interaksi dan tanya jawab dengan gurunya. 

Sekolahnya saat itu menggunakan aplikasi pembelajaran online semacam zoom yang membuat mereka belajar secara interaktif meskipun online. Namun demikian ketika ada materi yang sulit, Kaka tidak bisa leluasa untuk bertanya dan mengeksplore. Tentunya selain keterbatasan waktu, jumlah murid di kelas yang banyak juga membatasinya.

"Aku mau sih bu ikut les atau bimbingan belajar tapi maunya yang bisa bebas tanya-tanya sama gurunya. Bisa diskusi, dua arah bu." 

Menyusul kemudian ketika Ka Al masuk jenjang pendidikan SMA, lebih tepatnya MAN (Madrasah Aliyah Negeri). Meskipun sekolah negeri, namun sekolah Ka Al memiliki beberapa kelas program unggulan. Salah satunya kelas di mana Ka Al sekarang belajar yakni kelas dengan Cambridge Curriculum.  Kakak sesuai dengan passionnya mengambil kelas Science atau IPA. Jadi sejak kelas X, memang sudah bergelut dengan physics, math, biology, dan chemistry.

Pada akhir semester pertama, saya ke sekolah untuk mengambil raport. Kalimat pertama yang disampaikannya ketika melihat saya menuju ruangan kelas adalah "Bu. don't expect too much". Hmm tentu saya tidak terlalu menuntut ini dan itu padanya (seperti biasa). Terlebih semester pertama merupakan masa yang cukup challenging buatnya. Beradaptasi dengan kurikulum Cambridge, tantangan menggunakan bahasa Inggris akademik (meskipun kemampuan bahasa Inggris kakak cukup lumayan, namun dia belum pernah ikut kursus bahasa secara khusus). Well, pernah sih ikut les bahasa Inggris online, namun hanya beberapa bulan tanpa hasil yang signifikan.

Permasalahan lainnya adalah saat itu gadis kecilku yang beranjak remaja ini merasa kesulitan dengan "physic". Ia bilang sulit sekali memahami apa yang disampaikan gurunya. Saya sarankan untuk bertanya saat ada kesulitan. "Sudah bu, aku sudah tanya kalau gak paham, tapi aku tetap ga bisa mengerti penjelasannya Mr X." Gadisku ini terlihat agak frustasi. Saya bisa menyimpulkan bahwa faktor yang mendukung keberhasilan proses belajar diantaranya adalah guru yang komunikatif dan metode pembelajaran yang interaktif.

Berdasarkan beberapa literatur,  manfaat strategi pembelajaran interaktif antara lain:

  • Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa.
  • Bahan pembelajaran akan lebih jelas sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa, jadi akan sangat membantu siswa meningkatkan pemahaman dalam prosese belajar dan meningkatkan pemahaman.
  • Materi yang disampaikan menjadi lebih jelas, tidak besifat verbalistik. Metode interaktif akan sangat membantu menjelaskan materi ajar.
  • Strategi mengajar akan lebih bervariasi dan tidak membosankan serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik atau bermakana.

Ternyata proses belajar mengajar pada hakekatnya adalah suatu proses komunikasi ya.

Meskipun ada challenge dalam proses komunikasi dengan guru physic-nya, alhamdulillah nilai Kaka overall baik dan memuaskan. Namun kekhawatiran pribadinya terkait dengan penguasaan subject pokok science terutama physic membuat saya bergegas mencari informasi terkait dengan guru privat atau les untuk mata pelajaran fisika namun dengan kurikulum Cambridge. Nah pucuk dicinta ulam tiba.  Ternyata ada lembaga bimbingan belajar yang memang fokus di bidang IPA dan Matematika bahkan punya program khusus juga untuk siswa dengan kurikulum nasional maupun internasional.

Sinotif, Bimbingan Belajar Interaktif Spesialis Matematika, Fisika, dan Kimia

Dengan visi: World′s Best Place for Students and Team to Re-educate and Live, Sinotif menetapkan misi untuk menemukan teknologi & cara terbaru untuk mempermudah proses belajar siswa dengan spesialisasi pelajaran eksakta: matematika, fisika dan kimia. Sinotif berkomitmen untuk memastikan semua siswa asuhnya memperoleh peningkatan kemampuan pemahaman pelajaran eksakta dan perkembangan kepribadian sebagai bekal untuk menghadapi masa depan mereka. Menarik karena Sinotif tidak hanya berfokus pada peningkatan pemahaman materi eksakta tapi juga pada aspek pengembangan diri para siswa.

Yang menjadi pembeda dan ciri khas Sinotif adalah bagaimana mereka mengusung pembelajaran interaktif sebagai metode yang dipercaya mampu membantu para siswa tidak hanya meningkatkan kemampuan mereka di bidang eksakta namun merasa nyaman. Banyak dari kita yang merasa pelajaran fisika, matematika, dan kimia adalah horor. Dengan semangat inovatifnya yang agresif dan etis, Sinotif terpacu mencari metode dan teknik pembelajaran yang lebih visual, fun, dan membuat pelajaran "susah dan horor" itu mudah dipelajari tanpa mengurangi kualitas kedalaman materi pelajaran itu sendiri.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun melayani siswa dengan menggunakan Sinotif Learning Method, Sinotif menjadi bimbel terbaik spesialis Matematika Fisika Kimia.  Metode yang digunakan fokus pada kebutuhan siswa, tuntutan sekolah, target belajar yang ingin dicapai oleh siswa. Les bisa untuk mengulang pemahaman materi, PR dan latihan yang sulit, persiapan ulangan, exam atau assessment yang diadakan sekolah hingga persiapan ulangan umum kenaikan kelas dan ujian internasional.

Semua guru les di Sinotif spesialis di bidangnya, merupakan lulusan dari kampus-kampus negeri ternama dan sudah melalui proses sertifikasi untuk memenuhi standar pengajaran Sinotif Learning Method. Guru les akan menggali kebutuhan setiap siswa dan memberikan materi pengajaran dan cara yang sesuai dengan tuntutan sekolahnya. Guru les juga terlatih untuk memahami kondisi siswa, baik tingkat pemahaman materi maupun kecepatan pengerjaannya. 

Guru juga dituntut untuk sistematis dalam pengajaran, step by step sesuai dengan tingkat kesulitan materi, pemahaman siswa, kecepatan serta kebutuhan siswa saat itu (PR, latihan, ulangan harian, ulangan umum dst). Jadi pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan personal, sesuai kebutuhan, tuntutan (tingkat kesulitan) sekolah serta karakter/kondisi siswa.

Sejak pandemi tahun 2020 layanan utama Sinotif adalah bimbel secara online dengan metode live interaktif, sehingga siswa bisa belajar dari mana saja tanpa batas wilayah lagi. Di luar sesi kursus tatap muka dengan guru, siswa tetap terhubung dalam hal belajar dengan adanya website e-learning seratusinstitute.com dan aplikasi Tanya Jawab Soal, di mana siswa bisa bertanya kapan saja di mana saja.

Layanan Sinotif untuk Berbagai Kurikulum

Bimbingan belajar Sinotif, satu-satunya bimbel online spesialis matematika, fisika, dan kimia yang melayani kebutuhan siswa dari kurikulum nasional, nasional plus, hingga internasional. Sinotif memiliki metode online yang berbeda yaitu LIVE INTERAKTIF menggunakan Zoom dua arah dengan  guru atau mentor.  Selain kelas klasikal maksimal 15 siswa dengan satu guru, untuk program yang private satu guru untuk satu siswa, ada pula yang semi private dengan satu guru untuk 3-5 siswa.  Selain itu pendekatan yang digunakan adalah kebutuhan siswa, jadi benar-benar fit in dengan kebutuhan siswa pada saat itu di materi apa dan pada tahapan apa. 

Bimbel SD SMP SMA untuk Sekolah Nasional

Tersedia beberapa pilihan program bimbingan belajar terbaik SD, SMP, SMA di Sinotif, untuk sekolah dengan kurikulum pendidikan nasional yang dapat dipilih sesuai kebutuhan siswa. 

  • Tingkat SD       : Matematika
  • Tingkat SMP    : Matematika dan fisika
  • Tingkat SMA    : Matematika, fisika, dan kimia

Layanan pengajaran disesuaikan dengan kebutuhan siswa meliputi:

  • Review materi sekolah yang belum dimengerti
  • Pengerjaan PR atau latihan yang dirasa sulit
  • Persiapan ulangan harian (UH) atau penilaian harian (PH)
  • Persiapan penilaian tengah semester (PTS)
  • Persiapan penilaian akhir semester (PAT)
  • Persiapan ujian kenaikan kelas atau penilaian akhir tahun (PAT)

Khusus untuk siswa kelas 6, 9, dan 12 ada persiapan ujian sekolah berstandar nasional (kelulusan) dan Persipan UTBK untuk siswa kelas 12. Adapun jumlah pertemuan total sesuai dengan paket yang diambil, bisa paket belajar 12 bulan, 24 bulan, atau 36 bulan. Siswa juga akan mendapatkan layanan dari Customer Care Sinotif mengenai pelaporan hasil belajar kepada orang tua, reminder jadwal les, konsultasi dan sharing mengenai pendidikan di sekolah, serta diskusi tentang kebutuhan meraka 

Selain paket classical (Gold), yang dilakukan dengan satu guru untuk 6-15 siswa ada les privat atau paket belajar Diamond merupakan paket belajar yang paling eksklusif di mana satu guru hanya mengajar satu siswa saja. Untuk yang semi privat (Platinum) satu guru dengan maksimal 5 orang siswa. Jadi kita bisa memilih sesuai kebutuhan dan preferensi anak.

Les privat dilakukan secara live Interaktif, tatap muka langsung 2 arah secara online melalui media zoom. Materi mengikuti kebutuhan siswa, apakah siswa butuh pendalaman materi, persiapan test, ada PR yang sulit, atau permasalahan pelajaran yang lainnya. Akan ada tes penguasaan setiap bab, Untuk les privat ini siswa bisa memilih jadwal, menyesuaikan dengan kesibukan belajar dan kebutuhan jadwal sekolah.


Bimbingan Belajar Premium untuk Sekolah Internasional

Untuk siswa di sekolah internasional Cambridge IB HSC, tersedia les privat dan semi privat. Pengajaran dilakukan secara bilingual dengan cara penyampaian serta materi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, baik untuk materi berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris.

  • Primary (level 4-6)           : Math
  • Secondary (level 7-9)      : Math and physics
  • High school (level 10-12): Math, physics, chemistry

Layanan dan materi belajar yang sedang dibutuhkan siswa meliputi:

  • Mengulang materi sekolah yang belum dimengerti
  • Menuntun pengerjaan PR yang dirasakan sulit
  • Monthly test preparation
  • Mid semestral test preparation
  • Semestral test and final examination preparation.

Nah mengingat ada beberapa kurikulum yang digunakan diberbagai sekolah internasional, maka Sinotif juga menyediakan les atau bimbingan belajar sesuai dengan kurikulum yang digunakan

Les Kurikulum Cambridge


Kurikulum Cambridge merupakan kurikulum sekolah internasional terbanyak di Indonesia. Siswa sekolah kurikulum Cambridge akan lebih leluasa saat ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri karena hasil ujian bisa diterima langsung di universitas-universitas luar negeri. Les privat dan semi privat Sinotif akan membantu siswa: 

  • Les math, physic dan chemistry kurikulum Cambridge reguler. Les  ini ditujukan untuk membantu pemahaman materi, latihan pengerjaan soal, pengerjaan PR yang sulit hingga persiapan menghadapi test/exam harian, semesteran dan kenaikan kelas.
  • Persiapan IGCSE. Mulai dari level 9 umumnya sekolah sudah mengajarkan materi IGCSE supaya siswa siap ikut IGCSE assessment di level 10. Bagi sebagian siswa materi IGCSE cukup menantang sehingga butuh bimbingan tambahan. Subject yang dipersiapkan adalah Mathematics, Physics dan Chemistry. IGCSE Past papers juga dipergunakan untuk latihan siswa.
  • Persiapan A Level (Cambridge International Advanced Level) berupa assesment yang dipersiapkan oleh siswa level 11 dan 12. Subject yang dipersiapkan adalah Mathematics, Physics dan Chemistry. A level Past papers banyak disediakan untuk latihan siswa.

Les Kurikulum IB (International Baccalaureate)

Kurikulum IB (International Baccalaureate)merupakan  kurikulum sekolah internasional yang sangat banyak diminati. Hasil ujian sekolah IB (Diploma Programme dan Advanced Placement) bisa diterima langsung di universitas-universitas luar negeri. Dengan Les privat dan semi privat kurikulum IB, siswa akan belajar:

  • Les math, physic dan chemistry kurikulum IB secara reguler. Les ini untuk membantu pemahaman materi, latihan pengerjaan soal, pengerjaan PR yang sulit hingga persiapan menghadapi test/exam harian, semesteran dan kenaikan kelas.
  • Persiapan Diploma Programme Standard Level. Bagi siswa yang di sekolahnya mengikuti Diploma Programme Standard Level, siswa akan disiapkan mulai dari pemahaman materi, latihan soal hingga persiapan test. Subject yang dipersiapkan adalah Mathematics, Physics dan Chemistry. Past papers banyak tersedia untuk latihan siswa hingga siap mencapai hasil yang bagus.
  • Persiapan Diploma Programme High Level. Untuk siswa Diploma Programme High Level akan disiapkan sesuai materi yang diajarkan, mulai dari pemahaman materi, latihan soal hingga persiapan test. Subject yang dipersiapkan adalah Mathematics, Physics dan Chemistry. Ada banyak kumpulan Past papers untuk latihan siswa.

Les kurikulum HSC, Singapore dan lainnya

Beberapa sekolah internasional di Indonesia menggunakan kurikulum dari Australia (seperti HSC) dan Singapore, bahkan bisa juga kurikulum internasional yang lain. Les privat dan semi privat akan diajarkan mengikuti kurikulum yang dipergunakan, dan yang tersedia adalah Les math, physic dan chemistry reguler

Les ini ditujukan untuk membantu pemahaman materi, latihan pengerjaan soal, pengerjaan PR yang sulit hingga persiapan menghadapi test/exam harian, semesteran dan kenaikan kelas. Guru akan menyesuaikan semua materi pengajaran sesuai dengan kurikulum, sekolah dan buku yang dipergunakan oleh siswa.

Bimbingan Belajar Siswa Sekolah Nasional Plus

Layanan untuk siswa sekolah Nasional Plus di tingkatan primary (level 4-6)  untuk math, secondary (level 7-9)  untuk math dan physics dan high school (level 10-12): untuk math, physics, dan chemistry. Siswa sekolah nasional yang menggunakan kurikulum internasional, mulai dari Cambridge (Checkopoint, IGCSE/O-Level, As/A Level), IB (SL/HL), dan HSC akan mendapatkan sistem bimbingan yang juga menyesuaikan pada masing-masing kebutuhan siswa. Untuk bahasa pengantar materi internasional menggunakan bilingual.

Materi bimbingan meliputi: 

  • Mengulang materi sekolah yang belum dimengerti
  • Menuntun pengerjaan PR yang dirasakan sulit
  • Persiapan ulangan harian
  • Persiapan ulangan tengah semester
  • Persiapan ulangan semester 
  • Persiapan ulangan umum kenaikan kelas 
  • Bagi siswa kelas 6 SD, 9 SMP dan 12 SMA: Termasuk persiapan ujian akhir sekolah (kelulusan) dengan jumlah pertemuan seminggu 2X atau lebih, tanpa biaya tambahan.

Lengkapnya pilihan program yang ditawarkan Sinotif dan pendekatan personal yang digunakan sesuai dengan kebtuhan siswa menjadi salah satu nilai tersendiri saat kita memilih bantuan lembaga bimbingan belajar untuk menemani anak kita mengembangkan diri terutama di bidang yang tidak bisa semua orang (bukan ahli di bidangnya) bisa mentransfer pengetahuan eksakta/science dan math dengan baik. Saya teringat agak sulit mencari guru les yang khusus mengajarkan physic dengan metode Cambrige. Sinotif bahnya ternyata menyediakan bimbingan untuk banyak kurikulum internasional lainnya. 

Why Should Sinotif?



Spesialis matematika, fisika, dan kimia

Siswa dibimbing oleh tiga guru berbeda, untuk masing-masing mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia. Guru-guru Sinotif memiliki standar yang tinggi karena telah menjalani rangkaian pelatihan dan sertifikasi dari pakar pendidikan dan psikologi, sehingga tidak hanya ahli di bidangnya, melainkan juga paham akan karakter peserta didiknya.

Program belajar sesuai kebutuhan

Bahan ajar disusun secara khusus agar dapat memenuhi setiap kebutuhkan. Dengan memperhatikan 4 aspek penting, antara lain karakter siswa, materi yang sedang berjalan, di mana siswa bersekolah, dan event apa yang akan berlangsung, Sinotif mengupayakan yang terbaik agar siswa belajar dengan tepat dan memperoleh hasil yang maksimal.

Modul belajar lengkap dan sistematis

Modul “Paket 7 Lapis” dari Sinotif, berisi rangkuman materi hingga soal-soal latihan dengan susunan yang sistematis. Siswa dapat memulai belajar dari "posisi apa pun" ia sekarang. Apakah ia merasa perlu pemahaman materi dari awal, apakah ia merasa perlu mendalami beberapa konsep, atau apakah ia merasa perlu tantangan yang lebih tinggi, semua bisa ia dapatkan.

Pendekatan secara personal

Sinotif menyesuaikan diri dengan karakter dan gaya belajar anak, karena pada dasarnya setiap anak pasti memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda. Pendekatan dilakukan secara personal untuk mendalami serta mengenal siswa lebih dalam, sehingga siswa dapat merasa nyaman dan dapat mengikuti sesi pembelajaran secara maksimal.

Laporan  belajar secara berkala 

Untuk mendukung perkembangan belajar anak, Sinotif menyadari pentingnya kerja sama dari orang tua. Agenda komunikasi rutin bersama siswa dan orang tua, akan diselenggarakan secara rutin dan berkala untuk membahas evaluasi serta rencana belajar untuk siswa. Agar komunikasi perkembangan siswa tetap berlangsung tanpa menyita banyak waktu Anda, Sinotif juga melaporkan progress belajar siswa secara rutin setiap akhir sesi.

Bisa tanya PR 24 jam nonstop

Nah yang keren juga dengan Sinotif siswa belajar dari mana saja dan dimana saja dengan seratusinstitute.com, website e-learning berisi bahan-bahan belajar dan latihan soal dengan pembahasan yang disajikan dalam bentuk teks dan vidio. Siswa juga dapat menanyakan PR selama 24 jam nonstop melalui aplikasi Tanya Jawab Soal, yang akan dijawab oleh lebih dari 130 guru di Indonesia.

Garansi Uang Kembali

Happy news untuk para orang tua merasa khawatir, anak-anaknya kurang cocok belajar bersama guru Sinotif. Sinotif punya program garansi uang kembali, yakni untuk program Diamond. Siswa secara otomatis terdaftar dalam program garansi uang kembali, tanpa tes, tanpa syarat dan ketentuan yang memberatkan siswa maupun orang tua.

Hmm jadi gimana? Sinotif bisa mewakili kegalauan Moms and Dads yang angkat tangan saat mendampingi anak-anak belajar matematika, fisika, dan kimia? Yuk sharing pengalamanmu di kolom komentar.

28 comments

  1. Aku udh lama denger ttg sinotif ini. Waktu itu belum ngerasa perlu masukin anak kesana, Krn memang blm belajar ttg fisika kimia juga. Tapi rasanya kalau mereka sudah SMK nanti, aku pasti masukin sih mba

    Secara yaa, matematika, fisika, kimia, itu pelajaran killer banget buatku 🤣🤣. Ga pernah jago di sana. Krn memang aku lebih suka dan kuat di IPS.

    Jadi pastinya drpd anak2 makin ga paham, memang bagusnya serahin ke ahlinya sih.

    ReplyDelete
  2. sekarang makin banyak pilihan ya untuk membibing belajar

    ReplyDelete
  3. Wah banyak banget nih ya kemudahan dan manfaat ketika memilih bimbingan belajar tersebut

    ReplyDelete
  4. Wah, super lengkap sekali Sinotif ini untuk memberikan bimbingan belajar mata pelajaran matematika, fisika dan kimia. Kita bisa pilih sesuai dengan kebutuhan anak masing-masing ya. Metode pembelajarannya juga memudahkan anak agar lebih memahaminya. Hebatnya lagi ada garansi uang kembali. Mantap!

    ReplyDelete
  5. wahhh solusi ciamiikk ini.
    anakku sekarang udah SMA mba
    ntar aku tanya, dia mau bimbel kyk sinotif gini ahh
    makasiii ya mba

    ReplyDelete
  6. Baru nanya sama temen kemarin kalau di sinotif bimbingan belajar apa saja, kata temen fokus ke matematika. Jadi sangat membantu sekali ya buat anak yang kesulitan di bidang itu

    ReplyDelete
  7. Lengkap sekali info soal bimbel Sinotif ini. Anakku kelas 9 butuh bimbel, mau ikutan bimbel offline dah sore pulang sekolah. Pas ini kalau les privat dilakukan secara live Interaktif, tatap muka langsung 2 arah secara online melalui media zoom, belum lagi banyak keunggulan lainnya.

    ReplyDelete
  8. Anakku sama kayak aku, terkendala materi matematika. Kalau ada bimbingan belajar interaktif ini jadinya ngebantu sekali. Ortu juga tenang karena ada garansi uang kembali. Makasih rekomendasinya mbaa

    ReplyDelete
  9. Iya nih aku juga lagi mempertimbangkan anakku yang SMK untuk ikutan bimbel di Sinotif, rencananya mau lanjut kuliah jadi harus mempersiapkan diri belajar berbagai pelajaran yang ngak didapat saat SMK, yaitu matematika, fisika, kimia. Dengan metode Live interaktif, diharapkan anak akan lebih fokus belajar.

    ReplyDelete
  10. Sinotif memiliki 7 (tujuh) lapis modul dengan berbagai tingkat kesulitan, anak-anak bisa mengerjakan soal yang mereka butuhkan dan tidak terbatas berapa banyak yang bisa mereka kerjakan untuk meningkatkan kemampuan dalam menjawab berbagai variasi soal.

    ReplyDelete
  11. Kak Al udah SMA ya, masya Allah...aku jg dulu bimbel, suka yg diskusi 2 arah gitu mba. Enak dan jadi ngerti banget. Sekarang ada Sinotif solusi nih buat nakanak bimbel yg menarik ya mba Ophii

    ReplyDelete
  12. Banyak yang bilang pelajaran eksak itu sulit ya mak, Alahmdulillah sekarang zamannya semua dipermudah..ada solusinya untuk bisa belajar materi yang menurut anak sulit, yaitu degan ikut bimbingan belajar. Salah satunya di Sinotif

    ReplyDelete
  13. Wow keren sekali ya sekolah Kak Al ya bun ada kelas dengan Cambridge Curriculum.Aku setuju nih bimbel itu harus interaktif siswa dibuat pintar untuk bertanya. Bagus ya Sinotif bimbelnya

    ReplyDelete
  14. Kayaknya perlu nih adikku bimbel di Sinotif untuk Matematikanya. Karena adikku dah SMK tapi dia lemah matematika.

    Bimbel di Sinotif ini mudah banget, sistem belajarnya juga menyanangkan. Jadi anak akan senang dan mudah memahami materinya.

    ReplyDelete
  15. Anak saya pernah lihat buku pelajaran matematika zaman saya SMP. Trus, dia terheran-heran karena ternyata sangat mudah. Karena dia mempelajari itu saat SD hehehe.

    Memang iya sih pelajaran zaman sekarang semakin susah. Makanya, semakin merasa perlu nih ikutan bimbel. Terkadang belajar di sekolah aja belum cukup.

    ReplyDelete
  16. Sinotif ini bimbel online yang membantu anak mudah memahami pelajaran eksakta ya mbak

    ReplyDelete
  17. Aku suka sama Sinotif ini karena memang waktu bimbelnya tuh fleksibel, jadi bisa menyesuaikan dengan anaknya juga. Selain itu program yang ditawarkan juga menarik banget.

    ReplyDelete
  18. Menyenangkan itu dengan adanya garansi uang kembali, pasti setiap orang tua nyaman mengajak anaknya untuk belajar di Sinotif
    Cocok untuk jenis kurikulum apapun juga ya

    ReplyDelete
  19. Asyik banget bisa tanya jawab PR sampai 24 jam. Aku sih bakal ngereog, hahahah

    Bersyukur ya sekarang tuh banyak bimbel online yang oke. Orang tua gak perlu antar jemput lagi karena belajarnya bisa di rumah saja

    ReplyDelete
  20. Keren nih lengkap perpaduan kelas internasional dan regional yang bisa di ikuti oleh anak anak yang emang pengen mendalami sains, khususnya mata pelajaran math, fisika, chemist

    ReplyDelete
  21. Anak saya juga kayaknya perlu bimbel untuk persiapan masuk kuliah, karena kalau di SMK pelajarannya matematika, fisika dan kimianya tidak dipelajari secara mendalam. Sinotif ini bisa jadi rekomendasi yang tepat ya.

    ReplyDelete
  22. Wah ma kasih infonya ya, mba. Ini bisa masuk catetan saya buat Abang nih. Lengkap fiturnya ya.

    ReplyDelete
  23. Belajar dengan pengulangan ini yang terbaik sii..
    Dengan pemahaman materi dan pendalamannya di bimbel online Sinotif, maka diharapkan anak bisa lebih terlatih karena terbiasa memahami pola soalnya.

    ReplyDelete
  24. Bagus ya Sinotif, bisa jadi solusi buat anak-anak yang belajar eksakta secara online tapi interaktif. Jadi bisa tanya-tanya sepuasnya.

    ReplyDelete
  25. Memang mencari bimbel butuh yang metodenya yang asyik dan ke siswa benar2 bisa dimengerti. Makasih infonya

    ReplyDelete
  26. Matematika, fisika dan kimia jadi momok banyak pelajar. Makanya kalau ada kursus yang interaktif jelas memudahkan mereka. Ortunya juga happy karna anak jadi bisa lebi h paham

    ReplyDelete
  27. Kalau Sinotif udah ada dari dulu, aku pasti ikut bimbelnya juga karena sadar matematikaku kurang haha. Emang pada dasarnya proses belajar mengajar itu tergantung komunikasinya ya, Mbak. Kalau pengajarnya enak cara menyampaikan materinya pasti bikin anak termotivasi belajar.

    ReplyDelete
  28. wah makasih mbak informasinya, ini pas banget saya sedang mencari bimbel buat anakku nih yang smp dan sma. moga aja anak-anak betah dengan bimbel yang interaktif ini

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.