Thursday, June 2, 2016

Tiga Alasan Mengapa Ibu Bekerja Tidak Boleh Sakit


Tiga Alasan Mengapa Ibu Bekerja Tidak Boleh Sakit. Setidaknya ada tiga alasan mengapa Ibu bekerja dilarang sakit:

1. Ibu bekerja punya dua tugas yang harus ditangani dengan baik dalam waktu yang sama.

Sebagai Ibu bekerja ada berbagai kegiatan dan aktivitas yang harus saya diselesaikan setiap harinya. Anak-anak, kesehatan,  dan kebahagiaan mereka sejujurnya tetap menjadi hal utama dalam prioritas tugas harian saya. Tugas kantor meski secara kasat mata seolah mengambil porsi yang paling besar dari waktu saya tapi tetap menjadi prioritas berikutnya. Dua tugas utama ini memang mewajibkan saya menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh.


Ibu bekerja dalam waktu yang sama harus mampu mengelola banyak hal. Membagi waktu untuk bisa menangani urusan anak-anak dan rumah tangga di satu sisi dan tetap secara profesional menunaikan tugas yang dibebankan dari kantor. Bagaimanapun ketika pilihan sebagai Ibu bekerja ini saya ambil. Saya harus siap dengan kondisi seperti ini. “PR”-nya adalah bagaimana memiliki quality time dalam menjalani keduanya. Senangnya, I am not alone..banyak working moms lain dan mereka bisa menjalaninya dengan baik.

2. Tugas Ganda Membutuhkan Energi dan Ketahanan Tubuh yang  Prima.

Well, memang tidak seluruh urusan rumah tangga saya tangani langsung. Untuk urusan rumah, tugas sudah saya mulai di pagi haridengan menyiapkan sarapan dan bekal untuk anak-anak  hingga menyiapkan mereka berangkat sekolah. Ritual pagi ini harus saya jalankan sambil menyiapkan diri dan ayahnya anak-anak berangkat ke kantor. Selanjutnya saat saya tak di rumah. Tugas menemani anak-anak dibantu oleh Ibu mertua yang datang ke rumah saat saya pergi. Sedangkan untuk urusan beres-beres rumah, cuci dan setrika dibantu Bude As. 

Dimulai dengan berjibaku di commuter line dengan ratusan orang dan berlanjut dengan rutinitas kantor yang cukup tinggi dan mudah memicu stress. Saya juga harus siap saat harus ditugaskan dinas ke luar kota. Aktivitas kantor memang lebih fix secara waktu namun dinamikanya tidak terduga.



Biasanya sepulang kantor setelah bercengkrama dengan anak-anak, menemani belajar, bermain dan mengantarkan mereka tidur. Saya lalu sempatkan memasukan baju kotor ke mesin cuci atau menyiapkan bahan untuk sarapan dan bekal. Ngeblog-nya kapan? Ada deeh... Capek? Ya begitulah. Yang penting sehat deh!

Tugas ganda tidak akan pernah bisa menjadi alasan kita tidak menjalankan keduanya dengan sepenuh hati. Tidak bisa setengah-setengah jadi tetap harus dijalani sepenuh hati. Untuk bisa menjalaninya dengan sepenuh hati maka fisik dan stamina yang prima merupakan keharusan.

3. Ibu yang Sehat dan Bahagia untuk Keluarga yang Sehat dan Bahagia

Betapapun pentingnya urusan di luar rumah. Tugas utama Ibu adalah menghidupkan rumah dan anggota keluarga di dalamnya. Syarat untuk bisa membawa keluarga yang sehat dan bahagia adalah kondisi Ibu yang sehat dan bahagia juga. Jadi Ibu #GaBolehSakit, Ibu dilarang sakit, Ibu wajib sehat. Oke... Noted!

Menyadari hal tersebut saya berusaha menjaga pola makan dengan menjalankan pola makan sehat ala food combining serta menjaga agar bisa tetap istirahat cukup dalam kepadatan aktivitas harian. Yang tak kalah penting adalah membangun suasana yang positive di rumah dan di lingkungan kerja. 

Nah tentu tidak berhenti dengan diri sendiri, sebagai Ibu, saya merasa perlu membangun kebiasaan sehat dalam keluarga, pola makan yang sehat dan baik, pola istirahat yang sesuai, serta menjaga ketahanan tubuh keluarga dari serangan faktor eksternal seperti cuaca yang tidak menentu, lingkungan sekitar baik di rumah, sekolah, maupun lingkungan kerja, dan potensi stress.

Faktor eksternal tersebut dapat menurunkan stamina karena menurunnya tingkat kekebalan tubuh. Dalam kondisi seperti ini tubuh menjadi lebih rentan dari serangan dari luar. Kondisi ini membuat tubuh kita butuh suplemen untuk menunjang ketahanan dan kekebalan tubuh agar seluruh anggota keluarga tetap fit.


Salah satu suplemen yang membantu kondisi Ibu bekerja seperti saya tetap fit dalam tugas gandanya antara lain Stimuno. Stimuno merupakan suplemen yang mengandung formula dari komposisi tunggal ekstrak tanaman meniran (Phyllanthus niruri). Tanaman  yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis. Ekstraknya diambil dari bagian akar, daun, batang, dan buahnya. Stimuno aman karena diproduksi secara organik dan sudah memenuhi standar GAP (Good Agriculture Practices) mulai dari penanaman sampai produksi. 

Hmm Stimuno ini tidak sama lho dengan multivitamin karena dari segi fungsi memang berbeda.  Multivitamin hanya berfungsi untuk melengkapi kebutuhan vitamin dalalm tubuh. Sedangkan Stimuno merupakan imunomodulator yang berfungsi memperbaiki dan memperkuat sistem imun. Stimuno bekerja dengan merangsang tubuh memproduksi lebih banyak antibody dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh agar daya tahan tubuh bekerja optimal. Selain itu juga mencegah sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Tugas ibu yang tak kalah penting kemudian adalah membiasakan seluruh anggota keluarga untuk stay healthy.  Untungnya imunomodulator bisa juga dikonsumsi oleh ayah dan bahkan Trio Krucils. Kalau saya dan ayahnya, biasa mengonsumsi Stimuno Forte (bentuk kapsul atau cap) satu kali sehari. Nah kalau untuk Trio Krucils ada dalam bentuk syrup rasa anggur. 

Trio Krucils yang sedang aktif-aktifnya ini juga butuh perlindungan dari dalam tentunya. Aktivitas mereka tak kalah melelahkan dibandingkan Ibunya. Untungnya setelah full day school setiap hari plus berbagai macam kegiatan bermain yang melelahkan, mereka tetap fresh. Bahkan saat cuaca tak menentu,  hujan dan panas silih berganti dengan cepat, banyak teman-teman mereka yang jatuh sakit.Mereka berhasil terhindar dari sakit. Makasih yaa Stimuno.

Jadi yuuk sehat terus, jaga diri, persenjatai diri agar selalu sehat. Salam sehat!

72 comments:

  1. boyz suka sirup stimuno rasa anggur.
    yup, jadi ibu emang ga boleh sakit biar ga riweuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa...klo sakit double2 riweuhnya

      Delete
  2. mampir juga ke artikel ku yuk ibu ibu hehehe :) http://penandito.blogspot.co.id/2016/06/lama-nggak-posting.html

    ReplyDelete
  3. Aku juga ibu bekerja, cocok nih buat aku :)

    ReplyDelete
  4. betul banget, bahkan semua anggota keluarga juga harus jaga kesehatan ya bun. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas...keluarga sehat keluarga bahagia

      Delete
  5. Nggak kebayang deh kalo sakit mbak, banyak urusan kacau. Bersyukur sih nggak pernah sakit cuma teler pas hamil :) Harus menghindari hamil nih saya 😂
    Ditambah stimuno lebih sehat kali yaa. Semoga selalu sehat mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...masih mau nambah baby lagi kah???
      sehat sehat slelau juga ya mbaa

      Delete
  6. varian baru ini ya mak ophi, stimuno utk dewasa, tahunya stimuno utk anak2, boleh dicoba nih, byr sehat selalu, apalagi mau masuk bulan puasa bgini, tengkiu sharenya ya mak ophi

    ReplyDelete
  7. wahhh klo sakit.. jd agak merepotkan, jad tugas saya dilimpahkan oleh suami, jadi bagus nih mencegah darpada mengobati, makasih sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju menacagah lebih baik drpd mengobati ya mbaa

      Delete
  8. Lama g berkunjung disini, headernya cakep mbak. Yuk jaga kesehatan keluarga, ibu sehat, keluarga pun sehat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe maksih adi...iya hasil belajar sana sini

      Delete
  9. Sudah lama pengen nyobain STimuno ini mba, tapi blom kesampean. Tapi klo anakku aku juga pake Stimuno sirup, lumayan bagus menjaga stamina disaat sedang akan tidak enak badan :)

    ReplyDelete
  10. multi tasking mom cocok nih konsumsi Stimuno

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa... Banyak aktovitas butuh tubuh yg fit

      Delete
  11. Bener... klo ibu sakit urusan domestik bs lbh kacau, jadilah mama sehat yaa.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...mamas ehat utk keluarga ygb bahagia

      Delete
  12. Bener... klo ibu sakit urusan domestik bs lbh kacau, jadilah mama sehat yaa.. hehe..

    ReplyDelete
  13. Mba ophi kereeenn.. Nanti kalau aku kerja bisa keren kayak mba ophi ga yaa.. Semogaaa.. :)
    Jadi ngeblognya jam berapa mba? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ngeblognya di setiap ada kesempatan hahaha...

      Delete
  14. Wah, sepakat Mba OPhi, tubuh sehat penting banget buat ibu, karena dia pusat kehidupan keluarga apalagi kalau si ibu juga bekerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...ibu2 mah gak boleh sakit. klo sakit kacau dunia persialatn hehe

      Delete
  15. Bapak, ibu, dan anak-anak memang harus menjaga kesehatan agar dapat melakukan aneka aktivitas.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  16. Sebenernya bukan cuma buat ibu bekerja aja sih mbak, buat ibu yang masih mahasiswipun ga boleh sakit. Harus selalu fit. Kalo sakit,rasanya kaya ada yang salaaaahhh, mewek, galau. Hahaha. Semoga kt selalu sehat, yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya...semua ibu harus sehat ya mba..

      Delete
  17. ibu bekerja gak boleh sakit soalnya mesti ngurus suami, anak dan rumah...

    ReplyDelete
  18. Saya bekerja di rumah, tapi tetap juga ga boleh sakit. Selain karena ga pakai jasa asisten rumah tangga, akan kesulitan juga antar jemput anak. Ini yang sering keteteran kalau saya sakit. Dan memang jadi Ibu itu harus jaga kesehata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bekerja di rumah juga wajib ajga kesehatan ya mba

      Delete
  19. Ini admin pasti Ibu Hebat, Semoga selalu dilindungi dari segala penyakit yang membahayakan

    ReplyDelete
  20. Semoga diberi kesehatan selalu ya bu.. dan selalu menjadi Ibu panutan bagi lingkungannya, aamiin. :)

    ReplyDelete
  21. Emang paling menyedihkan kalo ibu sakit ya mak. Moga2 kita selalu sehat n semangat menjalankan double jobs ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...doyble jobs tetap lancar klo sehat yaa

      Delete
  22. semoga kita selalu diberi kesehatan yah Mba Ophi :)
    saya juga ibu bekerja dan saya harus sehat agar anak dan suami tetap bisa terurus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin..iya mba ira...harus double tanggungjawab

      Delete
  23. ibu ga boleh sakit, huhu...kalo ibu sakit siapa yang merawat keluarga? Dan biasanya ibu kalo sakit cepat sembuh lagi karena ingat ada yg harus diurus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mak kania... pinginnya sehat terus

      Delete
  24. Lha saya ngerjain sendiri mak, semua-mua sendiri termasuk ngangkat galon, bertukang, hahaha.. So, ibu gak boleh sakit, termasuk sakit hati :D

    ReplyDelete
  25. Abhi gak doyan minum vitamin, padahal bagus ya stumuno ini. Ada kemasan saset ga ya ? Mau nyobain kalo doyan baru dikasi banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahuku baru kemasan botol gitu aja mba

      Delete
  26. Ibu rumahtangga dengan dua fungsi itu adalah seorang yang super banget.. Gak salah bila disebut wanita superwoman ya Mba.. Btw, aku dah lama tahu ttg stimuno tetapi belum pernah mengkonsumsinya.. Secara usia dah banyak dengan aktifitas yang padat perlu juga nih butuh vitamin yang menstimulasi daya tahan tubuh ya Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba... butuh ekstra "stamina" untuk tugas ekstra

      Delete
  27. Betul, mbak. Seorang ibu memang gak boleh sakit. Kalau sakit, bisa kacau dunia persilatan eh urusan anak dan suami bisa terbengkalai ya, mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bener , kacau dunia persilatan mbaa

      Delete
  28. Semoga selalu sehat ya Mba.. :)
    Memang menjaga lbh penting daripada mengobati :)

    ReplyDelete
  29. wah, stimuno ada yg utk krucils juga ya... selama ini tahunya yg utk dewasa saja.

    ReplyDelete
  30. Ibu sehat dan bahagia itu penting bangeeet ya mba.. Karena 'menular' ke anggota keluarga lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba happy mommy happy kids happy family kan yaa

      Delete
  31. Yesss jadi ibu emang ga boleh sakit ya mba... susah kalo smapai sakit. Perlu menjaga stamina dan ga boleh maksain diri biar tetap fit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah mba rempoong klo ibu sakit yaa

      Delete
  32. Walau gak kerja, ibu itu dilarang sakit. Kebayang banget gimana ancurnya rumah dan anak-anak yang gak keurus.

    ReplyDelete
  33. hiks,iyaaa ibu ga boleh sakiit
    bakalan kaya kapal pecah suasana di tempat kerja dan rumah kalo atit xixiix

    ReplyDelete
  34. saya juga ibu bekerja, pas awal tahun saya sakit olala kerjaan numpuk dikantor plus dirumah rasanya lemes hehehe

    ReplyDelete
  35. Sehat jasmani dan rohani, anugerah yang tidak terbeli, so kudu di rawat dengan pola hidup sehat.

    ReplyDelete
  36. Seorang Ibu memang harus selalu sehat ya

    ReplyDelete
  37. Seorang Ibu memang harus selalu sehat ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.