8 Kiat Membangun Area Shower untuk Mempercantik Kamar Mandi

Unsplash

Toilet adalah salah satu ruangan penting yang sering digunakan keluarga sehari-hari. Ada banyak hal yang bisa dilakukan supaya keluarga bisa semakin nyaman saat menggunakannya, salah satunya adalah membangun area shower yang cantik.

Pembangunan area ini pun sebaiknya tak dilakukan sembarangan agar memiliki daya tahan kuat dan terlihat semakin estetik. Oleh sebab itu, kiat-kiatnya dalam artikel ini diperlukan.

Kiat Membangun Area Shower

Ada beragam hal yang bisa dilakukan dalam pembangunan area ini secara optimal, berikut di antaranya.

  • Pilih Desain

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam membangun area ini adalah memilih desain. Desain tersebut dapat disesuaikan dengan model toilet dan rumah. Pemilihan desain ini akan berpengaruh terhadap estetika area. Selain itu, desain juga akan berpengaruh terhadap pengerjaannya nanti.

Saat ini, ada banyak desain yang bisa dipertimbangkan untuk area ini. Salah satunya adalah desain monokrom minimalis. Dengan desain ini, area akan didominasi oleh warna hitam dan putih. Desain tersebut cocok bagi pemilik rumah minimalis dan simple.

Selain itu, ada juga desain bernuansa kayu. Desain ini bisa menghadirkan kehangatan bagi siapapun yang menggunakan area ini. Selain itu, desain ini juga dapat memunculkan kesan alami. Untuk memperkuat kesan tersebut, tanaman bisa diletakkan di dekat area ini sebagai hiasan. 

  • Perhatikan Tata Letak

Tata letak juga perlu diperhatikan. Hal ini disebabkan tata letak yang tepat bisa membuat toilet tampak lebih lega. Selain itu, tata letak juga akan mempengaruhi estetika. 

Pastikan bahwa semua benda yang ada di dalam toilet bisa diakses meskipun area ini dibangun. Jadi, seluruh anggota keluarga dapat menggunakan toilet dengan maksimal.

Di sisi lain, tata letak juga akan berpengaruh terhadap saluran pembuangan dan sumber air. Maka dari itu, tata letak bisa dikonsultasikan dengan ahli pemipaan  sehingga bisa terwujud sesuai keinginan tanpa mengabaikan fungsi toilet itu sendiri.

  • Gunakan Partisi

Hal ketiga yang perlu dilakukan adalah menggunakan partisi sebagai pemisah area ini dengan area lain di kamar mandi. Dengan adanya partisi, air dari area tersebut tidak keluar sehingga area lain bisa tetap kering.

Selain itu, partisi juga bisa membuat toilet menjadi lebih estetik. Terlebih lagi, jika partisi yang digunakan sesuai dengan desain area di sekitarnya. Hal ini bisa disesuaikan dengan selera.

Ada beragam jenis partisi yang bisa digunakan. Misalnya adalah partisi setengah dinding dan setengah kaca sehingga dapat menutup setengah badan orang yang mandi di dalamnya. Selain itu, ada juga partisi kaca buram full yang membuat bagian dalam area tak terlihat dengan jelas bila ditutup. 

Unsplash

  • Pilih Perangkat yang Sesuai

Pemilihan perangkat seperti keran dan shower juga perlu diperhatikan agar sesuai dengan desain. Jangan sampai pemilihan tersebut bertabrakan dengan desain yang ada sehingga bisa mengurangi estetika.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitasnya. Perangkat yang berkualitas akan membuatnya lebih awet sehingga tak perlu repot-repot memperbaiki atau menggantinya dalam waktu singkat.

Merek ternama bisa dipertimbangkan untuk mendapatkan perangkat yang sesuai desain dan berkualitas. Bandingkan perangkat satu dengan lainnya sebelum memilih, baik dari segi desain maupun kualitas.

  • Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan merupakan hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam pembangunan area ini. Tak hanya cahaya buatan seperti lampu, namun juga cahaya alami, yaitu sinar matahari.

Oleh sebab itu, usahakan agar sinar matahari bisa masuk area ini dengan cukup. Caranya dengan membuat ventilasi kaca. Jika area ini berada di lantai paling atas, atap kaca juga bisa dipasang untuk memaksimalkan masuknya sinar matahari.

Sinar matahari yang cukup dapat membuat penggunaan listrik menjadi lebih hemat. Selain itu, sinar matahari juga bisa mengurangi kelembaban area tersebut. 

  • Perhatikan Keramik 

Pilihlah keramik yang tidak terlalu licin untuk area ini agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, pilih juga keramik yang kuat dan tahan dengan air sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah rembes.

Jangan lupa untuk memilih keramik sesuai desain yang telah ditetapkan sebelumnya. Jadi, keramik tersebut tidak bertabrakan dan toilet pun terlihat lebih estetik.

  • Pilih Lem Keramik Berkualitas

Tak hanya keramiknya yang perlu dipikirkan, namun juga lem keramik kamar mandi. Pastikan bahwa lem tersebut memang dibuat untuk area basah sehingga dapat meminimalisir rembesan.

Salah satu lem keramik yang berkualitas adalah SikaCeram®-180 GA TileFix. Lem keramik ini mempunyai daya lekat yang baik dan cocok untuk granit di dinding dan area basah tak terendam. Menariknya, lem ini bisa diaplikasikan dengan mudah dan hanya menambahkan air.

  • Perhatikan Sirkulasi Udara

Terakhir, jangan lupa dengan sirkulasi udara. Sirkulasi udara yang baik akan membuat area ini lebih segar dan tidak pengap. Sirkulasi udara yang baik juga dibutuhkan untuk mengeluarkan uap dari air panas yang digunakan saat mandi.

Sirkulasi udara ini bisa diperoleh dengan membangun ventilasi yang cukup. Bila perlu, gunakan exhaust fan agar sirkulasi udara lebih lancar.

Kesimpulan

Ada beragam hal yang perlu diperhatikan untuk membangun area ini. Salah satunya adalah pemilihan lem keramik berkualitas seperti SikaCeram®-180 GA TileFix.

Tak perlu khawatir karena Sika sudah berpengalaman selama 113 tahun di beragam proyek global. Salah satunya adalah proyek Studio dan Apartemen Ourdomain di Belanda. Selain itu, Sika juga merupakan pencetus semen waterproofing pertama di Indonesia.

Lalu, tunggu apalagi? Segera gunakan SikaCeram®-180 GA TileFix untuk membangun area shower sesuai keinginan! Informasi selengkapnya dapat diperoleh di sini.

11 comments

  1. Kalau di desain dengan bagus dan tepat, pastinya keberadaan ara shower makin mempercantik tampilan kamar mandi ya mbak, dan juga fungsinya tetap optimal.
    Sika ini emang udah terpercaya kalau urusan keramik, termasuk segala kelengkapan untuk pasang keramik

    ReplyDelete
  2. Mendesain kamar mandi juga gak boleh seenaknya yaa. Oleh karena itu emang butuh jasa arsitek walau 'hanya' renovasi kamar mandi dan bikin ruang shower. Hasilnya pasti cakep lagi

    ReplyDelete
  3. desain kamar mandi ini sering ku perhatikan saat menginap di hotel. Kan cakep-cakep yah bentuk kamar mandinya, ada partisi, pintar gitu memanfaatkan ruangan terbatas jadi tempat mandi yang nyaman.

    ReplyDelete
  4. Pernah denger katanya kalau mau lihat bagaimana kehidupan sebuah keluarga, lihat saja kamar mandinya
    Kalau bersih dan rapi, maka begitulah kehidupannya
    Sebaliknya, kalau kotor, berserakan,maka seperti itulah kehidupan joroknya

    Memiliki kamar mandi dengan dilengkapi shower bagus pasti diimpikan semua keluarga. Sekarang tidak susah lagi kalau sudah ada SikaCeram® yang bisa menunjang kelengkapan shower terbaik di kamar mandi kita

    ReplyDelete
  5. area shower idaman banget nih mba kalo punya lahan yang lumayan, cakep ya designnya, bikin betah lama-lama di dalam kamar mandi

    ReplyDelete
  6. Wah, lem keramik Sika ini ternyata sudah berpengalaman 113 tahun ya. Segala bentuk property lancar jaya dengan produk berkualitas yang satu ini. Pengen juga ganti keramik kamar mandiku nih satu lagi belum di rumah. Pilih yang kesat tidak licin ya supaya aman.

    ReplyDelete
  7. Baru-baru ini aku juga udah membnagun area shower sih. Dan aku juga mneggunakan partisi untuk memisahkan area kering dan basah. Meskipun kalo masih ada anak-anak ya tetep aja ujung-ujungnya basah semua hahaha. Hati-hati juga sama pemilihan lem keramik kamar mandi biar ngga gampang rembes.

    ReplyDelete
  8. Baru-baru ini aku juga udah membnagun area shower sih. Dan aku juga mneggunakan partisi untuk memisahkan area kering dan basah. Meskipun kalo masih ada anak-anak ya tetep aja ujung-ujungnya basah semua hahaha. Hati-hati juga sama pemilihan lem keramik kamar mandi biar ngga gampang rembes.

    ReplyDelete
  9. Kamar mandi di rumahku keduanya menggunakan shower juga, tapi yang ada partisi hanya kamar mandi yang atas, Karena yang bawah kamar mandi untuk tamu dan jarang pada pakai shower juga, jadi gak dikasih partisi kaca.

    ReplyDelete
  10. Wah, aku jadi kepincut SikaCeram®-180 GA TileFix untuk membangun area shower kamar mandi di rumah
    Desiannya bagus, kualitasnya oke ya

    ReplyDelete
  11. Jadi makin tercerahkan nih, karena sempat ngobrol dan berencana mau pasang shower di kamar mandi rumah.
    Banyak hal yang perlu di persiapkan dan pasti nya semua demi kemaksimalan pemasangan shower. Terutama penggunaan lem keramik, ternyata memang harus memilih yang paling berkualitas juga. Untung ada SikaCeram®-180 GA TileFix pembuatan dan pemasangan shower makin bisa segera terwujud nih di rumah ku.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.