Thursday, June 9, 2016

Liburan di Baturraden, Purwokerto

Selesai pembagian raport, liburan panjang segera tiba. Akan jauh lebih baik jika kita merencanakan agenda liburan agar perjalanan kita menjadi menyenangkan. Salah satu yang bisa masuk dalam daftar liburan adalah daerah Baturraden yang ada di Purwokerto. Tahun kemarin usai cuti Lebaran kami berlibur ke sana.

Kebun Raya Baturraden

Baturraden berlokasi di sisi selatan Gunung Slamet, udara sejuknya di siang hari dan berubah menjadi lebih dingin dimalam hari namun sambil menghangatkan tubuh dengan meminum minuman hangat kita bisa menikmati pemandangan indah dari ketinggian 1000 meter di lokasi wisata yang konon memiliki banyak legenda rakyat yang salah satunya sangat terkenal bernama Lutung Kasarung. 


Letak Baturraden berada di sisi utara kota Purwokerto. Pada hari minggu atau libur nasional, tempat ini menjadi sangat ramai dan padat pengunjung. Di sini ada banyak hotel-hotel  (sponsored post, refer to Disclosure) serta villa yang bisa kita sewa selama liburan dan bisa kita pesan di situs booking hotel Traveloka. Ya, tahun lalu saya pesan hotel lewat Traveloka juga dan mendapat harga yang lumayan nyaman di kantong. Saya mendapat diskon tambahn juga waktu itu. 


Tak hanya tempat beristirahat, di sini juga tersedia lahan untuk berkemah. Oh iya jangan khawatir bakal kelaparan karena di sepanjang jalan terdapat banyak pedangang yang menjajakan makanan–makanan yang bisa mengisi perut lapar kita. 

Ada beberapa lokasi wisata di Baturraden yang bisa kita kunjungi antara lain adalah:

Loka Wisata Baturraden

Tempat wisata ini cocok untuk segala umur. Kebanyak pengunjungnya adalah keluarga. Anak-anak hingga dewasa bisa menikmati tempat wisata ini dengan berbagai fasilitasnya. Lokawisata ini terutama menyediakan fasilitas wisata air seperti kolam renang, sepeda air, air mancur yang pancarannya cukup tinggi, seluncur air, curug / air terjun, pemandian air panas belerang dan lainnya. Selain itu pengunjung bisa juga menyaksikan penampilan seni lokal seperti kenthongan, calung, ebeg / kuda lumping, musik tradisional dan lainnya. 

Pancuran Pitu Baturaden dan Pancuran Telu

Beristirahat sejenak dari hiruk pikuk keseharian yang membuat  stress tentu harus menjadi hal wajib untuk membuat tubuh anda segar kembali. Pemandian Pitu ini terletak di sebelah atas pancuran telu yang merupakan pemandian ar panas yang mengandung belerang. Air ini dipercaya berkhasiat untuk kulit serta dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Selain itu bisa mengobati pegal-pegal dan kecapean. Suasana alam yang sejuk dan asri menjadi tambahan pon tersendiri. Jangan lewatkan untuk pijat belarang juga yaa. Duuh saya jadi pingin kesana lagi.

Pancuran Pitu



Bumi Perkemahan

Sebuah lahan atau area untuk berkemah yang sering digunakan oleh para petualang yang ingin menikmati menginap di luar ruangan sambil melakukan kegiatan out bond. Lokasi ini juga pernah digunakan sebagai tempat diselenggarakannya JAMBORE NASIONAL GERAKAN PRAMUKA se-Indonedia pada tahun 2001 silam.
Berkemah di Hijaunya Hutan

Kaloka Widya Mandala

Taman Kaloka Widya Mandala Baturraden atau Wisata Pendidikan Wanasuka Baturraden adalah sebuah kebun binatang yang juga mencakup sebagai lokasi wisata pendidikan yang diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Banyumas pada tahun 1995 di bulan mei tanggal 17. Lokasi ini juga pernah meraih prestasi sebagai Visit Indonesia pada dekade 1991 – 2000 yang digelar dalam penobatan anugerah wisata jawa tengah dan daerah istimewa yogyakarta pada tanggal 23 agustus 1996. 

Di Taman Kaloka Widya Mandala Baturraden ada bermacam – macam hewan yang asalnya dari luar negeri seperti australia, kawasan asia dan juga belanda. Ada banyak jenis hewan disini seperti sapi berkaki lima, kambing berkaki tiga, gajah, beruk, buaya irian, ularsanca, kaswari, monyet, landakiguana, cendrawasih, kelelawar, ayam sate dan berbagai macam hewan lainnya.     

Pemandangan yang ditunjukkan dari Baturraden sangat memukai, dari sini anda dapat melihat langsung panorama kota Purwokerto, pulau Nusa Kambangan, dan juga beberapa pantai indah yang ada di Cilacap. Tak hanya kedua obyek wisata diatas tapi juga ada beberapa tempat menarik lainnya untuk dikunjungi seperti Taman Bitanin dimana terdapat tanaman dan berbagai bungan langka yang diantaranya terdapat havana, daun dewa, antarium lipsktik, palem paris, dan widoro laut  yang di dipamerkan atau dijual sebagai souvenir.

Kemudian terdapta juga Curug Gede, yaitu air terjun cantik di Desa Ketenger yang berlokasi 3 km dari pusat Baturaden yang dekat dengan pemandian air panas Pancuran Pitu. Kalau saya kemarin sempat ke Telaga sunyi yang juga mampir di beberapa air terjun kecil yang lokasinya masih di sekitar pancuran pitu. Menikmati pemandangan kota Purwokerto di ketinggian.


Tak hanya pemandangan alamnya yang begitu indah ditawarkan oleh Baturraden tetapi juga kekayakan budayanya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Berbagai wisata kebudayaan yang ada disini seperti grebeg syura yang di selenggarakan tiap – tiap bulan pertama dalam kalender tahun islam, pertunjukkan cakung, dan tari tradisiona lengger. Pertunjukan yang bersuasanakan mistis yaitu seperti kuda lumping, dan juga sadranan yang merupakan sebuah upacara mengunjungi situs suci, biasanya kuburan pun disebut sebagai kenduren oleh masyarakat sekitar. 

suasana malam alun-alun kota Baturraden

38 comments:

  1. belum pernah ke purwokerto XD
    Cuma melintas aja kalau mudik ke Tegal XD

    ReplyDelete
  2. Anakku habis field study ke peternakan apa gitu disana, nginepnya di green valley. Bagus resornya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peternakan milik kementan...keren tuh tempatnya.
      Tmpt pembibitan sapi unggul berasa kyk di OZ suasana ranchnua

      Delete
  3. sering dengar purwokerto. tapi belum pernah kesampean jalan-jalan kesana. Penasaran dengan pertunjukkan cakung dan tari tradisiona lengger nya seperti apa :D

    ReplyDelete
  4. Indah banget ya pemandangannya. Seru juga bisa ke sana. Mupeng deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ayo mba jalan2 ke puerto rico eh purwokerto

      Delete
  5. itu pancurannya keren banget kaya lava meleleh.. semoga ada rejekinya kesana

    ReplyDelete
  6. wah kebetulan abis lebaran saya mau maen ke purwokerto,,jadi nambah referensi nih,,makasih banyak mbak

    ReplyDelete
  7. Wisss, keren banget fanoramanya, jadi pengen nyoba main kesana hikshiks...

    ReplyDelete
  8. Sering ke Purwokerto tapi blm pernah ke Baturaden. Kapan2 ke Gunung Slamet mampir deh... �� pengen abis nanjak2 berendam air hangat...

    Iya, bayarnya berapa itu Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada postingan aku yg satunya mba..soale aku bayar sepakt sm mobil n orangnya. Klo ga salah 15 / org teh

      Delete
  9. Waaa.. kapan ya aku bisa ke Baturaden.. bagus banget yah tempatnya

    ReplyDelete
  10. belum pernah kepurwokerto... beda ya ama purwakarta... he2
    sok..nanya..padahal dua2 nya belum pernah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda..satu di jawa barat satunya di jawa tengah

      Delete
  11. Terakhir ke Baturaden kok ya pas hujan turun. Alhasil, cuman duduk manis di dalam mobil :( :(

    ReplyDelete
  12. Pancuran Pitunya keren banget, hasil buatan dari beratus tahun lalu kayaknya ya :)

    Boleh dong Mbak mampir dan komentar disini

    ReplyDelete
  13. Batu Raden cuacanya kayak gimana, pi? panas kayak cirebon atau dingin kayak lembang?

    ReplyDelete
  14. Terakhir ke Baturraden pas masih SD. Huwaaaa udah lama banget yak :D
    Btw emang indah dan sejuk banget suasana di sana. Dijamin betah deh kalo ke sana. Ya kan, Mbak Ophi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya adem.
      Sejuk dan masih tenang..

      Bikin betah

      Delete
    2. Iya adem.
      Sejuk dan masih tenang..

      Bikin betah

      Delete
  15. Waaaah jadi beneran pingin ke snaa :D

    ReplyDelete
  16. Rasanya udah satu abad nggak ke Baturaden. Makin bagus ya sekarang. (y)

    ReplyDelete
  17. Wah Di purwokerto nih, tempatnya oke banget nih

    ReplyDelete
  18. Assalamu'alaikum..

    Bagi yang mempunyai saudara yang ingin kuliah. Akademi Kebidanan Perwira Husada dan Akademi Manajemen RS Kusuma Husada memberikan beasiswa pendidikan kepada 30 orang calon mahasiswa pada prodi D3. Kebidanan dan prodi D3 Manajemen Rumah Sakit (bayar biaya pendidikan TANPA Uang SPA/Uang Gedung/SPI/Uang Pangkal).

    Preferensi:
    1. Lulusan SMA/SMK/MA
    2. Menyukai/ tertarik dunia kebidanan dan manajemen RS

    *Deadline 30 September

    Info lebih lanjut bisa hub:
    Sekretariat pendaftatan PMB di kampus Kusuma Husada jl. Gerilya Timur belakang kolam renang Tirta Kencana, Berkoh, Purwokert
    CP ; Bpk Tarwan 085290256444
    Mas Andri 085694937244
    Eko Suwondo 081390646000

    Yayasan Kusuma Husada jg menerima mahiswa baru program studi D3 Farmasi (Akademi Farmasi Kusuma Husada) yg memungkinkan lulusannya cepat bekerja.

    Silahkan dishare ke group2

    ReplyDelete
  19. Assalamu'alaikum..

    Bagi yang mempunyai saudara yang ingin kuliah. Akademi Kebidanan Perwira Husada dan Akademi Manajemen RS Kusuma Husada memberikan beasiswa pendidikan kepada 30 orang calon mahasiswa pada prodi D3. Kebidanan dan prodi D3 Manajemen Rumah Sakit (bayar biaya pendidikan TANPA Uang SPA/Uang Gedung/SPI/Uang Pangkal).

    Preferensi:
    1. Lulusan SMA/SMK/MA
    2. Menyukai/ tertarik dunia kebidanan dan manajemen RS

    *Deadline 30 September

    Info lebih lanjut bisa hub:
    Sekretariat pendaftatan PMB di kampus Kusuma Husada jl. Gerilya Timur belakang kolam renang Tirta Kencana, Berkoh, Purwokert
    CP ; Bpk Tarwan 085290256444
    Mas Andri 085694937244
    Eko Suwondo 081390646000

    Yayasan Kusuma Husada jg menerima mahiswa baru program studi D3 Farmasi (Akademi Farmasi Kusuma Husada) yg memungkinkan lulusannya cepat bekerja.

    Silahkan dishare ke group2

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.