Saturday, July 16, 2016

Cegah Infeksi Saluran Kemih dan Hindari Anyang-Anyangan dengan Ekstrak Buah Cranberry


Cegah Infeksi Saluran kemih dan Hindari Anyang-anyangan dengan Ekstrak Buah Cranberry. Dulu saya paling bisa menahan pipis. Dalam satu hari kadang hanya dua kali saya pipis. Pagi dan malam. Terlalu! Selain karena kurang suka pipis di tempat umum. Menurut saya, toilet kantor sekalipun ya toilet umum. Saya suka merasa kurang "sreg" pipis di tempat yang baru saya datangi. Jadi, kalau pipis ya di toilet di rumah. Dih! segitunya?


Entah kenapa, bahkan saat berpergian saya memilih menahan pipis sepanjang perjalanan meski ada kesempatan pipis di toilet umum. Saya baru mau pipis di toilet umum, jika merasa sudah tak tahan. Well, saat benar-benar merasa terdesak saya baru deh. Ngacir ke toilet! akibatnya buang air kecil jadi terburu-buru dan kadang merasa tidak tuntas.

Duluuu, itu dulu. Sejak saya melahirkan terutama sejak anak yang ketiga saya mulai tak bisa menahan pipis. Malah pada kehamilan yang ketiga saya sering bolak balik buang air kecil, sedikit sedikit ke belakang. Saya pikir mungkin faktor usia kehamilan. Keluhan rasa kurang nyaman pipis yang tidak tuntas ini membuat saya belakangan teringat dengan keheranan suami dulu: "Kamu kok bisa sih nahan pipis segitu lama, nanti sakit lho. Bisa anyang-anyangan". "Anyang-anyangan? Gak mau ah, kalau ayang-ayangan, aku mau deh". Saya menimpali dengan ringan dan canda.

Akhirnya saya baru sadar dan agak menyesal dengan kebiasaan jelek saya tersebut. Iya sih kalau di awal namanya mendaftar dan pendaftaran, kalau sudah terlambat kayak gini namanya menyesal dan penyesalan. Candaan saya rasanya gak pas karena ternyata anyang-anyangan sebetulnya mengganggu hiks!. Karena saat pipis serasa tidak tuntas. Sudah bersih bersih,  kok kayak masih ada yang cret- cret, keluar sedikit-sedikit gitu. Maunya bolak balik ke belakang terus. Kadang-kadang bahkan disertai nyeri saat pipis.

Selain gak nyaman, air kencing meski setetes kan tetap najis dan membatalkan wudhu. Awal concern saya berangkat dari sini sih. Rasanya gak nyaman kalau setiap mau sholat (yang biasanya sebelum berwudhu didahului pipis) saya harus mencopot pakaian dalam karena kekhawatiran najis. Apalagi sholatnya di tempat umum seperti musholla kantor atau musholla umum. Duh repot yaa.

Bukan hanya itu anyang-anyangan, bukan ayang-ayangan yaa, ternyata merupakan salah satu gejala awal adanya ISK atau Infeksi Saluran Kemih. Tuh kan?  Seserius itu ternyata. Nah akhirnya saya mulai mencari tahu lebih lanjut tentang ISK ini. ISK terjadi ketika ada bakteri yang menyerang bagian-bagian tertentu dari sistem saluran kemih. Sistem saluran kemih di dalam tubuh kita selengkapnya adalah ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Melalui sistem inilah air seni atau urin diproduksi dan dibuang.

Bagaimana sistem ini bekerja? proses pembuangan berawal dari ginjal. Kotoran yang ada di dalam darah dipisahkan dan dikeluarkan dalam bentuk urin yang dialirkan dari ginjal melalui ureter menuju kandung kemih. Kandung kemih merupakan penampungan urin. Nah setelah ditampung, urin kemudian dibuang dari tubuh melalui saluran pelepasan yang disebut uretra.

ISK sendiri berdasarkan gejalanya ternyata ada dua macam. ISK bagian bawah yang menyerang uretra dan kandung kemih dan ISK bagian atas dimana infeksi terjadi pada ureter dan ginjal.


ISK bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejalanya seperti sudah disebutkan sebelumnya antara lain raa ingin selalu buang air kecil, sakit buang air kecil baik terasa nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, dan bau urin yang menyengat. Sedangkan ISK atas ditunjukkan dengan gejala berupa nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam.

Efek lebih lanjut dari gejala ISK yang tidak ditangani dan dicegah secara tepat dan cepat cukup serius lho. Jika ISK dibiarkan berlarut-larut tanpa diobati, ISK dapat menimbulkan komplikasi yang tergolong serius, misalnya gangguan pada ginjal dan infeksi darah. Duuh jangan sampai ya.

Ternyata selain kebiasaan menahan buang air kecil. Anyang-anyangan ini juga disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau bakteri E.Coli. Sembilan dari sepuluh kasus ISK disebabkan oleh bakteri E. coli  ini. Fakta berikutnya adalah bahwa anyang-anyangan ini banyak terjadi pada wanita. 50 persen lho, persentasenya. Iya, lima dari sepuluh  wanita pernah mengalami anyang-anyangan Wanita lebih rentan terkena ISK karena jarak uretra dengan anus pada tubuh lebih dekat ketimbang pada tubuh pria. Selain itu bentuknya yang terbuka menyebabkan bakteri mudah masuk ke dalam saluran kencing.


Bakteri ini biasanya hidup di dalam usus besar dan sekitar anus. Kemungkinan mereka masuk ke dalam saluran uretra karena kondisi yang kurang baik dalam melakukan pembersihan setelah buang air besar maupun kecil.  Saat mendiagnosa adanya ISK dapat dilakukan beberapa tes untuk melihat adanya bakteri atau gangguan dalam organ saluran kemih tadi seperti tes urin dan darah, pemeriksaan dengan menggunakan CT scan, sistoskopi, serta USG.

Saya kemudian menyimpulkan bahwa yang paling penting adalah mencegah sebelum terlambat. Jadi, selain stop kebiasaan buruk menahan pipis, yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan organ kewanitaan agar terhindar dari bakteri yang satu ini.

Kebiasaan menjaga area kewanitaan mulai dari membersihkannya dengan cara yang tepat setelah buang air kecil dan buang air besar. Jadi saat membersihkan diri dari buang air kecil atau buang air besar, pastikan kita membersihkannya dari arah depan ke belakang. Jangan sampai terbalik. Kebiasan yang benar membersihkan diri setelah buang air ini sudah saya terapkan pada duo krucils saya yang perempuan. Ka Alinga dan Ka Zaha. Bakteri E. coli tidak mengenal usia.

Selain itu memang Ka Alinga nampaknya punya kebiasaan seperti saya dahulu. Suka menahan pipis. Dalam sehari jarang sekali ia ke belakang, malas minum air putih pula. Duuh kalau yang jelek-jelek dari Ibu jangan ditiru dung nak. Berbeda dengan Ka Zaha yang bisa nyaman pipis di mana saja. Rasanya semua tempat yang pernah kami singgahi, pernah dipipisi Ka Zaha. Saya malah ikutan pipis juga meski masih suka "agak" malas pipis di tempat umum. Nah jadi memang si kecilpun rentan ya, dengan kebersihan organ kewanitaanya. Jadi harus benar-benar disiagakan juga soal ini.

Hal yang juga penting adalah kebiasaan menggunakan pakaian dalam yang nyaman, tidak terlalu ketat, dari bahan yang nyaman. Selain itu mengganti pakaian dalam secara rutin juga mencegah kondisi lembab area kewanitaan kita. Kondisi pakaian dalam yang menyebabkan lembab pada area kewanitaan memicu bakteri E.Coli nyaman bersarang di sana. Ih serem amat ya. Jangan sampai deh mereka bersarang dan mengganggu saluran kemih. Hus hus! Go Go...bakteri! 

Oh iya biasakan juga mandi di air mengalir sehingga bakteri jahat E. coli bisa terbawa air saat kita mandi. Membiasakan membawa tisu terutama tisu basah juga membantu mencegah datangnya bakteri saat kita menggunakan toilet umum. Alih-alih menahan kencing seperti yang saya lakukan dulu dan malah bikin anyang-anyangan jauh lebih baik kalau kita well prepared untuk setiap situasi kan ya?

Nah salah satu cara mencegah anyang-anyangan dan gejala ISK ternyata juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi ekstrak buah Cranberry. Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan Cranberry yaitu Proantocyanidin (PAC) efektif mencegah penempelan dan pertumbuhan bakteri E. Coli pada saluran kemih yang merupakan penyebab Anyang-anyangan. Jangankan ekstraknya, buah yang aslinya saya mau deh makan tiap hari. Lihat aja warna merahnya yang menggoda. Terbayang rasa masam manisnya yang bikin mouth watering.


Malahan kabarnya Cranberry itu salah satu buah tersehat di dunia juga, Hmm Top banget! Jadi, selain efektif untuk mencegah anyang-anyangan yang merupakan salah satu gejala ISK, cranberry juga dapat meningkatkan lemak baik bagi tubuh. Selain itu  ternyata kandungan vitamin E dalam cranberry dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry  marak digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, dan sebagai antioksidan.

Dalam sejarahnya cranberry telah digunakan untuk berbagai macam pengobatan, mengingat kandungan hebatnya yang sangat beragam dan bermanfaat bagi berbagai macam penyakit dan kondisi tubuh. Ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. 

Pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Setelah dilakukan 4 uji klinis acak sempurna, kemudian dibuktikan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Semua manfaat hebat dari Cranberry ini bisa kita dapatkan dari produk Prive Uri-Cran yang merupakan ekstrak buah cranberry. Kita bisa memilih bentuk kapsul maupun powder sachet yang keduanya praktis dibawa dan dikonsumsi dalam berbagai situasi. Prive Uri Cran ini bisa diperoleh di apotek-apotek terdekat seperti kimia farma dan guardian serta supermarket-supermarket seperti Indomaret, Watsons, bahkan Matahari Mall.


Karena mencegah jauh lebih baik dari mengobati, sekarang saya mau rapikan catatan saya nih. Bisa disimpulkan bahwa beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah anyang-anyangan yang merupakan gejala awal ISK antara lain adalah:


Jadi, noted yaa... Cegah ISK dan hindari anyang-anyangan. Jangan suka menahan pipis, jaga kebersihan area kewanitaan, dan konsumsi ekstrak buah cranberry. Salam sehat!

Referensi:
http://www.mypriveworld.com/
http://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih

39 comments:

  1. Sebel banget ya, Mba, kalu kena anyang2an. Repot

    ReplyDelete
  2. aku kalo udah sering nahan pipis perut bagian bawah rasanya kembung n nyeri banget,
    tapi sekarang udah agak berkurang mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gapapa banyak minum banyak ke belakang...bersihw aku ya dah tobat nahan pipis

      Delete
  3. Anak saya yang kecil, lagi mengalami masa ini, nih! Suka anyang-anyangan. Dia lebih konsen sama mainnya,jadi suka nahan pipis..:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dek Paksi jg sk gitu tuh..nahan smp kepingin bgt krn asik main

      Delete
  4. Kalau ayang-ayangan saya juga mau mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sama dung...ayang2an maah ga nolak hehe

      Delete
  5. Kena anyang-anyangan itu capek mak, apalagi kalo malem. Aku juga penasaran sama Prive Uri-cran, pengen minum tapi gak tau di sini beli dimana hehe.

    ReplyDelete
  6. aku kemaren kena anyang-anyangan sekarang wes nggak alhamdulillah gara2 prive niii

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah alhamdulillah yaa...mang bumil cenderung mudah anyang2an mba

      Delete
  7. Kalau anyang-anyangen dulu jempol kaki dikaretin. Eh sekarang sudah ada obatanya...asikk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk dikaretin kemeng ah!...ketahuan ini mah generasi tahun berapa hahaha

      Delete
  8. Kalau anyang-anyangen dulu jempol kaki dikaretin. Eh sekarang sudah ada obatanya...asikk

    ReplyDelete
  9. Satu lagi, hati-hati waktu cebok habis buang air kecil. jangan dari belakang ke depan, karena mudah terjadi kontaminasi E. coli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget nih. aku dah biasain anak2 juga yang ini

      Delete
  10. Prive uri cran ini boleh buat ibu hamil nggak mbak? Dulu pas hamil pernah anyang-anyangan soale dan sakiiiitt banget sampai nggak bisa jalan. Buat pipis keluarnya juga sakit dan cuma setetes-setetes gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbaa..aman buat bumil n busui.
      Trus kandungannya mmg bagus buat vitalitas tubuh

      Delete
  11. Bener mba ophi, pake uri cran ini ngaruh banget ngatasin ISK

    ReplyDelete
  12. Penyakit aku banget nih ka, suka nahan pipis. Kadang kalo lagi keasikan nulis, suka tanggung mau ke kamar mandi. Ditahan-tahan sampai akhirnya ngga jadi pipis. Efeknya jadi anyang-anyangan deh. Ngga enak banget. Susah banget ngilangin kebiasaan kaya gitu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya klo udah muali gak bisa ngatasi kayak sekarang deh baru nyeselnya Uci..harus diatas nih rasa malasnya

      Delete
  13. Alhamdulillah aku gak pernah ngalami sih. Semoga gak pernah ngalami selamanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah alhamdulillah ya ...semoga gak akan ngalami mba..ga enak

      Delete
  14. Bukan cuma orang dewasa, anak perempuanku juga pernah ngalami. Bener-bener harus hati-hati sama urusan anyang-anyangan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Haya..mana si sulungku punya kebiasaan nahan pipis juga kayak aku

      Delete
  15. Paling males emang kalau pipis di toilet umum ya mbak. Ternyata bisa jd anyang2an ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa...aku tuh kebiasaan malas di toilet umum pdhal efeknya gak bangeet

      Delete
  16. setelah pernah menderita anyang-anyangan saya sudah gak mau lagi nahan-nahan pipis Mba Ophi, saya kapok!

    ReplyDelete
  17. mb opi aku pernah denger info, katanya kalo suka anyang anyangen itu karena kadar gula dalam darah tinggi ya...bener ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mbul... coba deh dicek aja. nti hasil pemerikasaan bs ketahuan apa tepatnya penyebab anyang2nya. kan salah satu aja dr gejala ISK bs jadi gejala dr penyakit lain juga

      Delete
  18. Waktu itu ada teman saya ada yang kena infeksi saluran kemih kasihan banget mbak lihatnya karena setiap dia mau kencing itu kayanya rasanya sakit sekali jadi tidak tega saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang menyiksa...sarankan ekstrak cranberry aja mas

      Delete
  19. saya kalo udah kena anyang-anyangan udah paling ga bakalan bisa tidur, Mbak. Bawaannya pengen ngeringkuk aja gitu gara2 ga tahan rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiih tersiksa juga yaa...aku sih blom separah itu mba...
      hayo atuh diobati

      Delete
  20. Aku sering banget kebelet pipis, mba. Jadinya nggak nyaman ya, mba. Akhirnya malah nahan pipis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan smp kebelet mba..klo pingin pipis langsung aja. Kayak aku tuuh suka nangan2 pipis...ga nyaman kan

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.