Monday, January 20, 2014

Bintaro Jaya Xchange Mall Pusat Lifestyle dan Belanja Terbaru di Selatan Jakarta


Saya yang tinggal di selatan Jakarta sudah akrab dengan kawasan Bintaro Jaya, sejak zaman masih kuliah sampai sekarang sudah punya 3 krucils. Kalau bicara soal mall, zaman muda dulu sih (dua puluh tahunan yang lalu) seringnya nge-mall ya di Bintaro Plaza, karena waktu itu yaa yang happeningnya memang BP ini dan belum ada mall sejenis bahkan di wilayah sekitar Bintaro ini. Sekarang, seiring berjalannya waktu perkembangan ekonomi dan gaya hidup berbagai mall mulai bermunculan. Di sekitar Kawasan Bintaro Jaya sendiri sudah banyak pilihan mall yang bisa dikunjungi. Masing-masing mall, sebagaimana mall umumnya menyajikan suatu konsep tersendiri guna menarik pengunjung.


Nah ternyata ada mall baru di kawasan ini, Bintaro Jaya Xchange Mall namanya, atau disingkat dengan BXc Mall. Pertama melihatnya justru saat mall ini sedang dalam proses pembangunan, saya melihatnya dari dalam commuter line yang saya naiki dari Stasiun Sudimara menuju Stasiun Palmerah. Waah ada mall baru nih keliatannya, tidak jauh dari stasiun ini. Hmm looks so big … and saat akhirnya sudah berdiri, Bintaro Jaya Xchange Mall ini memang terlihat luas dan besar sekali. Lagi-lagi saya mengamatinya dari dalam commuter line saat kereta berhenti di Stasiun Jurangmangu yang tepat searah dengan mall tersebut. Saya menduga akan ada jalan setapak yang menghubungkan stasiun ini ke Bintaro Xchange Mall tersebut. Saat berkendara melewati tol Bintaro-Pondok Indah, kitapun bisa menyaksikan kemegahannya mengingat posisinya tepat di sisi jalan tol tersebut.



http://www.bintarojayaxchange.com/Sttt dan ternyata ke depannya kawasan Bintaro Jaya terutama di sektor 7 ini memang akan dikembangkan sebagai urban development hub dengan konsep kawasan yang terintegrasi dengan pengembangan Stasiun Intermoda Jurangmangu, gedung perkantoran, pusat belanja, kondominium serta hotel berbintang. Jadi Bintaro Xchange Mall diharapkan bukan saja melengkapi Bintaro Jaya sebagai kawasan kota mandiri yang layak huni (livable) tetapi juga yang dicintai oleh warganya (lovable) dengan fasilitas dan sistem transportasi umum yang terintegrasi. Hal ini bisa menjadi alternatif bagi warga Bintaro Jaya dan sekitarnya yang terkendala waktu dan tenaga untuk meeting dengan kolega kerja di wilayah Jakarta atau sekedar menghabiskan akhir pekan dengan keluarga.

Bintaro Xchange Mall ini diharapkan bisa memenuhi kriteria mall yang diharapkan para pengunjungnya. Bagi sebagian besar pengunjung, mall adalah tempat belanja yang lengkap, nyaman, praktis, dan juga relatif aman. Meskipun mungkin harga barang di mall relatif lebih mahal tapi setidaknya itu termasuk harga yang dibayarkan untuk kenyamanan, kepraktisan, dan sejenisnya. Mall bagi sebagian orang bahkan juga merupakan identitas, beda gitu yaa rasanya kalau berbelanja di mall. Yang menarik, saat ini fungsi mall bagi sebagian besar pengunjungnya yang merupakan masyarakat urban adalah tempat rekreasi. Bagi yang sudah berkeluarga, mall jadi salah satu tujuan rekreasi akhir pekan terutama mall yang menyediakan fasilitas bermain anak-anak dan bioskop. Untuk yang masih jomblo, mall juga salah satu tujuan favorit untuk sekedar menikmati suasana baik beramai-ramai maupun untuk yang ingin menyendiri. Nongkrong di café sekedar baca buku atau ngenet gratisan hihihi, cari yang free wifi *niat banget yaa. Naah, yang akhir-akhir ini menggejala adalah mall tidak sekedar jadi saran atau fungsi belanja dan rekreasi tapi sebagian urban professional menjadikannya tempat pertemuan bisnis.

Akhirnya rasa penasaran saya terbayar. Saya bisa melihat langsung kemegahan Bintaro Jaya Xchange Mall ini, pada tanggal 4 Januari kemarin. Kami sekeluarga (suami dan 3 anak kami), adik saya dan anaknya, plus Mide (nenek) dan adek bungsu saya yang sedang berlibur di rumah - *lengkap yaaks, udah kayak iklan minibus ituu :D - mengunjungi mall ini. Tujuan utamanya sebetulnya hendak melihat arena ice skatingnya. Ada yang penasaran gara-gara ngintip status dan foto tetangga lagi ber-ice skating ria di sana. Sekalian kalau berani, bisa nyoba ber-ice skating ria. Bagaimana konsep dan apa saja yang membuat Bintaro Xchange Mall berbeda dengan Mall di Jakarta lainnya, yuuk coba kita liat…
  • BXc Park

Mall dengan konsep yang mengacu pada lifestyle centre dengan interactive green area dan mengedepankan gaya hidup peduli terhadap lingkungan ini memang totally luas kawasannya sekitar 25 hektar. Enam hektar diantaranya dijadikan green belt area yang dilengkapi berbagai fasilitas pendukung. Pengunjung akan menemukan “BXc Park” yang terhubung langsung dengan BXc Mall. Beragam kegiatan outdoor dapat dilakukan disini, mulai dari taman-taman yang bertema khusus, water feature, panggung, seating area, pedestrian walk untuk pejalan kaki dan pesepeda, serta area jogging. Bxc memang dihadirkan sebagai mall yang ramah lingkungan. Ke depannya, saat BXc Park ini sudah menghijau dan rimbun, pasti akan jadi wahana favourite keluarga. Konsep ramah lingkungan ini yang mungkin belum diadopsi oleh mall lainnya di Jakarta dan sekitarnya.


  •   Bx Rink
Nah ini dia icon pembeda Bintaro Xchange Mall lainnya, “Bx Rink” yaitu fasilitas arena ice skating terbesar di Indonesia. Lokasinya di ujung lantai upper ground. Luas Bx Rink ini sekitar 2.500 m2 , dengan luas arena es mencapai 1.320 m2, ditambah sekitar 1.000 m2 untuk fasilitas pendukungnya. Saat kami berkunjung, suasana tampak ramai dan riuh karena banyak sekali pengunjung Bx Rink ini. Mungkin karena masih ada harga khusus menyambut soft openingnya. Selain mereka yang mau ber-ice skating, untuk pengunjung yang hanya sekedar ingin menunggu dan memantau tetap bisa masuk dengan ticket khusus. Tidak perlu khawatir capek menunggu karena tersedia kursi untuk penunggu. Tersedia pula counter-counter Food Xchange yang akan memanjakan pengunjung untuk menikmati makan siang atau makan malam dengan view yang menghadap langsung ke arena ice skating. Jadi bisa menunggu anak-anak bermain sambil menyantap makanan tanpa khawatir kelaparan karena dingin hahaha.

Kemarin kami memang baru sekedar pemanasan *ngelesdotcom. Ini memang pengalaman pertama. Kami masih beradaptasi dalam 2 jam waktu yang berlaku untuk satu ticket (dan bisa diperpanjang dengan dikenai biaya perpanjangan). Kami lebih banyak berlatih keseimbangan berdiri dan berjalan. Saya awalnya hanya sekedar memantau dari luar arena sambil menggendong si bungsu yang memang belum bisa ikut bermain. Akhirnya saya malah ikut menemani Kaka Alin (si sulung). Walaupun saya lebih banyak berdiri di pinggir dan mengamati si kaka yang sudah berani mencoba sampai ke tengah bersama sepupu dan tantenya.


Suasana tidak sedingin yang saya bayangkan, tetap lebih dingin winter di OZ atau di Sweden laah :D. Saya yang tak mengenakan pakaian dinginpun bisa menikmati tanpa merasa kedinginan. Untuk perlengkapan ice skating, sepatu disediakan dan termasuk dalam harga tiket, sedangkan untuk sarung tangan dan kaus kaki serta perlengkapan tambahan lainnya bisa dibeli di sana jika kita tak membawa sendiri. Jadi memang kemarin modal nekat ajaah. Tapi kalau kita ingin didampingi coach sekaligus berlatih secara baik dan benar :D, tersedia 20 pelatih berpengalaman yang bersertifikat ISI Asia yang siap memberi pelajaran teknik bermain ice skating secara tepat dan benar. Jadi Bx Rink ini memiliki ice skating academy untuk berbagai tingkatan umur dan kemahiran.

Saat break karena arena ice skating harus dilapisi kembali dengan es, Kaka Alin tampak berbincang dengan seorang Oma. “Hmm kamu pintar yaa, sudah bisa sendiri, berani sampai ke tengah.” Kaka tersipu malu.. .“Nanti sepulang dari sini, pas sudah masuk sekolah, uang jajannya ditabung kalau sudah terkumpul bisa main ke sini lagi sekalian pakai pelatih, supaya cepat pintar” tutur sang Oma. Saya tersenyum membenarkan,”” ide yang bagus kan ka?”. Rupanya ucapan Oma langsung tersebut terekam di kepala Kaka. “Aku mau lagi ya buu, nanti aku nabung dulu yaa…” berulang-ulang sepanjang perjalanan pulang Ka Alin menyampaikannya pada saya. “Iya mungkin ada baiknya untuk pemula, kita bisa didampingi pelatih dulu, paling tidak kita bisa mendapatkan pengetahuan teknik dasar ber-ice skating. Kalau sudah lumayan selanjutnya bisa berlatih sendiri” begitu saya pikir. Karena Ka Zaha (si tengah) misalnya, yang ternyata pecicilan dan agak tak bisa diam, malah kesulitan beradaptasi, berkali-kali jatuh karena memang sulit konsentrasi untuk keseimbangan. Akhirnya menyerah karena kamipun yang mendampingi belum bisa membantunya. Sayang kan???

  • ·Fasilitas belanja dan kuliner 
Oh iya selayaknya mall, untuk yang gemar belanja dan kuliner, Bintaro Xchange Mall ini juga menjanjikan pengalaman berbelanja dan kuliner yang berbeda. Tersedia berbagai anchor tenant untuk memanjakan pengunjung, seperti Centro By Parkson Department Store, Farmer’s Market, Fun World, Gold Gym, Rockstar Gym, Best Denki Electronic Store, Cinema XXI, dan Food Xchange. Sedangkan untuk pecinta wisata kuliner, tersedia tenant-tenant food and beverages (F & B) bernuansa Alfresco Dining yang memberikan memberikan sensasi berbeda. Semua area F & B didesain menghadap ke sisi luar mall dengan pemandangan taman seluas 2,6 hektar. Seru kan??? beberapa tenant yang telah hadir antara lain; Starbucks Coffee, Tator Coffee, Mokka Coffee, Pizza Hut, Marugame Udon, Sushi Tei, Tamani Café, Bakmi GM, Samudra Suki, Pepper Lunch, Aroma Pondok Sunda, Sate Khas Senayan, Kenny Rogers Roasters, dan masih banyak lagi. Alfresco Dining di empat lantai teras yang menghadap langsung ke outdoor park, menjadi pilihan terbaik bagi para penikmat kuliner dan coffee shops.

So, lets Xplore and Xperience the Xcitement of Bintaro Jaya Xchange Mall, Bring your family …make such memorable moments there..

Selain itu Xplore and Xperience the Xcitement of Bintaro Jaya Xchange Mall akan makin seru di akhir pekan dengan acara musik akustik dengan genre Jazz di hari Sabtu & Top 40 di hari Minggu. Saat ini BXc Mall beroperasi dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB, namum pada perkembangannya tidak menutup kemungkinan BXc Mall akan menambah jam operasional, khususnya pada acara atau hari tertentu.

 Tulisan ini Memenangi Juara III


28 comments:

  1. satu lagi mall hadir meramaikan kota jakarta..memanjakan keinginan belanja penduduk jakarta....selamat berlomba...semoga menjadi yang terbaik...keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas, Makasar juga sudah punya Trans Studio kan yaa??
      ini alternatif rekreasi keluarga juga, terutama utk konsep BX Parknya itu keren juga...

      Delete
  2. wah senangnya ga perlu jauh-jauh lagi ke taman anggrek kalo mau ice skating :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll ... sudah ada yg lebih deket dan terbesar pulaa ...

      Delete
  3. wahhh menarik, jadi pengen kesana deh, ohya harga tiket ice skatingnya brapa maak??

    XOXO
    leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu HTMnya Rp70.000 (2 jam), overtime Rp10.000/jam. Msh disc. 20% sih..utk pendamping/penunggu tiketnya 10rb mak

      ayooo main kesana

      Delete
  4. Replies
    1. Lumayan buat main anak-anak, seseruan, nyenengin mereka ...
      Utk BX Park-nya yang paling ditunggu2 tuuh, jadi taman hijau deket mall gt kayaknya seru banget

      Delete
  5. ice skatting aku malah takut2 dan cuma nempel di pinggiran maak T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks sama maak, sy juga masih takut2 .. lama2 beraniin diri agak ke tengah ngeliat anak2 pada berani hahaha....

      Delete
  6. Makan sambil menikmati pemandangan hijau-hijau di mall pasti betah deh he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah bener mak, kayaknya ini yg bakal jd favorit niih, nanti pas pepohonannya dah rimbun seru tuuh ngadem, anak-bisa main lari2an, plus kita bisa belanja..

      Delete
  7. Replies
    1. he euuuh, ayooo dikunjungi di mari mak :)

      Delete
  8. Ini keren blog mu lengkap info. aku penasran sama ice skatingnya mak. Tengkyu infonya yah. Met berlomba semoga juara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ga salah masih ada disc 20% deh maak, buruan klo mau ice skatingan hahaha..
      makasih yaa dah mampir ...amiin doanya hehe

      Delete
  9. wah kayaknya keren ya mallnya. Jadi pengin ikutan mak. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mak... yuuk monggo ikutan ramein juga mak...seseruan ajah

      Delete
  10. di tempat saya ga ada yg kayak begitu....masih ndeso....semoga suatu saat bisa kesana,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, di Jambi harus ke batam dulu ya mak
      tapi jambi pasti punya tempat seseruan yang lain kan??
      wah sy blm pernah juga nih ke Jambi, pdhal ada temen di sana..
      makasih dah mampir mak

      Delete
  11. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

    ReplyDelete
  12. Selamat mak akhirnya menang....Keren..isinya lengkap.Saya juga pernah baca yang ini dulu sebelum saya ikutan nulis.Hihi..jadi ingat pernah baca yg ini .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya makasih mak nung...menang juga kan?

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.