Wednesday, March 30, 2016

Morinaga Parenting Seminar Roadshow “Siap Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini”


Orang tua mana yang tidak mendambakan anak yang sehat, tumbuh dan berkembang dengan baik? Tapi tahukah moms and dads kalau salah satu kunci utama keberhasilan tumbuh kembang anak adalah kualitas nutrisi yang mereka asup dan bagaimana anak-anak distimulasi sejak dini. Air Susu Ibu merupakan nutrisi terbaik bagi anak setelah mereka lahir. Namun demikian dalam hal terpenuhinya Air Susu Ibu tidak dapat dipenuhi karena satu dan lain hal maka hak anak untuk mendapat nutrisi yang baik tidaklah gugur. Saya yakin setiap orang tua terutama Ibu akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk bisa memenuhi nutrisi terbaik bagi anak mereka.



Selain nutrisi hal yang tampak sederhana namun sangat menentukan proses tumbuh kembang anak adalah kegiatan yang  menstimulasi anak sejak dini. “Karena otak dan daya tahan tubuh saling bergantung dan bekerja timbal balik, maka pemberian stimulasi menjadi sama pentingnya dengan nutrisi, terutama selama 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) Si Kecil,”


Stimulasi terhadap anak memicu multiple intelligence anak yang tidak hanya fokus pada kecerdasaan anak dari satu aspek saja namun kecerdasan majemuk mengingat bahwa setiap anak adalah unik, karena uniknya itulah maka setiap anak (setiap orang) itu berbeda, karena berbeda itulah maka sebaiknya pendidikan dan pelatihan yang (efektif) diberikan pun harus berbeda-beda pula. Demikian pula dengan proses stimulasi dini terhadap anak.

Kualitas anak di masa depan ternyata sangat ditentukan oleh kejadian penting yang dialaminya pada periode 1000 hari pertama kehidupannya. Sebuah riset ilmiah  di bidang kedokteran telah membuktikan hal tersebut. terdapat 3 rentang periode penting untuk membentuk generasi anak yang berkualitas, yaitu:
  • Periode Janin dalam kandungan (konsepsi sampai dengan lahir): 280 hari
  • Periode lahir sampai dengan usia 6 bulan: 180 hari
  • Periode usia 6 bulan sampai dua tahun: 540 hari

Sehingga dibutuhkan waktu 1000 hari untuk melewati periode penting dalam kehidupan seorang anak. Masa 1000 hari pertama kehidupan ini merupakan "jendela kesempatan" (window of opportunity) yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Karenanya kesempatan ini harus dipergunakan dengan sebaik mungkin. Inilah periode terbaik untuk membentuk anak yang berkualitas di masa depan. 
Periode pertama (saat anak dalam kandungan sekitar 280 hari) 

Pada periode ini terjadi peristiwa yang sangat penting yakni proses pembentukan organ-organ utama manusia seperti: otak, jantung, paru, hati, ginjal, organ indera mata-telinga-hidung, dan sebagainya. Periode ini sangat menentukan pembentukan berbagai organ penting tubuh tersebut termasuk otak. Gangguan yang terjadi pada periode ini akan berdampak negatif seumur hidup.  Ternyata peningkatan volume otak mulai dari 260% pada 100 hari sampai 9 bulan. Ibu hamil harus memeriksakan kandungannya secara berkala dengan standar medis yang dinamakan ANC (Ante Natal Care) agar proses ini berjalan dengan baik dan optimal.

Periode kedua (6 bulan pertama kelahiran - 180 hari) 

Periode diibaratkan sebagai "tangga" yang menghubungkan alam kandungan dengan dunia luar bagi anak. Pada periode ini proses pembentukan jaringan sirkuit otak yang kelak menjadi "mesin" tumbuh kembang anak. Memberikan asupan dan nutrisi terbaik berupa Air Susu Ibu merupakan hal yang sangat signifikan.  Bayi yang mendapat ASI segera setelah lahir terutama kolostrum mempunyai kesempatan terbaik untuk belajar memfungsikan berbagai organ vital-nya secara mandiri.

Periode ketiga (Periode 6 bulan sampai 2 tahun - 540 hari) 

Pada periode ketiga ini organ tubuh anak yang telah terbentuk di periode sebelumnya akan mulai berfungsi. Gangguan pembentukan organ dalam periode ini dapat berakibat menetap seumur hidup. Pada saat baru lahir struktur otak anak masih sekitar 25%, namun pada hari ke 1000 telah mencapai 80% struktur orang dewasa. Itulah mengapa dasar kemampuan fisik,  komunikasi verbal, kompetensi sosial dan bahkan pelajaran tentang norma harus sudah tersusun dengan baik pada periode ini. Bahkan riset  ilmiah kedokteran saat ini menyimpulkan bahwa sebagian besar penyakit metabolik - degeneratif pada usia dewasa seperti penyakit jantung koroner, diabetes, obesitas, alergi, telah terprogram sejak usia 1000 hari pertama kehidupan manusia. 

Mengetahui bagaimana signifikannya 1000 hari pertama dalam kehidupan seorang anak terhadap tumbuh kembangnya Morinaga membentuk gerakan #SiapCerdaskanBangsa untuk membantu mewujudkan mimpi anak - anak Indonesia meraih masa depan yang lebih baik. Caranya cukup sederhana yakni dengan mendonasikan mainan edukatif atau buku layak pakai atau memberikan dukungan melalui 1 juta suara sebagai bukti nyata dalam program rehabilitasi sekolah di Indonesia.

Gerakan #SiapCerdaskanBangsa, adalah sebuah gerakan dedikasi Morinaga untuk stimulasi dini anak, mengingat pentingnya stimulasi selama 1000 hari pertama kehidupan, terutama untuk perkembangan otak Si Kecil. Wujud dukungan Morinaga berupa fasilitas digital SiapCerdaskan.com, berisi informasi mengenai pentingnya  nutrisi dan stimulasi anak pada 1000 Hari pertama Kehidupan (1000 HPK).

Demi meningkatkan pemahaman para orangtua akan pentingnya memberikan stimulasi sejak dini,  setiap klik/kunjungan ke website akan dikonversi ke dalam nilai rupiah selama periode kampanye (April s/d Juni 2016) dan pada akhir periode, jumlah klik/rupiah yang terkumpul akan didonasikan untuk rehabilitasi sekolah di daerah lewat Yayasan ASA (Act, Serve, Aspire).

Gerakan ini juga akan didukung oleh Gerakan 1000 Hadiah Pertama, yaitu program pengumpulan donasi berupa buku dan mainan anak sebagai alat stimulasi perkembangan otak, kepada anak-anak yang membutuhkan. Siapapun bisa mendonasikan buku layak pakai dan mainan edukatif pada Morinaga Parenting Seminar Roadshow “Siap Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini” dan mall to mall event: Dunia Generasi Paltinum, bulan April s/d Novermber 2016 di 15 kota.

Dalam waktu dekat di tiga kota Seminar #SiapCerdaskanBangsa akan dilakukan pada tanggal:

2 April 2016 di The Kasablanka, Jakarta

21 Mei 2016 di The Trans Luxury Hotel, Bandun

6 Agustus 2016 di Dyandra Convention Center, Surabaya


Jadi untuk Moms dan Dads yang berada di Jakarta, jangan lupa yaa save the date! Info lengkapnya bisa dilihat Website: www.siapcerdaskan.com. Cek juga di Facebook: Morinaga Platinum, Twitter: @Morinagaid, Instagram: @MorinagaPlatinum. 

Oh iya saya coba kasih bocoran materi yang keren banget yang bakal disampaikan di Seminar di Jakarta, 2 April besok nih. Para narasumbernya sangat berkompeten di bidangnya.

Stimulasi Tumbuh Kembang Anak.
Optimalkan Perkembangan Otak dan Daya Tahan Tubuh, Penentu Kecerdasan Multitalenta Si Kecil

DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) - Dokter Ahli Tumbuh Kembang Anak 
DR. Dr. Anang Endaryanto SpA(K) – Dokter Ahli Alergi - Imunologi Anak 

Kiat Pola Asuh Anak:
Kenali Kecerdasannya Sejak Dini, Wujudkan Multitalentanya

Dr. Rose Mini A.P. M.Psi - Psikolog


9 comments:

  1. Acaranya menarik ya mba, pasti kaya ilmu...

    ReplyDelete
  2. Ternyata tiap periode perkembangan itu krusial juga ya, nggak bisa diabaikan tanpa stimulasi yg tepat. Jadi kangen punya bayi #ehkokcurcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...ayooo punya baby lagiiii #kompor!!!

      Delete
  3. Ini pengetahuan yang luar biasa bagi ibu dan calon ibu..
    good kak Ophi

    ReplyDelete
    Replies
    1. penting bangeeet buat calon ibu n ibu...

      Delete
  4. Morinaga Parenting Seminar Roadshow itu bener2 memberikan ilmu yang bermanfaat untuk calon ibu:) mantepp dehh

    ReplyDelete
  5. wah bagus ya ada acara semacam ini, buat para calon ibu dan ibu ini memang penting, semoga bisa ada acara seminar parenting di kota-kota lainnya juga :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.