Monday, January 16, 2017

Tips Menjual Rumah dengan Harga Tinggi



Dalam beberapa postingan ke depan Mom of Trio, bakal membahas tentang jual beli properti terutama rumah nih. Hmm buat yang sudah memiliki rumah, berencana membeli rumah, atau berpikir untuk pindah rumah. Ternyata ada lika liku dan cerita tersendiri seputar jual beli rumah. Untuk yang sudah memiliki rumah dan berencana pindah rumah atau membeli rumah baru, ada baiknya mengetahui beberapa tips menjual rumah dengan harga tinggi. 


Properti seperti rumah dan tanah cenderung semakin hari semakin tinggi nilainya, jangan sampai kita rugi dan tidak menghitung nilai inflasi dari investasi saat ini. Jual beli rumah bahkan di kota-kota besar terutama Jakarta, bukan hal yang aneh. Semakin bergesernya pemukiman penduduk dari tengah kota ke pinggiran kota atau kota sekitarnya dan beralihnya pemukiman penduduk di tengah kota menjadi pusat perkantoran, perbelanjaan atau bahkan apartemen membuat harga jual rumah selalu mengalami kenaikan yang signifikan dari waktu ke waktu.
Rumah merupakan salah satu aset berharga yang patut mulai dipikirkan sejak dini. Saat berniat menjual rumah dengan harga tinggi maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjual rumah agar aset yang anda miliki memiliki nilai jual yang sepadan sekaligus memuaskan. 

Well, aspek apa saja yang sih yang dapat dimaksimalkan agar rumah dijual di Jakarta tersebut dapat di bandrol dengan harga yang tinggi? Intinya agar dapat tercapai keseimbangan antara kualitas dan kuantitas yang dirasakan calon pembeli. Faktor apa saja yang bisa menaikkan harga jual rumah terutama di Jakarta?

Lokasi 

Beruntung sekali kalau kita tinggal di Ibu Kota dan yang memiliki rumah di daerah strategis seperti dekat dengan sekolah, pasar, perkantoran, maupun mall. Bisa dipastikan rumah tersebut dapat ditawarkan dengan harga yang tinggi. 

Bagi yang memiliki rumah dengan lokasi standar maka diperlukan strategi pemasaran terlebih dahulu agar tetap bisa ditawarkan dengan harga tinggi misalnya promosi besar besaran, hadiah langsung ataupun hal hal yang dapat menarik si calon pembeli nantinya. 

Mengapa lokasi sangat berpengaruh?  Pastinya karena dengan lokasi yang strategis maka penghuni akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses transportasi dan fasilitas umum lainnya.

Kelengkapan Dokumen

Pastikan juga rumah yang akan kita jual memiliki dokumen yang lengkap. Kelengkapan yang harus dimiliki oleh penjual antara lain adalah sertifikat, akta jual beli, dan juga surat izin mendirikan bangunan agar pembeli nantinya tenang tinggal di rumah tersebut. Pastikan semuanya asli dan tidak bermasalah ya.

Kualitas Bangunan

Yang juga tidak kalah penting adalah memastikan kualitas bangunan yang akan kita jual dalam kualitas yang sangat bagus. Hal tersebut dapat dilihat dari konstruksi bangunan dan pembuatan bangunan yang akan dijual. Kita bisa melakukan renovasi bila terdapat bagian yang kurang layak agar  tidak mengurangi harga jual dari rumah tersebut nantinya. Dengan demikian pembeli tidak akan merasa dirugikan karena telah membayar dengan nominal yang tinggi.

Luas Ukuran Rumah

Dan yang terakhir adalah luas ukuran rumah yang akan ditawarkan. Rumah dengan luasan yang besar, pantas untuk dibandrol dengan harga yang tinggi. Namun jika rumah tersebut ukuran minimalis maka mungkin nilai jual rumah tersebut tidak bisa terlalu jauh dengan harga penawaran yang sesuai dengan NJOP yang berlaku di daerah tersebut.

Hmm demikian beberapa tips menjual rumah dengan harga tinggi. Semoga artikel diatas dapat memberikan manfaat bagi sahabat Mom of Trio  yang akan menjual ataupun membeli aset rumah atau ada yang mau menambahkan lagi kira-kira apa saja tips agar bisa menjual rumah dengan harga tinggi? Yuuk tinggalkan di kolom komentar.

27 comments :

  1. Mantaaaap. Jadi gk terlalu awam nih sis heheh

    ReplyDelete
  2. Perumahan di lingkungan saya tinggal, semenjak udah ada BKT dan enggak banjir lagi, harga rumah pun makin menggila :D Lokasi dan kondisi memang menentukan harga jual ya :D

    ReplyDelete
  3. lokasi mmg paling menentukan....masih ingat dulu rumah yg kami tempat sekarang susah laku dari pihak developer...yg mau beli diiming imingi hadiah tv...karena daerahnya di pinggiran...eh sekarang malah menjadi tempat paling rame sejak berkembangnya kota..harga rumah naik hingga 4 kali lipat

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah...infrastruktur dan lingkungan sekitar jg menentukan perkembangan ke depannya mba. termasuk perkembanagn harga

      Delete
  4. Saya juga baru saja menjual rumah. Maunya sih setinggi mungkin tetapi tetap mengikuti harga pasaran saja biar cepat.
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pakde harga apsar ttp diperhtungkan

      Delete
  5. kelengkapan dokumen penting banget, aku masih ada satu lagi nih mbak dokumen yang belum dilengkapi dari penjual

    ReplyDelete
  6. Betul banget soal lokasi sangat berpengaruh ya Mbak. Pengalaman orang tua, dulu daerah rumah kami itu sepi. Setelah 5 tahunan, mendadak rame karena ada universitas di sekitarnya yg baru dibangun. Harga jualnya bisa naik sampai 3x lipat

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu ada kampus langsungd eh naik semua

      Delete
  7. Itu dia kelengkapan dokumen sama kualitas bangunan yang paling penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mel... dokumen gak lengkap bikin harga jatuh

      Delete
  8. Beli rumah itu gampang gampang susah ya. Kalau lagi beruntung bisa berkali lipat dan sebaliknya jika tak paham pasar bisa merugi.

    ReplyDelete
  9. Bener banget mba iPhone. Lokasi memang menentukan harga rumah. Apalagi yang dekat jalan raya. Wah harganya selangit

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba lid..btw namaku msh ophi blom ganti iphone hahah...typo

      Delete
  10. yaps betul mbak, lokasi memang menentukan harga jual rumah. kalau lokasi di pinggir jalan raya, pasti harganya mahal, tpi kalau di dalam2 gitu, lebih murah.
    tips-tipsnya sangat bermanfaat nih untuk saya,,. thaks for share

    ReplyDelete
  11. Tipsnya okee, sekarang jarang rumah murh ya, di dekat aku, lokasi di pinggir juga sudah mahal

    ReplyDelete
  12. Lokasi emang kerasa penting banget ya. Aku sampai rasanya susah keluar dari komplek tempat tinggal sekarang. Karena akses jalanannya enak banget, banyak pilihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. atuh jangan keluar klo sdh nnyaman hehe

      Delete
  13. Jual beli rumah memang gak mudah ya...banyak yang harus dipertimbangkan. Mau lokasi dan bangunan yang sesuai, ya harus mau dengan harganya yang lumayan.
    Semakin banyak fasilitas terdekat, pasti semakin tinggi harganya.
    Saya juga mau jual rumah, nih. Mau pindah ke kota yang lain. Barangkali ada yang minat?? #eh malah gelar lapak 😆😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah bisikin harganya mba...di subang yaa

      Delete
  14. Kalau lokasinya strategi kyk deket sekolah, kantor, gtu wah harganya bisa melangit :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top