9 Tips Bisnis Restoran untuk Passive Income



Sumber: Unsplash

Restoran merupakan salah satu bisnis yang dapat dimiliki dengan keuntungan dari Obligasi Pemerintah. Hal ini disebabkan jenis bisnis ini selalu berkembang sepanjang masa. Bahkan, bisnis ini pun semakin berkembang karena tingginya permintaan pasar.

Salah satu penyebab tingginya permintaan pasar ialah banyaknya orang yang menganggap membeli makanan di restoran lebih praktis daripada membuat sendiri. Maka dari itu, segera miliki restoran impian dengan mengikuti tips di bawah ini.

Tips Bisnis Restoran

Menurut buku Pengantar Akomodasi dan Restoran, Emmita Devi Hari Putri (2018: 72), Arief (2005: 31) restoran ialah industri yang melayani makanan serta minuman pada semua orang.

Industri ini pun kerap dipilih oleh banyak orang sebagai passive income karena berbagai alasan di atas. Jika Kita juga ingin memilikinya, maka beragam tips di bawah ini bisa diikuti.

● Tentukan Target Pasar

Target pasar merupakan salah satu komponen yang penting untuk ditentukan. Dengan menentukan hal tersebut, Kita mengetahui konsumen seperti apa yang akan datang ke restoran beserta cara terbaik untuk melayaninya.

Penentuan target pasar bisa dipengaruhi oleh berbagai hal. Salah satunya ialah lokasi restoran. Jika mempunyai bangunan restoran dekat dengan universitas, maka Kita bisa memilih mahasiswa sebagai target pasar.

● Tentukan Konsep

Setelah mengetahui target pasar, Kita bisa mulai menentukan konsep restoran yang akan dibangun. Sesuaikan dengan selera target pasar itu sendiri. Misalnya jika target pasar adalah anak muda, maka konsepnya bisa kekinian.

Kita bisa menentukan konsep sendiri dengan melihat referensi di internet. Selain itu, Kita juga bisa meminta bantuan profesional seperti arsitek untuk menentukan konsep terbaik.

● Buat Desain

Langkah selanjutnya untuk memiliki restoran memanfaatkan keuntungan Obligasi Pemerintah adalah membuat desain. Kita bisa membuatnya sendiri lalu menyerahkannya kepada kontraktor atau meminta bantuan arsitek.

Desain yang dibuat perlu disesuaikan dengan konsep sebelumnya. Bahkan detail-detail desain seperti pemilihan warna hingga ornamen bangunan juga harus disesuaikan dengan konsep tersebut.

Desain adalah salah satu hal yang mampu menarik konsumen bahkan sebelum mereka mulai mencicipi makanan. Oleh sebab itu, desain perlu dibuat semenarik mungkin sehingga konsumen mau masuk ke restoran tersebut.

● Tentukan Menu

Berbicara tentang restoran, tentu Kita akan berhadapan dengan menu makanan serta minuman. Oleh sebab itu, Kita perlu memikirkan menu apa yang akan disajikan.

Penentuan menu ini bisa ditentukan bersama konsep dan desain restoran. Misalnya jika Kita ingin memiliki restoran bergaya Amerika, maka menunya pun berasal dari negeri Paman Sam tersebut.

Dalam menentukan menu tersebut, Kita bisa memperhatikan berbagai hal. Misalnya, apakah Kita mau menyajikan makanan fast food atau unik dan belum dimiliki di daerah sekitar. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

● Pilih Peralatan Terbaik

Bisnis yang berkualitas perlu memiliki peralatan terbaik untuk menunjangnya. Begitu pula dengan restoran. Maka dari itu, mulailah membeli peralatan berkualitas seperti kompor, alat penggorengan, dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga untuk membeli furniture untuk melengkapi restoran Kita. Sesuaikan dengan konsep serta desain restoran agar terlihat serasi dan terlihat menarik di mata konsumen.

Selain itu, Kita juga bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendukung bisnis. Contohnya adalah penggunaan perangkat lunak untuk memudahkan bisnis Kita.

● Rekrut Karyawan Berkualitas

Restoran yang baik tentu memerlukan karyawan berkualitas untuk menjalankannya. Maka dari itu, Kita bisa merekrut karyawan terbaik saat ingin memiliki restoran dengan Obligasi Pemerintah.

Kita bisa menetapkan beberapa kriteria serta tahapan seleksi untuk memperoleh karyawan berkualitas. Namun jangan lupa juga bahwa Kita perlu menggaji mereka sesuai dengan kemampuannya.

Sumber: Unsplash

● Buat Strategi Pemasaran

Restoran Kita akan sulit dikenal jika tidak dipasarkan dengan baik. Bahkan bukan tidak mungkin tak ada yang mau mengunjungi restoran Kita jika strategi pemasaran yang diterapkan keliru.

Oleh sebab itu, Kita bisa mulai membuatnya dan sesuaikan dengan target pasar. Kita pun bisa mempertimbangkan penggunaan internet dan media sosial mengingat masyarakat Indonesia hidup di zaman serba digital.

● Tentukan Harga

Penentuan harga adalah hal yang penting untuk membuat Kita tetap untung serta bisa membuat operasional restoran tetap berjalan. Maka dari itu, Kita perlu menentukannya dengan baik.

Ada berbagai hal yang perlu Kita pertimbangkan dalam hal ini, yaitu menu yang disajikan dan target pasar. Pastikan harga sesuai dengan kedua hal tersebut sehingga tidak terlalu mahal atau sebaliknya.

● Lakukan Kerja Sama

Kerja sama ialah hal yang penting untuk mengembangkan restoran Kita. Jenisnya pun bisa beragam. Salah satunya adalah co-ownership. Carilah orang dengan ide-ide segar dan punya etos kerja tinggi untuk menjalin kerja sama ini.

Jika Kita siap mempunyai bisnis restoran dengan berbagai tips di atas, maka DBS Treasures akan mendukung Kita. Bersama perbankan prioritas DBS Treasures, Kita bisa berinvestasi Obligasi Pemerintah yang keuntungannya dapat dimanfaatkan untuk memilikinya.

Ada berbagai keuntungan yang bisa Kita peroleh saat menjadikan DBS Treasures sebagai mitra, seperti mudahnya transaksi melalui satu aplikasi dan adanya tiga jenis mata uang yang bisa digunakan, yakni USD, EUR, dan IDR.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Kita, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Kita dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Tertarik untuk lakukan investasi Obligasi Pemerintah? Jika Kita membutuhkan informasi selengkapnya, maka Kita cukup klik di sini.

21 comments

  1. Banyak hal yang perlu dipersiapkan dan menjadi bahan pertimbangan untuk membuka bisnis restoran ya. Namun dengan perencanaan yang matang, hasilnya bisa sesuai dengan ekspektasi. Sukses selalu kepada para pebisnis restoran..

    ReplyDelete
  2. Banyak sekali hal - hal yang harus disiapkan ketika akan membuka restoran / cafe, tidak semudah kelihatannya, dan akan sangat menguras banyak tenaga, tetapi ketika hal itu berjalan dan membuahkan hasil akan menjadi kepuasan tersendiri bagi yang menjalankan.

    ReplyDelete
  3. memang era sekarang itu saatnya berkolaborasi ya mba, dengan cara bekerjasama dengan pihak yang lain untuk mengembangkan bisnis restoran

    ReplyDelete
  4. Sebelum memutuskan jadi ibu rumah tangga saya bekerja sebagai manajer salah satu resto waralaba ternama. Suami pernah mengajak buka bisnis restoran karena saya punya latar belakang pendidikan dan pengalaman yang menunjang. Tapi masih maju mundur sayanya huhuhu... Bagus ini, ada DBS Treasures sebagai mitra,mempermudah transaksi melalui satu aplikasi dengan adanya tiga jenis mata uang yang bisa digunakan, yakni USD, EUR, dan IDR.

    ReplyDelete
  5. Bisnis restoran menurut molly susah2 gampang. Modalnya mesti gede dan kuat. Apalagi sekarang daya beli masyarakat rendah juga. Makanya butuh banyak perencanaan

    ReplyDelete
  6. Riset di awal untuk melihat target pasar itu memang penting banget.
    jangan sampai restoran udah buka, eh malah sepi karena risetnya ga mendalam.
    apalagi saat ini menjamur usaha makanan, harus punya keunikan dan nilai lebih agar bisa bersaing

    ReplyDelete
  7. Buka bisnis restoran memang persiapannya harus matang banget ya mbak modalnya harus gede terus pesaing juga banyak, di Cilacap tuh banyak loh resto yang jualan viral lalu bertahan hanya 2/3 tahun saja

    ReplyDelete
  8. Mba, ada restiran di dekat rumahku, akses bukan di pinggir jalan raya. Tapi makanan enak-enak dan harga terjangkau. Penataannya juga baguss. Kayaknya ini juga bisa pasisve income terbaik

    ReplyDelete
  9. Jujurly aku kurang paham sih apa itu obligasi pemerintah. Tapi bener banget bahwa untuk mulai bisnis itu memang banyak yg perlu disiapkan. Orang mah kadang cuma mikirin menu nya doank kalo bisnis restoran

    ReplyDelete
  10. Bisnis restoran tuh menjanjikan banget sih kataku, apalagi kalau memang tempatnya berada di tempat strategis dan juga memiliki makanan yang enak dan juga ciri khas resto tersebut ya.

    ReplyDelete
  11. Usaha kuliner memang nggak ada matinya. Zaman pandemi sekali pun, masih diminati bahkan banyak pembeli yang beralih ke online. Buat buka restoran memang butuh banyak persiapan dan strategi biar bisnisnya berjalan lancar

    ReplyDelete
  12. OOo ternyata di aplikasi DBS ada juga fitur buat investasi salah satunya membeli obligasi pemerintah ya mbak.
    Wah keuntungannya bisa sampai lumayan banget sampai bisa bikin buka usaha resto.
    Mantul nih ttg usaha resto, karena pada dasarnya susah2 gampang ya. Kudu dibikin enak banget makanannya dan yang penting ada keunikan :D

    ReplyDelete
  13. Membuka usaha bisnis restoran selain harus paham konsep dan target pasarnya. Biar gak buka bentar, terus cuma 3 tahunan tutup.

    Untuk menghasiljan passive income, kalau perlu memang beli obligasi pemerintah deh.

    ReplyDelete
  14. Jadi teringat dengan cita-cita saya sendiri ketika sekolah, pingin punya restoran. Secara ibu (almarhumah) punya warung makan yang cukup laris dan menu yg dicari oleh pelanggan. Qodarullah belum terwujud. Eh, jadi curhat. Btw, betul sekali kudu disiapkan betul dan planning yang matang. Makasih tips dan sharingnya.

    ReplyDelete
  15. Kolaborasi dan menentukan peralatan itu juga perlu pemikiran panjang
    Jangan salah pilih rekan bisnis collabs
    Sebab ke depannya makin banyak rintangan

    ReplyDelete
  16. Saya pengen banget punya usaha restoran. Kalau ketinggian, namanya diubah jd rumah makan deh. Maunya bikin yg tempatnya luas, parkirnya nyaman, ada tempat main anaknya dan kolam2 ikan gitu biar seru dan beda dg lainnya. Tapi modalnya gede yak

    ReplyDelete
  17. Ehiya..kemarin suami juga butuh bank yang bisa bantu buat menerima uang dari luar negeri dan DBS Bank adalah salah satu bank yang bisa menerima uang dengan berbagai kondisi. Jadi keingetan sama DBS terus kan.. karena kemudahan yang diberikan.

    ReplyDelete
  18. pengen banget ini buka usaha restoran, kalau di sini depot aja pengennya sederhana gitu. cuma ternyata pajak resto atau bisnis makanan di daerah besar mak, tapi kalau bisa diputer uangnya selama usaha sih aman-aman aja ya. moga beneran bisa buat

    ReplyDelete
  19. Wah salah satu impianku nih, punya restoran. Bayanganku, semua makanan yang aku favoritkan ada di sana. Mungkin di luar sana ada juga yang seleranya kayak aku. Hehehe. Btw, bagus nih tipsnya. Kudu dicatet nih. Semoga deh nanti impian punya restoran bisa terwujud. Bisa diterapkan tipsnya. Aamiin. :D

    ReplyDelete
  20. Wah salah satu impianku nih, punya restoran. Bayanganku, semua makanan yang aku favoritkan ada di sana. Mungkin di luar sana ada juga yang seleranya kayak aku. Hehehe. Btw, bagus nih tipsnya. Kudu dicatet nih. Semoga deh nanti impian punya restoran bisa terwujud. Bisa diterapkan tipsnya. Aamiin. :D

    ReplyDelete
  21. Ekonomi lagi syulit, cari kerja susah banyak yg bilang bisnis makanan itu cepet laku. Tapi mmg saingannya banyak harus ada yg agak unik dan berbeda

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.