Pentingnya Literasi Informasi Untuk Pengembangan Diri

Percaya gak kalau sekarang ada salah satu kebutuhan yang ternyata jadi "basic need" kita di zaman kekinian saat ini. Gak bisa dipungkiri, saat ini kita punya kebutuhan yang sangat signifikan terhadap informasi dan berita yang updated dan valid pastinya. Mengakses informasi dan berita enaknya sambil duduk di beranda gak sih? jangan lupa kopi atau tehnya. Eits atau cukup ke beranda.co.id aja gimana?


Jadi kalau dulu ada pertanyaa: "sebutkan tiga kebutuhan pokok manusia?" Hmm pasti masih ingat ya pelajaran di sekolah dulu jawabannya adalah sandang, pangan, papan. Yes bener sih! Tapi kayaknya kalau sekarang ada satu kebutuhan pokok lagi yang ternyata mendorong manusia untuk menempatkan media sebagai salah satu kebutuhan hidup. Kebutuhan akan informasi! 

Mengapa? karena informasi yang memadai dan akurat akan sangat bermanfaat bagi pengembangan diri seseorang guna peningkatan kualitas dan kapasitas diri secara personal maupun profesional. Pengembangan diri sering dikaitkan dengan kesuksesan. Orang sukses pasti punya kemauan untuk mengembangkan diri dengan memperbaharui keahlian, kemampuan, dan pengetahuannya. Yes, tidak bisa dipungkiri literasi informasi merupakan bagian dari skill yang harus dikembangkan. Jadi, informasi dan berita yang akurat dan selalu update merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi juga.

Beda dengan zaman kita dulu ya para Millenials, kita akan menunggu tukang koran datang atau kita yang harus cari yang jualan koran untuk bisa mengakses berita yang updated di hari tersebut. Jujur sih sebagai yang hobby membaca dan mengupdate diri dengan berita-berita updated, ada suasana nostalgic tersendiri dengan kebiasaan membaca koran ini. Coba deh kalau kalian generasi millenaial, punya kesan apa dengan kebiasaan kita membaca koran yang masih berbentuk kertas dulu? Seru kan ya?

Koran secara fisik saat ini masih ada meskipun sudah semakin terbatas, berbagai berita terkini sudah bisa kita akses diujung jari. Kanal berita online apapun saat ini buaanyak tersedia. Tinggal kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan kita tentunya. Nah balik ke beranda nih eh ke situs beranda.co.id maksudnya.  Ada apa aja sih di kanal berita ini?

Portal berita online ini ternyata bukan hanya untuk para milenial kayak kita, eh aku nih! Tapi juga suitable for generasi Z atau Gen Z.  Kenapa? karena memang yang disajikan merupakan berita terbaru  dan informasi yang revelan terlebih jika kita butuh "self development " untuk karir maupun bisnis.  Pengembangan diri dalam karir dan bisnis tentunya kebutuhan bagi segala usia produktif kan ya. Nah untuk menu utama di halaman beranda utamanya ada Berita Terkini, Ekonomi, Bisnis, Gaya Hidup dan Inspirasi. 


Pada menu berita ekonomi ada kategorisasi ekonomi makro yang mengupas terbaru terkait perkembangan ekonomi nasional dan internasional, dan proyeksi ekonomi di masa depan. Beita seputar  pasar saham, obligasi, dan derivatif lainnya, serta analisis dan tips investasi ada di kategori pasar. Untuk para pebisnis tentu kedua informasi ini sangat penting membantu dalam keputusan dan langkah bisnis  yang akan diambil. 

Selain itu penting juga untuk memantau berbagai berita terbaru mengenai industri dalam negeri dan internasional, termasuk perkembangan industri baru, investasi, dan inovasi yang tersedia dan relatif terupdate di kategori industri. Untuk tren dan kebijakan perdagangan internasional, dan dampaknya terhadap ekonomi nasional dan global, informasi dan updatenya bisa dikulik di kategori internasional.

Kebutuhan pengembangan diri terkait dengan bisnis akan sangat terbantu dengan supply informasi yang selalu terbaharui terkait dengan keuangan dan investasi, teknologi inovasi, entrepreneurship, UMKM, dan marketing/pemasaran tentunya. Lengkapnya berbagai berita seputar bisnis ini tentu adakan sangat membantu menginsiprasi semua pebisnis baik dalam mengelola keuangan, meningkatkan efisiensi dan daya saing, membangun brand dan meningkatkan penjualan. Menariknya informasi disampaikan dalam bentuk sahring tips dan strategi yang memudahkan pemahaman dan penerapannya.

Hal yang penting dalam pencapaian karir dan bisnis, adalah bagaimana menyesuaikan gaya hidup atau lifstyle yang mensupport self development. Jika butuh insprasi terkait fashion, health, sport, travelling, culinary, dan hobbies kita juga cukup duduk di beranda dan mengakses portal berita satu ini. Informasi mengenai gaya hidup terkait erat dengan peningkatan kualitas hidup jadi informasi dan berita yang pas, akurat, dan updated akan sangat membantu.

Jadi gimana, sepakat kan kalau literasi informasi menjadi aspek penting dalam pengembangan diri seseorang? Yuk sharing pendapatmu di kolom komentar.


19 comments

  1. setuju kak, semoga informasi yang kita dapatkan bermanfaat semua ya :D

    ReplyDelete
  2. Daripada yang abal-abal dan menginformasikan ujaran kebencian mending pilih yang ini: beranda co id, yang berisi berita terbaru dan informasi yang relevan termasuk self development untuk karir maupun bisnis.

    ReplyDelete
  3. Setuju jika literasi informasi ini jadi aspek penting pengembangan diri seseorang karena saya sudah merasakannya sendiri mbak. Apalagi jika kita mendampingi orang tua yang generasi boomer, harus sering-sering membantu cek ricek berita yang tersebar ke mereka. Sekarang sudah ada beranda.co.id yang bisa saya rekomendasikan untuk orang tua supaya tidak terjebak dengan berita hoaks.

    ReplyDelete
  4. Bener banget sih, sekarang informasi tuh udah jadi kebutuhan pokok banget. Salah satunya ya biar tau perkembangan saat ini dan biar nyambung juga kalau ngobrol, baik di offline maupun di online. Huah, beranda jadi portal berita yang bisa dipercaya yaa, mantap sih :d

    ReplyDelete
  5. Sepakat, informasi ini di jaman sekarang emang penting banget, bahkan sampai ada yang mengatakan, barang siapa yang memiliki data (informasi) maka dialah yang bisa menguasai dunia.
    Jadi penting banget update informasi, supaya kita nggak ketinggalan perkembangan apapun di sekitar kita, dan juga untuk pengembangan diri tentunya

    ReplyDelete
  6. Wah bisa nih mlipir ke beranda.co.id sbg alternatif portal informasi online. Jujur, sekarang tuh butuh bgt portal info online yang nyaman di mata dan kredibel informasinya. Satu sisi kita butuh melek info..tetapi ketika kita tidak bisa/tidak mendapatkan info yang benar jadinya malah bahaya. Kebanjiran info juga bisa bikin otak overload dalam memprosesnya.

    ReplyDelete
  7. Ya sepakat Mbak, informasi yang memadai dan akurat akan sangat bermanfaat bagi pengembangan diri seseorang untuk peningkatan kualitas dan kapasitas diri secara personal maupun profesional.

    ReplyDelete
  8. Sekarang semua orang bisa mengakses informasi dengan mudah dan cepat, hanya perlu lagi nih.. menyaring media mana yang menyajikan informasi sesuai fakta. Dan jawabannya bisa diperoleh dengan mengakses berita di beranda.co.id.

    Beritanya lengkap dari mulai gaya hidup sampai landing page yang mudah diakses dan nyaman mencari informasi sesuai dengan kesukaan.

    ReplyDelete
  9. Apalagi di jaman seperti sekarang, beughhh banyaaaakkk banget yg pelintir isu dan mengemasnya jd kebohongan,😤 kudu berterima kasih bgt nih sama beranda.co id

    ReplyDelete
  10. Benar banget... Kita juga harus up to date dengan informasi terkini ya mbak. Apalagi kalau sumber informasinya dari situs terpercaya ya, dengan begitu juga kita dapat mengolah informasi dengan baik.

    ReplyDelete
  11. Yap, setuju banget. Aku juga ada di masa suka baca koran buat cari informasi terus mulai beralih ke internet. Asli kangen masa baca koran karena beneran informatif. Kalau internet, kudu pinter-pinter seleksi karena kan berita valid banyak, tapi hoax juga banyak

    ReplyDelete
  12. Sangat sangat setujuu, literasi digital masyarakat kita masih sangat kurang terutama generasi saya, informasi suka ga disaring sama diteliti atau gak dibaca komplit, asal ngegasss ajaa.

    ReplyDelete
  13. Setuju. Saat ini itu yg penting bagaimana menyesuaikan gaya hidup atau lifstyle yang mensupport self development kita ya...

    Apapun informasi untuk dunia fashion, health, sport, travelling, culinary, dan hobi cukup duduk santai search di kolom pencarian aja ya. Hehehe

    ReplyDelete
  14. Iya setuju kalau kebutuhan informasi juga jadi premier saat ini karena bagaimana pun juga kita tertantang zaman. Nggak bisa sok-sokan nggak peduli. Sementara informasi yang baik dan lurus sangat sangat dibutuhkan di zaman yang serba terbuka ini untuk kelangsungan hidup.

    ReplyDelete
  15. cek ricek berita itu keharusan deh kayaknya sekarang ini ya mak. apalagi untuk kalangan anak, remaja dan para lansia. aku sering banget mengingatkan anggota keluarga untuk ngecek kembali keabsahan akun pembuat berita.

    ReplyDelete
  16. Literasi informasi emang penting banget sih Mak. Apalagi kalau mau networking dan menjalin partnership dengan potential client, pasti akan lebih "nyambung" kalau nggak ngerti latar belakang mereka, tapi juga basa-basi receh yang bisa bikin obrolan lebih hidup.

    ReplyDelete
  17. Setuju, Mak. Literasi informasi dapat mendukung kita dalam pengembangan diri. Penting juga untuk memilih kanal berita yang sesuai dengan kita. Informasinya update dan terpercaya, memiliki banyak kategori informasi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengembangan diri.

    ReplyDelete
  18. Penting banget, buat filter terhadap berita hoax juga, apalagi jaman now, info apapun bisa mudah dishare tanpa jelas sumbernya

    ReplyDelete
  19. Iya kita harus rajin baca nih buku atau website yang isinya pengembangan diri, jangan melulu berkutat di medsos hingga kita terbiasa dengan konten pendek dan tidak dalam membahas suatu topik, jadi susah konsentrasi dan fokus

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.