Thursday, January 19, 2017

Berencana Menjual Rumah? Coba Tips Jitu Berikut!

Hm masih soal jual beli rumah nih sahabat Mom of Trio, sebelumnya saya sudah sharing tentang tips menjual rumah dengan harga tinggi. Naah mungkin akan lebih lengkap kalau kita juga tahu bagaimana trik dan tips agar proses menjual rumah bisa berjalan mulus. Bagaimana sih cara menjual rumah agar cepat laku di kalangan masyarakat?.


Ada beberapa tips yang bisa dicoba. Hmm ini tidak hanya berlaku untuk rumah di kawasan kota besar seperti rumah dijual di Bandung, namun juga berlaku untuk rumah di kawasan lainnya secara umum. Apa yang perlu dilakukan agar rumah yang akan kita jual laku dengan cepat. Belakangan terjadi di mana rumah dengan lokasi strategis dan dengan kondisi rumah yang baik sekalipun  terkadang tidak kunjung laku dibeli konsumen. Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan beberapa strategi dalam pemasaran yang buruk dan kurang gencar dalam mempromosikannya. Kiranya dapat diperhatikan beberapa poin berikut nih.

Renovasi Rumah Secara Sederhana

Terkadang usia rumah yang sudah cukup tua bisa jadi menjadi hanbatan rumah dalam menjual rumah. Lantas bagaimana cara mengatasinya ? Sebenarnya kita tidak perlu membingungkan hal tersebut karena kita dapat mengupayakannya dengan cara melakukan renovasi sebelumnya. Dalam konteks ini dibutuhkan sebuah renovasi guna mempercantik tampilan rumah yang akan kita jual agar dapat menarik minat calon pembeli.
Namun, alangkah baiknya kita menghindari melakukan renovasi secara berlebihan, karena tujuan penjualan rumah dilakukan guna mendapat untung bukan untuk mendapatkan kebuntungan. Jadi, lakukan sebuah renovasi secukupnya  agar dapat mengembalikan fungsi rumah dan membuatnya tampak indah.

Ekspos Lokasi dan Lingkungan Sekitar

Bagi kita yang hendak menjual sebuah rumah sebaiknya mencoba untuk mengekspos lokasi dan fasilitas yang tersedia di lingkungan disekitar kita. Hal ini merupakan nilai tambah dan kita dapat mencantumkannya pada saat proses pemasaran. Banyak oarang dari berbagai kalangan membutuhkan sebuah tempat tinggal yang tidak hanya bagus  namun juga dekat dengan fasilitas umum. Berbagai kemudahan yang dapat dijumpai di sekitar lokasi rumah merupakan salah satu pertimbangan pembeli memilih rumah. Hal itu pun dapat mempengarui nilai jual objek pajak.

Pasanglah Harga yang Relatif dan Kompetitif

Harga adalah sesuatu yang sangat sensitif di kalangan pembeli. Dengan memasang harga di bawah harga pasar dapat merugikan pihak penjual, dan sebaliknya harga yang relatif cukup tinggi terkadang tidaklah dipandang baik oleh calon pembeli. Agar kita dapat melakukan penjualan rumah dengan cepat, kita perlu mematok harga yang kompetitif dengan pasar properti. Bagaimana cara mengetahui harga yang kompetitif? Hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara mengecek harga dalam pasar properti baik online maupun offline di sekitar lingkungan rumah kita.

Lengkapi Legalitas Surat Rumah

Dalam menjual rumah, perlu diperhatikan kelengkapan legalitas surat rumah.  Para calon pembeli dipastikan melihat kelengkapan surat dan dokumen sebelum membeli rumah kita. Oleh sebab itu kita perlu memastikan dokumen pendukung rumah kita dalam kondisi yang on fire untuk meyakinkan calon pembeli. Jadi segeralah untuk melengkapi surat rumah dengan bantuan notaris agar mempermudah kita dalam menjualnya nanti

Demikian 4 tips yang bisa dipertimbangkan sebelum menjual rumah. Semoga bermanfaat yaa.

16 comments :

  1. Akses memang jadi penilaian utama juga sih. Murah lantas buat kemana-mana jadi mahal, wah bikin rempong juga :D

    ReplyDelete
  2. Rumah ku mau d jual mbaaa ,,, Juni sawangan nya jauh dr mana2,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh daerah sawangan yaa deket dung aku di ciputat

      Delete
  3. iyah yah dirapiin dulu semakin bisa menambah nilai dan harganya

    ReplyDelete
  4. jual rumah itu nunggu pembeli butuh kesabaran. pengalaman pribadi :p

    ReplyDelete
  5. jual rumah itu seperti cari jodoh ya mba..harus sabaar haha

    ReplyDelete
  6. Jual rumah itu gampang-gampang susah ya

    ReplyDelete
  7. Lokasi nomor satu kyknya ya, kecuali kalau BU dan harus jual cepet hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha BU semua jurus gak diperhatiin

      Delete
  8. Pernah jual rumah diiklanin setahun gak laku-laku. Begitu ada yang nawar kasih aja meskipun harganya jauh dari yang kita tawarkan.Eh sama orangnya rumahnya dibongkar abis dan dibangun ulang. Padahal rumah kami di Bogor masih bagus loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah mungkin dia naksir lokaisnya aja mba

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top