Literasi Keuangan Sejak Dini, Cara Fun Memulainya

Literasi Keuangan Sejak Dini, Yay or Nay!

Hai Sahabat Mom of Trio, apa kabar nih. Tahun baru semangat baru ya pastinya. Semoga tahun ini menjadi tahun yang penuh dengan kebaikan untuk kita semua. Hmm kali ini Mom of Trio pingin ngobrolin soal literasi keuangan nih. Semua berangkat dari fakta akhir-akhir ini melihat banyaknya kasus di mana seseorang menghadapi kegagalan dalam persoalan keuangan lalu berujung pada hal buruk yang tidak hanya berdampak pada dirinya namun juga bagi keluarga dan sekitarnya. Miris ya.


Terpikir di benak saya, bagaimana pentingnya literasi keuangan bagi semua orang. Saat anak-anak mulai remaja dan diberi kepercayaan untuk mengelola uang bulanan mereka, saya makin merasa yakin bahwa literasi keuangan itu ternyata penting banget diberikan pada anak-anak. Bahkan mungkin sejak dini.  Jujur dulu saya berpikir, "ngapain anak-anak dikenalkan uang, dikasih atau dipegangi uang, nanti malah "mata duitan",  atau "anak-anak saya mah belum ngerti uang", jadi saat ada yang memberi mereka uang saya memilih uang tersebut saya yang simpan dan kelola. 

Well, mungkin tidak apa kita bantu simpan, namun tetap sang anak harus paham apa fungsi uang ini, kenapa harus disimpan, kapan harus digunakan, berapa banyak yang bisa dihabiskan, untuk apa uang digunakan. Jadi menafikan pengetahuan tentang uang, rasanya tindakan yang kurang tepat. Setidaknya kita dapat menyesuaikan pemahaman yang kita berikan sesuai dengan usia mereka.

Belakangan saat mereka mulai memasuki masa remaja dan harus mengelola uang saku yang kami berikan. Saya menyadari bahwa, seharusnya sejak dini anak-anak tahu fungsi uang dan bagaimana menyikapinya. Ketimbang mereka sama sekali tidak diberikan pengetahuan tentang uang, tidak dibolehkan memegang uang, atau bahkan tabu bicara uang. Padahal bukan masalah uangnya namun bagaimana "mindset" kita terhadap uang dan bagaimana mengelola uang sebagai salah satu "sarana" kehidupan sehari-hari. 

Harus diakui bahwa salah satu "life skill" yang penting adalah bagaimana anak-anak bisa cakap memahami dan mengelola uang.  Kecakapan literasi finansial sendiri mencakup pengelolaan uang yang dimiliki untuk disimpan (ditabung atau diinvestasikan), dibelanjakan dengan bijaksana, dan dibagi kepada orang lain yang membutuhkan. Kecakapan ini memotivasi seseorang untuk bertindak secara bertanggungjawab dan bijaksana terhadap uang yang dimilikinya, sekaligus mendorong kepedulian sosial. Nilai-nilai ini tentu sangat relevan dengan pendidikan anak, termasuk anak usia dini.

Bagaimana Memulai Literasi Keuangan Kepada Anak-Anak?

Dalam sebuah e-book yang diterbitkan (Otoritas Jasa Keuangan) OJK pada tahun 2020 yang berjudul "Menumbuhkan Kecakapan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini: Panduan Bagi Guru, Pendamping, dan Orang Tua", disebutkan beberapa cara sederhana guna mulai melakukan literasi keuangan kepada anak-anak, antara lain:

  • Pengetahuan tentang konsep uang dan keterampilan untuk mengenai ragam jenis uang
Anak-anak sejak diri harus bisa mulai dikenalkan bentuk dan warna uang yang beragam. Mereka perlu diberikan pemahaman bahwa uang bisa beragam bentuk, gambar, warna, jenis, dan nilainya. Setiap bentuk, gambar, dan warna tersebut memiliki nilai yang berbeda-beda.
  • Pengetahuan tentang kegunaan uang dalam kehidupan sehari-hari.
Setelah mereka mengenali uang, jenis, dan nilainya, Anak-anak harus diberikan pemahaman bahwa uang tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan. Uang dapat ditukarkan dengan benda/barang dan jasa.
  • Keterampilan untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan
Pada tahap selanjutnya anak-anak diajak belajar tentang bagaimana menggunakan uang tersebut dengan bijaksana. Sejak dini anak harus dibiasakan mengenal dan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Latihan sejak dini akan membantu mereka kelak ketika sudah harus mengelola keuangannya sendiri. Dengan uang saku yang sudah diberikan, cukup atau tidaknya akan sangat bergantung pada pemahaman mereka akan kebutuhan dan keinginan mereka.
  • Pengetahuan dan keterampilan untuk menyisakan uang guna disimpan dan digunakan di kemudian hari.

Sejak dini, penting untuk mengenalkan anak kegiatan menabung. Bisa kita mulai dengan mengenalkan aneka celengan dengan bentuk lucu. Persilahkan anak untuk memilih celengan yang disukainya. Ajak mereka memasukkan uang ke dalam celengan tersebut baik di sekolah maupun di rumah. Tanyakan benda apa yang sangat diinginkannya. Beri tahu mereka bahwa sebagian uang saku atau uang jajan kita bisa diniatkan agar disisihkan setiap hari untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan dan dibutuhkan kelak.

  • Kesadaran untuk berbagi kepada orang lain atau teman yang lebih membutuhkan.
Hal yang sangat penting sebagai bagian dari literasi keuangan adalah menyisihkan uang untuk berbagi. Berbagi kepada teman dan orang lain merupakan kemampuan yang perlu dilatih pada anak usia dini. Anak perlu dibiasakan untuk memperhatikan orang-orang yang membutuhkan bantuan di sekitar mereka. Ajak anak untuk memikirkan cara untuk membantu mereka.

Nah bagaimana caranya memulai literasi keuangan, tentang jenis uang, nilainya, kegunaannya, manfaatnya jika kita bisa mengelolanya? Kita bisa memulainya dengan cara yang fun. Salah satu yang sangat bisa dicoba adalah dengan bermain atau main games yang secara fun mengenalkan mereka tentang konsep uang tersbut.

Nah ada salah satu website yang memuat banyak video game keuangan online yang gratis untuk anak-anak. Website money game atau game keuangan ini memberikan kesempatan kita memainkan berbagai video game, memerankan sebagai pengusaha, mengelola bisnis atau sekedar mengenalkan konsep uang ke pada anak-anak. Ada banyak sekali jenis video game online yang menyenangkan, gratis, dan bebas iklan untuk anak-anak dalam berbagai kategori namun semuanya mengajarkan literasi keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Langkah pertama dalam proses literasi keuangan bagi anak usia dini seperti yang telah dipaparkan sebelumnya adalah terkait pengetahuan tentang konsep uang dan keterampilan untuk mengenai ragam jenis uang. Untuk anak-anak terutama usia dini saya kira kita bisa mulai dengan dua jenis games berikut ini untuk bisa membantu mengajarkan tentang konsep uang dan jenis ragam uang kepada mereka. Kita bisa mulai dengan yang sederhana yakni Game Menghitung Uang dan Puzzle Mozaik Uang.

Counting Money Games

Counting Money atau Menghitung Uang adalah permainan menghitung uang yang menampilkan Dolar Amerika dan koin Amerika. Anak-anak akan belajar dan berhitung hingga 99 sen, 10 Dolar, atau 100 Dolar.

Bagaimana cara memainkannya? Kita pilih counting money games, lalu akan muncul video di mana pada sisi kiri layar akan ada pecahan uang Dollar Amerika mulai dari satu sen hingga 100 Dolar dan di sebelah kanan ada kotak di mana kita akan meletakkan uang-uang dolar Amerika tersebut sesuai dengan jumlah yang diminta. 

Untuk anak kecil dan usia dini tentu kita mainkan dengan mode pemula (begginer) untuk memungkinkan kombinasi uang tunai apa pun untuk mencapai tujuan target  kita. Biasanya nilai uang yang dimintakan setara nilainya dengan benda atau barang yang akan kita dapatkan. Biasanya bentuknya mainan. Tentu selain mengenalkan jenis dan macam ragamnya uang, anak-anak akan belajar nilai uang tersebut dibandingkan dengan beragam jenis mainan yang akan mereka peroleh.

Jika kita yang ingin memainkannya, kita bisa pilih mode ahli (expert) untuk melihat apakah kita dapat membuat jumlah target menggunakan jumlah uang kertas dan koin sesedikit mungkin. Prinsip permainan pada kedua level ini sama.

  • Baca jumlah yang benar dan seret uang ke dalam kotak.
  • Jika kita membuat kesalahan, kita dapat mengeluarkan uang dari kotak.
  • Ketika kita sudah merasa memiliki jumlah yang benar, tekan tombol periksa.
  • Jika kita baru menghitung uang, kita dapat bermain dengan petunjuk yang diaktifkan (aktifkan tombol hints).
  • Jika jawaban kita benar,  untuk setiap jawaban benar kita akan mendapatkan satu mainan.
  • Untuk bisa menyelesaikan satu level kita harus mendapatkan 10 jawaban yang benar dan membuka level berikutnya.

Seru, mudah, dan tentu melatih pemahaman anak tentang uang dan nilainya.













Puzzle Mosaik Uang

Puzzle Mosaik Uang adalah permainan puzzle sederhana yang menampilkan mata uang kertas Amerika. Intinya kita bisa memilih nominal uang dollar kertas yang akan kita susun dalam puzzle dan jumlah potongan puzzle antar 8, 12, dan 16 potong. Lalu kita mulai memasangkan setiap potongan hingga terbentuk bentuk uang sesuai nominalnya. Game ini membantu anak mengenali fisik, gambar, dan warna dari masing-masing pecahan uang dolar. Cara memainkannya sangat mudah dan sederhana cocok untuk anak usia dini. Berikut cara memainkannya:

  • Tekan tombol mulai di layar selamat datang.
  • Pilih untuk memainkan uang kertas $1, $5, $10, $20, $50, atau $100.
  • Kita juga dapat memilih untuk memainkan not secara acak.
  • Pilih ukuran grid yang ingin kit mainkan. Kita dapat memilih antara 8, 12, dan 16 potong.
  • Permainan dengan irisan lebih banyak lebih sulit, meskipun ketiga level tersebut cukup mudah.
  • Tarik potongan mata uang satu per satu ke posisinya di dalam uang kertas.
  • Ketika potongan mata uang terakhir diseret ke posisi yang benar, level tersebut dikalahkan.
Jangan lupa bandingkan dengan nilai dan bentuk pecahan uang rupiah kita ya. 







16 comments

  1. Seru ya mbak game belajar keuangannya. Setuju banget kalau sejak dini tuh anak-anak kudu melek literasi keuangan. Ini penting sekali sampai nanti mereka udah dewasa. Saya merasakan dampaknya jika sejak kecil tidak dibekali literasi keuangan. Alhamdulillah juga sekarang dah banyak cara fun yang bisa digunakan ya

    ReplyDelete
  2. Menarik banget ya mbk mengenalkan keuangan pada anak. Apalagi ini anakku baru masuk SD, udah mulai ngasih pengertian ttg membelanjakan uang saku plus sebisa mungkin disisakan untuk disimpan

    ReplyDelete
  3. Anak2 demen deh mainan macam mosaic gitu mba op. Seru. Btw yes banget deh edukasi tentang keuangan pada anak. Penting jadi bisa melatih beda keinginan dan kebutuhan. . Ugo jg udah aku ajarin nih mba 😁 ya walau cranky dulu awalnya..

    ReplyDelete
  4. Keren ya mengajarkan literasi keuangan sejak dini. Dulu kita kan ngerti itu uang - real estate dan jual beli pake monopoli doang hihihi....

    semoga saja ini membuat milenial melek finansial ya Ophie

    ReplyDelete
  5. Kalau aku sih YES, karena memang wajib banget untuk anak-anak juga. Selain mereka diajarkan untuk berhemat, dan juga bagaimana cara mereka saving money. Ini seru deh game literasi keuangannya.

    ReplyDelete
  6. setuju mbak memang penting banget nih mengenalkan literasi keuangan ke anak sejak dini. bukan cuma tentang belanja tapi juga tentang menabung hingga investasi

    ReplyDelete
  7. infonya bermanfaat mba untukku yang sekarang anak pertama sudah 'ngerti' uang walau belum paham nominal tapi kayaknya pas dikasih uang sama nenek kakeknya senang sekali katanya karena bisa buat jajan. bener-bener harus dikenalkan sejak dini ya literasi keuangan ini

    ReplyDelete
  8. Mengenalkan literasi keuangan bersama anak dengan cara yang fun ini memudahkan anak memahami dan semoga bisa dipraktekkan di dunia nyata. Sebenernya, orangtuanya juga butuh nih, bermain di https://www.mortgagecalculator.org/money-games/

    Pilihan gamesnya banyaaakk~

    ReplyDelete
  9. Aku tadinya kurang aware dengan literasi keuangan untuk anak. Sejak di sekolah ada market day, di mana anak belajar tentang fungsi dan nilai uang, aku jadi sadar "Oh, ternyata anak usia dini perlu juga ya belajar literasi keuangan." Dengan money game ini bisa jadi cara yang asyik untuk mengajarkan anak literasi keuangan. Sambil main, sambil mengenal uang.

    ReplyDelete
  10. Mendidik literasi keuangan dengan bermain games membuat anak happy yah.

    ReplyDelete
  11. Money game salah satu pilihan saya untuk mengajarkan anak supaya bisa belajar mengenal uang, mengenal nominal dan bagaimana menyimpan uang dengan baik dan benar. Sejak itu lumayan bisa ngerti berapa harga, berapa uang dan berapa kembali jika memberi uang lebih

    ReplyDelete
  12. Wah bagus games-nya mbak. Dari nama websitenya, emang isinya main game terkait uang yaa.
    Bisa banget ya buat anak2 belajar tentang uang biar melek literasi keuangan jadi taunya gak cuma minta terus dan jajan pakai uang, tapi juga paham kalau yang namanya uang2 itu didapat dari usaha buat ngumpulinnya. Akan muncul perasaan sayang banget kalau belanjain boros2 :D

    ReplyDelete
  13. Kalau belajar keuangan dengan cara kayak gini sih jelas lebih menyenangkan ya Mak. Memang apapun subjeknya, kalau dipelajari dengan metode permainan gini jadi nggak kerasa lagi "belajar"

    ReplyDelete
  14. menarik ini game-nya bermain sekaligus belajar tentang keuangan supaya anak-anak pun bisa bijak menggunakan uang sejak kecil

    ReplyDelete
  15. menarik ini game-nya bermain sekaligus belajar tentang keuangan supaya anak-anak pun bisa bijak menggunakan uang sejak kecil

    ReplyDelete
  16. Gak cuma bermain game saja tapi sekalian belajar keuangan sejak dini biar besar nanti terbiasa mengelola keuangan sendiri misal menyisakan uang saku buat ditabung

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.