Friday, June 3, 2016

Lactacyd Baby: Healthy Skin Happy Baby



Lactacyd Baby: Healthy Skin Happy Baby. Mengenal produk ini sudah cukup lama. Dulu waktu Ka Zaha diperbolehkan pulang dari RS setelah proses persalinannya secara sectio berjalan baik. Pihak RS mengoleh-olehi banyak bingkisan. Salah satu yang kemudian ternyata berguna sekali adalah sebuah botol kecil sampel berwana putih kebiruan "Lactacyd Liquid Soap".

"Adek bayi nanti dimandikan pakai sabun bayi yang lembut dan aman ya bu. Kulit bayi kan cenderung sensitif." Saya pikir sih nasihat biasalah ya. Memang hampir semua bayi mengalami masalah kulit,  baik yang ringan sampai yang terhitung berat. Temperatur, suhu, dan cuaca di Jakarta dan sekitarnya ini kan lumayan bikin kulit kurang nyaman apalagi untuk bayi.

Healthy Skin, Happy Baby

Baby Zaha saat itu harus tinggal di rumah baru kami. Rumah pertama suami yang terhitung mini dan cuaca Ciputat ternyata kombinasi lengkap membuat kulit Baby Zaha menjadi sedikit bermasalah. Maklum meski lahir hanya 2,4kg namun berkat ASI Ibu yang melimpah, dengan cepat Baby Zaha menggendut. Lipatan-lipatan paha, lengan, ketiak menjadi cenderung lembab dan mudah bekeringat. 

Kulit Baby Zaha yang putih (berbeda dengan Kakaknya Ka Al yang lebih coklat) sering memerah. Hmm saya menyebutnya keringet buntet. Biang keringat sebagian orang menyebutnya. Nah jadilah saya ingat pesan dokter dan salah satu bingkisan dari RS itu. Sejak itu Baby Zaha mandi dengan Lactacyd Baby. Lumayan mengurangi keluhan kulitnya.

Lain ceritanya dengan Baby Paksi. Hampir satu bulan menginap di RS Harapan Kita, bearda dalam inkubator dengan beragam peralatan medis menempel di tubuh membuat kulit dek Paksi terhitung sensitif terutama di sekitar lipatan selangkangan dan kemaluannya. Maklum selama di RS sejak lahir selalu menggunakan diapers. Pun kondisinya saat itu tidak memungkinkan untuk dimandikan layaknya bayi lain sehingga kondisi kulitnya jadi PR tersendiri. Dek paksi mengalami ruam popok. Sesampainya di rumah dan melakukan ritual mandi layaknya bayi lain Baby Paksi harus beradaptasi. Selain harus selalu dengan air hangat perlu sabun khusus untuk kulitnya.

Supaya tidak repot saya lebih memilih sabun susu Lactacyd Baby untuk memudahkan memandikannya. Selain itu saya juga mengoleskan minyak kelapa murni yang memang dibuat sendiri oleh Mbah Uti untuk kulitnya yang bermasalah terutama di sekitar selangkangan, area dekat kemaluannya. Manjur juga lho untuk mengatasi iritasi kulitnya. Saya hanya percaya pada bahan alami. Apalagi untuk kulit bayi yang memang masih sensitif. 

Sebetulnya masalah kulit sensitif tidak hanya terjadi pada bayi. Apalagi mereka yang memiliki bakat alergi. Alhamdulillah Trio Krucils tidak punya alergi dengan kulit mereka. Namun keaktifan mereka kadang menyebabkan sedikit masalah pada kulit. Paling sering sih keringet buntet atau biang keringat. Iya bruntusan merah di bagian kulit karena keringat yang lumayan mengganggu kenyamanan mereka. Sampai sekarang karena tergolong sangat aktif dan mudah berkeringat, Dek Paksi masih suka kena keringet buntet ini.


Bahkan saat kami ke Apotik, Pharmacist menyarankan Lactacyd Baby untuk Paksi. Hmm meski saya pernah menggunakannya saat anak-anak masih bayi tapi apa iya untuk anak di usia 4 tahun seperti Paksi masih bisa menggunakannya. "Bisa Ibu, ini tidak hanya untuk bayi kok. Orang dewasa sekalipun bisa pakai" Ah bener nih? Saya lalu segera mengamati kemasannya dan menemukan tulisan "Lactacyd banyak digunakan untuk merawat kulit bayi maupun orang dewasa". Kandungannya memang diciptakan dari bahan alami jadi aman untuk bayi apalagi orang dewasa.

Saya sih jujur, dulu tidak terlalu memperhatikan detail produk ini. Asalkan kulit anak-anak bebas dari masalah setelah mandi dengan air yang dicampur Lactacyd Baby, ya sudah berarti cocok. Itu saja. Ternyata saya mendapat penjelasan lebih meyakinkan dari pakar yang memang ahli di bidang ini beberapa waktu dalam dalam sebuah Fun Edukatif Talkshow "Healthy Skin Healthy Baby"  yang diselenggarakan oleh Majalah Mother & Baby bekerja sama dengan Lactacyd Baby.

Ada sesi sharing bareng dr Liem Hui Ling, Mom Blogger ngehits Tara Amelz dan Trainer dan Founder @FitMumandBub Mba Adianti Reksoprodjo. Talkshow seru yang padat informasi dan ilmu serta bertabur hadiah ini makin seru dengan MC Cisca Baker. Acaranya juga digelar di tempat yang strategis dan nyaman kok, di Jalan Wijaya Kebayoran Baru, tepatnya di Igor's Pastry.

Mengapa Kulit Bayi Perlu Perawatan Khusus?

Ada beberapa catatan dari dr Liem terkait kulit bayi dan bagaimana upaya melindunginya. Jadi ternyata kulit bayi itu kondisinya berbeda dengan kulit orang dewasa. Pertama, kulit bayi tentu saja lebih tipis daripada kulit orang dewasa. Kedua, dari sisi pH atau keasamannya, kulit bayi yang baru lahir memiliki pH lebih tinggi dari oarang dewasa sehingga mengakibatkan tumbuhnya bakteri jahat pada kulit. pH kulit sehat orang dewasa ada di kisaran 4- 6 sedangkan pH Kulit bayi asa di kisaran 7 -8. Kulit yang tipis dan tingkat pH yang tinggi ini yang kemudian membuat bayi cenderung rentan terhadap iritasi, baik seborrhea, ruam popok, kulit kemerahan maupun gatal.

Nah yang harus dilakukan sebetulnya adalah menjaga keseimbangan pH kulit bayi agar tetap dalam kondisi sehat atau dalam kondidi pH yang normal cenderung basa. Bagaimana caranya? Cara yang paling mudah dan alami untuk menjaga pH kulit bayi tersebut adalah dengan menggunakan sabun cair atau sabun pembersih yang dapat menjaga keseimbangan pH kulitnya. 

Lactacyd Baby dengan pH 3-4 akan membantu kondisi kulit bayi pada tingkat keasaman/pH yang normal, tidak lain karena Lactacyd Baby mengandung Lactic Acid dan Lactoserum dari ekstrak susu yang terbukti secara uji klinis membantu mencegah pertumbuhan bakteri jahat. Jadi memang sebaiknya menggunakan sabuh khusus bayi dengan pH yang rendah karena sabun biasa dengan kandungan pH yang tinggi justru mengundang tumbuhnya bakteri jahat di kulit. Kalau mau tahu komposisi lengkap Lactacyd Baby bisa dilihat sebagai berikut:




Tips Memandikan Bayi

Nah  dr Liem juga memberikan beberapa tips memandikan bayi nih. Jadi sebaiknya bayi dimandikan dengan air yang suam-suam kuku. Air yang tidak panas dan tidak terlalu dingin. Air panas tidak nyaman dan merusak kulit bayi, sedangkan air dingin mengundang bakteri jahat. Bayi juga sebaiknya dimandikan dalam suhu ruangan yang tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Perhatikan pemilihan sabun yang tepat. Sebaiknya menggunakan sabun bayi dengan kandungan bahan yang alami dan telah lolos uji klinis. Sabun dengan kandungan pH 3-4 disarankan sehingga bisa menurunkan tingkat keasaman pH bayi.


Oh iya Jangan memandikan bayi terlalu lama ya, 5 menit cukup. Meskipun tampaknya bayi suka bermain air tapi jangan sampai Bayi kedinginan dan masuk angin karena kelamaan mandi. Setiap kali mandi tuangkan 3-4 tetes Lactacyd Baby ke dalam air mandi untuk perawatan dan gunakan Lactacyd Baby setiap hari pada saat mandi untuk hasil yang optimal. Naah, untuk anak atau bayi yang aktif dan mudah berkeringat berikan perhatian lebih pada bagian tubuh tertentu yang sulit dijangkau seperti lipatan-lipatan tubuh. Untuk bayi yang sudha terlanjut teriritasi, maka cukup basahi kapas dengan Lactacyd Baby lalu tepuk-tepuk di area iritasi.

Nah di acara seru Fun Edukatif Talkshow tadi juga ada sharing dari Mom Blogger Tara yang juga punya baby dan punya pengalaman menggunakan Lactacyd Baby, awalnya sih hunting info di forum-forum dan ternyata banyak yang merekomendasikan Lactacyd Baby ini termasuk beberapa dokter.

Meskipun para Mommies membawa bayi dan balita mereka namun di Igor's Pastry disediakan kid's and baby corner dengan mainan anak dan kertas gambar dan crayon. Jadi saat Ibunya menyimak materi anak-anak bisa anteng main di sini. Mommies yang hadir juga antusias memberikan banyak pertanyaan sekalian curhat dan konsultasi tentunya. Mumpung ada pakarnya. Udah gitu banyak hadiah bahkan door prize yang dibagikan dan bikin acara makin seru.

Train With Baby Workshop

Yang tidak kalah seru dan bermanfaat adalah sesi terakhir di rangkaian Fun Edukatif Talkshow kemarin. Para Mommies diberi contekan gimana caranya menjaga badan tetap fit meskipun sudah memiliki beberapa bayi. Cara menjaga kebugaran juga tanpa harus meninggalkan baby lho. Mba Anti memberikan tips-tips beberapa gerakan yang bisa dilakukan sambil melibatkan bayi kita untuk menjaga postur tubuh yang baik. 

Jadi work out yang dicontohkan bisa sekaligus mendekatkan anak/baby dengan ibunya. Train with baby, Mommies bisa tetap aktif dan fit namun tetap dekat dengan si buah hati. Mba Anti mendemonstrasikan gerakan-gerakan tersebut dan mengajak para Mommies terutama yang membawa bayi untuk mengikuti gerakan seperti plie squat, baby thruster, dan the lunge twist. Waah seru banget! Tiga gerakan inti ini jika dilakukan rutin sangat berpengaruh signifikan terhadap postur dan kebugaran tubuh mommies. 

Satu hal yang sangat ditekankan  Mba Anti adalah bagaimana memperbaiki postur tubuh. Kebanyakan para mommies lupa dengan hal yang satu ini. tampaknya simpel, padahal kalau dibiarkan salah postur bisa berakibat tidak sederhana. Mulai dari back pain sampai kondisi kerangka tulang punggung yang tidak proporsional. 

Beberapa hal sederhana yang dapat memperbaiki postur tubuh dalam rutinitas harian para ibu antara lain:

  • Jangan membiasakan membungkukkan badan dalam berbagai posisi karena membungkuk akan menambah sakit punggung maupun pinggang.
  • Dalam segala posisi usahakan punggung dalam keadaan tegak baik saat menggendong bayi, menyusui, maupun memandikan bayi
  • Saat mengambil sesuatu di lantai misalnya, turunkan paha/kaki dan berjongkok, jangan membungkuk.
  • Menggendong bayi atau anak sebaiknya di bagian depan tengah, jangan di samping dan jangan condong ke belakang.
  • Jika memakai baby carier akan lebih baik tapi tetap dengan posisi di depan tengah
  • Saat mamandikan bayi, taruh bak mandi sejajar dengan badan sehingga kita tidak menunduk demikian juga saat memakaikan baju atau nappy
  • Saat menyusui, selalu tegakkan badan/punggung dan sesuaikan dengan posisi tangan. Beri alas atau bantal menyusui agar tidak perlu membungkuk.
  • Saat menyusui juga jangan biarkan kaki menggantung. Luruskan kaki dan pijakkan ke lantai jika perlu gunakan bantalan kaki. 

Kebiasaan-kebiasaan  menjaga postur tubuh ini akan sangat bermanfaat jika dilakukan secara konsisten baik untuk jangka pendek seperti mencegah sakit punggung atau pinggang juga untuk jangka panjang seperti memperbaiki postur tulang punggung.

Serunya Fun Edukatif Talkshow  bersama Mother&Baby dan Lactacyd Baby

To sum up, acara Fun Edukatif Talkshow kemarin full ilmu, seru, dan bermanfaat sekali. jadi makin yakin dengan pilihan terhadap Lactacyd Baby untuk mengatasi permasalahan kulit dan melindungi kulit buah hati kita agar mereka merasa nyaman menjalani aktifitas sehari--hari. Yups Healthy Skin, Healthy and Happy Baby,  Finally Leads to Happy Mum and Family.

Oh iya mommies, yang punya pengalaman dengan Lactacyd Baby, bisa ikutan Blog Competition #LactacydBaby lhoo... Info lebih lanjutnya bisa diintip di FP Lactacyd Baby.  

56 comments:

  1. Posisi tubuh Penting dan berakibat vatal kalau salah posisi ya. Apalagi sedang punya Bayi mungil. Harus olah raga ya Mbak, biar fit dan happy saat merawat Bayi. Faiz Fira cocok banget sama Lactacyd Liquid Baby loh

    ReplyDelete
  2. si ken dlu jg pakek ini mak ophi, dan cucok bgd di kulit ken yg termasuk kulit sensitif. lactacyd emangcihuy

    ReplyDelete
  3. sama dengan mak Inda. damar dulu pas bayi juga pakai ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ada pengalaman ikutan lombanya mbaa

      Delete
  4. Waah ahza dulu ga sempet pakai produk ini. Padahal zaman di cikeas sering bgt kringet buntet. Hiks..
    Nanti aku rekomendasiin ke ponakan ah..
    Makasih infonya mba :)

    ReplyDelete
  5. Anak-anak kecil dulu waktu badan merah2 kena keringet buntet, sama dokter diminta mandi agak sering tiap harinya pake lactacyd juga, tapi bukan yg baby, yang lactacyd biasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh lactacyd biasa itu utk yg kewanitaan bukan mba?
      klo yg baby ini malah boleh utk dewasa juga utk badan bukan area khusus wanita

      Delete
  6. AKu ini paling males olah raga, kerasa deh kalau jalan jauh dikit ngos2an, Kudu rajin nih hehe TFS Mbak Ophi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga dah lama gak olahraga nih...tp klo sm paksi suka dipaksa olahraga hahaha ngangat dia main pesawat2an

      Delete
  7. waaah baru tau lactacyd ada produk utk bayi gini.. selama ini pake lactacyd cuma utk pembersih kewanitaannya mbak :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada mba..dan bs dipake org dewasa juga kok

      Delete
  8. Bisa mencegah kulit gatal dan biang keringat, rekomendasi banget buat dede dede kecil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa...aman n dibuat khsuus utk kulit baby

      Delete
  9. pantes pinggangku skr suka sakit2, dulu abis melahirkan gak tau sih ada cara2 ttg menjaga postur tubuh, anakku lahir 4kg , gendongnya ngos2an jg sih :)).. bermanfaat sekali mak postingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah besar banget mba 4 kg ruar biasaaa..
      ayo jaga posturnya mba

      Delete
  10. Iya memang bagus dokter anak pada nganjurin pake ini, selain berfungsi sebagai sabun bisa buat therapy beberapa keluhan kulit pada bayi juga

    ReplyDelete
  11. Baca ini langsung sambil perbaiki posisi duduk supaya lebih tegak. Punggung berasa ketarik karena selama ini membungkuk. Btw acaranya seru ya.

    ReplyDelete
  12. Acaranya kereeen. Kayanya lactacyd boleh juga nih buat dua debayku. Pingin cobain juga ah ....

    babyae.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba dibuat khusus utk kondisi kulit bayi

      Delete
  13. Sekarang ada buat baby juga yah? Bisa dicoba nih buat anak-anak dan ponakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa...untuk baby tp bs untuk dewasa juga

      Delete
  14. Wah acaranya seru ya banyak ilmu aku jd updet lagi soal urua mengurus bayi asli udah lupa semua mbak hahaha....
    Makasih ilmunya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...ayo belajar lagi siap2 buat calon dekbay

      Delete
  15. Waah pake Lactacyd Baby juga yah anaknya? emang bagus sih produk ini.

    ReplyDelete
  16. Wah, ternyata bayi pun perlu perawatan khusus..

    ReplyDelete
  17. Wah, jamannya Intan, 20 tahun lalu, kayaknya belum ada deh yaaa? Kalo keringat buntet jadinya pake bedak apa gitu, udah lupa namanya. Lactacyd baby ini boleh juga nih aku rekom ke ponakanku yang masih balita. Tuh anak aktif banget, ga pernah diem, dan keringatan terus.

    Btw, acaranya seru banget yaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..jamannya intan baby talc yaa

      Delete
  18. pasti seru sekali acaranya ya mbak...
    keren sama Lactacyd. ada juga produk unggulannya khusus baby... hhee

    ReplyDelete
  19. Acaranya keren ya, Aisyah dulu juga pakai lactasyid saat bayi karena kena ruam popok

    ReplyDelete
  20. waow lactacyd sekarang dah mulai nyasar prodaknya beby ya mb ophi
    mb akuh nanya dunk, itu pengaturan foto yang bisa gerak gerak gituh gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini pake photoscape mbul...yang animasi gif

      Delete
  21. Dek Paksi pinter amat gayanyaaa :D
    Aku pernah pakai lactacyd baby ini buat anakku, trus sama suamiku ditaro di rak khusus.. Katanya takut ketuker sama lactacyd pembersih kewanitaanku, kalo salah sabunin kan repot. hihihihihi

    ReplyDelete
  22. bagusnya itu skelian sabunan skalian buat therapy juga ya mba,. apalagi anak2 suka ga tahan klo panas dan keringetan..

    Paksi gemesesin pipinya.. hihi

    ReplyDelete
  23. Kereem banget mba, lengkaaap.. siiiplah lactacyd emang solusi banget buat kulit anak yg sensitif ya... Senang bisa ketemu dirimu, akhirnya mba ��

    ReplyDelete
  24. Terasa sekali emang mba, posisi badan yang benar penting banget, saya sudah praktekin workoutnya tiap pagi, streching sambil angkat dede bayi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah makin fit dung mba Nunu...dede bayinya kan gemuk tuh berat ga?

      Delete
  25. Tips-tipsnya oke bangeet mba.. Dan memang menjaga kesehatan kulit bayi itu gampang-gampang susah ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...mrk punya karakteristik yg khusus treatmentnya juga khusus

      Delete
  26. Wah dulu belum tahu ada produk ini, padahal anakku kulitnya sensitif mudah gatal

    ReplyDelete
  27. aku nyari artikel vaksin malah ga nemu :D
    ini yg blog competition lactacyd baby ya mba, senin pengumumannya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini reportasenya mba..iya sekalian ngelomba

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.