Sunday, August 14, 2016

Serunya Belajar Melukis di Creative Kids Painting Class - Ganara Art Gallery

Ka alinga, with Miss Ira and her self portrait painting
Serunya Belajar Melukis di Creative Kids Painting Class - Ganara Art Gallery. Mom of Trio tidak menyangka bisa memenangkan quiz di instagram HaloIbu.id yang hadiahnya mengikuti kelas di Ganara Art Gallery. Dari beberapa free class yang ditawarkan, salah satunya Kids Creative Painting Class. Terbayang minat Ka Alinga dan bakatnya corat coret, menggambar dan mewarnai. Waah rasanya bagus juga kalau Ka Alinga bisa mengikuti kelas tersebut untuk mendapat "ilmu atau teori" dari pakarnya.


Ibu dan Ayahnya ini kurang berjiwa seni sehingga sering ala kadarnya membiarkan bakat dan potensi Ka Alinga. Duuh maafkan kami ya nak :( Padahal dengan support yang ala kadarnya Ka Alinga sering membuat Ibu tercengang dengan hasil orat oretnya termasuk yang dibuatnya dengan aplikasi paint atau corel draw. Entah dari mana dia belajar dan mendapat ide.

Akhirnya datanglah hari H jadwal kelas yang dilakukan Ganara Art Gallery di Lantai 2 Senayan City. Kantor Ganara Art Studio sendiri di daerah Kemang, tapi hingga bulan July, Ganara membuka kelas atau workshop di Senayan City. Kami datang sesuai jadwal yang diberikan, sore sepulang jam kantor. Kebetulan anak-anak masih libur lebaran dan semester. Jadi lebih mudah menyesuaikan waktu.


Untuk creative kids painting class, Kakak Al bersama 4 orang teman barunya belajar bersama Miss Ira. Saya dan Ka Zaha mengamati dari jauh, disediakan kursi untuk para "peninjau". Rupanya sebelumnya ada kelas para mommies yang baru saja usai di tempat tersebut. Memang di Ganara Art Gallery Senayan City ini dibuka berbagai kelas dan wokshop seni baik itu lukis dengan berbagai macam kelas lukis bahkan ada juga kelas musik dan clay.

Nah pada kesempatan tersebut Ka Al belajar melukis self portrait, dan ternyata cukup menantang. Harus punya pemahaman teknis untuk bisa melukis wajah atau gambar orang. Sebelum memulai praktik dan teknis. Miss Ira bercerita tentang sosok dibalik satu lukisan "self portrait",  seorang wanita cantik. Ternyata lukisan tersebut merupakan wajah salah satu pelukis wanita dari Mexico yang menemukan passion melukis setelah mendapati kecelakaan yang menyebabkan kakinya tidak lagi dapat berfungsi sebagaimana mestinya.


"Susah lho bu melukis wajah." "Aku diajarin untuk bikin garis dulu terus bulatan trus baru deh buat mata, mulut, dan hidung". Hmm maksudnya kakak bikin sketsanya dulu kali yaa. Selain teknis menggambar, Kakak rupanya diajarkan cara mencampur warna. Meski sering menggambar dan mewarnai, Kakak jarang menggunakan cat air atau cat minyak. Hanya beberapa kali saat ada tugas dari sekolah dan sepengamatan saya hasilnya memang belum serapih saat dia mewarnai dengan krayon atau pensil warna yang kemudian sering dikuaskan air hingga mirip cat air.

Kesempatan kali ini jadi pelajaran baru untuk Kakak. Kakak memang lumayan sering menggambar objek manusia tetapi dalam bentuk kartun atau animasi, tidak dalam bentuk "real". Hal yang menurut dia sulit ini tentu akan jadi pelajaran yang penting buat dia karena akan melatihnya lebih baik untuk hal-hal yang tidak pernah dia lakukan sebelumnya. 


Ka Al sendiri tampaknya tidak puas dan kurang pede dengan hasil lukisan yang diselesaikannya selama sekitar 1,5 jam tersebut. Tapi buat saya, proses belajar yang dilaluinya, pengetahuan, serta pengalaman ini jauh lebih penting. Setidaknya ada dasar-dasar teknis skesta dan mencampur warna yang dipelajarinya kali ini. Tanpa dia sadari dia belajar banyak dan menikmati keseruan suasana belajar yang baru saja dialaminya.

Karena memang punya hobby dan passion menggambar, mewarnai, dan melukis, Ka Alinga kemudian mencoba melukis dengan media kanvas di rumah. Melukis di media kanvas memang jarang dilakukannya. Selama ini Kakak lebih sering melakukannya di media kertas. Pernah juga Kakak mencobanya di media kain/kaos dan keramik. "Aku tapi gak mau melukis wajah bu, aku lebih suka lukis pemandangan." "Terserah kakak saja, mana yang kakak suka". Pemandangan yang paling sering digambar Kakak memang pemandangan laut. 


Melukis, mewarnai, dan menggambar selain melatih diri juga sebetulnya sarana melepas kepenatan dan relaxing, well saya jadi pingin juga nih ikut melakukannya. Oh iya, banyak kelas art yang bisa kita ikuti di Ganara art studio lhoo. Kelas art tidak terbatas pada seni lukis seperti yang saya ceritakan di atas. Studio seni yang digawangi oleh Miss Tita atau nama lengkapnya Saraswati Djumaryo ini memiliki banyak kelas seni yang bisa kita pilih, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Serunya kelas seni di Ganara Art ini dihadirkan dengan pendekatan yang lebih kreatif dan edukatif. 




Sejalan memang dengan misinya Ganara Art yakni:

To provide the best artistic education and shape creative individuals
To develop creative mindset in each individual
To develop and enrich creative, social and self-management skills
To enhance confidence and independency
To implement art and creativity in daily lives

Nah kalau penasaran dengan workshop atau kelas yang ada di Ganara Art bisa menghubungi langsung atau datang langsung ke alamat mereka nih.

Ganara Art Space
Jl. Kemang Raya 8B Jakarta
(enter through Aksara Bookstore)

Ganara Art Studio
Jl. Kemang 2 no. 1 Jakarta
(Inside Sekolah Kembang)

Facebook: GanaraArtStudio / GanaraArtSpace
Instagram: @GanaraArtStudio @GanaraArtSpace
www.ganaraartstudio.com 

22 comments:

  1. Wah...menang kuiz berbuah manis ya Mba.. bisa ngajakin krucil belajar painting ya Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba alhamdulillah...pengalaman berharga

      Delete
  2. wah keren ya hasil lukisannya, aku malah gak bisa gambar apalagi gambar orang mbak :) mbak Ophi apa kabar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabar baik mba lid...mba lid apa kabar?

      Delete
  3. Saya aja g bisa nglukis... Kereen

    ReplyDelete
  4. Wah senangnya menang kuiz, aku belum pernah menang kuis. Hadiahnya kece ih belajar melukis dari ahlinya. Itu lukisannya bagus banget mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah beruntung, pas banget buat pengalaman si kakak

      Delete
  5. Kak Al, semangat terus ya belajar ngelukisnya. Betul kata mbak Ophi yang terpenting itu pengalaman dan proses belajarnya, itu sangu penting buat anak-anak bersosialisasi.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ateu...makasih.
      dia sih enjoy kayaknya..supportnya nih yg emapot2an haha

      Delete
  6. andaikan di semarang ada kelas2 art and craft gini, pengen deh ngajakin nadia

    ReplyDelete
  7. Ya ampun.. meski ka Al ga puas menurutku itu keren loh.. aku bener2 ga bs melukis dan menggambar

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...klo pake kanvas dan cat air/minyak ternyata memang agak2 susah mba

      Delete
  8. Ini seru banget. Buat anak balita bisa mbak?
    btw ini sih emak macam aku jg pengen gambar2 gtu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek di webnya aja mba...jd workshop dan kelasnya macam2 gt

      Delete
  9. Cakep kok lukisannya kak Alinga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah makasih atue harus belajat terus nih

      Delete
  10. Tempatnya nyaman banget ya. Tempat anakku les dulu lesehan wkwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba di mall...
      tp lesehan juga seru lah kalau rame2 dan anaknya suka...apalagi bonus angin segar hehe

      Delete
  11. that is really nice, mba..tapi tempatnya di Kemang ya, agak lumayan dari Rawamangun hehehe. Nice painting, Alinga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks aunty indah...iya di kemang nih, iya sih ya klo dr rawamangun. timur ke selatan

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.