Thursday, October 13, 2016

Mengapa Saya Memilih Booking Hotel Secara Online?


Hai-hai! Halo Hola.... jelang akhir tahun. Aroma liburan sudah merebak kemana-mana nih. By the way, bagaimana liburan tahun kemarin?Semoga menyenangkan ya? Pengalaman liburan, terutama liburan keluarga tahun-tahun lalu sih alhamdulillah berjalan dengan lancar. 


Terakhir liburan singkat kemarin sih mengajak anak-anak berlibur di sebuah resort di Anyer. Kami memesan hotel secara online tentunya. Maklum Ayahnya Trio Krucils dan saya sama-sama sibuk. Liburan keluarga tahun-tahun sebelumnya juga biasanya kami pesan tiket pesawat dan hotel melalui booking online. Tentu ada alasannya mengapa saya lebih memilih hal tersebut, penasaran? Mungkin bisa jadi bahan pertimbangan temen-temen juga nih.

Jujur biasanya, saya dan Ayahnya Trio Krucils bisa menginap di hotel atau resort yang kece saat ada perjalanan dinas. Termasuk hotel dan resort kenamaan di beberapa kota besar tujuan wisata di Indonesia, sebutlah Bali. Biasanya sih hotel-hotel semacam ini banyak diminati turis asing karena suasananya yang elegan namun homey plus menawarkan keindahan alam yang tidak didapat di tempat lain.


Namanya juga dinas, kerja dan kerja. Kadang-kadang bahkan kurang menikmati fasilitas dan suasana di hotel atau resort. Meeting dari pagi bisa sampai malam. Apalagi kalau fasilitasnya cukup wow. Sayang banget gak bisa menikmati dan memanfaatkannya karena waktu yang terbatas. Trus biasanya sih kami terbersit untuk kapan-kapan bisa ke sana lagi, tentunya bareng anak-anak. 

Kalau sedang beruntung biasanya kita bisa menyaksikan event-event yang bahkan bertaraf internasional di hotel-hotel tersebut. Selain banyak orang asing, event seperti ini juga biasanya disambut secara istimewa oleh pihak hotel dengan beragam hospitality yang lebih dari biasanya. Mulai dari menu makanannya yang lebih beragam dengan kombinasi kuliner khas daerah dan selera internasional, sampai adanya booth-booth tertentu yang menarik pengunjung.

Ada kalanya di hotel atau resort wow seperti ini kita bisa menyaksikan pesta atau upacara pernikahan di area kolam renang hotel atau di sisi luar hotel yang mengarah ke pantai. Hmmm yang single jadi pada mupeng deh, pingin punya acara pernikahan yang romantis kayak gitu juga. Saya doain deh! cari pasangannya dulu atuh!

Naah tiba waktunya mengatur jadwal untuk bisa berlibur dan kembali ke sana. Biasanya saya langsung browsing mengenai hotel yang ingin saya tuju. Kemudian muncul beberapa website travel agent serta website dari hotel tersebut. Saya memang sering melihat iklan di tv mengenai beberapa online travel agent. 


Dulu agak bingung juga gimana yaa menggunakannya? Di satu sisi saya lumayan penasaran dan pingin mencoba menggunakan online travel agent, tapi karena belum pernah menggunakan jadi agak takut gimanaa gitu haha maklum norak. Karena  awalnya cukup bingung, begitu banyak pilihan travel agent. Akhirnya saya download aja semuanya haha, karena katanya supaya bisa melihat perbandingan harga antara merchant satu dengan merchant sebelah. Cari harga yang paling murah gitu maksudnya. *Emak-emak ogah rugi*

Sumber : edreamhotels.com

Saya download dari mulai traveloka, agoda, nusatrip, misteraladin, dan pegipegi. Saya mencari – cari dari mulai tiket pesawat, hingga mencari resort. Sebenarnya saya juga awalnya bingung gimana caranya kerjanya ya? *cupu! Tapi, ternayta mudah kok, karena ada cara penggunaannya. Step by stepnya biasanya dijelaskan. Saya juga selalu melihat  foto – foto mengenai hotel atau resort yang dituju dari online travel agent. Hmm mostly sih foto yang mereka tampilkan tidak jauh berbeda dengan saat saya berkunjung kesana. Well, no tipu - tipu lah ya guys istilahnya. Oh iya, saya juga selalu perhatikan dan baca review dari para pengguna online travel yang sudah berkunjung dan menginap di hotel tersebut. Lumayan membantu sih menurut saya. 

Kebetulan beberapa kali saya memesan hotel untuk liburan keluara di tanggal yang memang peak season. Tapi alhamdulillah bisa tetap mendapat kamar yang kta inginkan dengan harga yang lumayan, sedikit low price. Biasanya kalau sedang beruntung ada promo tertentu dari merchant travelnya bisa dapat potongan harga atau cashback pulak! Gak bisa kebayang deh kalau datang langsung kesana pas lagi peak season kayak gitu. Pastinya susah banget nyari hotel yang ada kamar kosongnya, apalagi kalau hotel atau resort yang kita tuju emang notabennya banyak penggemarnya hehe.Masa iya ‘ngemper’, kan ga banget kan ya? Kasian anak-anak.

Inilah yang membuat saya lebih memilih menggunakan online travel agent. Karena pernah dengar pengalaman teman ketika tahun baruan di Bali, ia lebih memilih untuk memesan secara langsung di hotel yang dia tuju. Tapi hasilnya ternyata kamarnya udah penuh, gak seru banget pasti rasanya ya. Akhirnya dia bermalam di pantai, dan paginya dia baru mencari penginapan lagi, untungnya dia menemukan penginapan, coba kalau enggak hmm. Iya dia sih perginya cuma bawa diri. Kalau saya kan pastinya pergi bawa pasukan krucils. gak mungkin senekat itu lah yaa. 

Jadi saya memang prefer memesan hotel secara online. Setelah proses pemesanan selesai biasanya langsung transfer karena kan ada batas waktunya. Waktu pemesanan sampai pembayaran itu hanya 1,5 jam kalau gak salah. Kalau lewat, ya kudu booking dari awal lagi. Jadi memang klo sudah mantap langsung transfer aja sih. Sekarang kan transfer juga bisa pake e-banking atau mobile banking kan?

Jangan sampai juga kejadian harus membuat orang menunggu lama di atm gara-gara harus booking ulang karena telat transfer. Kayak gini nih peristiwanya. Kita ngantri lama di depan ATM box. “Mas  kenapa kok lama banget? Atmnya rusak ya?” terus dia jawab “oh enggak, itu tadi saya lagi booking tiket karena saya tadi agak telat transfer, jadi booking ulang di dalem. Hehe maaf ya mbak nunggu lama” Hmm senyum-senyum malu lalu ngacir. walah-walah! 

Yang kayak-kayak gitu, pasti ini gak akan terjadi kalau kita menggunakan e – banking di smartphone. Well, setelah melakukan transfer kita bakal langsung mendapat email berupa pdf yang di dalamnya berisi e-tiket. Hmm beres deh!  Sampai hari keberangkatan tiba, dan sesampainya di tujuan, semua berjalan aman, lancar dan sentosa hahaha. Alhamdulillaah, booking tiket online membantu banget!.

36 comments:

  1. dunia sekarang serba mudah ya mba, bahkan utk nyari hotel sekalipun

    ReplyDelete
  2. Hua...dimana2 dah ngomongin soal liburan ya Mba.. Btw, kini makin mudah ya booking tiket atau hotel bisa secara online.. Gak capek lagi ya Mba..

    ReplyDelete
  3. Sekarang jadi serba mudah, kalau mau berlibur. Bisa lihat tempat wisata yang akan dituju, memesan hotelnya dan pesan tiket pun bisa secara online ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harusnye lebih mudah asal ga banyak alesan mba hahaha

      Delete
  4. kalo booking hotel online belum ada pengalama, seringnya beli tiket online via traveloka dan memang batas waktu konfirmasi pembayaran kurleb 2 jam saja kalau telat bayar ya hangus. tapi lebih enak dan hemat kok di bandingkan pesan tiket via travel agent ^^

    ReplyDelete
  5. Setuju bgt mbaa, aku beberapa kali booking hotel online lewat travel*ka puas2 aja.. Membantu bgt yaa skrg tinggal klik klik jadi deh liburan.. :D

    ReplyDelete
  6. ketimbang booking telfon leih murah pake aplikasi online... bahkan pake rate coorporate pun masih murahan online

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener...sayangnya klo pas dr kantor ga bs nih pesan online hiks

      Delete
  7. Setuju mbaaa... Saya juga lebih suka via online. Jadi ayem, sampai di lokasi tinggal melenggang kaki dengan pasti... :) Apalagi tugas kantor juga sering mengharuskan untuk ke kota2 yang tidak dikenal... serem kalo sampai terkatung2 tanpa kejelasan hotel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah bukan masanya nih klo harus terkatung2 hehehe... klo zaman muda mungkin msh suka tantangan yaa

      Delete
  8. Sekarang semua-semuanya online ya... gampang... Aku pun sering kalau jalan-jalan baru book beberapa jam sebelumnya via online XD

    ReplyDelete
  9. traveling kemanapun jadi mudah ya karena ada travel agen online

    ReplyDelete
  10. Iya sih, booking online memang lebih tenang. Beberapa teman juga cerita, lebih murah daripada offline.

    ReplyDelete
  11. Lebih nyaman booking hotel online, mak. Suka kasih diskon tambahan, refund ngga ribet, memudahkan rencana traveling deh.

    ReplyDelete
  12. Mungkin karena belum pernah booking online juga tapi aku pernah baca dikaskus banyak juga yg booking online, pas sampai dihotel katanya gak ada pesanan kamar atas namanya. Serem-serem gimana gitu klau kasusnya kayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah alhamdulillah sih blom pernah yg kyk gitu mba...bs dikomplain klo ada kasus kyk gt mba

      Delete
  13. kalau online emang lebih enak seh sebenarelebih murah --"

    ReplyDelete
  14. kalu booking hotel duluan bisa menyesuaikan budget ya mbak :)

    ReplyDelete
  15. Booking hotel dan cari promo harganya bisa lebih murah daripada pesan di tempat.

    ReplyDelete
  16. Aku juga selalu pakai OTA untuk booking tiket dan hotel, mba. Enak sih, praktis untuk orang yang mager kayak aku :D

    ReplyDelete
  17. sekarang smua hal dapat dilakukan secara praktis dan efektif ya mba.. tinggal klik sana klik sini, urusan booking membooking langsung kelar :D

    ReplyDelete
  18. Duuuh jadi ingat waktu ngajak keluarga liburan di Bali, dan mesti ngemper semalam. Padahal si bungsu baru 14 bulan deh, hikss. Eh tapi seru sih, kami enjoy aja, hahahaaa *emak kacau*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.... tp lebih aman klo well prepared kan ya mba

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.