Wednesday, November 4, 2015

Kuliner Malam di Kota Solo

Kalau kita pingin wisata malam di kota yang tidak terlalu besar, pilihannya mostly hunting jajanan malam. Nah Ada banyak jajanan yang biasa dinikmati di malam hari di kota Solo. Beberapa di antaranya yang saya rekomendasikan berikut ini yaa, tentu saja based on pengalaman jajan jalan malam-malam di Solo beberapa waktu lalu.


Nasi Liwet

Ada banyak pilihan kuliner malam dengan menu nasi. Nasi liwet termasuk yang paling khas dan digemari di Solo. Hmm ini mungkin lebih ke makan malam ya ketimbang jajanan karena memang bikin kenyang. Tapi rasanya gak sah deh ke Solo tanpa mencoba nasi liwetnya.

Menu nasi liwet bisa ditemukan di pinggir jalan semi lesehan,  mirip dengan gudegnya di yogya. Pilihan menunya sebetulnya juga beragam. Ada nasi liwet yang merupakan nasi dimasak dengan cara diliwet dengan sayur irisan pepaya bersantan kemudian dilengkapi dengan lauk yang juga bisa kita pilih sendiri.

Ada ayam kampung yang dimasak semacam bumbu opor. Saya memilih pahanya yang ternyata mereka sebut sebagai tepong. Kemudian karena penasaran saya juga mencoba koyor. Ternyata koyor ini daging yang dimasak dengan bumbu mirip "opor" yang sangat lembut dan gurih. Rasanya bagian daging yang digunakan untuk membuat koyor adalah daging sandung lamur yang banyak lemaknya. Rasanya lembut dan legit.

Selain itu ada nasi tumpang. Nasi yang dilengkapi dengan bumbu sambal tumpang. Bumbu sambal tumpang merupakan paduan bumbu sambal dengan tempe yang dihancurkan. Ada campuran krecek atau kulit. Hati-hati dengan ranjaunya, cabe rawit yang dibiarkan utuh. Hmm sebetulnya ini yang bikin sambal tumpang makin joss. Kita juga bisa memilih tambahan sayur rebusan daun pepaya dan ramesan lainnya. Jangan lupa krupuk karaknya yaa.


Markobar = Martabak Kota Barat 1996

Martabak terang bulan, demikian sebagian kita menyebutnya. Martabak manis ini sedikit berbeda karena variasi topingnya serta martabaknya yang lebih tipis dari martabak terang bulan. Martabak dicetak dalam loyang bulat berdiameter kurang lebih 20 cm, selanjutnya diolesi butter dan ditaburi topping pilihan. 


Pilihan variasi topingnya kayaknya yang bikin martabak ini juara. Markobar ini memiliki 16 pilihan toping. Untuk satu loyang biasanya ada 8 variasi rasa. Kombinasi 8 topping favorit pembeli misalnya terdiri dari cokelat Toblerone, cokelat Ovomaltime, green tea matcha, KitKat cokelat, Silverqueen, Tim Tam Red Velvet, Nutella dan Oreo. Variasi rasa lainnya adalah ceres, keju, ceres keju, Cadbury, Van Houten, Bitter Sport, Delfi dan Toblerone (putih dan hitam).

Markobar dibandrol di kisaran harga Rp.25.000,- Selain itu dimungkinkan juga meminta tambahan topping spesial dengan tambahan Rp.15.000,- hinga Rp.20.000,-.  Markobar mulai buka petang hari dan karena sedang ngehits jangan kaget kalau antriannya cukup panjang. Markobar sudah memiliki beberapa cabang di kota Solo. 


Susu Segar Shi-Jack

Hidangan atau menu utamanya adalah susu, susu sapi. Namun Shi Jack yang sudah memiliki beberapa cabang di kota Solo ini memiliki puluhan yup puluhan pilihan menu susu murni. Baik yang panas maupun yang dingin. Nama menu susu inipun lucu-lucu. Saya sampai bingung mau memilih yang mana. Mulai dari nama orang seperti Sumandi = susu manis dingin, Sumanto = susu manis telor, Sujahmandi =  susu jahe manis dingin, Suteja= susu telor jahe, atau Suwardi = susu tawar dingin. Ada juga menu nama sekolah TK = Telor Kopi, SD = Susu Dingin, SMP = Susu Murni panas dan seterusnya.


Selain susu sebagai hidangan utama, ada roti bakar dengan berbagai pilihan rasa serta berbagai hidangan ala angkirngan dan lesehan nasi kucing seprti sate jeroan, sate usus dan bahkan piscok. Jangan sampai bingung memilih. Sambil menyaksikan susu pesanan dibuat dengan sangat cepat dan terlatih oleh penjualnya kita bisa menikmati suasana malam solo di tenda Shi-Jack ini. Susu di dandang besar yang bergolak dalam waktu singkat disajikan sesuai dengan cita rasa pilihan, baik yang hangat maupun yang dingin. Harganya sangat bersahabat.  berkisar dari Rp.3.000 - hingga Rp.10.00,-an.

34 comments:

  1. waduh kalau aku sampai di sini bisa khilaf mata dan khilaf dompet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Hati2 jaga mata jaga dompey mbak

      Delete
  2. pengen coba markobar...namanya unik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak mak Za sm Ra pasti suka. Sayangnya gak bs dibawa k jakarta. Krn adanya malem n antrinya panjang

      Delete
  3. Nasi liwet enak dekat PGS dibuka dari sore sampe malam hehehe tapi emang nasi liwet ini menjamur sih di mana-mana. Shi jack ini juga terkenal, di mana-mana ada :D nah yang makobar ini belum saya icip hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg nasi liwet ini lupa namanya tp namanya nama penjualnya yg perempuan. Kayaknya sih terkenal krn di recommend sm orang solo hahaha.
      Ayooo cobain markobar..ini py anaknya pak jokowi

      Delete
  4. Paling suka minum susu. ituh... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha susu yg mana di? Panas apa dingin...

      Delete
  5. Maaak..koq udah sampe Solo gak mampir? hehe..iyaa..kalo di Solo memang banyak susu segar Mak.. jangan salah, sekarang banyak angkringan wah disini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah maksay...maapkeun. Kmrn cm sbntr di solo. Rapatnya full bgt smp malem2 terus. Ini ngabur krn bosen makan di hotel. Trus hari terakhir sblm terbang balik ke jkt barus smpt nyobain sate buntel dkk

      Delete
  6. Indonesia kayak banget emang, nasi saja ada nasi liwet, nasi tumpang, nasi kuning, nasi uduk dan lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangeeet...semua nasi tp rasa dan penampilannya beda2 dan khas

      Delete
  7. Aku hampir nyobain semua nih mak,.waktu jalan2 ke Solo dulu. Isshhh pengen ke sana lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya memang kudu dicoba mak...
      Yuul kapan2 ke Solo lagi *eh...

      Delete
  8. Masih ada tengkleng, Mak. Ahh... Banyak deh. Solo memang gudang makanan murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah tengkelng dan kawan2 blom saya review say... masih lagi di draft

      Delete
  9. markobar...banyak rasa kayanya tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 16 rasa...pilih sesuai seleras emua enyaak *eh kok promosi

      Delete
  10. Kalo ke solo aku paling seneng sotonya mba, soto bening plus lauknya macem2, dari jeroan, telor puyuh, telor pindang, tempe goreng, suegeerr tenan. Nasi liwetnya jg enak, ayam kampung sama arehnya guriihh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah belum nyobain mbaak...mirip sama yang di yogya kalau pagi2 gitu yaa soto beningnya

      Delete
  11. Dari gambar-gambar yg ada jadi pengen martabak kota barat. Kapan-kapan semoga kesampaian beli itu di Solo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semogaa amiin...enak dan gak nyesel belinyaa

      Delete
  12. Terakhir ke solo belum sempet nyobain susu nya lah. Klo mo berburu kuliner malem bingung nadia jam 8.30 udah tepar hehehr....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya inih rame2 sama temen2... dari maghrib udah pada buka itu yang 3 di atas mak.

      Delete
  13. Nasi liwet Solo emang mantap Mak. Jadi ngilerr

    ReplyDelete
    Replies
    1. eitss...iniih tisunya. di lap yaa hahahahaha... mantap joss

      Delete
  14. Nasi Liwet Kota Solo pancen toppppp !!!!

    ReplyDelete
  15. Markobar kayaknya enak tuh, ntar kalo ke solo nyoba ahh ..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.