Thursday, February 4, 2016

Eksotisme Tiga Warna Danau Linow Tomohon

danau tiga warna

Manado, pasti yang terbayang di kepala adalah Bunaken. Padahal selain wisata bahari ke Bunaken, Manado punya banyak destinasi wisata alam lainnya. Selain Bukit Kasih, yang semoga suatu waktu saya bisa tuliskan di blog, ada sebuah danau yang mungkin belum banyak jadi tujuan wisata ke Manado. Danau Linow namanya. memang letaknya bukan tepat di kota Manado. Danau Linow terletak di Kota Tomohon. Tomohon berjarak sekitar satu jam perjalanan darat atau sekitar 27-30 kilometer dari Kota Manado. 



Baca juga: Pengalaman Tak Terlupakan Menuju Bunaken

Kota Tomohon, kalau saya bilang semacam Bandung. Kota dengan hawa yang dingin dan kountur alam pegunungan. Eh emang Bandung masih dingin ya?? Hmm Bandung bagian Lembang, Ciwidey kan masih dingin yaa. Gak tanggung-tanggung Tomohon diapit oleh dua gunung yakni Gunung Lokon dan Mahawu. Gunung Lokon ini masih aktif lho. Kabarnya terakhir meletus 2013. Mungkin itu pula sebabanya tanah di wilayah Tomohon ini subur sekali. Tomohon terkenal sebagai kota seribu bunga. Sepanjang jalan banyak bunga warna warni. Persis kayak Bandung kan?

Nah Danau Linow sendiri bisa ditempuh sekitar 3 km ke arah barat dari pusat Kota Tomohon. Persisnya di Kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan. Menempuh perjalanan di jalanan berliku dan menanjak dengan pemandangan alam yang melenakan. Hijau, asri, segar, pun tertata cantik. Kalau tidak salah Tomohon ini juga langganan menerima Kalpataru lhoo, saya sih gak kaget. Kotanya rapih dan bersih. 

danau tiga warna

Linow sendiri berasal dari  kata lilinowan yang artinya tempat berkumpul air. Kata lilinowan merupakan bahasa Tombulu  salah satu etnis di Minahasa. Secara keseluruhan luas area Danau Linow  sekitar 35 hektar.  Kedalamannya sekitar 5 meter saja. Saat cuaca terang bisa terlihat jelas dari atas bukit sebelum turun menuju bibir danau. Saat cuaca berkabut kita mungkin menduga danau ini cukup dalam mengingat permukaannya yang sangat tenang. 

Memasuki area Danau Linaow kita dikenai biaya 25.000/orang. Selain berlaku sebagai tiket masuk kita bisa menikmati satu cangkir teh atau kopi plus penganan ringan di kedai atau cafe yang dibangun di sisi-sisi danau. Hmm duduk-duduk di sini sambil memandang air danau yang bisa berubah-ubah warna di udara pegunungan yang sejuk dan dingin pasti bikin betah. Apalagi kalau duduknya ditemenin sama suami atau yayangnya ya...

Baca juga: Big Fam Silaturahim Trip: Ciwidey - Kawah Putih

Danau Linow memang bisa berubah-ubah warna. Bukan sulap bukan magic hahaha. Iya perubahan warna ini karena kandungan unsur belerang yang terdapat di dasar danau serta pembiasan cahaya matahari dan pantulan dari vegetasi di sekitar danau.. Perubahan warna hijau, biru, dan kuning kecocoklatan. Konon, belerang ini merupakan sisa letusan Gunung Mahawu yang terjadi ratusan tahun yang lalu selain itu karena di salah satu sisi danau terhubung langsung dengan sumber air yang mengandung belerang dan mengalir ke dalam danau. 

danau linow manado

Karena Danau Linow merupakan Danau Vulkanik maka aroma belerang menjadi salah satu ciri khasnya. Jadi sebaiknya tidak mencoba menyentuh air danau karena selain kandungan belerang juga airnya yang panas. Kita bisa melihat seolah-olah air di danau mengeluarkan asap. Apalagi saat cuaca berkabut di musim hujan suasana menjadi makin ekostis.  Menghilangkan penat dan menyepi, sambil minum kopi atau teh di udara pegunungan yang dingin dengan pemandangan tiga warna yang eksotis nampaknya pilihan yang menarik untuk berlibur bukan?

54 comments:

  1. Keren banget ya.. damai dan dingin jadi pingin kesana.. hehe

    ReplyDelete
  2. wah bagus banget mba Ophi itu pemandangannya...saya pasti betah deh di sana....eh tapi jauh amat dari rumah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba monic bikin betah. Apalagi klo lg bete sm urusan kerjaan enak kyk menyepi di sana.
      Tp syangnya kudu naik pesawat

      Delete
  3. Kaya danau yg di bandung tuh danau apa ya mak yg suka berubah warna..

    ReplyDelete
  4. Panorama di danau itu keren sekali Mba.. Kayak ada kabut2nya gitu ya..

    ReplyDelete
  5. ahhhh keren banget sih mbak. Pengen kesana deh :)

    ReplyDelete
  6. kelihatannya udaranya sejuk ya mbak...kapan bisa kesana liat danaunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejuk bgt mbaa...dingiiin.
      Tp ait danaunya panas lho

      Delete
  7. "Linow sendiri berasal dari kata lilinowan yang artinya tempat berkumpul air. Kata lilinowan merupakan bahasa Tombulu salah satu etnis di Minahasa."

    eh saya baru tahu mbak
    pantes agak bingung dengar kata "Linow"
    kayaknya sih tour guidenya kasih tahu di bis dalam perjalanna
    tapiiiii, saat itu saya lagi bobo-bobo ganteng. wkwkwkkw :)

    btw, rencananya kami mau kunjungi "pasar ekstrem" di Tomohon, tapi waktunya udah sore ga sempat ke sana lagi
    ditambah suasana di danau linow itu sejuk pake banget, bikin kami enggan beranjak sampe malem hi hi hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak tega mas ke pasar ekstrim itu.
      Serem takut muntah2 jg aah saya mah liat segala macem disembelih gt

      Delete
    2. Aku gak tega mas ke pasar ekstrim itu.
      Serem takut muntah2 jg aah saya mah liat segala macem disembelih gt

      Delete
  8. inget kawah putih di bandung klo liat poto ini maaak,, lovely

    #blogwalking, ngintipin blog of the month nya KEB,, mantap maak, salut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mirip2 kawah putih sm2 danau vulkanik.
      Makasih sdh mampir

      Delete
  9. Wih, ini mah danau yang luar biasa. Adem banget liat yang hijau dan airnya. Duuuh pingin nyemplung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeh jangan nyemplung...
      Airnya panasssss.

      Delete
  10. kereeen yaa .. mau juga kesana mumpung liburan kaya gini .. kalau saya mesti di foto .. mungkin kalau disana dilihatlihat banyak pemandangan bagus ,, memori bisa habis buat foto :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tempatnya top bgt buat yg suka potrat potret...
      Iya bs habis memori n batrei hahaha

      Delete
  11. Keren banget pemandangannya. Aku blm pernah ke IBT. Mentok Bali aja. Pengin banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya mbaa. Kapan2 ada kesempatan ke IBT

      Delete
  12. banyak kabutnya gitu jadi gak bisa keliatan keindahannya di foto, mungkin lebih bagus aslinya kali ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mmg lg kabuut tebal tuh photonya.
      Aseliny lbh syahdu

      Delete
  13. Indonesia kaya dengan tempat wisata yang indah ya.
    Harus nabung dulu nih biar bisa ajak anak-anak ke sini :)

    ReplyDelete
  14. cakep bgd pemandanganyaaaa..
    pgn ke situ...
    Indonesia memang indah

    ReplyDelete
  15. Aku jarang jalan-jalan nih. Ngeliat postingan ini jadi pengen liburan yang jauuuhhh. Hihihi. Nice review Mak! :)

    ReplyDelete
  16. Itu warna airnya cantik banget mak o.O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba...klo lg berubah warna apalagi yaa

      Delete
  17. Katanya cocok buat wajah berjerawat?!? apa gak boleh dicoba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Airnya mmg berbelerang

      Tp ini kan panas bgttt

      Delete
  18. Indonesia memang ga ada lawan deh soal keindahan alam. Masyaallah cantik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haishhhh yuuk kita jelajahi keindahan indonesia mak

      Delete
  19. Cakep banget pemandangannya mba.. pingiiiin kesana :).

    ReplyDelete
  20. Bru tahu danau linow ini mak, mudah2an rejeki bisa ke sana juga

    ReplyDelete
  21. Pemandangan berkabut bikin sendu, Mbak hihi
    Paling enak kalau dalam seharis bisa melihat 3 warnanya sekaligus yaa Mbak, kalau pagi berkabut, siangnya panas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya waah rezeki bgt klo bs liat 3 sekaligus dlm satu kunjungan

      Delete
  22. aaaa....kapan ya ke menado lagi, sy pernah ke danau linaw dan bunaken 4 tahun lalu, acara kantor tak terlupakan nongkrong cantik di warung danau linaw itu sambil makan pisan goreng cocol sambal roa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pingin balik lagii kan mak rina...
      Unforgetable yaks

      Delete
  23. kok mirip mirip sama kawah putih yaaa.. dingin tidak disana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 danau vulkanik mba..
      Dingiin banget. Klo menurutky lebih dingin dr kawah putih. Kawah putih dah agak panas ya s

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Saya tertarik dengan tulisan anda yang berjudul "Eksotisme Tiga Warna Danau Linow Tomohon".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.