3 Manfaat Penggunaan Cloud Computing dalam Industri Kesehatan


Industri kesehatan saat ini terus berkembang dengan adanya partisipasi teknologi yang memainkan peran vital dalam meningkatkan pelayanan pasien. Salah satu teknologi yang populer digunakan dalam industri kesehatan adalah cloud computing seperti hosting terbaik untuk kebutuhan pembuatan website layanan kesehatan hingga pengolahan data pasien.

Secara sederhana, cloud computing menggunakan infrastruktur internet untuk menyediakan akses ke server terpusat dari berbagai perangkat. Di sektor industri kesehatan, cloud computing memungkinkan penyimpanan, pengelolaan, dan pemrosesan data kesehatan melalui internet, yang mengubah paradigma industri kesehatan dengan menyajikan sejumlah manfaat. Salah satu manfaat tersebut berupa ketersediaan layanan untuk meningkatkan aksesibilitas pelayanan kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat lain dari penggunaan cloud computing dalam industri kesehatan? Sebelum masuk ke pembahasan seputar manfaat teknologi ini di industri kesehatan, mari kenali terlebih dulu apa itu cloud computing.

Mengenal Apa Itu Cloud Computing

Cloud computing adalah sebuah terobosan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan memproses data melalui internet. Istilah "cloud" digunakan karena data disimpan dalam penyimpanan virtual yang dapat diakses secara remote.


Teknologi cloud computing memiliki keistimewaan tersendiri, salah satunya seperti pengguna tidak perlu mengelola sumber daya secara langsung. Konsep "berbagi sumber daya" diterapkan di mana sumber daya hanya dialokasikan saat ada permintaan. Oleh karena itu, model pembayaran penggunaan cloud computing umumnya berbasis pemakaian, sehingga dapat mengurangi beban modal bagi pengguna.

Manfaat Cloud Computing di Industri Kesehatan


Menurut laporan dari MarketsandMarkets, pasar cloud computing untuk layanan kesehatan global diprediksi akan mencapai nilai US$64,7 miliar, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 18,1%. Hal ini mengindikasikan peningkatan yang stabil dari 28,1% pada tahun 2020 menjadi 39,4% pada 2022. 



Namun, bagaimana tepatnya cloud computing memberikan manfaat bagi sektor kesehatan? Berikut beberapa contohnya:

Meningkatkan Fleksibilitas Pengguna dan Keamanan Data

Penggunaan cloud computing di industri kesehatan dapat meningkatkan skala infrastruktur IT dengan cepat dan mudah. Layanan kesehatan yang menggunakannya tidak perlu melakukan pembaharuan yang mahal pada perangkat keras dan lunak untuk mengatasi lonjakan volume pasien dan memperluas cakupan layanan.

Selain itu, teknologi ini juga dapat meningkatkan keamanan dengan menyimpan data di pusat data yang aman dan mampu melindungi informasi sensitif pasien dari ancaman siber dan pelanggaran data. Langkah ini juga merupakan bagian dari penjagaan privasi data yang diberlakukan oleh lembaga yang meregulasi layanan kesehatan seperti HIPAA.

Mengurangi Biaya Pengadaan dan Data Recovery Lebih Cepat

Adanya fasilitas cloud computing dapat membantu layanan kesehatan untuk memangkas biaya pengadaan dengan menghilangkan kebutuhan akan pembaruan perangkat keras dan perangkat lunak yang mahal. Pengguna teknologi ini hanya membayar sumber daya komputasi yang digunakan saat diperlukan, tanpa harus mengeluarkan modal lebih besar.

Selain hemat dari segi biaya, cloud computing juga memiliki proses recovery data yang cepat. Proses ini tergolong penting, terutama jika terjadi insiden seperti terhapusnya data pasien dari sistem. Dengan begitu, pihak layanan kesehatan tidak perlu khawatir terkait hilangnya data secara permanen apabila hal tersebut terjadi sewaktu-waktu.

Pengelolaan Data dan Akses Layanan yang Efisien

Sektor pelayanan kesehatan biasanya memiliki volume data digital yang besar tiap tahunnya, mulai dari rekam medis pasien hingga klaim asuransi. Penggunaan cloud computing tidak hanya menyediakan tempat penyimpanan data, tetapi juga menyediakan fitur untuk mengolah data dalam skala besar.

Penggunaan teknologi cloud juga berpengaruh pada pasien dengan memudahkan akses ke layanan medis. Dengan cloud computing, penyedia layanan kesehatan dapat memberikan akses langsung dan memungkinkan pasien untuk mencari informasi secara mandiri.

Kesimpulan

Dengan adanya cloud computing, industri kesehatan telah mengalami perubahan signifikan dalam cara penyediaan layanan dan pengelolaan data. Teknologi ini meningkatkan fleksibilitas pengguna, keamanan data, dan efisiensi biaya. Penyedia layanan kesehatan dapat mengatasi peningkatan volume pasien tanpa perlu investasi modal besar dalam pembaruan infrastruktur IT.

Selain itu, teknologi cloud computing, seperti yang tersedia pada layanan DomaiNesia, dapat membantu melindungi informasi sensitif pasien dari ancaman siber dan pelanggaran data, mematuhi regulasi privasi data seperti HIPAA. Dengan penggunaan cloud, biaya pengadaan dapat dipangkas karena pengguna hanya perlu membayar sumber daya komputasi yang digunakan. Selain hemat biaya, proses pemulihan data juga menjadi lebih cepat, memastikan keberlanjutan pelayanan secara maksimal.

18 comments

  1. Jadi kalau industri punya cloud computing sepertinya akan membuat kinerja perusahaan lebih maksimal, ya? Keamanannya pun terjaga.

    ReplyDelete
  2. Baru ngeh sama detail manfaatnya, bener ya kalo kita BW tuh bisa nambah wawasan. Makasih infonya mbak dan izin share ya

    ReplyDelete
  3. Pasti amat mendukung layanan administrasi di bidang kesehatan dengan cloud computing ini, karena bisa menampunb data pasien di satu rumah sakit yang pastinya banyaak ya

    ReplyDelete
  4. Semua bidang sudah diarahkan menyimpan data secara online. Ngebayanginnya kok masih seram ya. Mengingat sering terjadi kebocoran data. Semoga hal sepenting ini menjadi perhatian para pihak terkait ya. Utamanya sih pemerintah

    ReplyDelete
  5. Sepakat penggunaan cloud computing untuk layanan kesehatan tuh emang perlu banget. Apalagi buat nyimpan data-data rekam medik, sehingga mudah untuk di akses jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Layanan kesehatan yang terkoneksi antar rumah sakit di berbagai lokasi yang berjauhan pun akan lebih mudah jika memanfaatkan cloud computing

    ReplyDelete
  6. Dunia kesehatan saat ini justru diharuskan cepat tanggap dan memiliki pelayanan yang maksimal ya
    RSUD di tempat saya inginkan batu, wah sekarang banyak pembaruan gencar-gencar nya itu termasuk dalam sistem database
    Adanya Cloud Computing tentu saja sangat membantu nih

    ReplyDelete
  7. Teknologi ini bikin masyarakat dan juga pasien bisa lebih mudah, sat set untuk akses layanan kesehatan ya, Mbak.

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau loh cara kerja cloud computing ini, tapi namanya teknologi sudah pasti lebih memudahkan ya. Terutama untuk industri kesehatan ini ya mak, lebih maksimal juga penggunaannya dan menghemat waktu.

    ReplyDelete
  9. Layanan cloud computing ini penting banget. Apalagi kalau terkait data pasien, jangan sampai bocor ke mana-mana. Harus menggunakan provider yg tepat kayak DomaiNesia ini.

    ReplyDelete
  10. Terobosan baru ya di bidang kesehatan, jadi perusahaan tak usah menyediakan perangkat lunak untuk menyimpan data perusahaan cukup di internet saja

    ReplyDelete
  11. Banyak banget ya manfaat cloud computing ini. Zaman sekarang, penyimpanan awan itu emang kaya wajib sih. Gak makan banyak ruang. Yang penting lagi, recovery data bisa cepat. Jadi gak khawatir kalau amit-amit ada apa-apa

    ReplyDelete
  12. Teknologi cloud computing memang sangat membantu sekali yaa..
    Kebayang banyaknya pasien beserta pekerjanya yang masih diinput secara manual, pasti sangat menyulitkan ketika ada data yang dibutuhkan. Dengan teknologi cloud computing, semua tersimpan dengan rapih dan mudah ketika "dipanggil".

    ReplyDelete
  13. Sangat lebih efisien serta lebih terjangkau dari sisi budgeting, tentunya sangat menjadi angin segar bagi para pembisnis ya dengan adanya cloud computing DomaiNesia ini. Beneran rekomen bahkan sat-set dalam recovery, jadi engga worry juga.

    ReplyDelete
  14. Cloud ini memang amat sangat dibutuhkan di masa masa serba digital ya. Kebutuhan penyimpanan data yang tinggi tentu harus dibarengi dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Dunia kesehatan tentu membutuhkannya ya mba

    ReplyDelete
  15. Dunia kesehatan juga semakin berkembang ya, jadi dekat sekali dengan dunia digital. Secara sederhana, kita bisa dengan mudah mengakses info ttg rumah sakit melalui website rumah sskit

    ReplyDelete
  16. Teknologi makin canggih dan berbagai kemudahan diberikan kepada kita sebagai manusia yang bekerja. Cloud computing juga bisa meminimalkan error pada data ya mbak, sehingga data atau file di sebuah perusahaan lebih aman

    ReplyDelete
  17. Bisa tersimpan semua data pasien bagus nih, kadang mungkin kita sebagai warga biasa tidak punya data lengkap menyimpan rekam medik sewaktu waktu dibutuhkan jadi kelimpungan cari data. Nah dengan cloud computing bisa terbantu nih

    ReplyDelete
  18. Dampak baik kehadiran cloud computing semoga meningkatkan tingat kepuasan pasien, ya, Mba. Teknologi diberdayakan secara maksimal untuk kepentingan banyak pihak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.