Thursday, May 28, 2015

Pilihan Seru-Ku untuk Hidup Sehat

Alhamdulillah 5 bulan sudah saya menjalani pola makan sehat, food combining. Pola makan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan alat cerna. Awalnya banyak yang sangsi, jujur saya sendiri juga sih *nyengirkuda*. Pola ini mengakomodasi kealamiahan tubuh dan alat cerna, mulai dari ritme tubuh, jenis dan kombinasi makanan, dan cara mengasup makanan. Hmm njelimet?? praktiknya tidak juga sih, lambat laun saya terbiasa. Yang paling menyenangkan tenyata saya menikmatinya dan menikmati efeknya, SEHAT. 


Menjadi sehat itu pilihan. Selanjutnya, bagaimana kita bisa konsisten. Nah...ini PR yang agak berat. Seberapa kuat motivasi dan niat kita. Dalam kasus saya, motivasi saya adalah SEHAT. Beneran??? ah masak sih cuma karena pingin sehat???  *aaah mengapa banyak yang menyangsikan??? *nangis di pojokan*  turunin berat badan kali??? itu sih bonus *senyum girang*

Beberapa tahun belakangan, saya akrab dengan dokter dan obat-obatan untuk beberapa keluhan penyakit yang tidak keren tapi sangat mengganggu. Gangguan lambung, migrain, kadang-kadang vertigo, batuk pilek berminggu-minggu, atau gejala sinusitis. Bolak balik ke klinik dan koleksi obat-obatan. Ketahanan tubuh saya terhitung rendah padahal loading pekerjaan tidak memperhitungkan kondisi ketahanan tubuh. 

Akhir tahun lalu, menyambut liburan akhir tahun, saya malah sibuk dengan batuk pilek dan gejala sinus yang sudah berminggu-minggu. *arrghhhh. Saya disarankan melakukan CT-Scan oleh Dokter THT, sekaligus terapi air garam. Berdasarkan hasil CT Scan, sebetulnya sinus saya baik-baik saja. Dokter memberi catatan penting. "Ini sebenarnya alergi bu, Coba Ibu mulai pola hidup sehat terutama pola makannya bu..". 

Jreng..jreng... pola hidup dan makan sehat?? Saya lalu mencari tahu. Di awal tahun baru. Tidak lama setelah saya menikmati tahun baru di Rumah Sakit menemani suami, saya membulatkan niat untuk memulai pola food combining, Bismillah.... 

Meski anti mainstream, saya memulai hari dengan segelas air hangat dan perasan jeruk nipis, meminumnya pelan-pelan. Lanjut dengan sarapan buah segar dalam beberapa ronde. Makan siang memperhatikan kombinasi dan rumus sederhana bahwa karbohidrat tidak boleh ketemu protein hewani. Saya tinggal memilih, menu karbo dengan rumus “karbohidrat-protein nabati-sayuran” atau menu protein hewani dengan rumus “protein hewani-protein nabati-sayuran. Pola ini berlaku juga untuk makan malam yang diusahakan tidak lebih dari pukul 8 malam. 

Biasanya untuk menambah asupan sayur segar, saya tutup hari dengan segelas besar jus sayu dengan berbagai variasi. Jus sayur membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Satu lagi, konsumsi air putih minimal 3 liter sehari. Tidak ada istilah pantangan, semua makanan yang diproses secara alami (bukan pabrikan) boleh, asal sesuai kombinasinya. 

Sehari, seminggu, sebulan, tak terasa hampir memasuki bulan ke-enam. Ada saatnya saya cheating, tapi saya segera membayarnya dengan sayur segar. Dalam pola makan ini ada toleransi untuk melakukan semacam cheating 2 hari dari satu minggu. Tapi saya sih memilih bijak menggunakannya,. jadi cheating sebetulnya bukan kesalahan tapi itu soal pilihan... *Jiyaaaah gayane...

Tak terasa sudah hampir enam bulan ini, saya tidak pernah lagi ke klinik. Koleksi obat sudah saya pensiunkan. Saat kondisi menurun dan beberapa gejala penyakit yang tidak keren itu datang, saya segera memperbanyak sayur segar... sesederhana itu. Jadi motivasi terkuat adalah SEHAT. Sakit itu tidak menyenangkan. SEHAT itu pilihan, jadi yuuuk tentukan pilihanmu sekarang. Mulai jadi #HealthAgent untuk diri sendiri, syukur-syukur bisa memotivasi yang lain kan???? Yuuk sharing pengalamanmu bersama Nutrifood, because sharing is caring...

Total: 500 kata

Tulisan ini diikutsertakan dalam

16 comments:

  1. Pengeeeennn..
    Pgn terbebas dr obat2an jg mak ophiiiiii..
    Slh satunya g cara food combining y mak...
    Jd pgn nyobak jg..
    Sujses y mak ophi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mak inda semangatttt....
      Btw makasih yaa

      Delete
  2. Aku juga pengen nerapin gaya hidup sehat (konsumsi buah dan sayur tiap hari dan berbeda-beda jenis), tapi sayang terhalang di budget :D #AnakKost

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah sebenernya pola FC itu gak mahal kok...
      malah ada versi menu ala anak kosnya dan ngirit...
      makanan ala warteg yang ramah kantong nak kos justru banyak. hmmm kapan2 coba aku tulis deh soal ini yaa

      Delete
  3. hebat mak, bisa konsisten. sy FC nya masih yang sesuai ekmampuan, masih membiasakan diri. pagi itu kan harusnya buah ya sampe siang...saya jam 9-an udah makan nasi dikit, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tadi mak, mungkin karena aku merasakan seklai efeknya. klo mulai eror makannya, biasanya body alarmku langsung on...jadi buru2 deh balik nge FC

      Delete
  4. Udah tau tth FC sblm heboh kyk skrg mak, tp blm bisa mraktekin, masih ngiler kalo liat nasi ama bebek goreng,hehe. Semangat ya Mak, moga kontesnya menang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tetep maem bebek goreng lho mak...awalny aneh sih gak pake nasi...tp lama2 biasa kok. tp tambahin lalapan segarnya yang buanyak hehehe. makasih mak

      Delete
  5. haduuuh...kapan aku bisa nerapin food combining yaa, masih sayang sama nasi hehehe.... selamat mak, sukses FC nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa makan nasi kok mak, tapi ya itu tadi sesuaikan kombinasinya ajah. klo mau mem nasi gak ketemu protein hewani dulu ...
      saya amsih makan nasi lhoo meski jumlahnya jauh berkurang. yang recommended malah nasi merah

      Delete
  6. Aku belum pernah nyoba food combining..tar kalo dah lepas ASi wes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dicoba mak echa... enak di badan

      Delete
  7. benerr mbak, sakit itu gak asyiikk :(
    saya paling sedih kalo lagi pengen makan protein hewani... duh, berat banget ninggal nasi T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..
      Gak ninggalin nasi mak. Cuma cocokin pasangannya ajah hehehe.

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.