Pentingnya Performa Kampas Rem Motor Untuk Aman dan Nyaman Berkendara

"Harga kampas rem motor mahal gak sih?" Celetuk saya pada Ayahnya anak-anak. 

"Kenapa emang bu?". 

"Enggak, kok Ayah gak enak banget deh ngeremnya..." 

"Apa kampas remnya perlu diganti? Udah rusak kali?"

Meski saya tidak begitu paham soal permotoran, namun sebagai pengguna yang biasa tinggal duduk nyaman di jok belakang tentu tetap terasa aneh jika ada hal yang tampak tak biasa. 

Saat harus mengerem terutama di posisi turunan dan biasanya mendadak karena berkejaran dengan pengendara dari arah sebaliknya, suami mendadak mengerem motor hingga bunyi berdecit. Sekali dua kali sih, ku anggap karena kaget dan mendadak. Tapi lain waktu kadang bunyi decit juga terdengar saat jalur sedang padat dan motor kami merayap dan banyak mengerem.

Kalau tidak salah, bunyi decit ini salah satu tanda performa kampas rem mulai menurun. Kondisi lain yang bisa ditengarai oleh penumpang (bukan yang mengendarai) seperti saya adalah adanya bau sangit yang timbul akibat gesekan dari kampas rem yang sudah tipis dengan tromol. 

Pada saat sedang berkendara, memang bau tidak akan tercium, tapi ketika motor sudah berhenti bau tersebut bisa tercium oleh pengendara. Eh mungkin karena Ayah menggunakan masker dan helm tertutup  sehingga tidak terlalu tercium. Sementara saya lebih mudah mencium bau yang ada bahkan saat motor sedang melaju.

Jujur saya merasa gak nyaman sih jika karena hal yang terasa sepele lalu menimbulkan bahaya. Bukan cuma bahaya buat kita yang berkendara tapi bagi orang lain, baik sesama pengendara maupun pengguna jalan lainnya.  Bukan apa-apa, siapa sih yang gak sepakat kalau rem itu fungsinya sangat penting. 

Rem merupakan salah satu komponen penunjang keselamatan berkendara yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan. Rem sangat diperlukan pada saat mengendarai kendaraan bermotor, sebagai penunjang keselamatan. Terlebih pada jalanan menurun atau kondisi mendadak. Rem blong karena rusak? gak banget sih! Jangan sampai yaa.

Makanya penting sekali memperhatikan perawatan rem dan komponennya. Rem itu sendiri merupakan alat berupa besi yang akan menekan permukaan roda ketika ditarik atau diinjak, sehingga bisa memperlambat atau menghentikan laju perputaran roda. Karena rem terbuat dari besi, maka dipastikan akan menimbulkan gesekan yang bisa menimbulkan panas dan juga suara bila bersentuhan dengan roda.  Makanya permukaan rem dipasang kampas rem.

Ternyata jenis rem sendiri ada dua macam, yaitu rem tromol dan cakram. Masing-masing jenis rem ini tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Meskipun rem cakram dianggap lebih kuat, tetapi tromol sampai saat ini tetap digunakan. Rem tromol yang memiliki permukaan lebih lebar, biasanya dipakai pada kendaraan besar dan berat, seperti bus dan truk. Permukaan rem tromol yang luas menimbulkan gesekan lebih kuat, sehingga mampu menghentikan laju roda kendaraan besar.

Untuk sepeda motor, rem motor dengan sistem tromol cenderung lebih rumit apabila dibandingkan dengan rem sistem cakram. Letaknya berada di tengah dan terbungkus pelek dan membuat tromol terlihat lebih ringkas. Komponen penyusunan tromol meliputi: rem, kampas, brake shoe, return spring, dan pivot pin

Sementara, rem cakram biasanya digunakan pada kendaraan yang lebih kecil, seperti sepeda motor dan juga mobil. Meskipun permukaan rem cakram lebih kecil, namun kampas pada rem lebih tebal, sehingga gesekan yang dihasilkan lebih kuat, dan mampu menghentikan kendaraan yang sangat kencang.

Rem motor cakram dapat dengan mudah dikenali, karena adanya cakram atau piringan yang terdapat pada sumbu pelek. Sementara untuk bahannya, terdapat beberapa jenis cakram yang digunakan pada motor. Cakram bahan keramik, logam, dan juga serat karbon. 

Untuk motor yang digunakan sehari-hari umumnya menggunakan cakram logam. Sementara cakram keramik atau serat karbon digunakan untuk motor yang memiliki kecepatan tinggi, seperti motor balap.  Ada minimal 6 komponen pada cakram rem, yaitu piringan atau disc, brake, clipper, piston, nipple bleed atau nipple poin, dan kampas rem. 

 

Kampas rem motor atau brake pads adalah salah satu komponen dalam sistem pengereman sepeda motor yang berfungsi untuk menekan bagian cakram atau dinding tromol bagian dalam, sehingga daya gesek yang diberikan mampu memperlambat dan menghentikan putaran roda.


Pantas saja kampas rem motor punya peran penting dalam kenyamanan dan keamanan berkendara. Jangan sampai lalai dalam pemeriksaan dan perawatan kampas rem karena bisa berakibat fatal. 

"Ya udah nanti dicek deh, jangan-jangan kampas remnya udah tipis". 

"Emang kalau pengecekan rutin atau berkala, Kampas remnya dicek juga gak sih?"

"Ya harusnya dicek juga.."

"Kalau ngecek sendiri gak bisa emang?"

Mulai deh mamak-mamak ini, jiwa bawel dan kritisnya membara hahaha.

Memang salah satu tanda kampas rem motor harus diganti adalah saat ketebalan kampas rem kurang dari 2 mm atau saat jarak tempuh telah mencapai 32.000 km. Selain itu, jika terdengar bunyi aneh seperti gesekan logam saat mengerem. 

Jadi sudah tepat kan kewaspadaan Mamak yang satu ini? Bisa jadi memang kampas rem motor kami juga perlu diperiksa dan diganti. Sepakat kan kalau jauh lebih baik mencegah dari pada mendapati risiko yang lebih membahayakan.

Pengecekan dan penggantian kampas rem sendiri ternyata bisa dilakukan di Bengkel atau dilakukan sendiri. Jika melakukan penggantian kampas di bengkel, tentunya ada biaya tambahan untuk pemasangan. Namun biasanya biaya jasa pemasangan yang dikenakan cukup terjangkau juga kok. Nah kalau mau pasang sendiri tentu juga dimungkinkan.

Kalau merasa bisa memasang sendiri di rumah tentu bisa menekan biaya yang dikeluarkan. Karena kita hanya perlu membeli spare partnya saja. Bahkan kita bisa membeli komponen kampas rem secara online kok. Biasanya di toko online kampas rem untuk berbagai jenis dan tipe sepeda motor dijual dengan harga jauh lebih murah. Yang pasti sebaiknya membeli di toko yang terpercaya dan memiliki spesialisasi bidang kendaraan motor sih.

Jangan lupa pastikan bahwa kampas rem yang akan kita beli adalah yang asli alias bukan barang palsu atau KW. Selain itu penting juga untuk memastikan apakah spare part tersebut cocok atau sesuai dengan sepeda motor kita. Kalau sudah terbeli ternyata tidak cocok tentu akan merepotkan. Selain itu perhatikan juga ongkos kirimnya nih. Makanya kita bisa terlebih dahulu mengunjungi toko onlinenya untuk membandingkan harga.

Nah kalau Sahabat Mom of Trio sendiri gimana? Rutin cek kampas motor juga kan? Yukk dicek berkala, jangan lupa jaga keselamatan selama berkendara yaa. Safe riding semua...!


20 comments

  1. Pentingnya memilih kampas rem yang baik demi menjaga keselamatan dalam berkendara. Bagi kita yang awam, sebaiknya bisa menanyakan langsung ke penjual tentang bagaimana cara memilih kampas rem yang sesuai dengan kendaraan kita.

    ReplyDelete
  2. Penting banget ya untuk cek kendaraan berkala dan ganti kampas rem

    ReplyDelete
  3. kampas rem memang wajib banget diperhatikan kondisinya, Mak. saya pernah pas pulang kerja tiba-tiba rem gak bisa dipake, ternyata kampas remnya aus. hiks.. Alhamdulillah masih dikasih keselamatan.

    ReplyDelete
  4. ngomongin soal kampar rem, baru aja motorku mogok nggak bisa distater beberpa hari. KAhirnya pas dibawa ke bengkel ternyata kamoa remnya bermasalah, akhirnya diganti deh. Alhamdulillah motor kembali normal

    ReplyDelete
  5. Wah iya, saat ngerem motorku juga enggak nyaman nih, kayak ada suaranya juga. Mesti lapor paksu atau cek sendiri dulu ke toko onlinenya untuk tahu tentang kampas rem sekalian membandingkan harga.

    ReplyDelete
  6. Menarik, emak-emak memang kayanya perlu tau A-Z urusan domestik, termasuk urusan kendaraan ya. Tapi, sebagai salah satu yang suka mengendarai motor, emang berasa sih kalau kampas rem udah mulai nggak enak, karena kalau dibiarkan bisa aja berbahaya.

    ReplyDelete
  7. Kampas motor kalau udah tipis tuh kerasa emang. Gak enak gitu kalau dipakai. Makanya kudu dicek dan emang baiknya motor atau kendaraan itu dirawat dengan baik. Jadi saat kita pakai juga aman kan

    ReplyDelete
  8. kampas rem kalo gak dirawat dan diservice rutin bisa bahaya ya mba buat performance motor kita

    ReplyDelete
  9. Ternyata rem cakram lebih simple dan emang lebih pas untuk motor ya. Nah, kayanya kalo aku tipe yang serahkan pada bengkel deh, ahaha. Pilih bengkelnya ini yang mesti terpercaya, supaya gak dibohongi jadinya

    ReplyDelete
  10. Setuju. Menjaga performa kampas rem motor memang sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara. Mengingat rem adalah komponen vital yang menghentikan laju kendaraan, pemeliharaan rutin sangatlah krusial. Mengatasi masalah sebelum menjadi serius adalah langkah bijak untuk menghindari risiko saat berkendara. Terima kasih atas pengingatnya ya mbak, semoga kita semua selalu aman di jalan!

    ReplyDelete
  11. penting banget nih buat cek hal2 kecil pada motor. soalnya kalo dibiarin, nanti makin lama makin gede, biayanya pun makin besar

    ReplyDelete
  12. Rem blog ini emang bahaya banget ya mbak, karena salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan di jalan raya selain karena sopir mengantuk.

    Saya juga suka nyeri dan ngeri kalau sampai dengar suara berdecit saat ada pengendara motor mengerem motornya, apalagi kalau sampai ada bau sangit kayak terbakar, duh bahaya banget tuh.

    Demi keamanany berkendara, memang kampas rem sepeda motor ini perlu sering di cek, memastikan selalu dalam kondisi baik

    ReplyDelete
  13. Terwajib bangett untuk cek kampas rem secara berkala ya mbaaa
    trus kudu jeli dan detail.juga mau memutuskan beli di mana.
    jangan sampai salah pilih ya

    ReplyDelete
  14. Itu dia pentingnya pemerikssaan berkala ya Ophie
    Jangan sampai yaaa brake pad luput dari pengawasan hingga jadi penyebab kecelakaan.

    ReplyDelete
  15. aku pernah ada masalah rem motor, ga paham sebabnya apa. beruntung pas kejadian lg di komplek sepi abis anter pesanan sama suami. langsung nelpon tukang ojek minta pertolongan. sejak itu jadi lebih aware lagi dengan perawatan motor terutama cek kampas rem motor secara rutin

    ReplyDelete
  16. Perempuan juga harus tau nih tentang kapan waktunya mengganti kampas rem, karena penting banget jangan sampai keburu habis banget. Tapi biasanya tinggal bawa langsung ke bengkel ya mak.

    ReplyDelete
  17. Wah iya, penting banget tahu apa saja sparepart motor yang harus dirawat termasuk kampas rem ini
    Pilih bengkel motor juga nggak boleh sembarangan ya

    ReplyDelete
  18. Rutin dong kampas rem kan penting banget. Banyak kejadian kecelakaan urusannya sama rem jadi tiap kali servis cek kampas rwm juga jangan sampe diskip

    ReplyDelete
  19. Hahaha.. Emak2 jiwa kritis membara.. Menyala mbakkuuu... Hahaha.. Emang ya kita tuh kudu aware sama onderdil kendaraan kita. Kalau kita rajin cek rutin ke bengkel, bukan cuma sekedar tau soal dunia mekanik, tapi kendaraan kita jadi awet.

    ReplyDelete
  20. Wah ternyata begitu ya kalau rem sudah tidak nyaman dipakai mungkin perlu diganti ya kampas remnya. Harganya juga tidak mahal tapi penting untuk keselamatan di perjalanan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.