Monday, March 7, 2016

Resep Sederhana: Terong Goreng Tepung



Terinspirasi oleh Tempura khas Jepang. Tadi pagi saya yang agak kerepotan karena sudah tiga hari ini Dek Paksi nempel kayak perangko karena demam dengan suhu badan naik turun akhirnya membuat bekal yang simpel dan cepat namun duo Kakak Alinga dan Ka Zaha suka. Karena semua harus saya siapkan sendiri (Biasanya Mbah Uti datang pagi begitu juga Bude As yang bantu menyetrika dan beres-berea. Mereka berdua kompak kurang sehat juga), saya memilih yang serba simpel. Untuk sarapan ceplok telor saja. Ayahnya dan saya cukup disiapkan air jeniper hangat dan buah-buahan. Ada stok rambutan dan manggis sih.


Nah untuk bekal si duo Kakak saya membuat Terong Goreng Tepung. Sebenarnya apa yang saya buat sangat tergantung pada stock bahan yang tersedia. Ada kentang dan terong ungu yang bisa diolah. Anak-anak sudah sering saya buatkan kentang goreng. Kali ini saya mau coba yang berbeda.
Meskipun idenya untuk bekal anak-anak. Tapi Terong Goreng bisa dinikmati sebagai camilan dengan cocolan saus sambal.


Bahan:

2 buah terong ungu ukuran besar. Iris tipis 
Tepung terigu secukupnya.
Minyak untuk menggoreng

Bumbu:

Garam
3 siung bawang putih rajang halus
1 sendok teh ketumbar bubuk.

Cara membuat:

Campur tepung terigu dengan bumbu dan tuangi air. Buat agak encer. 
Siapkan minyak panas.
masukan irisan terong ke dalam bumbu tepung lalu goreng di minyak panas.
Tunggu hingga terong goreng tepung berwana coklat keemasan, Jangan lupa di balik agar matang sempurna kedua sisi.

Sajikan hangat dan nikmati dengan cocolan saus sambal atau tomat.

41 comments:

  1. hmmm enak itu mbak...apa lagi dicocol sama sambel tomat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasangannya memang soas sambal n tomat mas

      Delete
  2. My favorite, but without the flour, only with a bit of salt+sambal terasi.
    Mak nyoosss!

    ReplyDelete
  3. Hm.. udah kebayang kriuknya.. simpel ya Mba.. perlu dicoba nih.. :)

    ReplyDelete
  4. lezat bun, ternyata terong bisa digituin juga, disini sih biasanya disayur hehe

    ReplyDelete
  5. Wah, kreatip Mak.cemilan enak ga harus mahal Ya.

    ReplyDelete
  6. Wuuiihh enyak nih kayanya..kriuk2 sedaapp

    ReplyDelete
  7. Oow ndk pake telor lagi ya. Sy srg bikin tp pake tepung bumbu yg instant hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gak pake mbak... terigunyapun encer saja

      Delete
  8. Mudah ya resepnya...gak pake mahal

    ReplyDelete
  9. Kami selalu buat ini kalo hari pasar, Mbak �� trus kalo ada bayam bagus, kami juga buat dari daun bayam ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bs dimodifikasi dg beragam sayur ya teh...

      Delete
  10. Enak ini, dimakan pakai sambel #mendadaklapar :))

    ReplyDelete
  11. Terong diapa-apain emang enak...hihihi

    ReplyDelete
  12. Aduh kebayang kriuknya deh. Kapan-kapan mau nyobain ah :)

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. terong balado ala masakan minang sy juga favorit

      Delete
  14. Istriku juga sering bikin ginian mbak, enak dimakan bareng sambel bawang. hadeh, jadi laper........

    ReplyDelete
  15. Boleh juga nih dicobain mbak, hihiii oia, Terongnya MUda apa yang mateng yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terong ungu biasa mbak...yg sedeng aja sih...

      Delete
  16. Sumpah liat fotonya aja ngiler.. enak dimakan sama nasi anget sama nasi

    ReplyDelete
  17. Aku mau nyoba inii, gampang yah mba, kaya bikin bakwan biasa..

    ReplyDelete
  18. hmmmm enaknyaaaaa... pengeeen :D

    ReplyDelete
  19. Maknyus euy,
    bisa jadi alternatif biar anak mau makan sayur

    ReplyDelete
  20. gokil,, baru tau klo terong bisa dikbikin crispi kayak gtu..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.