Monday, November 18, 2013

Menghabiskan Weekend di Taman Kota BSD City: One of Best Living Moment


Kita tentu sudah familiar dengan berbagai project Sinar Mas Land, antara lain City& Township dan Residential. Saya pribadi turut menikmati hasil karya dari perusahaan yang sudah turut membangun dunia konstruksi Indonesia sejak 1980-an ini. Walaupun saya bukan pemilik property dari Sinar Mas Land. Kok bisa? Iya, nyatanya beberapa moment indah keluarga saya, kami alami di beberapa tempat yang merupakan project dari Perusahaan ini. Saya mau sharing tentang Our Best Living Moment in Taman Kota BSD.
 
Bagi saya yang tinggal di Selatan Jakarta, mencari Ruang Terbuka Hijau yang rimbun dengan udara segar sekaligus nyaman untuk anak-anak terbilang tidak mudah, apalagi yang “free” dan edukatif. Taman Kota 1 BSD merupakan salah satu pilihan kami untuk “istirahat” dari kepenatan sepanjang weekdays. Pada saat weekend, anak-anak bisa kami lepas untuk bermain sepuasnya di Hutan Kota. kami cukup mengawasi sambil duduk atau membaca di bawah rimbunnya pepohonan. Kamipun tidak sendiri, banyak warga yang juga menghabiskan weekend-nya di sini.

Apakah semua pengunjung merupakan warga BSD City? saya kira tidak semua, Taman Kota ini justru banyak dikunjungi oleh warga sekitar BSD City seperti saya. Bahkan Sekolah TK anak saya menjadikan Taman Kota ini sebagai destinasi kunjungan untuk tema alam dan lingkungan. Peruntukan Ruang Terbuka Hijau pada hakikatnya untuk dimanfaatkan oleh masyarakat luas, tidak hanya warga setempat. Taman Kota yang terletak di bilangan Giri Loka ini bersebelahan dengan kompleks Sekolah Islam Al-Azhar BSD, sehingga setelah puas berlarian, bermain atau sesekali sambil menyuapi mereka makan biasanya kami mengakhirinya dengan Shalat Zhuhur di Masjid Al Azhar.

Taman Kota ini dibuka pada 2004 dengan luas 2,5 Hektar dengan jumlah pohon mencapai 2,500 pohon dan memiliki 60 jenis tanaman antara lain Nam-Nam hutan, Keben, Pulai, Nyamplung, Menteng, Bintaro, Beringin sabre, Saraca, Meranti, Sawo Duren, Sosis Afrika dan sebagainya. Taman ini dilengkapu fasilitas palaza dan panggung, jogging track, fitness ground accupunture walk, tempat bermain anak, papan lingkungan dan kios jajanan.

Tidak sekedar memenuhi kewajiban penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau yang diamanatkan oleh UU No. 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang dan UU No.1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan KawasanPermukinan, tampaknya Pengembang sangat menekankan pada kuatnya misi mereka: “making BSD City the Best Value-Added Investment for your future living”. Hutan, pohon, dan lingkungan merupakan investasi masa depan, yang perlu dijaga keberlangsungannya dengan usaha yang paling sederahana sekalipun.

Hal ini sejalan dengan Visi dari Sinar Mas Land sendiri untuk menjadi “the leading property developer in South East Asia, trusted by customers, employees, society, and other stakeholders”. Komitmen Sinar Mas Land ternyata tidak hanya ditujukan pada customer semata, tetapi juga kepada karyawan, lingkungan masyarakat bahkan pemangku kepentingan lain. Menurut saya ini sangat luar biasa, Visi ini yang tampaknya tergambar dalam berbagai proyek perusahaan ini. Visi inipun sejalan dengan Visi Dunia Konstruksi Indonesia: “Kenyamanan Lingkungan Terbangun” atau the finest built environment yang dicapai dengan menciptakan nilai tambah melalui sustainability, synergy, professionalism dan competitiveness.

Dengan konsep yang sedemikian filosofis, kepedulian terhadap keberlanjutan lingkungan dan kemanfaatan bagi masyarakat sekitar, tidaklah mengherankan jika BSD City dikenal sebagai the Indonesia's most successful city and township project.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Sinar Mas Land Writing and Photo Contest 2013 dan memenangi Juara II

4 comments:

  1. Replies
    1. Ini lomba 2 tahun Lalu Mak sayang...alhamdulillah menang juara II. My very first winning contest hahaha

      Delete
  2. Iya ya mak kunjungan sekolah tuh ga hrs yg jauh dan mhl ya..setuju deh k taman kota murah meriah asri

    ReplyDelete
    Replies
    1. setjuu...adeeem....seger..dan anak2 belajar cinta lingkungan yaa

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.