Thursday, July 30, 2015

Kuliner Khas Cirebon (2)

Postingan saya sebelumnya tentang kuliner khas Cirebon menyajikan beberapa kuliner yang tampaknya sudah sangat ngehits seperti Nasi Jamblang, Nasi lengko dan Empal Gentong. Nah kali ini ada trio hidangan lagi yang bakal saya sajikan: Docang, Tahu Gejrot dan Bubur Sop.

Docang

Sudah ada yang pernah icip? Atau malah baru mendengar namanya? Untuk yang belum kenal, yuk mari saya kenalkan. Makanan ini mungkin sederhananya sejenis lontong sayur atau ketupat sayur. Jadi lontong atau ketupat yang disantap bersama kuah atau sayur. Yang membedakan tentu sayur atau kuah yang menemani lontong/ketupatnya. Kuah Docang merupakan paduan sayur taoge rebus, irisan daun pepaya, dan ditaburi parutan kelapa sehingga disantap agak mirip dengan uraban. Bukan itu saja yang membuat kuah Docang istimewa adalah paduan olahan kedelai yang biasa disebut oncom atau di Cirebon disebut Dage membuat kuah Docang berbeda dan unik dari kuah lontong sayur manapun.



Seporsi Docang panas tak lengkap bila tanpa tambahan kerupuk melarat. Kerupuk khas Cirebon/Pantura yang digoreng tanpa minyak namun dengan pasir panas. Untuk menyempurnakan rasa tambahkan sambal khas yang digoreng sesuai selera dan tingkat kepedasan yang diinginkan. Hmm biasanya Docang dinikmati saat petang hingga malam. Saya merekomendasikan Docang Bu Wiwi di Daerah Kosambi tak jauh dari perlintasan rel kereta api Kosambi. Juga tak jauh dari Lapas Klas I Cirebon.

Tahu Gejrot

Penganan yang satu ini sebetulnya sudah banyak ditemukan di Jakarta. Bahkan sebetulnya kita bisa membuat sendiri karena sangat simpel membuatnya. Eh tapi tetep ya kadang beda rasanya lhoo antara makan di Cirebon beli di mamang pikul dengan yang di Jakarta atau dengan yang kita buat sendiri. *sugestsi kali yaa*


Tahu goreng dengan aroma khasnya dibumbui dengan kuah manis pedas dengan aroma bawang merah dan bawah putih yang kuat. Bumbu bawang putih, bawang merah dan cabe rawit yang diulek kasar dalam kuah manis asin. Tidak lengkap jika penyajiannya bila bukan dalam piring kecil dari tembikar. Seger-seger manis pedas dengan ulekan kasar bawang merah dan cabe. Hmm *awas ngencess*

Bubur Sop.

Nah ini kuliner khas yang ketiga. Jika kita sering melihat Bubur Ayam Cirebon maka yang saya maksudkan bukan jenis makanan yang  sama. Ini memang bubur dari beras namun berbeda dengan bubur ayam biasa termasuk bubur ayam Cirebon yang disajikan kering tanpa kuah hanya ditaburi tambahan suwiran ayam, kacang ke delai, irisan daun bawang dan selederi kadang ditambahkan potongan cakwe lalu disiram sedikit kuah kental.


Bubur sop adalah bubur beras yang disantap dengan kuah sop. Kuahnya layaknya kuah bakso dengan rasa yang hampir mirip. Bedanya kuah sop isinya bukan bakso namun bihun, irisan kol dan tomat, kacang kedelai, suwiran ayam kampung (yup ayamnya ayam kampung), irisan kentang goreng. Tak lupa bawang goreng dan kerupuk. Kuah sop salam bubur ini sangat segar dan hangat. Biasanya aroma dan rasa merica sangat kuat dibanding bumbu yang lain. Jika tengah kurang enak badan, Bubur Sop sangat pas dikonsumsi untuk membantu pemulihan. Namun demikian tidak sedikit penikmat Bubur Sop yang memang ingin menikmati bubur dengan kuah pedas dan hangat merica ini di malam hari.

26 comments:

  1. Docang mirip toge goreng kuahnya ya? Kepingin jadinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm beda kayaknya mak. Klo toge goreng lbh kental dan rempahnya banyak ya dibumbu kuahnya agak kuning jg. Klo docang lbh bening kuahnya

      Delete
  2. belum nyoba makanan bubur sop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo ke cirebon dicoba yaa... khas aroma merica dlm sopnya

      Delete
  3. tahu gejrot saya suka bikin sendiri mak. sederhana, sehat, nikmat

    ReplyDelete
  4. makan docang bikin ketagihan, enak banget

    ReplyDelete
  5. Baru denger dan baru tau ttg docang :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Docang ini kuliner khas cirebon jg mas

      Delete
    2. Memang tdk setenar empal gentong atau nasi jamblang sih tp khas juga

      Delete
  6. nah baru tahu itu docang, kalau tahu gejroooot mauuuu banget :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Docang khas juga mak..
      Tahu gejrot dah banyak sih di kota lain yaa

      Delete
  7. Suka tahu gejrotnya... mau mak Ophi... ^_^

    Best regard,
    Adi Pradana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dinikmati gambarnya hahaha. Tahu gejrot bs bikin sendiri lhoo simpel kok

      Delete
  8. Saya baru tahu docang n bubur sop, jadi pengen :)

    ReplyDelete
  9. enak sekali makanan2 ini mak..bikin saya pengen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyam nyam... hahaha...klo k cirebon dicobain yaa

      Delete
  10. kapan2 nek mampir cirebon tak cek makanan khas e , btw mkasih mbak informasinya
    salam kenal
    sutopo blogger jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jg mas.
      Itu harus mas...ga ke cirebon klo ga cobain wiskulnyaa

      Delete
  11. Saya suka empal gentong, cm kalau makan langsung di Cirebon belum pernah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah blm sah klo blm makan di cirebonnya hahaha. Banyak wiskul lainnya yg wajoj dicoba mak

      Delete
  12. Enak mak. Tahu gejrot bs bikin sendiri lhoo

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.