Monday, June 20, 2016

Jus Sayur: Enak, Sehat, dan Bermanfaat

Jus Sayur: Enak, Sehat, dan Bermanfaat. Dulu awal-awal melakukan food combining saya sering posting photo jus sayur yang saya buat. Biasanya saya konsumsi malam hari setelah makan malam. Tapi kemudian lama kelamaan jarang posting lagi, karena "resepnya" kemudian berulang.  Dulu sempat ada proses mencari kombinasi sayur yang paling oke rasanya. Hmm lama-lama semua sayuran enak deh pokoknya.




Sekarang saya juga membawa bekal jus sayur ke kantor untuk asupan sayuran segar di siang hari. karena agak sulit memenuhinya dengan rutinitas pekerjaan yang ada. Jadi jus saya siapkan pagi hari lalu dimasukan dalam botol. Sesampainya di kantor saya simpan dalam kulkas. Banyak juga teman-teman yang bertanya, gimana rasanya? Enak gak? langu gak? tapi terus tanya apa sih resepnya?

Sebetulnya sayuran merupakan sumber enzim terbaik bagi tubuh. Serat, vitamin, dan berbagai kandungan yang sangat baik bagi tubuh ada dalam beragam sayur segar. Agar semua kebaikan sayur ini bisa diasup oleh tubuh kita maka cara mengonsumsinya juga harus tepat. Bagaimana? konsumsi dalam kondisi mentah (raw) dan kunyah dengan minimal 33 kunyahan. Tentu saja sebelumnya bersihkan dan pastikan sayur mentah yang kamu konsumsi dalam kondisi bersih. Nanti saya bagikan tips membersihkannya yaa.

Nah kadang saya tidak selalu punya cukup waktu untuk mengonsumsi dengan cara terbaik tadi. walhasil daripada kekurangan asupan sayur segar, saya kemudian membuat jus sayur. Cara yang lebih disarankan sebetulnya dengan  menggunakan slow juicer. Jadi betul betul bisa didapatkan sari sayuran (dan buah untuk jus buah) yang sudah dipisahkan dengan ampasnya. Namun karena saya belum punya slow juicer yang memang harganya lumayan itu, saya masih membuat jus sayur dengan blender atau tokebi. Not bad lah yaa...alih alih belum terbeli slow juicer terus gak jadi mengasup sayur segar?

Nah berikut saya mau membagikan beberapa tips membuat jus sayur dan ada juga beberapa kombinasi resep yang aman banget rasanya. Jadi bisa dan bakal mudah dikonsumsi oleh mereka yang tidak terbiasa dan tidak suka makan sayuran segar sekalipun. Kalau buat saya yang sudah biasa kombinasi resep beikut ini tuh cuma ada dua rasanya. Enak dan Enak Banget!

Tips Membuat Jus Sayur

  1. Pilih sayuran yang segar dengan kualitas yang baik. Jangan yang sudah layu, busuk atau sejenisnya yaa. Kesegaran sangat mempengaruhi rasanya.
  2. Kombinasikan beberapa jenis sayur (minimal 2- 3 jeni sayuran)
  3. Cuci bersih dan bersihkan sayur yang akan kita gunakan. Jika harus dikupas, kupaslah dengan seksama dan bersihkan dengan air mengalir. Jika tidak dikupas, rendamlah sayuran dalam air yang sudah ditetasi air cuka apel dan kemudian bersihkan kembali di air mengalir hingga bersih. Cuka apel dapat merontokkan bakteri, kuman, pestisida dan sejenisnya. Jika belum punya cuka apel, bisa gunakan air garam untuk merendam sayuran tersebut.
  4. Tambahkan jeruk nipis atau lemon dan/atau jahe dalam kombinasi jus sayur untuk menghilangkan langu/aroma khas sayuran
  5. Jus sayuran tidak menggunakan tambahan rasa apapun baik gula atau perasa lainnya.
  6. Segera konsumsi jus sayur yang telah dibuat. Jika tidak simpan di dalam lemari es setelah dimasukan dalam botol kaca. Sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 24 jam.  


Kombinasi Sayuran untuk Jus Sayur yang Nyaman di Lidah

Nah berikut saya bakal bagikan kombinasi sayuran apa yang menurut saya rasanya aman-aman saya, terutama bagi pemula dan mereka yang kurang suka sayur. Yang pasti saya gak kasih resep jus daun pepaya yaa. Emang ada? ada lho pelaku food combining yang demen bikin jus satu ini. Khasiatnya juga jempol sih seimbang sama rasanya hehe. Saya sendiri belum pernah, bukan gak berani tapi kan saya membuat jus bukan hanya untuk saya sendiri. Selain suami, anak-anak juga ikut mengonsumsi jus sayur yang saya buat. jadi kombinasi berikut ini juga cocok untuk anak-anak dan pemula.




Jus yang berwarna merah agak pink menggoda ini kombinasi dari Bengkuang, Tomat, dan Bit. Rasanya enak, ada aroma bit yang khas. Menurut saya, Bengkuangnya yang membuat rasanya aman dan nyaman di lidah pemula.  Untuk Jus berwarna hijau di sebelahnya merupakan kombinasi Bengkuang, Pokchoy, dan  Jeruk Nipis. Rasanya seger bangeet. Top deh!


Yang ini Jus Terong Belanda, pure hanya dari terong belanda. Tanpa tambahan apapun, rasanya seger asem kalau takut langu bisa tetep ditambahkan lemon atau jeruk nipis.


Jus ini dibuat dari gabungan timun, sawi putih atau bisa juga kol, dan tambahan air jeruk nipis/lemon. Rasanya aman banget tapi kandungan alkalinya cukup tinggi lhoo. Adem di perut :)


Yang orange ini kombinasi apa ya? abaikan photo buah-buahan di depannya ya. Ini kombinasi tomat, wortel, dan timun. Rasanya...amaan pake banget di lidah. Cenderung manis dan alkalinya juga tinggi nih.



Agak mirip dengan yang sebelumnya yang ini tanpa wortel, gabungan tomat dan timun saja. Kayaknya saya lagi kehabisan stock sayuran nih. Apa yang ada di kulkas, itu yang dijus hahaha.

Nah last but not least, ini kombinasi timun, tomat, dan bit yaa...jadi warnaya merah campur orange gitu. Rasanya enak tentunya.

Selamat mencoba...! Salam sehat!

28 comments:

  1. rata-rata emang harus ditambahi jeruk nipis ya Mbak..
    mungkin rasa asem segarnya jeruk nipis bikin netral rasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jeruk nipis ngilangin "langu" nya mba

      Delete
  2. rata-rata emang harus ditambahi jeruk nipis ya Mbak..
    mungkin rasa asem segarnya jeruk nipis bikin netral rasa.

    ReplyDelete
  3. Kalo jus sayuran murni aku belum pernah nyoba, soalnya aku gak suka sayur.. Tapi kalo di-mix sama buah2an aku sering bikin jusnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di FC buah dan sayur ga boleh di mixed mba

      Delete
  4. Yummy banget nih, mau mbak jus Tomat Wortel plus timunnya...

    Best regard,
    Adi Pradana

    ReplyDelete
  5. ampasnya dikemanain mbak? kalo lihat sudah tersedia di botol memang pengennya lgsg glek ya mbak, dibanding harus ngunyah 33x hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo pake blender msh nyampur mba...klo yg pake slow juicer kan misah ampasnya banyak yang bikin perkedel atau bakwan gt dr ampas sayurnya mba

      Delete
  6. huwahhh perlu nyobain bikin jus drai sayuran nih mbak. penasaran tuh, gimana rasanya jus daun pepaya. padahal paitnya minta ampun pas dibuat untuk sayuran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha akupun blom nyobain daun pepaya

      Delete
  7. Beluuun brani nih minum yg bginian mbak ophiiii :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha yg aku posting ini aman semua rasanya mbaa

      Delete
  8. Aku belum pernah bikin jus sayur kecuali wortel dan tomat :)

    ReplyDelete
  9. Belum pernah sih nyobain yang dari sawi putih sama kol. Kayaknya perlu dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dicoba, tp kombinasi sm yg lain yaa

      Delete
  10. jus sayur, pilihanku paling cuma tomat dan alpukat hehe, eh bit pernah juga sih pas dulu mau nyembuhin anemia. Tapi yg favorit tetep dua itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dikombinasi dan mix deh...enak lhoo

      Delete
  11. Jus sayur belum pernah nyoba..
    Tapi penasaran deh liat warnanya cakep2 bangeeet.. *salah fokus
    Makasij sudah share ya mba :)

    ReplyDelete
  12. Belum pernah myoba.... tapi kelihatannya kombinasi Mbak Ophie tidak berbahaya bagi lidah. Hihihi.... pilihan aman tapi sangt sehat

    ReplyDelete
  13. Aku jadi pengen nyoba yg berbahan dasar timun, bengkoang dan tomat duku. Yg aman aman buat anak dulu. TFS mbk

    ReplyDelete
  14. Aaaaaaa mb ophi mau ah contek kolaborasi jusnya :*

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.