Friday, May 27, 2016

Siapkan Diri & Keluarga Menyambut Ramadhan


Ramadhan segera tiba, tinggal menghitung hari saja. Apa yang sudah mommies siapkan menyambutnya? Pastikan menyiapkan mental diri dan seluruh anggota keluarga menyambut bulan yang bernilai seribu bulan ini ya. Menyiapkan segala sesuatunya agar semua bisa menikmati kekhusyukan menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan penuh berkah ini.


Para mommies yang punya balita atau anak usia sekolah pasti harus juga menyiapkan kesiapan dan mental anak-anak untuk mulai belajar berpuasa atau bahkan belajar konsisten berpuasa. Yang paling penting dalam proses belajar menurut saya memberi contoh yang baik. Yes, Children see, children do. Mereka melakukan dan mempraktikkan apa yang mereka lihat. Hal yang juga tidak kalah penting dalam proses belajar anak di bulan Ramadhan ini bukan hanya soal belajar puasa lho. Ibadah lainnya juga tidak kalah penting, karena semua hal baik menjadi nilai Ibadah saat diniatkan secara benar apalagi dilakukan di bulan baik.

Selama Ramadhan akan ada sedikit perubahan siklus harian dari hari biasanya. Mulai dari bangun sahur, pola makan dan minum, kegiatan sekolah dan kerja, rutinitas berbuka puasa, shalat tarawih dan tadarus dan seterusnya.  Sebisa mungkin anak-anak bisa mengikutinya dengan nyaman dan gembira. Jadi kita harus bisa mengatur agar mereka menjalani perubahan rutinitas harian dengan tanpa beban bahkan menikmatinya.

Hmm apa saja yang harus saya siapkan ya? Supaya anak-anak semangat belajar puasanya kayaknya yang pertama harus disiapkan adalah menu khusus untuk sahur dan berbuka. Menu harus dibuat variatif untuk menarik minat anak-anak.  Sebaiknya tetap memilih menu yang simpel tapi pastikan kualitas bahannya bagus dan segar. 

Wah pasti semua mommies sepakat kalau kita bakal jadi lebih sibuk ya mempersiapkan menu sahur dan berbuka.  Apalagi working mommies, karena harus tetap bekerja dan memberi perhatian lebih untuk menyiapkan menu berbuka dan sahur. Hmm tapi kalau tidak mau terlalu repot dan bahkan bisa dapat harga bagus, bisa banget lho dicari di toko online seperti Lazada (review post refers to Disclosure) Apalagi di bulan Ramadhan nanti akan ada program khusus besar-besaran dari Lazada Ramadhan Sale dengan diskon hingga 80%! Wuihh langsung melotot deh matanya.



Mommies, masih ingatkan salah satu tips mengelola keuangan keluarga ala Mom of Trio? Iya, Manfaatkan Promo/Diskon. Jadi, buat daftar kebutuhan Ramadhan (bukan daftar keinginan lho yaa) termasuk kebutuhan rumah tangga dan harian untuk persiapan sahur dan buka puasa. Kebutuhan ini tersedia di kategori barang kebutuhan sehari-hari atau groceries di Lazada. Iya di Lazada, saya gak bilang di pasar becek lhoo. Kalau bisa dilakukan di manapun asal ada jaringan internet kenapa tidak kan? saving time juga menurut saya, jadi waktu kita jalan ke supermrket atau mall atau pasar bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan yang lain. Bisa buat nambah bacaan tadarus kita atau menemani anak-anak mengaji atau belajar.

Belanja online tentu jauh lebih praktis. Jangan khawatir juga karena sistem pembayaran dan pengirimannya sangat aman. Lazada menjamin kemudahan dengan menyediakan sistem pembayaran yang lengkap mulai dari bank transfer  (BCA, BNI, Mandiri), klikpay, hellopay, kredit cicilan dengan menggunakan kartu kredit bunga 0%, pembayaran di Indomaret terdekat, dan yang aman banget adalah pembayaran di tempat atau  Cash On Delivery (COD). Jadi  barang sampai di tangan atau alamat pengiriman, baru kita bayar. .

Lazada juga memberikan ongkos kirim gratis atau free ongkir ke beberapa kota besar di Indonesia lho seperti Jabodetabek, Medan, Balikpapan, Bandar Lampung, Bandung, Banten, Denpasar, Makassar, Malang, Tasikmalaya, Yogyakarta, Padang, Pekanbaru, Samarinda, Palembang dan Surabaya. Asyiiik Tangerang Selatan masuk niih, lumayan free ongkir Moms,  *Mak Irits Mode on*. Oh iya ada pengiriman express sehari sampai juga. Kece bener yaa. Jadi belanja gak bikin repot dan aktivitas lain terutama aktivitas ibadah bisa tetap lancar.

Selain menyiapkan menu khusus, jangan lupa siapkan perlengkapan ibadah mereka. Coba cek deh, mukena untuk yang perempuan, sarung untuk yang laki-laki, baju gamis, baju koko dan peci (termasuk untuk ayahnya). Sudah disiapkan belum? Tidak harus baru memang, yang penting bersih dan tentu saja layak dipakai beribadah.  Jangan lupa cek punya kita juga ya. Jangan sampai lupa menyiapkan diri. Hmm sajadah dan al-Qurán juga lhoo. Kan nanti tadarus bersama nih. Alhamdulillah kalau sudah ada dan masih layak dan bisa dipakai. Cuci bersih dan beri pengharum ya moms...supaya makin semangat ibadahnya.

Tapi, kalau perlengkapan ibadahnya belum lengkap, tidak perlu risau atau galau ya. Lagi-lagi Ramadhan Sale-nya Lazada membantu Mommies menyediakannya. Tinggal pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Jangan khawatir karena harganya juga miring pake banget, bakal diskon hingga 80%...banyak aja yaa.

Saya kebetulan sudah berencana membelikan Ka Alinga Al Qurán kecil nih. Hadiah juga karena Ka Al sudah menyelesaikan Iqra 6 dan akan segera masuk Al Quran. Supaya bisa tadarus bareng sama Ibunya ini. Tadi sudah ngintip-ngintip dan saya tandain. Siapa tahu ada diskon bagus kan? Siap-siap aja ya, Ramadhan Sale-nya mulai tanggal 1 Juni sampai 11 Juli tuh.


Baju-baju atau kaos lucu dengan gambar atau tulisan yang memotivasi juga bagus lhoo buat anak-anak. Misalnya kaos dengan tulisan Let's Sholat atau Let's Read Qurán. Pasti bakal memotivasi mereka untuk lebih giat sholat dan membaca Qurán. Ada tuh kaos-kaosnya di Lazada? Ada dung! Lazada kan  toko online terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Momen Ramadhan Sale ini memang kelihatannya sengaja dibuat dengan menghadirkan promo terbaik untuk persiapan Ramdhan dan lebaran kita. Waah udah lebaran aja ceritanya. Tapi tidak ada salahnya sih menyiapkan sedini mungkin karena pasti jelang lebaran sudah makin banyak "tugas" lain menanti dan harus diselesaikan para mommies. 

Sekalin intip aja untuk ide hadiah atau bingkisan lebaran untuk keluarga besar dan kerabat nanti. Buat daftarnya dan bandingkan harganya. *Tetep Mak Irits mode on* Jangan lupa save the date ya moms, karena ada Ramadhan mega sale Lazada juga untuk melengkapi semua kebutuhan dengan promo terbaik dari setiap jam-jamnya hingga ramadhan midnight sale.

Selamat menyiapkan diri dan keluarga yaa. Semoga Ramadhan kali ini semakin meningkatkan ketakwaan kita dan keluarga pada Sang Khaliq. Welcoming Ramadhan, Be well prepared, Ramadhan Mubarak!

42 comments:

  1. aa mau dong nunggu sale...
    selamat menjalankan ibadah puasa buat mak ophi sekeluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mak selamat ramadhan juga yaa..bismillah semoga tercapai tujuan ramadhan

      Delete
  2. Kayak saya, belanja kebutuhan lebaran nyicil mulai dari sekarang :)
    Biar ibadah nanti lebih tenang

    ReplyDelete
  3. pas banget nih buat yang sedang mencari baju baru untuk lebaran~ :D
    memang bulan penuh berkah ya bun~ :)

    ReplyDelete
  4. Wah sudah siap banget nih kayaknya

    ReplyDelete
  5. Kaos anak sekarang desainnya lucu lucu
    Aku suka yang ungu

    ReplyDelete
    Replies
    1. si kaka punya yang ungu ini mbul...

      Delete
  6. thn ini pengen ngajarin si kaka mulai puasa.. awalnya sih ampe jam 9 aja, secara anaknya juga br 3 thn.. :D..moga2 bisa.. selalu seneng ya mbak menyambutramadhan.. kalo urusan belanja2nya sih lbh seneng lagi ;p.. tapi nunggu THR kantor dulu itu ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya belajar..gpp smp jam 9 dulu. yg penting niatnya trus mrk tahu dulu...
      hahaha THR datang laah...:)

      Delete
  7. Siap-siap belanja baju-baju lebaraan nih. Kalau saya yang utamain sih anak-anak , kalau ortunya mah belakangan ajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2...kita mah kalau kebagian aja ya mba hahaha

      Delete
  8. Dari awal bulan ini aja di pasar ramai banget orng belanja persiapan lebaran padahal puasa aja belum,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.... begitulah indahnya jelang ramadhan yaa

      Delete
  9. Ahhh kurang beberapa hari udh puasa ya... perlu siapin kperluan buat mngambut ramadhan. Keren lazada ada promo ramadhan sale. Bisa mmbntu skali. Xixiixixi

    ReplyDelete
  10. Ntar lg ramadhan dan Lebaran.. Mulsi rame nih mall byk orang belanja.. Kalo males himpit2an belanja enakan lewat online aja ya Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa gk pake ekringetan dan desek2an

      Delete
  11. sama sekali belum nyiapin apa-apa nih buat Ramadhan :)

    ReplyDelete
  12. Kalo ngedenger kata sale, langsung melek, deh...hi..hi... Selain banyak diskon, juga bisa menghemat ongkos, karena via online ya...

    ReplyDelete
  13. Kaosnya lucuuuu...baru tahu lho kaos muslim ada juga di Lazada

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaaa...
      lucu2..
      anak2ku juga pakee

      Delete
  14. paling bete emang kalau lagi puasa2 trus desek2an di pasar.. hehe....

    ReplyDelete
  15. Maaf lahir batin ya mba sebelum Ramadan nih..

    ReplyDelete
  16. Sulthan suka nih pakai kaus-kaus islami lucu gitu. Pengin ubek-ubek Lazada, ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lucu2 mba...mereka suka pakenya krn jd termotivasi. anak2ku pake juga

      Delete
  17. Waaa ramadhan sales.. Mauuu :)

    ReplyDelete
  18. Aih.. Jd inget blm nyetok kurma sama madu.
    Etapi sayang k semarang ga free ongkir :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi....aku madu msdh punya stock, kurma pingin yang seger nih

      Delete
  19. bulan ramadhan kali ini aku mah sedih karena hanya berdua dg suami. Kadang kepikiran anak yg kerja sahurnya pakai apa di kosan, yg kecil kkn . Rasanya sedih biasanya dari sahur, buka, solat berjamaan barengan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kangen anak2 ya mah..mereka gak nyengajain pulang pas puasa?

      Delete
  20. Bener2 ya Mbk Lazada luar biasa komplit fasilitasnya.Bikin mudah hunting aneka barang kebutuhan.Capcuss segera kw Lazada☺☺☺

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.